pinjaman-online-bunga-rendah

Seiring berkembangnya pengetahuan dan teknologi, manusia makin dimanjakan oleh banyak kemudahan-kemudahan. Termasuk adanya pinjaman online. Dengan klik klik kursor laptop atau smartphone, masalah pinjaman bisa teratasi. Tapi apa ada pinjaman online bunga rendah dan legal? Tentu saja ada.

Karena makin banyak berita tentang pinjaman ilegal yang memberikan bunga tinggi, membuat sebagian besar orang lebih aware akan bahayanya pinjol ilegal. Kalau masih ada perusahaan yang menyediakan pinjaman online bunga rendah, kenapa masih pilih yang ilegal dengan pinjaman bunga tinggi?

Pada artikel ini akan membahas tentang pinjaman online bunga rendah, mulai dari jenis-jenisnya, tips memilihnya serta ada juga perbedaan pinjol legal dan ilegal. Bagi anda yang bergerak di usaha UMKM, jenis pinjaman ini bisa menjadi solusi untuk menambahkan modal bisnis. Yuk kita lihat ulasannya!

5 Jenis Pinjaman Bunga Rendah 

Pinjaman bunga rendah bisa menjadi salah satu solusi terbaik untuk anda yang memerlukan dana cepat tapi khawatir risiko gagal bayar karena bunga yang tinggi. Pinjaman UMKM online adalah layanan yang diberikan perusahaan pembiayaan atau bank dengan menawarkan kredit berbunga ringan atau rendah. Berikut adalah jenis-jenisnya:

1. Kredit Kepemilikan Rumah (KPR)

Pinjaman yang dipakai untuk membeli rumah disebut KPR. Untuk anda yang ingin memiliki rumah untuk ditinggali sendiri atau investasi masa pensiun nanti, pinjaman dana ini bisa dijadikan opsi. Bunga yang ditawarkan tergolong rendah, kurang lebih 6-10% di 5 tahun pertama kredit. Tenor yang disuguhkan juga lama, bahkan ada yang sampai 30 tahun.

Nilai rumah yang besar, membuat suku bunga yang dipatok terhitung rendah. Ternyata ada berbagai macam jenis suku bunga yang diberikan pihak bank. Jadi sebelum menyepakatinya, pastikan anda sudah paham dengan detail tentang suku bunganya, agar tidak kaget ketika membayar cicilan tiap bulan.

2. Kredit Tanpa Agunan (KTA)

Sesuai dengan namanya, pinjaman perbankan yang bisa memberikan dana pada nasabah tanpa mempersiapkan aset sebagai jaminan atas pinjaman tersebut. Karena hal itulah, jenis kredit ini memiliki banyak peminat. Selain itu prosesnya juga cepat dan mudah. Tapi pinjaman online bunga rendah jenis KTA iniplafon pinjamannya tidak sebesar kredit lain, suku bunganya juga rendah (tidak sampai 1%). 

3. Kredit Beragunan

Berbeda dengan poin sebelumnya, kredit beragunan memerlukan jaminan agar bisa melakukan pinjaman. Jaminan yang diberikan bervariasi, seperti sertifikat kepemilikan rumah, properti atau kepemilikan barang berharga yang lain. 

Karena kredit ini memberikan jaminan, jadi plafon pinjaman yang ditawarkan juga lebih besar dibandingkan KTA. Walaupun pencairan dana lebih lama daripada KTA, tapi kredit beragunan ini bisa memberikan dana cepat dengan nominal yang besar.

4. Kredit Multiguna

Kredit multiguna bisa dikatakan mirip dengan kredit beragunan. Nasabah harus memberikan jaminan sebagai syarat meminjam uang. Anda bisa menjaminkan BPKB mobil untuk mendapatkan suntikan sampai ratusan juta. Tenor yang diberikan juga cukup lama, yaitu 1 sampai 3 tahun.

5. Kredit Mobil

Sama seperti KPR, kredit mobil ini juga bukan solusi untuk anda yang perlu dana cepat. Tapi dengan anda memiliki mobil, ini bisa dipakai untuk memenuhi kebutuhan mobilitas, sebagai aset pribadi atau untuk usaha seperti taksi online atau jasa pengiriman barang.

3 Keuntungan Pinjaman Online Bunga Rendah 

Adanya pinjaman online bunga rendah sangat memudahkan bagi banyak orang untuk memenuhi kebutuhan. Proses pengajuannya mudah dan cepat. Selain itu karena sudah berizin OJK, jadi bunganya tidak mencekik dan sesuai aturan. Berikut adalah keuntungan pinjaman online. Yuk lihat penjelasannya!

1. Untuk Dana Darurat

Banyak orang yang lupa akan pentingnya dana darurat. Padahal salah satu pos keuangan ini harus dipenuhi. Untuk besarannya, bisa mulai dari 6x pengeluaran rutin tiap bulan. Dan nominalnya terus bertambah 3 seiring bertambahnya jumlah keluarga. 

Jika simpanan dana darurat tidak cukup, ada pinjaman online sebagai solusi. Misalnya ada keluarga yang memerlukan biaya rumah sakit atau tiba-tiba mengalami pemutusan kerja. Pinjaman online bisa menjadi bahan pertimbangan.

2. Untuk Keperluan Dana Harian

Pencairan dana pinjaman online biasanya sangat cepat. Hal ini bisa dimanfaatkan untuk menyambung hidup atau memenuhi kebutuhan harian. Misalnya gajian masih 5 hari lagi tapi uang anda tidak cukup untuk membeli bensin ke kantor. Nah anda bisa memanfaatkan pinjol sebagai dana talangan. Prinsipnya pinjaman online bunga rendah memakai tarif suku bunga sesuai OJK. Mulai dari 0,4-0,8% per hari.

3. Modal Awal Usaha

Ketika ingin merintis bisnis tentu memerlukan modal awal. Jika uang yang dimiliki masih kurang, anda bisa mengajukan pinjaman ke fintech lending. Uang tersebut dapat digunakan untuk membeli keperluan awal mulai dari bahan baku sampai peralatan. Pinjaman uang memang sebaiknya diputar kembali untuk usaha. Jadi anda tidak merasa terbebani cicilan karena disisihkan dari keuntungan bisnis.

Saat pertama mengajukan pinjaman, mungkin limit kredit tidak terlalu besar karena memang lembaga keuangan perlu mitigasi risiko atas pinjaman yang diberikan. Hal yang perlu diperhatikan ketika mengajukan pinjaman adalah anda harus pastikan kalau total cicilan tidak lebih dari 30% dari total penghasilan. Jadi pastikan anda mengatur keuangan dengan baik agar cicilan bisa teratur dibayarkan. Apalagi dengan tenor yang panjang, anda bisa fokus ke pengembangan bisnis.

5 Tips Pilih Pinjaman Online Bunga Rendah

Jangan pernah mengajukan pinjaman dengan tergesa-gesa. Lakukanlah dengan hati-hati. Hitung dengan teliti berapa nominal yang anda perlukan. Sebaiknya meminjam dengan jumlah sesuai yang diperlukan. Pastikan anda mampu untuk membayarnya, untuk menghindari risiko gagal bayar. Ada beberapa tips memilih pinjaman online bunga rendah:

1. Perhatikan Syarat-Syaratnya

Setiap perusahaan pasti memiliki aturan dan syarat-syarat untuk melakukan pinjaman. Perhatikan dengan baik apa saja dokumen yang perlu dipersiapkan. Jika ragu atau bingung, anda bisa bertanya ke sales perusahaan yang dituju. Persiapan yang matang dan detail, membuat pengajuan anda lebih cepat disetujui karena berkasnya sudah sesuai dengan syarat perusahaan.

2. Bandingkan Tempat Pinjaman

Sekarang ini sudah mudah untuk akses internet. Anda bisa cek dahulu perusahaan yang dituju apakah sudah terdaftar di OJK atau belum. Pastikan fintech lendingnya bukan ilegal. Perhatikan bagaimana prosedurnya, berapa besar suku bunganya, skema kreditnya dan lainnya.

3. Perhatikan Biaya dan Bunga

Jika sudah berizin OJK, pihak pinjol akan menjelaskan dan memberikan rincian biaya serta suku bunga dengan transparan kepada calon nasabah. Bahkan ada fintech lending yang menyediakan fitur untuk simulasi pinjaman. Jadi anda bisa tau jumlah cicilan yang harus dibayar tiap bulannya. 

Tak hanya itu saja, sejak awal anda juga diinfokan tentang risiko dan tanggung jawab yang harus dilakukan. Sehingga tidak ada penipuan. Umumnya suku bunga pinjaman pinjol legal adalah 0,4%. Hal itu tentu sangat berbeda dengan pinjol ilegal yang mematok bunga sampai 40% dari total pinjaman.

4. Punya Layanan Konsumen

Pinjaman online legal pasti menyediakan layanan konsumen yang bisa diakses masyarakat. Layanan konsumen dapat berupa Customer Service (CS), nomor telepon, email dan alamat kantor yang lengkap. Jika anda hal yang ingin ditanyakan, anda bisa segera menghubungi layanan konsumen yang disediakan.

5. Punya Aplikasi dan Website Resmi

Salah satu ciri pinjaman online yang sudah berizin OJK adalah memiliki aplikasi dan web resmi. Anda dapat dengan mudah menemukan aplikasinya di Google Play Store atau App Store di smartphone. Di website ada beragam informasi terkait pinjaman online tersebut. Anda juga bisa membaca tentang layanan finansial yang ditawarkan.

Perbedaan Pinjaman Online Legal dan Ilegal

Agar tidak tercemplung ke pinjol ilegal, anda harus survey terlebih dahulu perusahaan yang ingin anda incar untuk pendanaan. Jangan sampai salah pilih pinjol. Untuk mengetahui perbedaan antara pinjaman online yang legal dan ilegal, bacalah beberapa poin berikut ini:

  • Penyedia pinjaman yang legal merupakan penyedia yang sudah mengantongi izin dari OJK dan memperhatikan aspek perlindungan konsumen. Melainkan dengan pinjaman online illegal, mereka tidak memiliki izin dari OJK
  • Bunga dari pinjaman online legal bersifat transparan dan pihak peminjam mengetahui jumlah bunga yang berlaku. Hal sebaliknya berlaku di pinjaman online illegal, karena mereka tidak menyampaikan bunga yang berlaku
  • Alamat lokasi pinjaman online yang legal memiliki alamat yang tentu serta jelas, dan sudah diperiksa oleh OJK. Sedangkan untuk pinjaman online illegal, mereka tidak memiliki alamat kantor yang tentu dan jelas. Bahkan untuk menghindar aparat hukum, ada pinjaman online ilegal yang memiliki kantor di luar negeri. 
  • Lembaga pinjaman online yang legal wajib menjadi anggota Asosiasi Fintech Pendanaan Indonesia (AFPI). Lembaga penyedia pinjaman yang bukan merupakan anggota AFPI, bisa dibilang merupakan sebuah pinjaman yang illegal
  • Cara penagihan pinjaman online legal dan ilegal sangatlah berbeda dari satu dengan yang lain. Pinjaman legal memiliki sebuah sertifikasi untuk penagihan pinjaman yang dilakukan oleh AFPI. Pinjaman ilegal memilih cara kekerasan ketika melakukan penagihan pinjaman.
  • Pinjaman online yang legal memiliki jajaran direksi yang jelas dan memiliki pengalaman setidaknya 1 tahun di bidang keuangan. Namun, untuk pinjaman illegal, mereka tidak memiliki standar pengalaman pinjaman apapun
  • Pinjaman legal pasti sudah beroperasi berdasarkan ketentuan yang sudah ditentukan oleh OJK. Sedangkan pinjaman ilegal tidak beroperasi sesuai dengan ketentuan yang tersedia.

Perbedaan Pinjaman Online OJK Bunga Rendah & Pinjaman Bank

Perusahaan penyedia pinjaman semakin menjamur, meskipun memberikan pelayanan pinjaman kepada masyarakat yang membutuhkan, pinjaman via online dan bank memiliki beberapa perbedaan. Perbedaan tersebut adalah sebagai berikut: 

Proses pinjaman online dan bank memiliki waktu yang berbeda. Pinjaman online tidak terlalu memerlukan waktu yang lama untuk dicairkan, sedangkan pinjaman via bank memerlukan waktu yang cukup lama, bahkan hingga berbulan-bulan

Berkas-berkas yang dibutuhkan ketika melakukan pinjaman secara online atau melalui bank memang sama, namun bank melakukan beberapa verifikasi untuk menentukan bilamana berkas tersebut merupakan berkas yang asli atau bukan

Berbeda dengan bank yang hanya memerlukan dua pihak yang terlibat (bank dan juga peminjam), pinjaman online melibatkan pihak peminjam dan juga investor yang mempunyai modal untuk membiayai

Keamanan keduanya juga berbeda. Bank sudah terverifikasi keamanannya karena setiap bank sudah terdaftar di OJK. Sedangkan pinjaman online, seperti yang dibahas sebelumnya, memiliki pinjaman yang legal dan juga illegal. Ada baiknya bilamana anda berhati-hati.

Pinjaman Online Untuk Bisnis

Tidak dapat dipungkiri bahwa teknologi tengah berkembang dengan pesat dan banyak hal sudah berubah menjadi digital demi mengikuti perkembangan yang terjadi di dunia. Finance Technology menjadi salah satu hasil yang dibuahkan dalam perkembangan teknologi ini, dengan menyediakan pinjaman uang secara online. 

Pinjaman online bukan hanya membantu untuk keperluan pribadi, namun pinjaman online dapat membantu perkembangan bisnis di Indonesia sekarang.

Mengingat perkembangan teknologi yang berkembang pesat dimana semuanya harus didapatkan segera, kecepatan merupakan sebuah kunci. Dengan pinjaman bisnis yang memiliki proses yang cepat serta syarat yang praktis, pelaku bisnis yang membutuhkan pinjaman dapat menerima modal mereka dengan cepat demi keberlangsungan bisnis yang lancar.

Selain cepat dan praktis, pinjaman online berperan dalam memberi kemudahan serta keamanan bagi para pelaku bisnis. Dengan pandemi covid-19 yang masih terjadi, pinjaman online menyediakan sebuah platform untuk melaksanakan pinjam meminjam tanpa harus pergi ke bank untuk melakukannya. Pinjaman online menyediakan sebuah platform yang aman untuk bertransaksi yang siap melayani anda dimanapun dan kapanpun juga, tanpa harus memperhatikan waktu operasional.

Aplikasi Pinjaman Online Bunga Rendah 

Apa anda sedang butuh suntikan dana? Sedang mencari pinjol legal? Danamas merupakan sebuah penyedia pinjaman online yang sudah mengantongi izin dari OJK dan juga merupakan anggota dari AFPI. Danamas adalah solusi anda dalam perbisnisan yang anda lakukan. Pinjaman online OJK bunga rendah  2021 ini melayani peminjaman yang mudah, cepat dan praktis. Segera daftarkan diri anda kepada Danamas untuk memulai membangun bisnis impian anda.

Agar proses pengajuan lebih mudah dan dilakukan kapanpun dimanapun, anda bisa download Aplikasi Danamas Pinjaman Bisnis. Hanya menggunakan smartphone, semuanya lebih simpel. Danamas bisa memberikan pinjaman sampai Rp 2 miliar dan memberikan bunga rendah. Tenor yang diberikan panjang mulai dari 1 sampai 10 tahun.Anda juga bisa simulasikan pinjaman dan nilai properti dengan menggunakan kalkulator pinjaman dan kalkulator simulasi properti untuk menghitung pinjaman dan angsuran properti. Untuk info lebih lengkap, klik DISINI!

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

cara-mendapatkan-uang-1-juta-dalam-sehari-tanpa-modal

Cara Mendapatkan Uang Dari Internet Tanpa Modal

Cara mendapatkan uang dari internet tanpa modal memang bisa dengan syarat fokuslah pada magin dan kualitas. Jika memulainya dengan kuantitas, ini akan terasa sulit sehingga An

pinjaman-online-bunga-rendah-terdaftar-di-ojk

100+ Daftar Pinjaman Online Bunga Rendah Terdaftar Di OJK

Pinjaman online bunga rendah bisa Anda gunakan saat berencana untuk bertahap melunasi beberapa keperluan mendesak. Pinjaman online bunga rendah bisa menjadi alternatif solusi

cara-bayar-spt-online-batas-31-maret-2023

Cara Lapor SPT Tahunan Online 2023 : Pribadi, PNS & Perusahaan

Cara lapor SPT Tahunan memang tidak bisa dianggap mudah, namun juga tidak yang begitu sulit. Secara semua pemasukan yang Anda miliki wajib dilapor, jadi pastikan untuk tidak k