toko-sembako-modern

Toko sembako modern dibuat lebih mewah dan kreatif, mengapa tidak? Semenjak COVID-19 di tahun 2021 lalu, ternyata membuat banyak sekali orang di Indonesia mulai membuka bisnis rumahan. Hingga saat ini, data melalui Google Trend menyatakan sejak tahun 2021 trend mengenai bisnis rumah tetap melebihi 300%. Baik dari usia muda produktif hingga kalangan ibu rumah tangga pun melihat peluang dari bisnis rumahan sejenis toko sembako modern maupun kelontong. 

Baca juga: Usaha Rumahan Modal 50 Ribu

Kelihatannya memang sepele, namun perputaran dari bisnis kelontong atau toko sembako modern ini ternyata cukup besar lho per harinya! Siapa sangka bahwa omset per hari bisnis toko sembako modern ini bisa mencapai Rp 1-3 juta. Apalagi jika total penduduk sekitar banyak dan lokasi tempat toko dibuka cukup strategis. Tentu saja omset bisa lebih dari Rp 3juta. 

Yap, omset besar tidak terlepas dari strategi bisnis yang tepat. Jadi, meski kelihatannya sepele dan mudah tapi kamu harus berani berkreasi dan menetapkan langkah yang strategis. Nah, yuk lihat lebih lengkap penjabaran strategi dari Danamas untuk teman-teman pengusaha!

Tips & Ide Bisnis Toko Sembako Modern Bisa Cuan!

Membuka sebuah bisnis baru memang terkadang memerlukan banyak ide untuk menjalankannya. Selain itu, membuka sebuah ide bisnis yang baru juga memerlukan sebuah ide untuk mengembangkan dan membuat toko tersebut menjadi ramai pengunjung. Berikut adalah beberapa ide bisnis ketika membuka sebuah toko sembako modern:

1. Menjual Bahan-bahan Yang Berbeda Dan Lengkap

Karena adanya perkembangan masa yang terus menerus terjadi, masyarakat kini cenderung lebih menyukai hal-hal yang lebih modern. Masyarakat kini lebih suka mendapatkan sebuah varian paling baru agar dapat mengikuti tren yang ada di dunia sekarang. Sebagai pemilik toko kelontong tersebut, alangkah baiknya bila anda menyiapkan sebuah jejeran persediaan barang-barang yang sudah disesuaikan dengan kemauan para konsumen yang datang ke toko sembako tersebut.

2. Membuka Toko Dengan Sebuah Tema Tertentu

Berkaitan dengan poin sebelumnya, toko sembako modern anda mungkin bisa memiliki sebuah tema yang ingin diikuti sehingga toko tersebut memiliki sebuah ciri khas tersendiri sehingga dengan ini, pelanggan dapat kembali lagi kepada toko anda karena ingat akan ciri khas yang toko tersebut miliki.

3. One-stop Store

Secara mudah, one-stop store merupakan sebuah toko yang menyediakan semua keperluan yang ada. Dengan menyediakan sebuah toko yang lengkap dan menyediakan banyak hal, pelanggan akan menjadi lebih sering mengunjungi toko anda dan ada kemungkinan bahwa toko anda akan direkomendasikan oleh pendatang yang lain, sehingga dapat meningkatkan pendapatan

4. Space Untuk Beristirahat

Beberapa market terkadang memberikan sebuah tempat bagi para pengunjung untuk sekedar beristirahat atau sebagai tempat bagi ojek online untuk menunggu pelanggannya. Terkadang orang-orang yang menyediakan ini mungkin bisa tertarik berbelanja di market tersebut karena jangka yang dekat. Dengan menyediakan spasi untuk beristirahat ini, ada saja kesempatan untuk membeli sesuatu dengan mudah dan terjangkau.

Cuan selalu bisa didatangkan dengan keunikan dan kreatifitas untuk membedakan toko sembako Anda dari lainnya. Toko sembako modern adalah kata sifat yang menjelaskan bahwa toko Anda adalah toko yang mengikuti perkembangan jaman. Bagaimana merealisasikannya? 

5. Sistem Pembayaran Lengkap

Tentu tidak selalu harus dengan design toko yang keren tapi Anda bisa menawarkan kemudahan pembayaran via online baik melalui dompet digital, sistem kredit cicilan paylater, transfer online hingga QRIS. Jadi, basis pembayaran yang terjadi bisa sangat berguna dan multifungsi bagi setiap orang yang tentunya menguntungkan juga untuk kamu. 

6. Tersusun Rapih, Bersih & Terang

Survey dari CSTD membuktikan tingkat kebersihan yang kurang mencerminkan kegagalan bisnis dan 99% tidak membuat orang kembali membeli. Terlepas dari warna apa yang digunakan, membuat toko rapih, bersih dan terorganisir jauh lebih penting. Karena jadi keren itu bukan tentang fisik toko tapi fungsinya ya!

7 .Variasi Produk

Minat pasar ditentukan berdasarkan kawasan Anda, namun dagangan yang akan selalu laris dan diperlukan tentunya sembako seperti beras, minyak, gas dan telor. Lakukan testing seperti menjual rokok, frozen food, makanan ringan dan minuman untuk mengundang penduduk lain datang.

8. Kawasan Lokasi Strategis

Lokasi strategis bisa diidentikkan dengan sedikitnya pemain toko sembako atau toko sejenis di sekitar kamu. Jadi tempat terbaik untuk memulai adalah tempat yang jauh dari pusat bisnis atau pasar. Jadi, paling tepat sebenarnya komplek rumah atau pemukiman. 

9. Layanan Antar Jemput

Membuka layanan antar jemput tentu sangat memudahkan penduduk sekitar yang sedang tidak sempat. Namun, cantumkan biaya tambahan jika ternyata layanan antar jemput sudah jauh atau cantumkan minimal pembelian. Jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan kamu ya saat mengantar, tampil lebih profesional dan segar!

10. Komunitas Warga

Sebagai makhluk sosial kita pasti akan saling membutuhkan satu sama lain dalam interaksi setiap harinya. Bergabung dengan komunitas warga dan terlibat dalam kegiatan setempat justru meningkat citra positif kamu yang bisa mewakili tokomu. 

11. Promo Bundle

Lakukan promo bundling harga dan promosikan, untuk memastikan keuntungan kamu bisa bermitra dengan distributor agar mendapatkan harga lebih murah. Lakukan ini paling tidak 1 kali sebulan. Dengan melakukan promo bundle ini sebenarnya kamu sedang membangun relasi dengan masyarakat setempat.

12. Tempat Nongkrong

Sediakan tempat bersantai di depan toko mu paling tidak meja, kursi dan pastinya tempat sampah yang terlihat ya. Ini diperlukan agar toko mu tetap terjaga kebersihan dan kerapihannya. Jika masyarakat setempat melihat satu tempat yang ramai, ini justru menambahkan nilai kepercayaan mereka terhadap bisnis atau suatu toko. 

13. Hiasan Modern Minimalis

Tambahan pernak pernik modern seperti “Open” dan “Closed” di depan pintu, ini adalah hiasan minimal yang paling tidak wajib kamu miliki. Buat toko secantik mungkin tidak perlu ribet, jika perlu toko memiliki 2 warna saja. 

14. Penerangan & Sirkulasi Udara

Toko sembako modern seharusnya sudah terbuka bagi pembeli untuk mengambil produk sendiri sesuai dengan keinginan. Ukuran toko berukuran minimal 3×6 atau 4×6. Toko yang nyaman dan sirkulasi udara tidak sumpek justru membuat para pelanggan nyaman untuk kembali lagi. Tambahkan sedikit pengharum ruangan yang memberi kesan segar. 

15. Layanan Top Up, Tarik Tunai & Pembayaran 

Kelengkapan layanan digital seperti pembayaran PAM, listrik, pembelian listrik prabayar hingga top-up pulsa dan game bisa kamu sediakan juga sebagai alternatif bisnis lainnya selain sembako. Biasanya masih ada masyarakat yang merasa perlu melakukan transaksi tarik tunai, ini bisa menjadi strategi bisnis toko sembako modern kamu agar jadi lebih menarik dari segi pelayanan. 

16. Nama Toko Mudah & Bermakna

Punya nama toko yang mudah untuk diingat adalah keharusan, selain itu perhatikan arti dari nama toko yang kamu pilih. Dengan memilih nama toko yang bermakna ini bisa menjadi doa, nilai yang dijunjung dan makna pesan yang disampaikan pada pembeli. Jadi, jangan sembarang memilih nama toko ya.

17. Kedai Online

Ini bisa menjadi strategi cadangan, tapi paling tidak hadir secara online bisa menambah omset. Kamu bisa menjangkau mereka yang tidak tinggal sekitarmu. Jadi, tidak ada salahnya mendaftarkan lokasi toko kamu di beberapa kedai online. 

18. Sewakan Lahan

Menawarkan lahan kosong di depan toko kepada penjual nasi uduk atau warga setemapt yang berminat untuk menjual dagangannya adalah hal yang menarik. Ini bisa mengundang warga setempat ataupun orang yang berlalu lalang mengenal kehadiran toko sembako kamu. Jangan lupa untuk berinteraksi dan bersosialisasi ya. 

19. Modal & Karyawan Jujur Proaktif

Memulai bisnis tentu saja membutuhkan modal yang paling sedikit untuk memulai yaitu Rp 10-15 juta. Memiliki modal awal sebesar ini bisa menunjang fasilitas dan variasi produk yang dapat kamu beli. Ada baiknya jika kamu memiliki karyawan yang jujur dan proaktif, sehingga kamu tidak kewalahan dalam mengatur sistem toko, terutama ketika barang dagangan mulai habis.

20. Aktif Dalam Komunitas

Aktif menyapa dan terlibat dalam komunitas bisa membantu Anda untuk lebih dikenal oleh masyarakat setempat. Membuka diri untuk bersosialisasi tidak pernah salah, jalin hubungan interaksi tulus dengan sesama. Pada acara-acara keagamaan tertentu, Anda juga bisa membuat banner khusus dan mempostingnya via akun Anda pribadi atau langsung mengucapkannya pada masyarakat setempat. Dengan demikian, hubungan Anda dengan tetangga menjadi lebih harmonis.

Tips Membuka Usaha Toko Kelontong

Setiap membuka sebuah bisnis yang baru, pasti langkah-langkah awal akan dibutuhkan untuk membangunnya. Anda bisa mempelajarinya agar tidak bingung untuk mempersiapkan usaha baru. Berikut adalah beberapa cara untuk memulai sebuah toko sembako modern:

1. Rencanakan Konsep dan Lakukan Riset Pasar

Sebelum anda membuat sebuah toko, pasti memikirkan sebuah konsep dan juga melakukan sebuah riset pasar adalah sesuatu yang harus dilakukan. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan gambaran usaha yang akan dirintis, serta mempelajari keperluan yang mungkin akan sering digunakan di lingkungan tersebut.

2. Ketahui Apa Yang Harus Dijual

Mengetahui hal yang dijual dapat membantu dalam penjualan. Pasalnya, dengan mengetahui apa yang dijual, kita secara tidak langsung mempromosikan toko kita sebagai sebuah toko yang memiliki apa yang pelanggan inginkan.

3. Pastikan Modal & Persediaan Cukup

Pembuatan sebuah toko sembako memerlukan modal yang banyak. Pastikan modal anda cukup untuk membuat toko sembako ini. Persediaan yang cukup adalah sebuah kunci untuk sebuah toko sembako yang lancar. Dengan ini, alangkah baiknya anda memastikan bahwa anda memiliki persediaan yang pas sebelum mulai membuka perusahaan toko sembako modern anda. 

4. Dirikan Toko Ditempat yang Terjangkau

Adakan sebuah survei lokasi terlebih dahulu sebelum melakukan membangun toko sembako modern anda. Terkadang, warga menginginkan sebuah toko yang dapat dijangkau dari tempat mereka. Untuk membuka sebuah perusahaan, faktor tempat juga dapat berperan dalam ini. Bangunlah sebuah toko yang bisa dijangkau oleh banyak orang sehingga hal tersebut dapat membantu untuk mendapatkan pelanggan yang lebih banyak.

Baca juga: Peluang Usaha 2022 yang Tak Ada Matinya

Berapa Modal Usaha Sembako?

Modal adalah hal yang sangat penting ketika ingin membuka usaha, termasuk toko sembako modern. Agar bisa mengembangkan bisnis dengan cepat dan membuka cabang di berbagai daerah, anda memerlukan modal yang besar. Hal ini tentu harus diperhitungkan dengan matang, agar tidak kekurangan modal.

Modal yang diperlukan mulai dari Rp 3 juta hingga puluhan juta. Misal anda memiliki modal 50 juta, maka anda bisa menyewa tempat lebih luas agar pelanggan merasa lebih nyaman, parkiran juga bisa lebih luas. Barang yang dijual bisa lebih beragam, produk sembako yang wajib ada seperti beras, minyak goreng, gula pasir, tepung terigu, telur ayam, garam. 

Barang lainnya seperti gas elpiji 3, 5,5 dan 12 kg, bumbu dapur (bawang putih, bawang merah, bawang bombay, kemiri, jahe, ketumbar, lada, daun seledri, daun bawang dan lainya), produk susu, mie instan, frozen food, makanan dan minuman ringan. Selain itu, anda juga harus mengeluarkan modal untuk membenahi bagian dalam dan luar bangunan agar menjadi toko sesuai yang anda mau.

Sebenarnya modal yang diperlukan tidak hanya itu, tapi anda juga harus modal tenaga. Diperlukan keuletan dan kegigihan untuk memperoleh hasil yang maksimal.

Optimalkan Peluang Bisnis dengan Modal Usaha Terpercaya

Membuat sebuah perusahaan merupakan sesuatu yang baru dan juga memerlukan proses yang panjang untuk melakukannya. Hal tersebut juga tidak memakan modal yang sedikit, melainkan modal yang diperlukan bisa dibilang cukup banyak untuk memulai sebuah usaha.Untuk segala keperluan modal usaha anda, Danamas siap untuk membantu menyediakan pinjaman untuk usaha teman-teman. 

Dengan jaminan properti, kami siap memberikan sebuah modal yang paling sesuai dengan keperluan usaha anda. Danamas adalah perusahaan pinjaman online terpercaya yang bisa meminjamkan uang hingga Rp 2 miliar dengan tenor mulai dari 1 hingga 10 tahun.  Kunjungi website Danamas atau Instagram Danamas untuk informasi lebih lanjut tentang produk pinjaman yang ditawarkan. Jangan ragu untuk menghubungi Danamas di Hotline: 021-50960896, email: [email protected] atau Whatsapp Danamas di nomor 0882 24222 001/0882 24222 002. 

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

bisnis rice bowl rumahan

 20 Bisnis Rice Bowl Rumahan dengan Ide Menu, Modal & Untung!

Bisnis rice bowl rumahan adalah bisnis yang cukup menjanjikan jika ditekuni dengan serius. Peluang usaha ini tidak hanya memberi keuntungan, namun Anda juga memiliki kesempata

usaha-rumahan-modal-50-ribu

30+ Usaha Rumahan Modal 50 Ribu Untung Besar

Banyak orang yang beranggapan bahwa membuka usaha membutuhkan modal yang besar. Padahal, dengan perkembangan teknologi sekarang ini, anda bisa memulai bisnis rumahan hanya den

contoh-komoditi-ekspor-nonmigas-indonesia-adalah

10+ Jenis Komoditas Ekspor Indonesia Migas & Non Migas

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar kata komoditas? Komoditas tidak dapat dipisahkan dari pengaruhnya terhadap masyarakat, karena tergolong sebagai benda yang relatif muda