faktor-penyebab-kegagalan-wirausaha

Di masa sekarang, banyak sekali orang yang ingin melakukan kegiatan wirausaha. Hal tersebut mungkin didorong karena banyaknya peluang bisnis yang ada di sekitar kita. Namun, dari sekian banyak wirausaha, kegagalan terkadang terjadi dan hal tersebut memiliki faktor penyebab kegagalan wirausaha yang berbeda-beda. 

Ketika memulai sebuah bisnis, tak sedikit orang yang hanya memikirkan berapa besar keuntungan yang diperoleh tanpa memikirkan solusi terbaik untuk menghadapi faktor penyebab kegagalan wirausaha. Padahal keberhasilan sepaket dengan risiko kegagalan.

Di artikel ini, mari simak bagaimana caranya melanjutkan perusahaan wirausaha kita, menghadapi kesalahan ketika menjalankan wirausaha, contoh wirausaha yang gagal, mengetahui apa saja faktor penyebab kegagalan wirausaha, dan ada juga tips-tips dalam berbisnis agar anda bisa meraih keuntungan.

Baca juga: Apa itu Wirausaha & Manfaat Berwirausaha

5 Faktor Kegagalan Wirausaha

Terkadang saat kita sudah berhasil, ada saja sedikit masalah dan tantangan yang kemungkinan anda akan hadapi ketika membuka sebuah perusahaan. Beberapa dari tantangan tersebut adalah sebagai berikut: 

  • Impulsif

Tidak dapat dipungkiri bahwa ketika kita sudah mencapai titik finish yang kita inginkan, pasti ada satu yang menjadi masalah bagi kita untuk berlari maju ke depan. Terkadang, nafsu ingin memimpin serta nafsu untuk cepat selesai dan cepat kaya. Karena ini, banyak masalah bisa tumbuh karena seseorang menginginkan sesuatu dengan lebih cepat dimana kemungkinan kesalahan bisa saja terjadi.

  • Tidak memikirkan resiko

Jika membuat sebuah perusahaan, manajemen adalah sebuah aspek penting dalam sebuah pekerjaan. Jika manajemen tidak memikirkan resiko yang akan hadir, hasilnya bisa jadi sangat berantakan dan bisa mengacaukan perusahaan wirausaha.

  • Tidak memperhitungkan persaingan

Terkadang, kita harus hati-hati kepada toko lawan dan memperhatikan apa yang mereka jual atau lakukan untuk promosi. Wirausaha bisa saja gagal ketika lawan memiliki sesuatu yang menarik, namun kita tidak memilikinya.

  • Tidak ada modal

Karena tidak memiliki modal yang cukup, sebuah wirausaha bisa saja gagal. Pada tahap awal wirausaha, modal adalah sebuah hal yang penting karena hal tersebut membantu untuk mengembangksn perusahaan secara lanjut.

  • Tidak ada pengalaman dan keahlian, serta kurangnya dukungan

Meskipun sebelumnya dikatakan tidak apa-apa untuk gagal, hal ini biasa disebabkan karena kurangnya pengalaman dan kurangnya keahlian. Dengan ini, kemungkinan juga akan memilih sebuah pilihan yang akhirnya berujung kegagalan dalam wirausaha.

Terkadang, kurangnya dukungan juga mendorong sebuah kegagalan. Rasa bahwa tidak ada yang mendukung bisa saja membuat seseorang merasa bahwa wirausaha ini merupakan sesuatu yang tidak usah dicoba. Mereka akan melupakan semua usaha mereka dan meninggalkan perusahaan wirausaha mereka.

Contoh Wirausaha Yang Gagal

Ketika menjalani bisnis, ada strategi yang perlu dilakukan agar bisnis bisa berjalan lancar. Kurangnya waktu dan komitmen, kegagalan manajemen dan tidak adanya inovasi menjadi salah satu penyebab usaha mengalami kegagalan. Berikut adalah contoh wirausaha gagal yang dijalani selebritas:

  1. Curt Schilling (38 Studios)

Sebelum pensiun dari Major League Baseball di tahun 2008, Curt Schilling membangun perusahaan video game yang diberi nama 38 Studios. Perusahaan tersebut sukses memproduksi Kingdoms of Amalur. Tapi Schilling tidak mampu menaikkan modal, dan dia menanam uang pribadinya lebih dari U$ 30 juta ke bisnis tersebut.

Tahun 2011, bisnisnya gagal membayar kredit yang diberikan Negara Bagian Rhode Island senilai US$ 75 juta. Karena gagal mendapatkan dana alternatif, tahun Juni 2012 Schilling memberhentikan 400 orang pegawainya.

  1. Steven Spielberg (Restoran Dive)

Steven Spielberg dan Jeffrey Katzenberg seorang CEO Dreamworks bekerja sama untuk membangun restoran Dive! di Los Angeles. Setahun kemudian mereka membuka cabang di Las Vegas. Awalnya bisnis berjalan sukses, tapi pada tahun 1999 kedua restoran tersebut tutup karena kesulitan menarik pelanggan lagi.

  1. Kardashian Sisters (The Kardashian Kard)

Tahun 2010 lalu Kim Kardashian, Kourtney dan Khloe menerbitkan kartu kredit prabayar yang diberi nama ā€œThe Kardashian KARDā€. Tapi banyak pelanggan yang mengeluh karena biaya kartu sangat tinggi yaitu US$ 7,95 per bulannya. 

Bahkan bagi nasabah yang melakukan pembatalan pembuatan kartu ada denda yang harus ditanggung sebesar US$ 6. Hanya ada 250 nasabah yang membeli kartu mereka dan akhirnya dalam kurang dari satu bulan tidak ada sama sekali yang menggunakannya.

Tips Wirausaha Bisnis

Semua memiliki sebuah tahapannya sendiri. Memulai sebuah wirausaha merupakan sebuah hal yang memerlukan proses yang lama. Bagi pemula, ada baiknya jika anda mengetahui beberapa tips utama berikut ini:

  • Jangan malu belajar

Untuk mencoba sesuatu yang baru, proses belajar merupakan sesuatu yang wajar untuk dilewati. Jika anda baru pertama kali hendak melakukan wirausaha, janganlah anda malu belajar. Lebih baiknya, anda belajar dari apa yang telah diberikan pada kesempatan tersebut, sehingga pada kedepannya, anda dapat menjalankan perusahaan dengan baik tanpa rasa ragu.

  • Jangan takut gagal

Kegagalan merupakan sebuah hal yang wajar terjadi karena beberapa dari kita tidak tahu harus melakukan apa. Karena ini, janganlah takut untuk gagal, karena kegagalan merupakan salah satu jalan menuju kesuksesan. Gunakan kegagalan tersebut sebagai sebuah pembelajaran agar tidak mengulangi kesalahan yang lama. Ingat-ingat apa yang salah dan lakukan hal lain demi menghindari kesalahan tersebut.

  • Coba segala kesempatan 

Jika sebuah kesempatan hadir untuk kita, coba saja jalankan. Kembali lagi ke poin sebelumnya, janganlah takut untuk mengambil desisi dan jangan takut membuat kesalahan. Ambil segala kesempatan yang tersedia. Mungkin saja kesempatan tersebut membuahkan sebuah hasil yang ternyata menguntungkan bagi anda ataupun perusahaan anda.

  • Siap bekerja keras

Memulai sesuatu yang baru pasti membutuhkan sebuah kerja keras dan dedikasi yang tinggi. Memulai sebuah perusahaan, anda harus siap bekerja keras dan siap menghadapi tantangan yang akan ada di kedepan harinya.

  • Pantang menyerah

Apapun percobaannya, anda harus pantang menyerah dalam menjalankan usaha anda. Dengan anda yang pantang menyerah, hal tersebut bisa membantu dalam memulai bisnis wirausaha anda. Mungkin juga hal tersebut menjadi sebuah inspirasi bagi bawahan anda untuk tetap bekerja demi perusahaan anda.

Alasan Harus Coba Berwirausaha

Melakukan wirausaha merupakan sebuah hal yang memang mungkin bisa melelahkan dan menarik. Namun, mengapa sebenarnya anda ingin melakukan wirausaha? Berikut adalah beberapa alasan mengapa wirausaha bisa menjadi sebuah alternatif dalam pekerjaan:

  • Fleksibel

Membangun sebuah wirausaha pastilah fleksibel. Karena semua keputusan adalah milik sang pendiri. Jika mau, pemilik bisa mengadakan rapat terlebih dahulu jika ingin memilih sesuatu. Wirausaha membuka peluang bekerja sama dan juga banyak ide baru untuk dikembangkan di bisnis.

  • Tidak terkait jam kerja

Dengan tanpa terikatnya anda dengan jam kerja, anda bisa memanfaatkan waktu untuk beristirahat atau mungkin bisa bekerja di waktu yang anda bisa tentukan sendiri. Anda tidak harus lagi berangkat pagi atau bahkan hingga pulang malam ketika anda menjadi pengusaha.

  • Mencoba hal baru

Jika anda bosan dengan pekerjaan anda yang sekarang, wirausaha dapat membantu mengubahnya. Dengan wirausaha, anda dapat bebas berekspresi dan juga mencoba banyak hal yang anda lewati ketika bekerja sebelumnya

  • Mengikuti tren sekarang

Banyak wirausaha yang memiliki konsep modern dan dapat diikuti dengan baik dan diterima di tengah kalangan manusia. Karena banyaknya ini, ada banyak toko yang membuka toko mereka sesuai dengan tren sekarang. Secara langsung, wirausaha memiliki sebuah situs untuk melakukan challenge sendiri karena harus berkompetisi dengan entertainment lain.

Cara Menghindari Kegagalan Dalam Berwirausaha

Walaupun kegagalan merupakan hal yang lumrah dan setelah gagal akan ada keberhasilan seperti yang dilalui oleh banyak pebisnis di luar sana. Namun, bagi pengusaha yang baru menapaki dunia bisnis, perlu mengetahui faktor penyebab kegagalan wirausaha dan cara menghindarinya. 

  1. Lakukan Riset Pasar Yang Matang

Luangkan waktu dan tenaga untuk melakukan riset. Lakukanlah dengan baik agar informasi mengenai target pasar bisa terkumpul maksimal. Dari hasil riset tersebut, pengusaha bisa mengetahui berapa perkiraan jumlah konsumen yang menjadi target pasarnya dan mengenali karakter ketika membeli barang atau jasanya. 

Selain itu, anda juga bisa memperkirakan apakah produk yang akan dijual benar-benar diperlukan oleh konsumen atau tidak. Jangan lupa untuk menganalisis jumlah kompetitor yang bergelut di bidang bisnis yang sama.

  1. Kelola Keuangan Dengan Baik

Uang memegang andil besar dalam berbisnis. Anda bisa gagal dan berhasil karena uang. Jadi kelola uang dengan sebaik mungkin. Memiliki sistem keuangan yang berkelanjutan adalah pondasi dasar dalam menjalankan usaha. 

Anda bisa mulai dengan mencatat cashflow yang terorganisir. Dengan adanya pencatatan, anda bisa mengevaluasi pemakaian modal yang dikeluarkan, apa outputnya bagus atau perlu ada pengurangan pengeluaran.

  1. Pilih Tim Yang Solid

Jika anda membuka bisnis dengan partner anda. Pilihlah orang yang bisa bekerja sama. Tidak sedikit usaha kolaborasi yang bangkrut karena kerja sama yang buruk. Apalagi jika sudah mulai merekrut karyawan, anda harus memilih kandidat yang dipercaya mampu memberikan kontribusi pada bisnis anda.

Tanda Kegagalan Usaha Adalah

Dalam berbisnis, tanda bahaya dinyalakan ketika modal telah habis. Dari sanalah anda harus waspada. Walaupun modal bukanlah satu-satunya penyebab kegagalan tapi merupakan faktor penyebab kegagalan wirausaha yang sangat berbahaya. Berikut ada tanda kegagalan yang bisa jadi patokan kondisi bisnis anda:

  1. Overtrading

Dalam hal ini perusahaan tumbuh berlebihan dan mengakibatkan utang piutang terus bertambah. Karena modal yang dimiliki digunakan untuk operasional. Jika hal itu terjadi, maka akan ada masalah likuiditas dan tidak tersedianya uang tunai dari hasil penjualan untuk membayar gaji karyawan dan pemasok.

  1. Banyak Hutang

Hutang bisa menjadi bumerang. Apalagi bunga pinjaman yang terus membengkak jika tak dibayarkan. Konsekuensinya aset akan dijual atau disita bank untuk bisa menutupi lubang tersebut. Rasio hutang aman adalah di bawah 40% dan maksimal 50%.

  1. Banyak Piutang Tidak Tertagih

Lakukanlah tagihan secara berkala dan konsisten untuk menghindari piutang tak tertagih. Atau bisa juga menentukan kebijakan kredit lebih selektif dan kenakan denda bila pembayaran tidak sesuai perjanjian.

  1. Kurang Modal

Jangan sampai hal ini terjadi karena akan mengganggu proses operasional dan dampaknya bisa menerjunkan anda ke jurang kegagalan. Sebelum kehabisan modal, lakukanlah pinjaman modal ke pihak luar. Tapi ingat, jangan meminjam melebihi maksimal rasio hutang yaitu 50%.

  1. Margin Keuntungan Tipis

Margin merupakan selisih harga jual dari harga produksi. Bisa jadi keuangan yang menipis karena keuntungan yang dikantongi juga sedikit. 

Hal itu bisa terjadi misalnya karena ada kompetitor baru yang ā€œbermainā€ di harga rendah dan naiknya harga bahan pokok. Solusinya anda bisa melakukan inovasi produk dan menjual dengan harga lebih mahal agar keuntungannya juga naik.

4 Persiapan sebelum Wirausaha

Untuk memulai sebuah wirausaha, sebuah persiapan pasti diperlukan agar memiliki hasil yang maksimal. Berikut adalah beberapa persiapan yang harus disiapkan ketika memulai sebuah wirausaha:

  • Potensi Pasar

Mengetahui potensi pasar merupakan sesuatu yang mendasar dalam membangun sebuah wirausaha. Dengan mengetahui pasar anda, dengan ini juga anda mengetahui apa yang anda ingin jual ke publik. Anda dapat mengetahui apa yang paling cocok untuk toko anda sehingga dapat menarik perhatian pelanggan dari daerah anda.

  • Modal yang Dimiliki

Siapkan modal yang cukup untuk membuat wirausaha anda. Karena modal ini merupakan salah satu kunci untuk mempersiapkan sebuah wirausaha yang sukses. Modal dapat membeli barang yang akan ingin dijual serta dapat menyiapkan anda untuk keperluan yang lain seperti biaya untuk mendirikan bangunan toko anda dan juga mempersiapkan persediaan untuk dijual atau tenaga kerja yang dibutuhkan untuk memulai wirausaha tersebut

  • Memperhitungkan Persaingan dan Resiko Bisnis

Ketahuilah siapa penyaing dan juga resiko bisnis anda. Dengan mengetahui hal ini, anda bisa antisipasi pergerakan selanjutnya yang mungkin akan diambil oleh pesaing anda, dan anda bisa meminimalisir resiko yang mungkin akan terjadi saat menjalankan bisnis anda

  • Mental 

Hal paling penting dalam memulai sebuah wirausaha adalah kesiapan mental. Apakah anda siap mengerjakan dan menjalankan wirausaha ini, baik sendiri maupun dengan rekan-rekan lain? Siap untuk bertanggung jawab atas kesalahan yang dilakukan saat melakukan wirausaha? Siap untuk menerima banyak resiko yang mungkin akan datang saat menjalankan perusahaan? Jika seluruh jawabannya adalah iya, anda siap untuk menjalankan perusahaan anda!

Prospek Bisnis Lebih Baik dengan Modal Aman Berizin OJK

Dalam berbisnis tentu memerlukan modal yang besar agar bisnis bisa cepat berkembang. Apalagi modal merupakan salah satu pondasi dasar dalam berbisnis. Tentunya harus disiapkan dengan matang. Oleh karena itu, Danamas siap membantu Anda untuk membangun bisnis wirausaha anda. 

Hanya dengan beberapa berkas dan ketukan melalui platform online kami, anda dapat memiliki modal untuk usaha anda. Pinjaman UMKM online terpercaya ini bisa meminjamkan uang sampai Rp 2 miliar. Wow dengan modal tersebut anda bisa membuat bisnis berekspansi dengan sangat cepat.

Bunga rendah, tenor yang lama bahkan sampai 10 tahun dan pengajuan yang mudah. Anda bisa simulasikan pinjaman dan properti yang anda miliki dengan menggunakan kalkulator simulasi properti dan kalkulator pinjaman. Anda juga bisa download Aplikasi Danamas Pinjaman Bisnis, untuk proses lebih mudah. Untuk info selengkapnya, klik DISINI!

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

bisnis rice bowl rumahan

Ā 20 Bisnis Rice Bowl Rumahan dengan Ide Menu, Modal & Untung!

Bisnis rice bowl rumahan adalah bisnis yang cukup menjanjikan jika ditekuni dengan serius. Peluang usaha ini tidak hanya memberi keuntungan, namun Anda juga memiliki kesempata

usaha-rumahan-modal-50-ribu

30+ Usaha Rumahan Modal 50 Ribu Untung Besar

Banyak orang yang beranggapan bahwa membuka usaha membutuhkan modal yang besar. Padahal, dengan perkembangan teknologi sekarang ini, anda bisa memulai bisnis rumahan hanya den

contoh-komoditi-ekspor-nonmigas-indonesia-adalah

10+ Jenis Komoditas Ekspor Indonesia Migas & Non Migas

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar kata komoditas? Komoditas tidak dapat dipisahkan dari pengaruhnya terhadap masyarakat, karena tergolong sebagai benda yang relatif muda