aplikasi-jual-beli-rumah-terbaik

Saat ini Anda sedang mencari rumah atau mungkin ingin menjual rumah? Ada beberapa aplikasi yang dapat mempermudah Anda untuk membeli atau menjual rumah dengan cepat. Bahkan hanya bermodalkan smartphone anda bisa berselancar di aplikasi jual beli rumah terbaik untuk mencari properti yang anda idamkan. 

Dengan adanya aplikasi bisnis properti, dan kemudahan dalam mengakses melalui internet, maka Anda bisa mencari ataupun mengiklankan rumah dengan aman dan praktis. Berbagai informasi ditawarkan mulai dari tipe rumah, range harga, dan lokasi yang beragam. Dengan begitu, Anda tidak perlu repot untuk mencari rumah masa depan. Aplikasi jual beli rumah terbaik ini umumnya tidak hanya menjual rumah, tetapi juga properti lainnya seperti apartment. Aplikasi ini juga bisa membantu Anda untuk melihat berbagai informasi yang Anda butuhkan untuk berbisnis properti dan investasi.

Aplikasi jual beli rumah terbaikĀ  ini menguntungkan pembeli dan penjual. Jangkauannya luas dan bisa diakses oleh semua orang bahkan yang ada di luar kota sekalipun. Jadi penyewa atau pembeli yang lokasinya jauh tidak perlu repot-repot datang hanya untuk survey. Mau tau apa saja aplikasi yang direkomendasikan? Simak dalam artikel berikut ini.

Aplikasi Jual Beli Rumah & Apartemen Terbaik 2022

Ada 12 aplikasi jual beli rumah terbaik yang direkomendasikan pada artikel ini. Aplikasi tersebut memiliki berbagai macam filter yang bisa dipakai untuk memudahkan anda mencari apa yang dimau. Tak hanya itu saja, ada juga fitur-fitur menarik yang bisa dicoba.

1. Rumah.com

Merupakan aplikasi yang dapat Anda jumpai. Selain itu Anda dapat memperoleh daftar properti yang sesuai dengan kriteria Anda serta dapat menghubungi agennya secara langsung. Aplikasi Rumah.com menyediakan lebih dari 100.000 properti mulai dari rumah, apartemen, maupun ruko. Beberapa fitur yang ditawarkan aplikasi Rumah antara lain, yakni dilengkapi built in GPS sehingga dapat memudahkan menemukan properti yang disewakan sesuai dengan lokasi terdekat. Rumah.co juga memiliki fitur kalkulator KPR untuk memberi gambaran besaran cicilan yang perlu Anda bayarkan. 

2. Rumah 123.com

Aplikasi Rumah123 memiliki tampilan yang lebih sederhana dan mudah untuk dipahami. Anda dapat berinteraksi langsung dengan agen properti dan melihat secara kondisi interior maupun eksterior dari rumah yang dipilih. Rumah123 memiliki lebih dari 140.000 properti yang siap untuk ditawarkan kepada Anda. 

3. 99.co 

Aplikasi rumah 99.com merupakan aplikasi yang fokus pada layanan pencarian kata kunci misalnya ā€œlokasi strategisā€, ā€œminimalisā€, dan lain sebagainya. Selain itu 99.co juga menyediakan fitur perhitungan KPR.

4. Trovit Homes

Trovit Homes menyediakan daftar iklan properti yang bisa dibeli atau disewakan dari ribuan situs yang berbeda. Aplikasi ini dapat menghimpun penawaran dari berbagai aplikasi lainnya, sehingga Anda dapat menemukan properti dengan lebih mudah.

5. OLX 

OLX Indonesia adalah sebuah situs web iklan baris di Indonesia yang dikhususkan untuk melakukan penjualan ataupun pembelian produk maupun jasa secara online. OLX pun hadir dalam bentuk aplikasi yang menyediakan jual beli kendaraan maupun properti. Anda dapat menemukan properti yang sesuai hanya dengan hitungan menit saja. Selain itu OLX juga menyediakan fitur filter yang dapat membantu Anda menemukan properti yang lebih spesifik. 

6. Lamudi Real Estate

Lamudi Real Estate merupakan salah satu yang juga Anda gunakan untuk mencari rumah maupun properti lainnya. Anda bisa mendapatkan notifikasi mengenai daftar pencarian rumah ataupun properti yang akan disewakan atau dijual setiap harinya. Anda juga akan mendapatkan informasi terperinci mengenai rumah atau properti yang sedang diincar dengan cara menghubungi agen tersebut melalui pilihan akses media yang disediakan dalam aplikasi Lamudi Real Estate.  

7. Mitula Homes

Mitula Homes adalah aplikasi yang juga menawarkan jual beli rumah. Aplikasi ini didukung 15 bahasa dan telah digunakan di 41 negara. Hampir semua properti dari berbagai negara ada dalam aplikasi ini. Dan setiap harinya terdapat ribuan properti baru yang dijual melalui aplikasi ini. 

8. UrbanIndo

Aplikasi yang cukup menarik untuk dijadikan sebagai pilihan bagi Anda yang sedang mencari rumah. Karena terkoneksi dengan GPS, Anda bisa menyesuaikan lokasi yang ingin Anda incar. Aplikasi ini juga memiliki kalkulator cicilan agar pengguna dapat mengetahui besaran cicilan yang akan diambil. UrbanIndo juga mencantumkan dengan detail fasilitas yang tersedia serta ukuran, kamar, dan interior dari rumah atau properti yang Anda cari.

9. DealRumah.id

Aplikasi ini bisa menghubungkan penjual dan pembeli secara langsung menggunakan fitur chat. Untuk anda yang berniat menjual rumah, anda bisa menjadi member secara gratis dan mengunggah iklan rumah yang ingin dijual atau disewakan. Properti yang bisa ditransaksikan di aplikasi ini adalah tanah, apartemen, rumah, kantor, ruko, kos-kosan bahkan gudang. Tak hanya itu saja, pembeli juga bisa virtual tour untuk melihat keadaan properti.

10. Rumah Dijual

Properti yang ditawarkan pada aplikasi ini ada lebih dari 100.000. Situs yang didirikan tahun 2010 tersebut memiliki komunitas yang aktif. Promosi juga bisa dilakukan dari mulut ke mulut. Ada fitur-fitur menarik yang ditawarkan aplikasi Rumah Dijual, yaitu:

  • Kalkulator KPR. Fitur ini memudahkan untuk mengetahui berapa besaran cicilan yang perlu dibayarkan
  • Forum diskusi. Penjual dan pembeli bisa berdiskusi di sana
  • Pencarian yang rinci menyediakan filter yang ingin dicari, misalnya properti, kota, harga minimum, harga maksimum, luas tanah dan lainnya.

11. Realoka

Realoka bisa memfasilitasi pemasaran atau forum jual beli properti untuk semua provinsi yang ada di Indonesia, di perkotaan maupun di daerah. Tak hanya untuk pembeli, tapi aplikasi ini juga bisa dipakai oleh marketing properti, developer perumahan, agen properti independen ataupun ingin menjual properti secara langsung tanpa adanya perantara.

Ada hal yang menarik di aplikasi ini, yaitu adanya filter pencarian seperti luas tanah, kisaran harga, parkir mobil dan jumlah kamar tidur. Sehingga calon pembeli lebih mudah. Selain itu ada juga fitur-fitur yang ditawarkan, yaitu:

  • Kalkulator KPR
  • Peta dari Google Map
  • Simpan iklan ke listing favorit tanpa log in
  • Maksimal upload 12 foto
  • Kuota bulanan untuk pasang iklan 
  • Opsi halaman pribadi untuk semua iklan
  • Dengan mudah menghubungi pemasang iklan melalui chat Whatsapp atau nomor telepon

12. Griyaplus

Aplikasi jual beli rumah terbaik  yang terakhir adalah Griyaplus. Portal ini cukup lengkap karena menyediakan berbagai fitur pencarian properti seperti rumah, vila, ruko, apartemen, hotel, tanah, gudang dan lainnya. Tidak hanya melayani pembeli, tapi juga bisa digunakan oleh agen properti, pengembang properti atau penjual personal yang ingin menjual rumah tanpa perantara dengan cepat. Ada beberapa fitur dari aplikasi ini, seperti:

  • Kalkulator properti, seperti kalkulator KPR yang dipakai untuk menghitung jumlah cicilan
  • Pencarian mudah dengan filter
  • Page views, berfungsi untuk tau seberapa banyak orang yang melihat produk yang ditawarkan
  • Request info. Jika tertarik dengan properti yang tersedia, maka anda bisa meninggalkan nomor Hp atau email yang ditujukan untuk agen properti.

13. Pashouses.id 

Situs untuk jual dan beli rumah dengan penawaran yang tepat tanpa ribet, Anda bisa mendapatkan penawaran tercepat dalam 5 hari. Anda juga bisa mendapatkan uang tunai dalam kurun waktu 30 hari sesuai dengan persetujuan yang disepakati. Namun, untuk menjual rumah pada situs ini, Anda diwajibkan memiliki rumah yang berlokasi di daerah Jabodetabek. Juga diwajibkan rumah hunian bukan dalam bentuk seperti tanah, apartemen, warung hingga ruko. Untuk mendapatkan penawaran lebih cepat, jalan rumah Anda diwajibkan agar bisa dilalui oleh 2 mobil, memiliki letak rumah yang strategis, rumah bebas banjir dan memiliki minimal 2 kamar. Jangan lupa untuk menyertakan bukti dokumen rumah. 

14. Dekoruma 

Selain Dekoruma ini menyediakan barang hingga dekorasi dalam rumah, Dekoruma juga menyediakan layanan jual dan beli rumah. Ini adalah platform one nonstop solution untuk segala keperluan rumah tangga dan bisa juga Anda gunakan untuk memilih jenis-jenis rumah yang bisa sesuai dengan budget dan kebutuhan keluarga Anda. Beberapa rumah yang dijual di Dekoruma sudah terkurasi dan tentunya

15. Lamudi.com

Dengan aplikasi Lamudi, Anda bisa menjual properti hingga membeli dengan harga murah mulai dari Rp 100 juta. Perhatikan dengan baik kondisi rumah-rumah yang dijual ya, konsep jual beli rumah yang ada di Lamudi ini mengandalkan agen. Tentukan harga jual rumah, lebih baik melakukan riset harga pasaran rumah supaya Anda bisa jadi lebih untung. 

Tips Bisnis Jual Beli Rumah

Rumah atau tempat tinggal adalah kebutuhan primer untuk manusia. Makin banyak jumlah penduduk, maka kebutuhan akan tempat tinggal juga meningkat. Bisnis properti makin menjadi lahan basah dan sangat menguntungkan. Di awal menjalankan bisnis, ada hal-hal yang perlu dipersiapkan, berikut ada tips-tipsnya:

1. Riset Harga Pasar Terlebih Dahulu

Tindakan pertama yang harus dilakukan adalah melakukan research terhadap pasar. Pastikan anda membeli dengan harga yang masuk akal dan sesuai pasaran. Jangan terburu-buru mengambil keputusan untuk membeli. Harus tahu dulu tentang harga, lokasi, sarana, prasarana, faktor eksternal (rawan banjir, industri, dekat jalan raya dll), serta kebutuhan pasar.

2. Bangun Relasi dengan Agen

Untuk bisa memiliki relasi yang luas, anda bisa bergabung dalam komunitas. Dengan memiliki banyak jejaring relasi, anda jadi makin dikenal dan hal ini akan berdampak positif karena anda akan lebih mudah untuk memperoleh informasi tentang properti dan meningkatkan peluang kerja sama.

3. Lakukan Renovasi Kecil

Berkaitan dengan poin no 1, walaupun harus berhati-hati dan tidak boleh buru-buru saat membeli properti untuk dijual lagi. Tapi jika anda menemukan properti sesuai di lokasi yang tepat, sebaiknya segeralah bergerak. Semakin cepat anda mengambil peluang, maka makin dekat pula dengan keuntungan. Sambil melihat harga dan menganalisa, ada baiknya Anda melakukan beberapa perbaikan minor, misalnya membersihkan rumah dan mengecatnya supaya rumah menjadi lebih nyaman dan tenang.

4. Jujur

Jujur adalah pondasi utama dalam bisnis apapun. Jika anda jujur, tentunya akan mendapat kepercayaan dari calon pembeli. Ketika anda sudah bisa mengambil hati calon pelanggan, maka peluang untuk mereka membeli properti dari anda akan lebih tinggi. Jujur juga bisa membuat reputasi anda bagus di mata pelanggan.

Baca Juga: Asuransi Apartemen: Manfaat dan Perhitungannya

Restrukturisasi Hutang & Cicilan Rumah 

Berdasarkan Peraturan OJK No. 11/POJK.03/2015 Pasal 1 Ayat 4 tertulis bahwa restrukturisasi kredit yaitu upaya perbaikan yang dilakukan bank dalam kegiatan perkreditan terhadap debitur yang mengalami kesulitan memenuhi kewajibannya. Yang dilakukan adalah:

  • Penurunan suku bunga kredit
  • Perpanjangan jangka waktu kredit
  • Pengurangan tunggakan bunga kredit
  • Pengurangan tunggakan pokok kredit
  • Penambahan fasilitas kredit dan atau
  • Konversi kredit menjadi penyertaan modal sementara

Pengajuan restrukturisasi kredit tidak dilakukan sembarangan. Ada kriteria utama yang harus dipenuhi agar bisa mendapatkan fasilitas tersebut. Mulai dari:

  1. Debitur kesulitan pembayaran pokok dan atau bunga kredit
  2. Sebenarnya debitur memiliki prospek usaha yang baik dan diperkirakan mampu memenuhi kewajiban setelah kredit restrukturisasi
  3. Debitur kooperatif
  4. Debitur masih memperlihatkan itikad untuk melunasi hutang

Ada juga dokumen yang harus dilengkapi untuk restrukturisasi kredit, yaitu:

  1. Isi formulir surat permohonan restrukturisasi
  2. Fotokopi KTP
  3. Fotokopi NPWP
  4. Fotokopi rekening (giro/tabungan)

Pembahasan selanjutnya adalah tentang pilihan skema yang berkaitan dengan restrukturisasi kredit. Ada 3 pilihan skema untuk restrukturisasi kredit. Berikut adalah ulasannya:

1. Penurunan Suku Bunga

Bila saat ini suku bunga KPR yang berlaku terlalu tinggi dan hal ini membuat anda keberatan untuk mencicil, maka anda bisa mengajukan permohonan restrukturisasi agar nominal suku bunga diturunkan. Misalnya suku bunga KPR anda 12,5% tiap bulan, maka anda dapat mengajukan penurunan menjadi 9%. 

Tak hanya itu saja, bisa juga dengan pembebasan bunga berdasarkan pertimbangan anda tidak bisa membayar utang bunga tapi mampu membayar pokok pinjaman hingga lunas. Kebijakan restrukturisasi ini adalah wewenang perbankan. Jadi anda perlu konsultasi mengenai syarat dan ketentuannya. Perlu waktu bagi bank untuk evaluasi, apakah permohonan anda disetujui atau tidak.

2. Perpanjangan Tenor

Skema lain adalah meminta perpanjangan tenor cicilan. Misalnya Pak Abdul mengalami kredit macet dan Pak Abdul bisa mengajukan permohonan untuk mengubah tenor KPR yang tadinya 10 tahun menjadi 15 tahun. Bila hal tersebut disetujui, maka Pak Abdul dapat leluasa menyisihkan pendapatan guna mencicil rumah.

3. Grace Period

Dalam restrukturisasi kredit, grace period atau masa tenggang sudah diatur di POJK.03/2015. Ada ketentuan yang berlaku kalau debitur harus memiliki kualitas:

  • paling tinggi ā€œKurang Lancarā€ untuk kredit yang sebelum restrukturisasi tergolong ā€œDiragukan atau Macetā€
  • ā€œTetap atau Tidak berubahā€ untuk kredit yang sebelum restrukturisasi tergolong ā€œLancar, Dalam Perhatian Khusus atau Kurang Lancarā€

Berdasarkan cara kerja, grace period memungkinkan debitur membayar sebagian pokok utang dan bunga, atau hanya bunga KPR selama grace period. Biasanya jangka waktu grace period ini berlangsung selama 3-6 bulan, tergantung kebijakan dari masing-masing bank.

Ajukan Pinjaman Untuk Biaya Restrukturisasi Hutang Cicilan Rumah 

Apabila Anda ingin menjual rumah dan membayar hutang atau cicilan rumah, Danamas dapat menjadi solusi yang tepat untuk Anda. Kami merupakan platform pinjaman beragunan properti yang telah terdaftar dan diawasi oleh OJK, Anda bisa memanfaatkan properti sebagai agunan untuk mendapatkan pinjaman dana mulai dari Rp 50 juta hingga Rp 2 Miliar!Masa tenornya lama mulai dari 1 sampai 10 tahun. Tidak hanya itu saja, bunganya juga rendah. Bunga efektifnya mulai dari 12% per tahun dengan biaya administrasi rendah. Yuk segera sukseskan bisnis anda dengan modal yang cukup.

Kunjungi website Danamas atau Instagram Danamas untuk informasi lebih lanjut tentang produk pinjaman yang ditawarkan. Jangan ragu untuk menghubungi Danamas di Hotline: 021-50960896, email: [email protected] atau Whatsapp Danamas di nomor 0882 24222 001/0882 24222 002. 

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

contoh-surat-keterangan-kerja-untuk-kpr

Contoh Surat Keterangan Kerja untuk KPR, Ini Persyaratan & Panduannya

Contoh Surat Keterangan Kerja untuk KPR sangat penting untuk diketahui pada saat Anda berencana untuk mengajukan Kredit Pemilikan Rumah (KPR), salah satu persyaratan yang haru

pelunasan-kpr-dipercepat

Pelunasan KPR Dipercepat, Ini Cara Menghitung, dan Biaya Penaltinya!

Pelunasan KPR dipercepat adalah impian banyak orang yang memiliki dana lebih setelah membeli rumah dengan fasilitas pinjaman. Pertimbangan ini melibatkan sejumlah faktor kunci

biaya-notaris-kpr

Biaya Notaris KPR, Pahami Rincian dan Estimasi Proses

Biaya Notaris KPR biasanya masuk dalam rincian biaya KPR yang biasanya disiapkan oleh rekanan developer atau Bank. Jika memiliki rekan, Anda dapat menyarankannya. Namun, kebij