keuntungan-investasi-properti

Keuntungan investasi properti saat ini makin besar dibandingkan masa sebelumnya. Apalagi pertumbuhan penduduk yang semakin tinggi sehingga kebutuhan akan hunian akan meningkat. Bayangkan, di masa yang akan datang dengan populasi yang diperkirakan akan mengalami peningkatan 9,23 juta di dari 2022 ke tahun 2030. Pastinya harga hunian juga akan terus meningkat. Jadi keuntungan investasi properti akan besar pula.

Meningkatnya harga rumah dari tahun ke tahun, juga membuat tak sedikit orang yang lebih memilih untuk menyewa daripada membelinya. Karena itulah bisnis sewa properti ini bisa dijadikan sebagai ladang untuk mendapatkan keuntungan. Apalagi keuntungan investasi properti yang menjanjikan bisa dipakai untuk investasi jangka panjang, sehingga sangat sesuai untuk Anda yang juga ingin membangun passive income. Perdalam kunci dalam berinvestasi properti ini adalah strategi dan kemampuan negosiasi.

Bagi anda yang berminat melakukan investasi, jenis ini cocok untuk dipilih tak terkecuali untuk anak muda dan pemula yang baru terjun ke dunia investasi. Lalu bagaimana prospek dari bisnis sewa properti, apa saja persiapan dan keuntungan bisnis properti? Mari simak artikel berikut! 

Apa Itu Properti?

Properti adalah harta berupa bangunan, tanah dan sarana prasarana yang tidak dapat dipisahkan dari tanah hak milik atau bangunan yang dimaksud. Banyak orang yang salah kaprah menganggap kalau properti hanya bangunan mewah atau tanah yang luas. Padahal hanya sebidang tanah jika sudah memiliki hak milik sah secara hukum sudah bisa dikatakan sebagai properti.

Properti dapat digunakan untuk menyebutkan bangunan atau tanah yang dimiliki oleh perseorangan. Bisa dikatakan kalau properti bukan hanya sebatas bangunan yang berdiri tapi juga termasuk keterangan tanah dan gedung yang ada di atasnya.

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia, properti adalah harta berupa tanah, bangunan serta sarana dan prasarana yang tidak terpisahkan dari tanah hak milik atau bangunan yang dimaksud. Jika ditarik kesimpulan dari pengertian-pengertian di atas, dikatakan kalau properti adalah suatu hak, berupa hak milik, hak guna ataupun hak sewa untuk menggunakan sebuah bangunan dan sebidang tanah atau apapun yang ada di atas lahan itu.

Persiapan Bisnis Sewa Properti

Keuntungan bisnis properti akan semakin besar bila Anda melakukan persiapan bisnis yang matang. Walaupun terlihat simpel tapi ketika menjalankan bisnis sewa properti, mungkin akan berbeda dengan bisnis di sektor lain. Pastikan Anda telah mengetahui persiapan yang diperlukan terlebih dahulu, misalnya seperti hal- hal berikut: 

1. Beban Perawatan 

Pemilik properti tidak dapat membiarkan propertinya berjalan dengan baik, tanpa adanya perawatan. Untuk itu harus ada biaya yang dikeluarkan untuk merawat bangunan atau properti agar tetap menarik dan harga sewa bisa meningkat. 

2. Bencana Alam 

Properti memiliki risiko kehancuran apabila terjadi bencana alam, misalnya seperti gempa bumi, tanah longsor, banjir, dan lain ā€“ lain.  Untuk itu perlu dipersiapkan asuransi sehingga kerugian akibat bencana alam dapat dibantu dengan premi asuransi. 

3. Keterjangkauan Investasi 

Dalam bisnis properti, harga mencerminkan kondisi penawaran dan permintaan. Harga properti ditetapkan berdasarkan sifat-sifat pasar lokal serta tren yang mempengaruhi permintaan dan penawaran properti.

4. Biaya Transaksi yang Tinggi

Untuk berinvestasi di sektor properti, Anda harus mengeluarkan biaya yang lebih tinggi dibanding berinvestasi di sektor lain. Biaya-biaya tersebut berupa pajak, antara lain: PPH (5% yang dikenakan bagi penjual) dan BPHTB (5% yang dikenakan bagi pembeli).

5. Perbedaan Harga

Pengetahuan yang terbatas disebabkan karena properti yang bersifat lokal (localized) Harga sebuah rumah di satu tempat, belum tentu sama dengan di tempat lain. Hal ini membuat pebisnis harus jeli dan membuat survei terhadap di lokasi incarannya.

8 Keuntungan Investasi Properti

Banyak orang yang percaya kalau investasi properti tidak terlalu beresiko bila dibandingkan dengan investasi yang sedang marak saat ini, saham. Walaupun ā€œmodalā€ yang dikeluarkan untuk investasi ini sangatlah besar, tapi sebanding dengan keuntungan yang akan diperoleh. Berikut adalah keuntungan investasi properti yang bisa jadi bahan pertimbangan, jika anda masih ragu untuk menanam uang di bidang ini.

1. Harga Terus Naik

Tak dapat dipungkiri kalau harga tanah dan bangunan semakin mahal setiap tahunnya. Poin ini yang sering diperhitungkan oleh banyak orang. Harga yang terus melonjak karena permintaan semakin meningkat tapi ketersediaan tanah atau bangunan kian sedikit, terutama di kota-kota besar. Bahkan kenaikan harga properti ini melebihi inflasi. Jadi tidak ada istilah rugi jika menggunakan uang untuk investasi di bidang properti.

2. Jadikan Agunan Pinjaman

Ketika anda butuh pinjaman, anda bisa menggunakan properti sebagai agunan. Walaupun ada pinjaman tanpa agunan, tapi biasanya pinjaman dengan agunan memiliki limit pinjaman yang lebih besar. Selain itu jaminan berupa properti lebih menjanjikan. Dilihat dari segi legalitas juga dijamin undang-undang sehingga nilai properti akan lebih meningkat sesuai permintaan.

3. Investasi Jangka Panjang

Banyak orang yang menggunakan properti sebagai investasi jangka panjang, misal untuk kehidupan setelah pensiun. Tak sedikit para pensiunan yang mengurusi kontrakan atau kos-kosan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. 

4. Dapat Disewakan

Berkaitan dengan poin 4, jika anda sudah memiliki rumah maka properti yang dimiliki bisa disewakan untuk menambah pundi-pundi penghasilan. Anda hanya perlu menagih uang sewa bulanan atau tahunan pada para penyewa.

5. Bisa Dilihat Secara Fisik

Ketika berinvestasi dalam bentuk properti, anda bisa melihat wujud fisiknya secara langsung. Berbeda jika anda berinvestasi di saham, obligasi atau reksadana yang tidak ada wujudnya. Hal tersebut tentu menguntungkan dan membuat banyak investor yang tertarik untuk investasi properti.

6. Pakai Modal Pihak Lain

Harga properti yang tinggi kerap menjadi bahan pertimbangan untuk berinvestasi di dalamnya. Tapi jangan khawatir. Jika anda tidak memiliki cukup uang untuk membeli properti, bisa meminta bantuan modal dari pihak lain. Caranya adalah dengan meminjam uang dari bank. 

Contohnya anda ingin membeli ruko seharga Rp 500 juta, anda hanya perlu mengeluarkan uang sebesar 20-30% dan sisanya bisa diperoleh dari bank. Nanti ruko yang anda beli tadi bisa dijadikan jaminan untuk pihak bank.

7. Risiko Rendah

Keuntungan investasi properti lainnya adalah memiliki risiko yang rendah jika dibandingkan investasi jenis lain seperti saham. Jika anda masih pemula, baru terjun ke dunia investasi, memiliki modal yang besar dan tidak ingin menanggung risiko besar ketika investasi bisa memilih investasi properti

8. Pasar Yang Stabil

Pasar properti dapat dikatakan stabil dan cukup menjanjikan karena bisa mengembalikan modal bahkan berkali lipat dibandingkan harga saat membelinya. Hal tersebut tentu didukung oleh lokasi yang strategis dan faktor pendukung lainnya seperti luas tanah atau bangunan.

4 Keuntungan Bisnis Properti

Melakukan bisnis di bidang properti cukup direkomendasikan bagi seorang pemula sekalipun. Salah satu keuntungan bisnis sewa properti adalah banyaknya kebutuhan masyarakat akan hunian yang terus meningkat. Berikut adalah keuntungan yang bisa didapat di bidang sewa  properti.

1. Aset Properti Dapat Dijadikan Bisnis Sewa Hunian

Keuntungan yang pertama adalah aset properti Anda dapat dikembangkan menjadi bisnis menjanjikan. Apalagi ketika bangunan tersebut berada di kawasan kampus atau jantung kota sehingga bisa dijadikan kos atau disewakan.

2. Kebutuhan Rumah Terus Berkembang

Setiap tahunnya, kebutuhan masyarakat untuk membeli rumah terus meningkat. Dimana semakin banyak keluarga yang ingin memiliki rumah pribadi namun terkendala biaya. Sehingga aset properti yang Anda miliki saat ini bisa menjadi salah satu investasi maupun bisnis menjanjikan untuk disewakan. 

3. Harga Properti Terus Meningkat

Seiring dengan kebutuhan rumah dan tanah yang meningkat namun ketersediaan lahan semakin sedikit, maka harga yang ditawarkan tentu akan semakin mahal. Keuntungan investasi properti ini akan terus berkembang seiring dengan banyaknya jumlah permintaan dan kebutuhan masyarakat.

4. Sumber Penghasilan Pasif Yang Baik

Peningkatan harga secara terus menerus ini menjadi kelebihan tersendiri, terlebih jika dimanfaatkan sebagai sumber penghasilan pasif.

4 Manfaat Investasi Properti

Sama seperti jenis investasi lain, investasi properti sudah pasti memiliki manfaat bagi anda sebagai pemilik. Hal inilah yang membuat investasi properti banyak digandrungi berbagai lapisan masyarakat walaupun modal yang harus dikeluarkan sangat besar.

1. Berpotensi Sebagai Arus Kas Rutin

ā€œNilaiā€ dari properti memang akan terus mengalami kenaikan. Nah sambil menunggu kenaikan tersebut, properti yang dimiliki bisa dimanfaatkan. Caranya adalah dengan menyewakan ke orang lain, sehingga arus kas anda stabil. Contohnya anda memiliki properti seharga Rp 2 miliar, kemudian anda sewakan Rp 20-30 juta perbulan. Hasil sewa properti ini yang bisa anda pakai untuk melunasi hutang di bank atau fintech lending jika anda memiliki pinjaman.

2. Bisa Kontrol Sebagai Pemilik

Keuntungan selanjutnya dari investasi properti adalah bisa mengontrolnya. Sebagai pemilik tentu anda memiliki kendali penuh atas properti yang dimiliki. Anda bisa menjualnya, memperbaiki, menyewakannya atau bahkan bisa membangun properti tersebut. 

3. Bisa Dijual Di Masa Depan

Tidak ada yang tau apa yang akan terjadi di masa depan. Jika sewaktu-waktu anda butuh uang, anda bisa menjual properti yang dimiliki. Harganya yang melonjak bisa digunakan untuk memenuhi keperluan.

4. Capital Gain Cukup Besar

Misalnya anda membeli rumah seharga Rp 500 juta, 10 tahun kemudian harga yang ditawarkan bisa mencapai Rp 1 miliar. Artinya anda mendapat capital gain sekitar Rp 500 juta. Hal itu bisa saja terjadi karena lokasi rumah strategis atau faktor lain. Apalagi banyak pembangunan yang dilakukan Pemerintah. Lingkungan rumah yang dulu sepi, 10 tahun ke depan bisa saja sudah ramai dan banyak fasilitas umum. 

3 Kerugian Investasi Properti

Apa investasi properti ada kerugiannya? Ya tentu ada. Tergantung dari masing-masing orang apakah tetap berminat atau tidak setelah mengetahui kekurangan investasi properti. Jika anda masih ragu untuk berinvestasi properti, poin-poin di bawah bisa menjadi bahan diskusi.

1. Butuh Modal Besar

Tidak ada properti yang harganya murah. Terlebih properti yang ada di ibu kota, kota-kota besar atau dekat dengan fasilitas umum seperti Universitas, perkantoran dan lainnya. Jika berniat untuk menanamkan uang di sini, pastikan modal anda cukup besar.

2. Sulit Dijual Cepat

Karena harganya yang mahal tadi, jadi sulit untuk dijual dalam waktu cepat. Jadi tidak bisa buru-buru menggunakan uangnya. Bahkan ada yang perlu waktu berbulan-bulan sampai laku terjual. Berbeda dengan saham yang bisa dijual cepat. 

3. Perawatan Mahal

Terutama properti berupa bangunan, memerlukan perawatan yang cukup mahal bila dibandingkan merawat tanah. Karena anda harus memperhatikan kekuatan bangunan seperti atap bocor, kayu atau kusen rapuh dimakan rayap dan lainnya.

6 Cara Investasi Rumah 

Jika anda sudah memiliki rumah tinggal dan ingin berinvestasi rumah perlu memperhatikan beberapa hal. Jangan hanya melihat keuntungannya saja, tapi perhatikan juga kerugian dari bisnis sewa rumah. Ada cara-cara yang bisa diikuti ketika anda berniat untuk investasi rumah, yaitu:

1. Kondisi Finansial SehatĀ 

Seperti yang diketahui kalau harga rumah tidaklah murah. Bahkan di beberapa daerah harganya sudah menyentuh milyaran atau triliun. Investasi ini tidak sesederhana anda membeli properti kemudian bisa langsung menghasilkan uang. Karena ada biaya tambahan seperti pemeliharaan dasar, pemeliharaan tahunan, peningkatan dan pengeluaran seperti pajak serta utilitas.

Jadi pastikan keadaan finansial sehat ketika ingin bisnis rumah kontrakan. Jika anda ingin melakukan pinjaman, hitunglah kemampuan anda dalam membayar. Jangan sampai tidak mampu bayar dan rumah tersita oleh bank atau fintech lending.

2. Pilih Dengan Selektif

Bila modal yang dimiliki pas-pasan maka harus menyesuaikan dengan kondisi properti yang diincar. Pilihlah selektif mungkin karena dananya terbatas. Kalau bisa anda bisa mengincar properti yang tidak perlu renovasi sehingga bisa lebih berhemat dan sisa uangnya digunakan untuk keperluan yang lain.

3. Bulatkan Niat Untuk Tujuan Investasi

Jika anda berniat membeli rumah untuk investasi dan menjualnya di masa mendatang dengan harapan keuntungannya berkali-kali lipat. Maka anda harus melakukan peningkatan, penambahan sederhana atau renovasi.

4. Cek Lokasi Rumah

Lokasi rumah sangat berperan penting untuk menaikkan harganya. Makin strategis lokasi, maka lonjakan harganya pun makin tinggi. Kalau berniat untuk menyewakan rumah tersebut, pastikan dekat dengan fasilitas umum. Misalnya area perkantoran, cek dulu ketersediaan parkir, demografi area, populasinya dan sebagainya.

5. Lakukan Riset & Gabung Komunitas Properti

Untuk melakukan riset, anda bisa terjun langsung atau bergabung ke komunitas properti. Di sana anda bisa dekat dengan manajer properti, akuntan publik, pengacara, agen real estat atau bahkan pemberi pinjaman. Perluaslah jaringan agar bisa dapat masukan info mengenai investasi rumah.

6. Diversifikasi Investasi

Sama seperti investasi lain, anda juga sebaiknya melakukan diversifikasi. Misal anda biasa berinvestasi di saham, jadi uang anda tidak hanya di saham saja tapi dialokasikan ke instrumen investasi yang lain, salah satunya adalah properti. Tujuannya adalah jika satu aset mengalami kerugian, maka ada aset lain yang bisa tetap menghasilkan keuntungan.

8 Cara Investasi & Bisnis Properti Di Airbnb 

Airbnb bukanlah hal baru, terutama di kalangan para pelancong. Dengan memanfaatkan Airbnb, para traveler tidak kesulitan lagi menemukan tempat menginap yang nyaman dan bisa berinteraksi dengan warga lokal, tidak seperti tinggal di hotel yang cenderung kaku. Bagi host, Airbnb memberikan nilai tambah pada properti yang tidak dihuni/ digunakan. Akibatnya nilai investasi di bidang properti mengalami peningkatan drastis. Mari simak cara investasi dan bisnis properti di Airbnb yuk!

1. Riset Pasar & Kompetitor

Posisikan anda sebagai penyewa, maka anda akan tau faktor apa yang membuat penyewa mau mengeluarkan uang untuk menginap di Airbnb yang anda miliki. Untuk mengetahuinya, anda bisa riset dahulu. 

Buat rincian kondisi kota anda, tuliskan kisaran harga yang ditawarkan untuk sewa atau bahkan anda bisa menjadi pelanggan dan menyewa Airbnb di tempat lain. 

Amati dengan seksama hal apa saja yang bisa anda terapkan di properti milik anda. Misalnya ciptakanlah suasana nyaman saat ada pelanggan, rumah dalam keadaan bersih, sprei wangi dan sebagainya. Walaupun ini bisnis rumahan, tapi pastikan trik bersaing anda tetap profesional.

2. Patok Harga

Setelah riset tadi, anda jadi tau kisaran harga per malam dengan ukuran dan jenis ruangan sebagai panduannya. Bisa juga menambahkan faktor furniture. Patoklah harga yang wajar dan sesuai dengan pasarnya. Jangan terlalu mahal. Harga sewa itulah yang menentukan maksimal atau tidaknya tingkat booking dan income anda. Jika ukurannya kecil dan furniturenya usang maka jangan harap anda bisa mematok harga tinggi tanpa mendapat review buruk.

3. Pekerjakan Karyawan

Bila anda merasa butuh penerima tamu, maka hal itu patut untuk dipikirkan. Siapa yang bertugas dan berapa gajinya serta ada fasilitas apa saja di front desk. Pertimbangkan dengan sebaik mungkin agar penyewa bisa nyaman untuk tinggal.

4. Hias Rumah

Agar bisa menggaet pelanggan, anda tentu harus menghias rumah seapik mungkin. Siapkanlah dana yang cukup untuk itu. Misalnya membeli lukisan atau tempel poster agar rumah terlihat lebih cantik. Atau anda juga bisa membeli rak buku yang diisi buku koleksi anda, di sampingnya tersedia bangku kayu. Menciptakan suasana yang homie bisa membuat pelanggan merasa nyaman.

5. Persiapkan Dana Tambahan

Jangan ragu menggunakan income untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Seperti mengganti TV, membeli AC baru, berlangganan koran atau majalah dan juga menambah router agar WiFi semakin kencang.

6. Promosikan Kamar di Airbnb

Untuk bisa menyampaikan kondisi kamar kepada pelanggan, salah satunya dengan foto. Tampilkanlah foto yang bagus dengan pencahayaan sebaik mungkin. Rapikan dahulu bagian yang ingin difoto untuk promosi.

7. Cantumkan Listing Anda

Sebagian besar orang yang pakai Airbnb adalah seorang pelancong. Jadi pastikan anda memberikan informasi sedetail mungkin. Seperti data lengkap yang berkaitan dengan jarak dan waktu dari lokasi ke destinasi wisata, pusat keramaian, akses transportasi, pusat perbelanjaan terdekat dan lainnya.

8. Greeting Guest

Saat menyambut tamu, pastikan ada menampilkan ekspresi yang ramah. Perhatikan kerapian dan kebersihan baju. Bisa juga mengobrol santai sebelum penyewa masuk ke kamarnya sebagai ucapan ramah tamah.

Memaksimalkan Keuntungan Bisnis Properti dengan Cara Ini!

Setelah membaca ulasan tentang keuntungan investasi properti dan bahasan lain tentang properti, apa anda tertarik untuk berinvestasi? Di masa yang serba digital dan akses pinjaman modal yang lebih mudah, Anda bisa memanfaatkan properti sebagai salah satu cara untuk mendapatkan modal usaha. 

Misalkan Anda memiliki usaha lain seperti restoran, dan berniat untuk membuka cabang baru. Anda bisa mencoba mengubah properti menjadi peluang untuk kemudian dijadikan sebagai tambahan modal usaha dengan mengajukan pinjaman di Danamas.Ā Pinjaman online terpercaya beragunan properti dari Danamas bisa dijadikan pilihan untuk berbisnis bahkan di usia muda sekalipun. Pinjaman berlimit besar bahkan sampai Rp 2 miliar dengan masa tenor mulai dari 1 hingga 10 tahun. Coba simulasikan pinjaman anda dan nilai properti dengan kalkulator simulasi properti dan kalkulator pinjaman untuk menghitung pinjaman dan angsuran. Untuk lebih memudahkan pinjaman, segera download Aplikasi Danamas Pinjaman Bisnis. Info lebih lengkapnya, klik DISINI!

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

contoh-surat-keterangan-kerja-untuk-kpr

Contoh Surat Keterangan Kerja untuk KPR, Ini Persyaratan & Panduannya

Contoh Surat Keterangan Kerja untuk KPR sangat penting untuk diketahui pada saat Anda berencana untuk mengajukan Kredit Pemilikan Rumah (KPR), salah satu persyaratan yang haru

pelunasan-kpr-dipercepat

Pelunasan KPR Dipercepat, Ini Cara Menghitung, dan Biaya Penaltinya!

Pelunasan KPR dipercepat adalah impian banyak orang yang memiliki dana lebih setelah membeli rumah dengan fasilitas pinjaman. Pertimbangan ini melibatkan sejumlah faktor kunci

biaya-notaris-kpr

Biaya Notaris KPR, Pahami Rincian dan Estimasi Proses

Biaya Notaris KPR biasanya masuk dalam rincian biaya KPR yang biasanya disiapkan oleh rekanan developer atau Bank. Jika memiliki rekan, Anda dapat menyarankannya. Namun, kebij