Biaya-desain-rumah

Memiliki rumah baru merupakan hal yang indah bagi siapapun. Bisa memiliki rumah setelah bekerja keras adalah sebuah hadiah tersendiri. Tapi untuk membuat tempat tinggal impian tidaklah mudah. Terkadang yang menjadi momok selain harga bahan bangunan yang semakin naik adalah biaya desain rumah.

Masih banyak orang yang berfikir kalau menggunakan jasa arsitek, akan membuat pengeluaran membengkak karena harus mengalokasikan biaya desain rumah. Tapi, sebuah rumah hanyalah sebuah bangunan biasa jika anda tidak membuatnya seperti milik anda sendiri. Hal ini bisa anda raih dengan cara melakukan desain rumah sesuai kemauan anda. 

Di artikel ini, kami akan membahas tentang mendesain rumah anda baik secara mandiri maupun dengan jasa arsitek, dan kisaran biaya desain rumah yang dikeluarkan untuk mendapatkan rumah impian. Simak artikel dibawah ini, yuk!

Apa Jasa Desain Rumah Arsitek? 

Jika anda ingin mendesain rumah, gedung, kantor dan jenis bangunan lain sebaiknya menggunakan jasa arsitek. Banyak orang yang menggunakan jasa arsitek agar lebih puas ketika mendesain bangunan yang sudah diimpikan. Apalagi memang berniat untuk tinggal lama di sana, tentu ingin membuat bangunan sebagus mungkin. 

  1. Desain Bangunan

Tiap orang umumnya memiliki impian ketika ingin membangun rumah atau bangunan lain. Nah arsitek bisa merealisasikan impian yang semula kusut dan belum terbentuk ingin seperti apa. Para arsitek biasanya mampu menafsirkan keinginan klien. Profesi ini memerlukan kreativitas dan ketelitian tinggi. 

  1. Seorang Drafter

Ada jasa arsitek yang sudah termasuk drafter, tapi ada juga yang tidak. Tugas drafter adalah membuat rincian dan perhitungan dengan detail terkait konsep desain dari bangunan yang ingin dibuat. Jadi tugas seorang drafter ini memang cukup kompleks.

  1. Perencana Struktur

Tugas dari seorang perencana struktur adalah merencanakan struktur bangunan yang ingin dibuat. Selanjutnya, struktur tersebut akan dikerjakan oleh pekerja bangunan. Pekerjaan ini cukup sulit, karena harus dikerjakan dengan teliti dan cermat. 

Contohnya adalah bagaimana struktur sebuah pondasi agar mampu menopang beban bangunan secara maksimal, bagaimana struktur jendela, pintu dan lantai supaya berfungsi sebagaimana mestinya. 

Mau Pakai Jasa Arsitek? Ini Tahap Kerja

Proses mendesain sebuah bangunan tentu tidak mudah. Perlu ada tahapan agar tidak ada pekerjaan yang tertinggal. Nah, selanjutnya adalah penjelasan bagaimana tahapan-tahapan kerja arsitek. Berdasarkan American Institute of Architects (AIA) ada 5 tahap kerja arsitek. Yuk kita ulas!

  1. Schematic Design

Tahap awal yang dilakukan adalah menerjemahkan ide menjadi gambar skematik. Gambar skematik bukanlah gambar final, jadi masih ada proses revisi, bisa dikatakan hanya gambar kasaran saja. Minimal dapat gambaran wujud awalnya. Pengerjaan gambar skematik sekitar 4-8 minggu, tapi bisa kurang tergantung dari kesepakatan

  1. Design Development

Setelah gambar skematik disetujui, tahap selanjutnya adalah design development. Di tahap ini sudah bisa memperkirakan biaya, tentunya melihat dari desainnya, bahan material, desain interior, tata letak, komponen rumah, struktur bangunan, sirkulasi udara, sistem kelistrikan, dan saluran perpipaan. Jadi arsitek sudah bisa menghitung biaya dari awal tanah kosong hingga jadi bangunan yang klien inginkan. Pengerjaannya memerlukan waktu 8-12 minggu.

  1. Contract Documents

Pada tahap ini, gambar sudah berisi informasi mengenai sistem kelistrikan, peralatan yang dipakai, sambungan komponen dan lainnya. Arsitek sudah menampilkan gambar final, jadi prosesnya memakan waktu yang cukup lama, sekitar 8-12 minggu. Desain akhir nantinya akan dipresentasikan ke klien.

  1. Bidding

Di tahap ini, arsitek menjual hasil kerja untuk memperoleh penawaran harga terbaik. Hal yang harus ditunjukkan adalah rancangan anggaran bangunan dan mempresentasikan gambarnya pada klien. Pentingnya proses negosiasi ini demi memenangkan tender proyek. Arsitek bisa kerja, ketika penawaran yang diberikan sudah sesuai.

  1. Contract Administration

Tahap akhir, arsitek bertugas sebagai perwakilan pemilik proyek. Secara berkala arsitek mengunjungi lokasi. Arsitek akan memantau hasil pekerjaan, memastikan semuanya sesuai dengan rencana dan melaporkan kinerja serta kendala yang terjadi di lapangan. Arsitek juga akan berkoordinasi dengan kontraktor saat terjadi hambatan. 

Biaya Jasa Arsitek Rumah 

Peran seorang arsitek bukanlah hanya mendesain bangunan. Tapi arsitek juga memastikan rumah dibangun secara efisien, mulai dari struktur, material bangunan sampai budgetnya. Apa anda tertarik untuk menggunakan jasa arsitek? Ayo simak harga jasa arsitek!

  1. Berdasarkan Rencana Anggaran

Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) menggunakan tabel tarif arsitek sebagai acuan. Untuk bangunan rumah tinggal pribadi ada di kategori 3. Jika rencana anggaran biaya bangunan sebesar Rp 300 juta. Maka perhitungannya adalah 8% x Rp 300 juta = Rp 24 juta. Jadi uang yang harus dikeluarkan untuk jasa arsitek dengan rencana anggaran Rp 300 juta adalah Rp 24 juta.

  1. Berdasarkan Luas Per Meter Persegi

Pilihan kedua adalah berdasarkan luas per meter persegi bangunan. Umumnya tarif jasa arsitek per meter sekitar Rp 150-800 m². Meski begitu, ada juga arsitek yang mematok harga di bawah atau di atas kisaran tersebut. Hal itu dipengaruhi oleh portofolio dan pengalaman yang dimiliki si arsitek. 

Luas lingkup kerja juga menjadi faktor penentu tarif. Biasanya ruang lingkup arsitek mulai dari membuat konsep rancangan sampai tahap pengawasan bangunan. Tugas tersebut memberinya ruang untuk menjadi kontraktor yang bertanggung jawab untuk mengawasi, memilih bahan material dan tugas kontraktor lainnya.

Biaya Desain Rumah 2 Lantai

Biaya desain rumah oleh arsitek yang umum diterapkan adalah berdasarkan luas bangunan atau per meter persegi. Harga yang ditawarkan bervariasi, ada yang Rp 100 ribu/m², Rp 120 ribu/m², tapi ada juga yang menawarkan Rp 220 ribu/m². Bisa juga lebih murah atau lebih mahal dari kisaran di atas.

Perhitungan luas bangunan tersebut dihitung per lantai. Jadi kalau rumah anda ada 2 lantai, maka total luas bangunan sama dengan luas lantai 1 ditambah dengan luas lantai 2

Misalnya luas bangunan rumah anda di lantai 1 adalah 250 m² dan lantai 2 200 m² serta biaya desain per meter Rp 120 ribu. 

Total luas bangunan =  250 m² + 200 m² = 450 m²

Biaya = 450 m² x Rp 120 ribu = Rp 54 juta

Cara Hitung Biaya Desain Rumah Sendiri

Karena tidak memerlukan jasa dari orang lain untuk melakukan desain rumah, biaya desain rumah anda sendiri bukanlah sebuah hal yang bisa dibilang cukup mahal. Hanya perlu bermodalkan pensil, penggaris dan kertas, anda sudah bisa mulai melakukan desain rumah impian. Tambah lagi, anda juga perlu sebuah pengukur ruangan agar dapat mengukur lebar ruangan yang akan diperiksa dan juga akan di desain.

Jika anda tidak ingin menggunakan peralatan-peralatan tersebut dan memilih untuk menggunakan barang-barang yang dapat membuat hasil digital, anda dapat menggunakan beberapa aplikasi desain online. Bahkan, anda bisa mengurangi biaya membeli peralatan menggambar dengan menggunakan aplikasi desain online karena beberapa dari aplikasi tersebut adalah gratis!

2 Cara Arsitek Menghitung Bangunan

Cara menghitung luas bangunan ada dua cara yaitu dengan rumus matematika manual dan software. Dengan metode tersebut, maka akan mudah mengetahui luasan tanah dan bangunan. Berikut adalah ulasan lengkapnya:

  1. Rumus Matematika Manual

Sebelum menghitung luas bangunan, anda harus tau bentuk denah rumah yang akan dihitung. Walaupun secara umum, bentuk rumah memang persegi panjang, tapi tidak menutup kemungkinan ada yang segitiga, trapesium dan lainnya. 

Misal bangunannya persegi panjang, rumusnya Panjang x Lebar. Panjang denah rumah 9 m x 6 m, maka luas bangunan 45 m². Jika ada 2 lantai, maka dihitung per lantai dengan cara yang sama. Nanti anda bisa menjumlahkan dengan jumlah lantai yang ada di bangunan tersebut.

  1. Software Autocad

Menggunakan software ini ada 6 tahapan yang dilalui. Walaupun tahapannya cukup banyak, tapi memakai software bisa menghitung lebih akurat dan caranya pun mudah. Berikut tahapannya:

Tahap 1 Gambar denah yang dikehendaki. Gambarlah dengan akurat, jangan banyak  lekukan. Jika menggambarnya asal-asalan, akan berpengaruh ke hasil akhir hitungan
Tahap 2Klik garis di gambar sebelumnya, maka akan berubah menjadi garis putus-putus
Tahap 3Pakailah perintah “polyline” singkatan “PL” dan klik enter
Tahap 4Buatlah garis mengelilingi bangunan yang akan dihitung tadi. Klik garis
Tahap 5Buat perintah “List”, singkatan dari “LI” dan klik enter
Tahap 6Maka jendela baru akan terbuka dan menampilkan luas serta koordinat bangunan beserta tanahnya

Cara Hitung Biaya Desain Rumah dengan Arsitek

Ada dua cara yang anda bisa lakukan untuk menghitung biaya jasa desain rumah oleh arsitek. Biaya desain rumah bisa tergantung dari cara dan juga jasa yang digunakan. Berikut adalah beberapa cara hitung jasa biaya desain:

  • Berdasarkan Luas Bangunan Dengan Sistem M² :

Sebagai sebuah umpama, ukuran tanah yang akan digunakan adalah 10 x 15 m. Di atas tanah tersebut akan didirikan sebuah rumah berukuran 10 m x 10 m. Harga setiap penyedia jasa desain rumah bisa saja berbeda dan bisa sampai 20.000. Dengan ini, berikut adalah penjelasan perhitungannya. 

Rumah yang akan didesain memiliki luas 100 M² (sesuai dengan perumpamaan di atas dan dari hasil perkalian 10 x 10 M². Jika kita menggunakan harga desain rumah tertinggi yakni sekitar 20.000, berikut adalah contoh perhitungannya: 

  • 20.000 × 100 M² : 2.000.000 

Jika anda ingin menambahkan luas kepada bangunan anda, tambahkan 20.000 untuk setiap tanah yang akan didesain. Lalu, jika anda akan meminta desain hingga 2 lantai, kalikan hasil 1 lantai dengan 2. Dengan ini, berikut adalah perhitungannya: 

  • 2.000.000 × 2 lantai : 4.000.000
  • Metode Anggaran bangunan

Menggunakan metode ini, anda harus menghitung total anggaran biaya bangunan yang diperlukan untuk membuat sebuah rumah. Hal ini bisa dicari dengan cara melakukan perkalian dengan luas bangunan dan harga rumah per M².

Setelah menghitung biaya bangunan, kemudian anda bisa menggunakannya dengan biaya desain rumah. Biasanya, biaya desain rumah merupakan sebuah persentase dari bisa diambil 2% dari biaya membangun rumah.

Kelebihan Menggunakan Jasa Arsitek

Memiliki sebuah bantuan berupa seorang arsitek dalam mengurus desain rumah anda juga memiliki sebuah kelebihan yang bagus. Salah satu kelebihannya adalah anda dapat memiliki segudang ide yang dapat anda lihat. 

Beberapa arsitek biasanya memiliki sebuah portofolio yang berisikan pekerjaan lamanya, sehingga anda dapat memilih dari banyak arsitek yang ada dan mendapatkan sebuah gambaran yang cocok untuk desain rumah anda.

Selain itu, dengan menggunakan arsitek, anda dapat memiliki sebuah masukan dari  para profesional soal desain rumah anda, baik sebuah masukan dari segi bentuk ruangan atau segi estetik, arsitek dapat membantu anda untuk memberikan sebuah masukan dan juga sebuah ide untuk sebuah desain rumah yang cocok bagi anda dari segala jenis titik.

Anggaran biaya juga bisa diatur dengan baik dan benar jika dibantu oleh seorang arsitek. Pasalnya, arsitek mungkin sudah memiliki banyak klien sebelumnya. Dari pengalaman ini, arsitek bisa memperkirakan beberapa cara dan anggaran yang sesuai bagi anda, dengan memberikan biaya desain kecil namun juga memberi sebuah desain yang bagus.

Baca juga:

Cara Hemat Bangun Rumah Mewah!

Rumah Minimalis: Karakteristik & Kelebihannya

Jasa Arsitek Terpercaya Terbaik Di Indonesia

Apakah anda tertarik untuk menggunakan jasa arsitek? Banyak sekali perusahaan arsitektur terbaik yang tersedia di Indonesia. Bisa anda jadikan pilihan untuk berkonsultasi ketika ingin membangun rumah. Berdasarkan BCI Asia Awards adalah sebagai berikut:

  1. PT Megatika Grahalestari International
  2. PT Airmas Asri
  3. PT Pandega Desain Weharima
  4. PT Arkonin
  5. PT Duta Cermat Mandiri
  6. PT Alien Bangun Nusantara
  7. PT Anggara Architeam
  8. Penta Architecture
  9. PT Rachnamatra Indonesia
  10. PT Wiratman

Nah, itulah 10 perusahaan arsitektur terbaik di Indonesia. Perusahaan tersebut memiliki ciri khasnya masing-masing dan beberapa diantaranya pernah berkecimpung di proyek terkenal. 

Website Jasa Arsitek Terpopuler

Di era serba digital seperti sekarang ini, anda bisa dengan mudah menemukan website jasa arsitek. Di web tersebut anda bisa mencari referensi dalam mendesain rumah. Selain itu, juga bisa terhubung dengan arsitek dan desainer interior.  Yuk, kita lihat webnya!

  1. Arsitag.com
  2. iDea.grid
  3. Homify
  4. Rooang
  5. BikinRumah.co.id
  6. Dekoruma.com
  7. Archdaily
  8. Archnet.org
  9. ApartmentTherapy.com
  10. Archtoolbox.com
  11. The Architech Guide
  12. Life of an Architech
  13. Design-Milk.com

Dari 13 situs yang tersedia di atas, anda bisa mencoba membuka webnya satu persatu untuk mencari web mana yang sesuai dengan style anda. Di sana anda juga bisa berkonsultasi dengan para ahli untuk mendapatkan pencerahan mengenai desain rumah.

Tips agar Menghemat Biaya Desain Rumah

Untuk mendesain sebuah rumah bukanlah sebuah hal yang murah. Pasalnya, ada banyak sekali hal yang memerlukan anda untuk mengeluarkan sebuah biaya. Namun jangan khawatir, karena ada beberapa cara untuk menghemat biaya, lho! Berikut adalah beberapa tips untuk menghemat biaya desain rumah :

  • Mengerjakan Desain Rumah Sendiri

Tidak dapat dipungkiri bahwa jika anda melakukan desain rumah secara sendiri, tidak banyak biaya yang harus dibayar. Karena hanya perlu menggunakan usaha sendiri, anda bisa melakukan desain secara gratis.

  • Lakukan Sebuah Perincian Tentang Keperluan Desain di Rumah Anda

Agar terhindar dari penggunaan uang yang tidak diperlukan, ada baiknya bilamana anda melakukan sebuah perincian untuk barang-barang yang anda perlukan. Dengan melakukan perincian ini, anda bisa menghemat biaya dan hanya perlu membeli barang-barang yang diperlukan untuk desain anda. 

  • Menggunakan Desain Minimalis

Model desain minimalis dapat membantu untuk mengirit biaya karena hanya sedikit barang yang diperlukan. Dengan warna tembok yang cocok dan hiasan yang cukup, anda bisa mengirit biaya yang cukup besar. 

Dapatkan Modal Usaha Dari Nilai Aset Properti Tinggi

Melakukan desain untuk rumah sendiri merupakan sebuah hal yang panjang namun menyenangkan karena anda bisa membuat rumah anda menjadi lebih bagus dan memiliki nilai jual yang tinggi. Ada properti dan memerlukan pinjaman? Danamas siap membantu anda dengan limit besar dan tenor yang panjang!

Pinjaman online terpercaya ini bisa meminjamkan uang sampai Rp 2 miliar. Tenor yang diberikan tak tanggung-tanggung, dari 1 hingga 10 tahun. Untuk pengajuan pinjaman, anda juga bisa menggunakan Aplikasi Danamas Pinjaman Bisnis. Ya, dari smartphone semua kemudahan sudah tersedia.

Anda masih ragu? Yuk coba kalkulator simulasi kredit dan kalkulator pinjaman untuk simulasikan pinjaman dan nilai properti. Dengan memanfaatkan fitur-fitur yang disediakan Danamas, semua proses pengajuan akan lebih ringkas dan praktis. Untuk info lebih lengkap, klik DISINI!

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

contoh-surat-keterangan-kerja-untuk-kpr

Contoh Surat Keterangan Kerja untuk KPR, Ini Persyaratan & Panduannya

Contoh Surat Keterangan Kerja untuk KPR sangat penting untuk diketahui pada saat Anda berencana untuk mengajukan Kredit Pemilikan Rumah (KPR), salah satu persyaratan yang haru

pelunasan-kpr-dipercepat

Pelunasan KPR Dipercepat, Ini Cara Menghitung, dan Biaya Penaltinya!

Pelunasan KPR dipercepat adalah impian banyak orang yang memiliki dana lebih setelah membeli rumah dengan fasilitas pinjaman. Pertimbangan ini melibatkan sejumlah faktor kunci

biaya-notaris-kpr

Biaya Notaris KPR, Pahami Rincian dan Estimasi Proses

Biaya Notaris KPR biasanya masuk dalam rincian biaya KPR yang biasanya disiapkan oleh rekanan developer atau Bank. Jika memiliki rekan, Anda dapat menyarankannya. Namun, kebij