cara menyewakan rumah

Banyak cara yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan penghasilan tambahan melalui festival income. Salah satunya adalah dengan menyewakan properti yang anda miliki seperti rumah atau apartemen. Menyewakan rumah sudah dilakukan oleh banyak orang dari zaman dahulu karena merasa bahwa cara Ini adalah cara yang cukup praktis dalam berinvestasi. Nah bagi Anda yang ingin tahu cara menyewakan rumah dan bagaimana bisa mendapatkan konsumen yang akan menyewakan rumah Anda secara cepat berikut ulasannya.

Tips Sebelum Menyewakan Rumah

  • Tentukan Harga Sewa Rumah

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan menentukan harga sewa rumah. Sebaiknya harga sewa rumah yang anda keluarkan harus mengikuti pasaran harga saat ini dengan mengacu pada luas bangunan dan tanah yang dimiliki.Pertimbangan harus harga sewa sebaiknya dipikirkan secara matang karena jangan sampai harga tersebut terlalu murah ataupun terlalu mahal. Jika rumah Anda berada di pinggir jalan atau berada di area memiliki akses dengan mudah maka harga sewa pun bisa cukup tinggi.

  • Benahi Kondisi Properti

Sebelum anda menyewakan rumah maka sebaiknya cek kondisi rumah Anda seperti apakah ada di negara tak cat yang kusam genteng yang bocor dan lain-lain. Dengan kondisi rumah yang baik maka harga yang bisa disewakan pun juga tinggi karena kondisi rumahnya terawat. Sebelum melakukan renovasi maka anda bisa menentukan budget yang akan dikeluarkan lalu rencanakan anggaran untuk renovasi rumah sebelum disewakan.

cara menyewakan rumah
  • Tentukan Skema Sewa

Anda bisa menentukan bagaimana sistem skema sewa yang bisa anda terapkan untuk rumah Anda apakah skema sewanya tahunan bulanan atau harian. Selain itu apakah rumah yang anda sewakan memiliki skema uang deposit terlebih dahulu dan coba pikirkan bagaimana sistem pembayaran sewanya. Hal-hal tersebut harus menjadi pertimbangan sebelum anda tahu cara menyewakan rumah dengan menentukan skema ini maka Anda bisa memilih cara mana yang menguntungkan bagi anda dan menarik bagi penyewa. Selain itu coba buat rincian biaya biaya listrik air Apakah juga termasuk kedalam harga sewa rumah atau tidak. 

  • Pasarkan Properti Secara Online

Agar Anda bisa mendapatkan penyewa dengan cepat maka hal yang bisa anda lakukan adalah menyewakan properti dan mempromosikannya melalui media sosial dan situs-situs sewa properti online. Jika anda memiliki budget lebih maka anda bisa memasang iklan sewa properti di berbagai situs online. semakin banyak Anda mengiklankan properti anda maka peluang untuk mendapatkan penyewa pun bisa lebih cepat. Jangan lupa untuk menyertakan foto properti yang menarik dan jelas sehingga konsumen bisa melihat setiap sudut properti yang anda miliki dan menarik konsumen.

  • Buat Kriteria Penyewa Rumah

Sebelum anda menyewakan rumah maka penting sekali untuk membuat kriteria penyewa rumah sesuai dengan keinginan anda. Kriteria tersebut seperti apakah rumah yang dikontrakan khusus untuk laki-laki atau perempuan saja, Apakah rumah yang disewakan untuk keluarga atau mahasiswa, Apa pekerjaan yang sekiranya cocok untuk bisa menyewa di rumah Anda dan lain-lain.

  • Pahami Ketentuan Pajak

Bagi Anda yang ingin menyewakan rumahnya maka anda harus memperhatikan ketentuan pajak. Sewa menyewa rumah juga dikenakan pajak yaitu sebesar 10% dari nilai bruto persewaan tanah atau bangunan. Ketentuan tersebut tertuang pada keputusan Menteri Keuangan nomor 120/kmk. nol 3/2002 tentang perubahan keputusan Menteri Keuangan Nomor 39 4/3 MK. 0 4/1996 tentang pelaksanaan pembayaran dan pemotongan pajak penghasilan atas penghasilan dari persewaan tanah atau bangunan. Selain itu Anda juga perlu membayar PBB atau pajak bumi dan bangunan bagi rumah yang anda sewakan.

  • Catat Benda Atau Barang-Barang Yang Ada Di Rumah Anda

Sebelum ada menyewakan rumah maka hal penting lainnya adalah dengan mencatat benda-benda yang ada di dalam rumah anda jika rumah yang anda sewakan tidak kosong 100%. Catatan ini bisa membantu anda untuk meminimalisir kerugian yang mungkin saja di terjadi saat rumah disewakan. Selain itu Anda juga perlu untuk membuat klausul perjanjian khusus calon penyewa. Namun jika anda memiliki perabotan yang sangat berharga maka disarankan untuk disimpan sendiri dan jangan ditempatkan di rumah yang ingin disewakan.

  • Buat Kontrak Perjanjian

Setelah anda menemukan penyewa maka hal selanjutnya adalah proses perjanjian sewa dengan penyewa. Anda perlu membuat kontrak sewa yang bisa menguntungkan bagi kedua belah pihak. Kontrak perjanjian sewa rumah ini berfungsi untuk mengamankan dan melindungi aset properti anda maka dari itu penting untuk menekankan pasal-pasal yang bisa melindungi aset anda dalam kontrak. Jangan lupa untuk paparkan secara detail dan jelas tentang hak dan kewajiban penyewa.

Jika anda memiliki skema uang deposit selama masa kontrak berjalan maka ini bermanfaat untuk berbagai kerusakan properti yang bisa saja terjadi saat masa kontrak. Maka uang deposit tersebut bisa dijadikan sebagai kompensasi atas kerusakan tersebut.

Cara Agar Menyewakan Rumah Lebih Cepat

cara menyewakan rumah
  • Pasang Iklan Di Media Cetak Dan Elektronik

Pemasangan iklan adalah salah satu cara yang digunakan oleh banyak orang untuk mengiklankan properti mereka seperti rumah atau apartemen agar cepat laku. Ada banyak situs yang menyediakan tempat untuk Anda beriklan properti sehingga Kesempatan untuk mendapatkan penyewa pun akan lebih cepat.

  •  Bersihkan Halaman Rumah

Tampilan rumah juga menentukan bagaimana rumah Anda akan cepat laku atau tidak. Anda bisa membersihkan rumah dan hindari rumput-rumput yang tinggi dan pangkas rambut agar terlihat rapi. Jangan lupa selalu sapu halaman terlebih lagi jika ada banyak daun-daun kering yang berserakan. Jangan lupa untuk memohon dahan pohon agar tidak memberikan kesan rumah yang terbengkalai.

  •  Pastikan Atap Rumah Aman

Hal yang bisa anda cek lainnya adalah dengan memastikan rumah tidak bocor terlebih lagi saat hujan deras. Pastikan tidak ada genteng yang renggang renggang sehingga bisa berpotensi atap bocor saat hujan. Ini sering terjadi pada rumah yang disewakan untuk itu anda perlu memastikan bahwa rumah tersebut sudah aman dan nyaman. 

Baca juga: Seberapa Besar Pengeluaran Pemilik Rumah & Cara Atur Uangnya

Dengan mengetahui tips sebelum menyewakan rumah ini, maka Anda bisa lebih siap untuk berbisnis melalui properti yang Anda miliki. Salah satu caranya adalah dengan menerapkan berbagai tips diatas. Mempersiapkan diri sebelum berbisnis itu sangat penting seperti halnya saat Anda mempersiapkan modal usaha. Untuk bisa memenuhi modal usaha yang cukup banyak, maka Anda bisa dapatkan dari fintech lending berizin OJK, Danamas. Di Danamas, Anda memiliki kesempatan untuk bisa dapatkan pinjaman modal usaha hingga Rp 2 miliar dengan suku bunga yang rendah. Coba simulasikan pinjaman Anda di website Danamas

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

contoh-surat-keterangan-kerja-untuk-kpr

Contoh Surat Keterangan Kerja untuk KPR, Ini Persyaratan & Panduannya

Contoh Surat Keterangan Kerja untuk KPR sangat penting untuk diketahui pada saat Anda berencana untuk mengajukan Kredit Pemilikan Rumah (KPR), salah satu persyaratan yang haru

pelunasan-kpr-dipercepat

Pelunasan KPR Dipercepat, Ini Cara Menghitung, dan Biaya Penaltinya!

Pelunasan KPR dipercepat adalah impian banyak orang yang memiliki dana lebih setelah membeli rumah dengan fasilitas pinjaman. Pertimbangan ini melibatkan sejumlah faktor kunci

biaya-notaris-kpr

Biaya Notaris KPR, Pahami Rincian dan Estimasi Proses

Biaya Notaris KPR biasanya masuk dalam rincian biaya KPR yang biasanya disiapkan oleh rekanan developer atau Bank. Jika memiliki rekan, Anda dapat menyarankannya. Namun, kebij