Harga-Wastafel-Cuci-Piring

Salah satu bagian rumah yang ternyata penting untuk dipertimbangkan saat ingin membangun rumah adalah wastafel. Wastafel biasanya digunakan di dalam kamar mandi atau di luar kamar mandi atau toilet. Penggunaan wastafel ini sangat berguna bagi Anda yang ingin memiliki ruang khusus untuk mencuci tangan atau sekedar merias wajah di toilet.

Keberadaan  wastafel di rumah Anda cukup berpengaruh pada suasana dan tampilan keseluruhan dari rumah anda. Maka dari itu penting sekali untuk memilih wastafel yang tepat dari mulai ukuran model bentuk hingga material untuk memberikan kesan yang sesuai dengan konsep desain rumah anda. Selain itu Anda juga perlu mengetahui ukuran ideal yang digunakan untuk wastafel cuci tangan dan wastafel cuci piring. Hal ini karena Kedua jenis tabel ini memiliki fungsi yang berbeda.

Jika anda berencana untuk membuat wastafel di rumah maka sebaiknya simak artikel di bawah ini, karena akan menjelaskan berbagai macam informasi tentang wastafel. Iinformasi tentang wastafel tersebut seperti pengertian jenis, ukuran wastafel yang ideal untuk cuci tangan dan cuci piring material wastafel, komponen wastafel hingga harga wastafel yang akan kami bagikan untuk anda. Simak informasi tentang wastafel di bawah ini: 

Apa Itu Wastafel?

Wastafel adalah tempat membersihkan diri yang berada di dinding dan menempel. Umumnya wastafel dilengkapi dengan keran air, cermin, dan juga rak. Menurut KBBI, wastafel adalah tempat membersihkan diri yang umum dipakai untuk mencuci muka, cuci tangan, dan menggosok gigi. Biasanya wastafel diletakkan di dekat dinding dan menempel di bagian luar atau dalam kamar mandi.

Selain di kamar mandi biasanya wastafel juga diletakkan di dapur. Wastafel dapur ini juga dikenal dengan sink. Fungsi wastafel dapur dan kamar mandi pun berbeda di mana wastafel dapur dipakai untuk mencuci piring atau sayuran yang biasanya tidak dilengkapi oleh cermin atau Rak untuk menaruh perlengkapan kebersihan atau kecantikan.

Daftar Harga Wastafel Terbaru

Harga wastafel juga bervariasi ditentukan dengan merek, mode jenis dan juga materialnya. Jika anda ingin mengetahui harga wastafel maka di bawah ini akan dijelaskan harga wastafel cuci piring dan harga wastafel kamar mandi. Kedua jenis wastafel tersebut memiliki karakteristik yang berbeda sehingga memberikan rincian harga yang berbeda juga, berikut harga wastafel yang bisa anda ketahui.

  1. Harga Wastafel Cuci Piring

Wastafel cuci piring tidak hanya dipilih karena fungsinya, tetapi juga dari segi model yang memberikan estetika di dapur Anda. Ada berbagai merk dan harga wastafel cuci piring yang bisa Anda pilih untuk kenyamanan mencuci piring. Rekomendasi wastafel dapur ini diinformasikan dengan kisaran harga seperti berikut ini:

Merk Wastafel Cuci PiringJenis WastafelMaterial WastafelKisaran Harga
IKEA HAVSEN1 bakKeramikRp 2 jutaan
Europe Enchanting Minimalist E10711 bakStainless SteelRp 2 jutaan
Modena Massenza KS 72702 bakStainless SteelRp 4jutaan
Blanco Flex Mini Sink1 bak dengan penirisStainless SteelRp 1 jutaan
Delizia – DGH8345BK1 bakGraniteRp 4jutaan
Onan 75412 bakStainless SteelRp 900ribuan
Onan Golden Hand 60451 bakStainless SteelRp 650ribuan
Wasbak DOMO DK 42402 bakStainless SteelRp 1 jutaan
Blanco Flex Mini Sink1 bak dengan penirisStainless SteelRp 1 jutaan
Teka Sink Classic 1B 1D Linen1 bak dengan penirisStainless SteelRp 2 jutaan
Linea Valencia 2B 1D2 bak dengan penirisStainless SteelRp 1 jutaan
Línea Valencia 1B 1D1 bak dengan penirisStainless SteelRp 1 jutaan
TEKA Centroval 1B Linen1 bakStainless SteelRp 1 jutaan
Modena BOLSENA – KS 31311 bak dengan penirisStainless SteelRp 1 jutaan
WASSER Sylvia Semi Minimalist1 bak dengan penirisStainless SteelRp 1 jutaan
Modena KS 31301 bakStainless SteelRp 700ribuan
Royal SB211 bak dengan penirisStainless SteelRp 200ribuan
Royal SB 351 bak dengan penirisStainless SteelRp 200ribuan
  1. Harga Wastafel Cuci Tangan

Wastafel cuci tangan juga perlu dipilih dengan pertimbangan harga. Ada banyak jenis dan merk wastafel toilet untuk cuci tangan dengan harga variatif. Setiap merk wastafel ini memiliki model dan juga material dengan kualitas berbeda. Anda bisa pilih salah satu yang sesuai dengan desain atau konsep toilet Anda.

MerkKisaran Harga
Europe EnchantingMulai dari Rp 400 ribuan
TOTOMulai dari Rp 500 ribuan
American StandardMulai dari Rp 800 ribuan
DUTYMulai dari Rp 200 ribuan
KohlerMulai dari Rp 1 jutaan
GalileoMulai dari Rp 500 ribuan
AERMulai dari Rp 1 jutaan
FiltraMulai dari Rp 100 ribuan
RenovoMulai dari Rp 200 ribuan
SericiteMulai dari Rp 300 ribuan

Rekomendasi Harga Kran Wastafel Cuci Piring Yang Bagus

Untuk melengkapi wastafel di rumah Anda, maka bisa memilih kran atau water tap yang tepat. Kran juga memiliki berbagai model, jenis dan merk yang cukup variatif harganya. Pilihan materialnya pun beragam seperti granite dan stainless steel. Model kran dapur ini bisa Anda pilih yang sesuai dengan sink atau wastafel dapur. Berikut pilihan kran wastafel cuci piring untuk Anda.

MerkKisaran Harga
Waterplus Kitchen Tap Deck CTB-241Rp 400 ribuan
Wasser Deck Mounted Single Lever Kitchen TapRp 800 ribuan
Renovo Flexible Kitchen Sink Deck Mixer Tap Swivel & PullableRp 1 jutaan
Modena TapMulai Rp 800 ribuan
Wasser Kitchen Mixer Exclusive With Swivel Spout & Dishwashing ShowerRp 4 jutaan
FRANKE TapMulai Rp 1 jutaan
Delizia Tap – DTH732C3Rp 2 jutaan
Delizia Tap – DTH900G2BKRp 1 jutaan
Delizia Tap – DTH724C2Rp 1 jutaan

3 Jenis Wastafel

Ada beragam jenis wastafel kamar mandi hingga wastafel dapur yang memiliki model beragam. Ada wastafel yang diletakkan di atas meja atau lavatory ada juga wastafel yang digantung di tembok. Setiap jenis pasar memiliki model bentuk dan ukuran yang berbeda-beda. Anda bisa menyesuaikan jenis wastafel dengan konsep ruangan yang anda usung. berikut jenis-jenis wastafel yang bisa anda gunakan di rumah.

  1. Wastafel Dapur

Wastafel dapur dikenal juga dengan nama sink yang umum dipakai untuk mencuci piring dan bahan masakan.  letak wastafel dapur atau sinK biasanya tidak jauh dari kompor atau meja dapur. Hal ini karena untuk memudahkan pengguna menggunakan Keran air saat memasak.

  1. Wastafel Kamar Mandi

Wastafel kamar mandi umumnya dipakai untuk mencuci wajah menggosok gigi dan mencuci tangan. Perletakan wastafel kamar mandi ini bisa di dalam atau luar ruangan atau toilet. Namun rata-rata wastafel kamar mandi berada berjarak dari area shower.

  1. Wastafel Portable

Wastafel portable umum dipakai khususnya digunakan bagi mereka saat selesai makan untuk mencuci tangan. Ada juga wastafel portable yang diletakkan di rak atau kabinet penyimpanan pada bagian bawah dan atasnya. Jenis wastafel ini biasa dipakai sebagai pengganti sing dapur.

5 Jenis Wastafel Toilet Berdasarkan Tipe & Desain

Jenis wastafel kamar mandi atau toilet yang beragam bisa diklasifikasikan berdasarkan tipe dan desain. anda perlu memilih jenis wastafel lalu mempertimbangkan dengan desain ruangan yang anda buat sehingga pemilihan wastafel mampu menyelaraskan keseluruhan desain interior kamar mandi anda. beri berikut Jenis wastafel toilet berdasarkan tipe dan desain.

  1. Wastafel Gantung

Umumnya wastafel gantung dipakai di kamar mandi dan berwarna putih. Ukuran wastafel gantung ini pun cukup ringkas yaitu 25-48 cm dengan panjang 45-72 cm.

  1. Wastafel Side By Side

Wastafel ini berdampingan dan dilengkapi juga dengan meja kabinet umumnya dipakai di kamar mandi yang berukuran cukup besar.

  1. Wastafel Mangkuk

Wastafel mangkuk berbentuk cembung dengan lebar 42,5 cm, tinggi 17 cm. permukaan wastafel ini cenderung cembung dan bahkan bisa untuk menyimpan air dan merendam wajah.

  1. Pedestal Wastafel

Jenis wastafel ini memiliki penyangga 1 kaki pada bagian bawah dan dipakai sebagai tempat cuci tangan di rumah atau di restoran.

  1. Wastafel Sudut

Wastafel sudut biasanya dipakai di area rumah yang sempit karena memiliki bentuk yang unik dan juga ringkas.

Ukuran Wastafel yang Ideal

Ukuran wastafel yang ideal adalah hal yang penting untuk anda ketahui. karena akan mempengaruhi kenyamanan Anda saat menggunakan wastafel. Ukuran wastafel ideal seharusnya sesuai dengan tinggi badan Anda juga sehingga tidak terlalu tinggi atau terlalu pendek. Berikut ukuran wastafel cuci tangan dan dapur yang ideal.

  1. Berapa Ukuran Wastafel Cuci Tangan

Ukuran wastafel bisa dipilih sesuai dengan ruangan yang anda inginkan. Ada beberapa ukuran standar wastafel yaitu 55-75 cm dengan kedalaman 22-25 cm. Jika ruangan yang dipakai untuk menempatkan wastafel cukup sempit maka lebih baik pilih wastafel kecil yang berukuran 14 meter persegi.

  1. Berapa Ukuran Wastafel Cuci Piring?

Wastafel dapur umumnya memiliki ukuran 60 sampai 65 cm dengan lebar yang bervariasi juga dimensinya disesuaikan dengan tiap merk wastafel cuci piring. Jika Anda Menggunakan jenis wastafel tunggal maka bisa pilih yang memiliki ukuran lebar 80 cm, sedangkan jika Anda menggunakan wastafel ganda maka bisa memilih yang berukuran 120 cm. ada juga unit wastafel yang memiliki tiga tempat dan dan berukuran 150 cm. jika wastafelnya memiliki ukuran cukup kecil maka umumnya dirancang untuk mempersiapkan makanan yaitu berukuran 20 sampai 35 cm.

Namun anda perlu mempromosikan ukuran dapur anda dengan wastafel. berukuran 55 x 83 cm, Namun sepertinya ukuran ini tampak terlalu besar pada dapur yang kecil. jika anda memiliki dapur yang kecil maka hindari bak cuci piring yang besar dan gunakan model yang ada di bawah kisaran ukuran standar

5 Jenis Material Wastafel

Wastafel kamar mandi dan dapur atau sink memiliki fungsi yang berbeda maka dari itu pemilihan material nya pun dibedakan.Setiap material wastafel memiliki tampilan yang juga berbeda. Hal inilah yang perlu anda perhatikan karena setiap material memiliki kesesuaian tersendiri pada setiap desain rumah anda. jangan sampai Anda menyukai salah satu material wastafel tapi justru akan membuat suasana rumah Anda tidak Selaras. Berikut beberapa pilihan material wastafel untuk anda pilih. 

  1. Wastafel Stainless Steel

Wastafel stainless steel memiliki ketahanan yang cukup lama di mana material ini tahan terhadap suhu apapun Baik dingin maupun panas. Namun sayangnya wastafel stainless steel cukup rumit karena setelah dicuci Anda harus segera mengelapnya agar tidak ada bercak air atau klorin yang meninggalkan bekas di wastafel. untuk harga wastafel stainless steel pun cukup terjangkau.

  1. Wastafel Porselen Atau Enamel

Jenis material wastafel ini ini memiliki model dan warna yang berbeda-beda wastafel porselen atau enamel cukup berat namun tidak mudah tergores jika terkena hantaman yang keras. goresan nya pun tidak akan meninggalkan bekas dan noda pada celah.

  1. Wastafel Batu

Jenis material wastafel ini biasa dipakai untuk mencuci tangan dengan model yang cukup bervariasi. Namun kekurangan dari wastafel batu ini adalah mampu bereaksi pada zat pembersih dengan kandungan kimiawi sehingga menimbulkan noda atau pengikisan pada lapisan batu.

  1. Wastafel Kaca

Jenis wastafel ini cocok untuk ditempatkan pada ruangan sempit yang terbuat dari tempered glass untuk memperpanjang usianya. Material kaca cukup sulit dibersihkan karena bisa meninggalkan noda bercak air.

  1. Wastafel Kayu Atau Bambu

Jenis wastafel ini memberikan kesan eksotis di mana wastafel kayu dan bambu terbuat dari kayu asli. Namun letak jenis ini cukup sulit perawatannya dan nodanya pun akan sulit dibersihkan.

4 Komponen Pada Wastafel

Komponen wastafel adalah bagian-bagian pada wastafel yang umum dilengkapi untuk  menjalankan fungsi wastafel lebih baik lagi. saat anda ingin membuat wastafel di rumah maka sebaiknya perhatikan juga komponen-komponen berikut ini yang sama pentingnya seperti Anda memilih wastafel. 

  1. Kran Wastafel

Air pancuran pada wastafel bisa dikeluarkan dari keran dan Anda bisa memilih berbagai jenis kerang seperti kerang putar atau sensor.

  1. Wadah Atau Lavatory

Wadah atau lavatory pada wastafel bisa dipilih material yang anda inginkan seperti keramik marmer atau batu alam. Modelnya pun disesuaikan dengan jenis wastafel seperti oval bundar atau persegi. Hal ini perlu dilakukan supaya fungsi dari wadah ini bisa menampung air dalam jumlah besar.

  1. Saluran Air

Pengelolaan jaringan air bersih dan air kotor juga masih berkaitan dengan instalasi. Wastafel harus memiliki instalasi saluran air bersih yang terencana di mana sumber air bersih berasal dari sumber air bersih yang dialirkan dengan pompa air listrik.

  1. Lubang Atau Pipa Pembuangan

Saringan di bawah wastafel nantinya akan dilalui oleh air kotor atau yang disebut dengan afur. Cara memasang afur pun sangat mudah, setelah anda tutup pipa drainase dibuka lalu pasang pada lubang wastafel atas. Selanjutnya kunci dengan sambungan pipa dari bagian bawah wastafel dan tempatkan aku di bagian tersebut lengkap dengan karetnya. Ukur jarak pipa ke tembok dan potong pipa pembuangan yang tersisa. 

5 Tips Pilih Wastafel Kamar Mandi / Toilet

Pemilihan wastafel kamar mandi perlu dipertimbangkan dengan matang. Hal ini dikarenakan ada banyak sekali wastafel dari berbagai material beragam tentu memiliki kualitas yang berbeda juga. Agar wastafel rumah Anda terlihat selaras dan melengkapi konsep desain rumah Anda, maka tips pilih wastafel kamar mandi atau toilet ini bisa Anda simak.

  1. Tentukan Jenis Dan Model Wastafel Yang Tepat

Hal pertama yang perlu Anda lakukan dalam memilih wastafel kamar mandi adalah dengan menentukan jenis dan model apa yang anda butuhkan. Ada berbagai jenis wastafel yang berbeda dari segi desain model hingga harga. Jenis wastafel kamar mandi antara lain, pedestal, wall hung, undercounter, above counter atau vessel, Countertop, semi-countertop dan corner.

  1. Sesuaikan Dengan Ukuran Kamar Mandi

Cara yang kedua adalah dengan menyesuaikan ukuran wastafel dan luas kamar mandi. Hal ini penting dilakukan agar wastafel toilet yang Anda pilih Tidak sia-sia sehingga keberadaannya mampu merusak suasana ruangan. Sebagai namun anda menginginkan model wastafel yang cukup bagus, maka pilihlah jenis wastafel pedestal.

  1. Pilih Jenis Kran Wastafel Yang Sesuai

Pemilihan kran wastafel juga menentukan bagaimana tampilan seluruh wastafel anda. Umumnya wastafel cuci tangan dibuat sepaket beserta krannya namun ada juga beberapa yang dibuat terpisah antara kerang dan wastafelnya. Modelnya pun bervariasi dari segala ukuran ramping kecil besar hingga pipih dan bergaya klasik maupun modern.

  1. Padukan Warna Dan Desain Wastafel Dengan Kamar Mandi

Pilihlah warna wastafel dengan menyesuaikan desain kamar mandi anda. Lalu pertimbangkan juga antara keselarasan dan kesesuaian antara wastafel dengan kamar mandi. 

  1. Pertimbangkan Ruang Penyimpanan

Cara terakhir dalam memilih wastafel adalah dengan memilih ruang penyimpanan. Pastikan Apakah Anda membutuhkan model wastafel dengan ruang penyimpanan atau tidak. Hal ini tentu kembali lagi dengan aspek lainnya seperti ukuran kamar mandi model wastafel dan lain-lain. 

Miliki Bisnis lewat Aset Properti Rumah Anda

Dengan mempertimbangkan pemilihan wastafel di hunian Anda, maka Anda pun bisa memiliki desain rumah yang sesuai dengan keinginan Anda. Rumah atau hunian dengan desain yang bagus tentu membuat Anda akan semakin nyaman dan nilai rumah pun akan semakin tinggi. Bukan tidak mungkin properti Anda bisa dijadikan agunan untuk pinjaman online ojk bunga rendah 2021 seperti di Danamas. 

Danamas bisa jadi solusi bagi Anda yang membutuhkan pinjaman bisnis dengan limit besar hingga Rp 2 miliar. Anda bisa dapatkan pinjaman bisnis dengan cepat melalui aplikasi Danamas Pinjaman Bisnis yang sudah bisa di download di smartphone Anda. Jangan lupa untuk simulasikan pinjaman beragunan properti dengan kalkulator pinjaman dan kalkulator simulasi kredit di website kami.

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

contoh-surat-keterangan-kerja-untuk-kpr

Contoh Surat Keterangan Kerja untuk KPR, Ini Persyaratan & Panduannya

Contoh Surat Keterangan Kerja untuk KPR sangat penting untuk diketahui pada saat Anda berencana untuk mengajukan Kredit Pemilikan Rumah (KPR), salah satu persyaratan yang haru

pelunasan-kpr-dipercepat

Pelunasan KPR Dipercepat, Ini Cara Menghitung, dan Biaya Penaltinya!

Pelunasan KPR dipercepat adalah impian banyak orang yang memiliki dana lebih setelah membeli rumah dengan fasilitas pinjaman. Pertimbangan ini melibatkan sejumlah faktor kunci

biaya-notaris-kpr

Biaya Notaris KPR, Pahami Rincian dan Estimasi Proses

Biaya Notaris KPR biasanya masuk dalam rincian biaya KPR yang biasanya disiapkan oleh rekanan developer atau Bank. Jika memiliki rekan, Anda dapat menyarankannya. Namun, kebij