karpet-lantai

Cara merawat karpet lantai yang baik tentu berbeda-beda bergantung dengan jenis karpet yang Anda miliki bukan? Penggunaan karpet memang pasti membuat suasana rumah Anda menjadi berbeda dengan adanya karpet. Karpet memang merupakan salah satu dekorasi yang dapat mendukung tampilan interior rumah Anda. Dengan menambah karpet di dalam ruangan rumah Anda maka suasana pun akan langsung berubah.

Dekorasi rumah dengan karpet yang tepat bisa memberikan kesan yang hangat dan nyaman. Namun, tak hanya faktor penggunaan karpet lantai, tetapi juga perpaduan elemen untuk desain interior suatu ruangan. Dengan menambah elemen interior desain rumah, maka artinya biaya yang akan dikeluarkan juga akan bertambah bahkan tidak terhitung. Untuk itu, penting sekali mulai merencanakan pengeluaran untuk biaya bangun rumah per meter sehingga tidak akan terjadi over budget yang sewaktu-waktu bisa saja terjadi. Coba simak tips cara menghitung biaya bangun rumah per meter yang mudah dipahami oleh pemula ini.Ā 

Lantai rumah polos memang berkesan lega dan gampang dibersihkan. Tetapi, ada kalanya lantai yang polos terasa dingin dan keras, sehingga membuat kurang nyaman saat beraktivitas di ruangan. Maka, salah satu siasat untuk membuat lantai hunian menjadi hangat dan menarik adalah dengan menambahkan karpet lantai. Namun untuk memilih karpet lantai tentu tidak boleh sembarangan karena elemen pendukung interior rumah Anda ini memiliki berbagai material warna dan juga motif yang bisa memberikan suasana yang berbeda dari elemen tersebut. 

Di artikel ini anda akan mendapatkan berbagai tips memilih karpet lantai hingga ukuran karpet yang sesuai untuk anda beli dan warna hingga jenis karpet lantai yang cocok untuk ruangan di rumah Anda seperti untuk kamar tidur ruang tamu dan lain sebagainya. maka dari itu, simak artikel berikut untuk mempelajari 

10 Cara Merawat Karpet Lantai

Walaupun memiliki bahan dan jenis yang berbeda, namun perawatan karpet lantai rupanya tak jauh berbeda.  Dengan mengetahui cara merawat karpet lantai yang tepat maka karpet lantai anda akan lebih tahan lama atau awet sehingga Anda pun tidak perlu sering-sering mengganti karpet lantai anda. Selain itu dengan cara perawatan karpet lantai yang benar maka tampilan di ruangan anda pun akan tetap cantik dan menarik. Maka, simak tips berikut agar karpet Anda menjadi awet dan selalu seperti baru.

  1. Penempatan Karpet

Untuk meminimalisir karpet yang terkena debu berlebihan, maka hindarilah untuk menempatkan karpet pada area yang sering memiliki aktivitas. Hindari meletakkan karpet dekat rak sepatu, karena dikhawatirkan adanya debu atau kuman pada rak tersebut akan pindah ke karpet. Cukup letakkan di kamar tidur, ruang kerja, atau kamar tamu.

  1. Kenali Jenis-Jenis Karpet

Karpet yang ada dipasaran kini semakin beragam, jenis dari bahannya pun sangat bervariasi. Setiap bahan dari jenis karpet ini memiliki karakteristik yang berbeda dan memberikan suasana berbeda pula di ruangan Anda. Bagi Anda yang ingin mengetahui cara merawat karpet lantai, maka coba kenali terlebih dahulu jenis karpet lantai berikut ini:

  • Karpet Polypropylene

Karpet polypropylene terbuat dari bahan serat sintetis namun tetap nyaman dan juga sangat mudah untuk dibersihkan. Kelebihan lain dari karpet berbahan polypropylene adalah harganya yang cukup murah namun kekurangannya ada pada warna yang lebih cepat pudar.

  • Karpet Nylon

Karpet nylon adalah bahan karpet yang memiliki daya tahan yang cukup tinggi dan tahan lama. Berat dari jenis karpet ini juga terbilang cukup ringan sehingga lebih mudah untuk Anda pindah-pindahkan. Harga dari karpet ini juga cukup murah dan memiliki motif yang bervariasi.

  • Karpet Katun

Karpet katun memiliki motif dan ukuran yang bervariasi serta dijual dengan harga yang cukup terjangkau. Bahan karpet katun kurang tahan lama sehingga saran terbaik adalah menggunakan karpet ini di area yang jarang dilalui sehingga bisa memperlambat kerusakan pada karpet.

  • Karpet Wol

Karpet wol adalah salah satu bahan jenis karpet yang memiliki permukaan yang cukup halus dan memiliki daya tahan yang cukup tinggi dan tahan terhadap noda atau air. Selain permukaan yang halus, perawatan dari karpet wol ini juga cukup mudah namun disarankan dirawat secara berkala sehingga minim kerusakan.

  • Karpet Vinyl

Karpet vynil memiliki karakteristik bahan karpet yang cukup lentur dan nyaman untuk Anda injak. Karpet ini memiliki ketebalan dari 0,5 ā€“ 2,2 mm yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Umumnya, karpet jenis ini mampu melapisi semua permukaan lantai yang bisa memberikan tampilan berbeda pada setiap lantai.

  • Karpet Sutra

Jenis karpet sutra memiliki tampilan yang menawan dengan harga yang cukup mahal. Kualitas dari karpet sutra ini sangat baik dan cocok digunakan di rumah mewah untuk menampilkan suasana mewah dan berkelas. 

  • Karpet Kulit Hewan

Karpet kulit hewan juga dipilih orang sejak lama karena bentuk dan motifnya yang unik. Jenis karpet ini cukup mudah untuk dibersihkan dan juga dikeringkan. Karpet kulit hewan memiliki daya tahan yang cukup baik dengan berbagai bentuk yang unik mengikuti bentuk badan hewan tersebut.

  • Karpet Sisal

Karpet sisal adalah jenis karpet lantai yang terbuat dari tanaman dengan daya tahan yang cukup tinggi. Tekstur dari karpet ini cukup kasar dan mungkin hanya beberapa orang yang cocok menggunakan karpet jenis ini. Jika dilihat dari permukaannya, maka ini cocok bagi Anda yang tidak ingin terpeleset saat menginjak karpet lantai.

  • Karpet Permadani

Karpet permadani umumnya terbuat dari bahan serta sintetis, polypropylene atau wol. Karpet ini memiliki motif yang khas bernuansa megah sehingga sering dianggap karpet mahal. Anda bisa memilih corak karpet permadani yang sesuai dengan konsep interior rumah Anda.

  • Karpet Bulu Rafsur

Jenis karpet ini cocok untuk Anda yang ingin bersantai karena teksturnya yang mirip seperti bulu boneka, sangat halus. Karpet ini juga dilengkapi busa dibagian dalam sehingga terasa lebih lembut dari jenis karpet lantai lainnya.

  1. Pahami Ukuran Karpet

Adanya karpet tidak hanya menambah estetika di dalam ruangan anda tapi juga memberikan tampilan dan suasana yang berbeda. Ukuran karpet yang tepat juga bisa mempengaruhi efek dari semua ruangan yang ada di rumah anda. Selain itu model dan desain karpet juga memberikan kehangatan dan keseimbangan yang berbeda sebagai sentuhan akhir.Ā  Salah satu hal yang perlu Anda pertimbangkan adalah ukuran karpet lantai karena hal ini bisa memberikan tampilan yang berbeda di rumah anda, ada berikut ukuran Karpet lantai yang ideal sesuai dengan ruangan

a. Ukuran Standar Karpet Lantai

Sebelum anda memutuskan untuk membeli karpet yang mana maka sebaiknya pertimbangkan ukuran karpet dalam sebuah ruangan seperti ruang tamu ruang keluarga atau kamar tidur. Umumnya karpet memiliki ukuran standar, seperti berikut ini:

  • 1 meter x 1,5 meterĀ 
  • 1,2 meter x 1,8 meterĀ Ā 
  • 1,5 meter x 2,4 meterĀ 
  • 2,4 meter x 3 meterĀ 
  • 2,7 meter x 3,6 meterĀ 

b. Cara Menentukan Ukuran Karpet

Sebelum anda melakukan kesalahan dalam memberi karpet maka sebaiknya pilih ukuran yang tepat. Anda disarankan untuk memilih ukuran karpet yang sesuai dengan konfigurasi furniture, bukan ukuran ruangan tertentu. Pasalnya ada beberapa tata letak yang bisa terlihat cantik dengan membiarkan sejumlah lantai terlihat di sekitar tepi ruangan. Jadi sasaran pertama untuk menentukan ukuran karpet terbaik adalah dengan mempertimbangkan penempatan furniture di atas ukuran ruangan.

  1. Tujuan Penggunaan Karpet

Adanya karpet di rumah Anda bisa memberikan kesan tersendiri. Setiap corak, jenis dan bahan dari karpet mampu memberikan suasana yang berbeda. Dengan mengetahui tujuan karpet dirumah Anda, maka Anda pun bisa mulai memahami cara merawat karpet lantai, apakah hanya sebagai dekorasi atau memiliki fungsi yang berguna untuk keseharian Anda. 

  • Mengurangi Kebisingan Ruangan

Karpet lantai bisa memberikan manfaat pada suara bising yang bisa saja terjadi di ruangan tersebut. Dengan penggunaan lantai karpet, maka ruangan bisa terasa lebih tenang sehingga karpet sering dijadikan pilihan untuk menyerap suara dari udara.

  • Menambah Kenyamanan

Penggunaan karpet pada ruang di rumah juga bisa memberikan rasa nyaman dan lembut. Dengan adanya karpet, maka Anda bisa memijak lantai dengan teras lebih lembut. Selain itu, karpet juga memberikan fleksibilitas dan memungkinkan menyerap dampak dari langkah kaki.

  • Menambah Kehangatan

Karpet lantai juga bisa memberikan suasana hangat didalam rumah. Tidak hanya kesan yang bisa ditimbulkan dari menambah karpet lantai, tetapi juga kehangatan yang dari lantai yang mungkin saja memberikan rasa dingin sebelum diberi karpet lantai.

  • Mampu memberikan kesan ruangan yang membumi

Hal terakhir yang bisa Anda rasakan dari penggunaan karpet adalah mampu membumikan ruangan. Pemilihan karpet lantai yang tepat bisa membantu meningkatkan furniture pada ruangan dan menciptakan suasana nyaman juga intim.

  1. Jangan Injak dengan Sepatu

Saat ingin menginjak karpet, buka alas kaki Anda. Sepatu atau sandal memiliki banyak kotoran yang bisa merusak keindahan dan kebersihan karpet Anda. Akan lebih baik lagi, jika Anda selalu memastikan kaki Anda selalu bersih setiap ingin menginjak karpet.

  1. Pasang Keset

Agar meminimalisir kuman yang masuk ke dalam rumah, maka selalu sediakan keset dan sering-seringlah menggunakan keset. Selain itu, cuci keset secara rutin agar kuman dan debu tidak mengendap terlalu lama. Kuman dan debu dapat terbang terkena udara dan hinggap di karpet Anda.

  1. Bersihkan Noda Segera

Jika Anda melihat ada noda pada karpet, maka jangan digosok. Hal ini justru akan membuat noda semakin menyebar dan merusak bahan.

  1. Cuci Secara Rutin

Agar karpet tetap terjaga kebersihannya, maka cucilah minimal dua kali setahun. Sangat disarankan untuk mencuci karpet saat musim panas agar mendapat paparan sinar matahari langsung.

  1. ā€œObatā€ Untuk Noda yang Bandel

Jika noda pada karpet Anda susah hilang, cobalah membersihkannya dengan air lemon, garam, air, dan cuka. Semprotkan di bagian noda karpet dan bersihkan perlahan.

  1. Vakum

Untuk perawatan hariannya, Anda bisa mencoba menggunakan vacuum cleaner setiap pagi dan malam hari. Mudah bukan?tips-tips dalam memilih karpet lantai dibawah ini.

Tips Memilih Karpet Lantai

Sebelum Anda membeli karpet lantai penting sekali untuk mempertimbangkan beberapa hal yang bisa mempengaruhi suasana di rumah anda. Penggunaan karpet lantai tidak hanya secara fungsional tapi juga estetika maka dari itu  hal-hal dibawah ini sangat penting untuk Anda pertimbangkan sebelum membeli karpet lantai yang sesuai dengan ruangan dan furniture anda. 

  1. Sesuaikan Ukuran Karpet Berdasarkan Penempatannya

Karpet yang kecil akan menimbulkan kesan yang tidak hangat pada ruangan. Sebaliknya, jika ukuran karpet terlalu besar, ruangan akan terlihat lebih sempit dan penuh. Oleh sebab itu, pilihlah ukuran karpet yang sesuai dengan luas ruangan di rumah Anda.

  1. Kenali Bahan Karpet Anda

Ada berbagai macam bahan karpet yang bisa Anda pilih sesuai selera Anda. Pemilihan bahan karpet jenis fabric turut menentukan perawatan dan sangat penting, terlebih, jika Anda memiliki anggota keluarga yang alergi debu atau bulu halus.

  1. Ketahui dan Perhatikan Cara Membersihkan

Mencuci barang yang tebal dan besar seperti karpet memanglah sangat menyulitkan. Untuk memudahkan Anda dalam mencucinya, pilihlah produk yang mudah dicuci. Selain itu, karpet Anda akan lebih mudah dicuci dengan mesin cuci apabila bobotnya ringan. Lalu, periksalah karpet Anda apabila boleh dikeringkan dengan pengering. Kemudian, sebaiknya Anda juga memiliki vacuum cleaner berdaya serap tinggi sehingga Anda tidak perlu terlalu sering mencuci karpet Anda.

  1. Pilihlah Karpet yang Anti Selip 

Karpet yang memiliki keunggulan anti selip sangat cocok diletakkan di area yang sering dilalui, khususnya anak-anak. Contohnya, pada area seperti di kamar tidur ataupun ruang tamu, serta area yang tidak banyak diisikan perabot. Karpet anti selip ini membuat Anda dan keluarga tidak mudah tergelincir dan licin. Jika karpet kesukaan Anda tidak anti selip, jangan khawatir. Anda bisa membeli lapisan anti selip secara terpisah.

  1. Pilih Desain dan Warna yang Menarik Untuk Memperindah Interior ruangan Anda

Selain memiliki fungsi menghangatkan ruangan, karpet juga bisa digunakan sebagai elemen dekorasi yang dapat mendukung tampilan interior ruangan Anda agar terlihat lebih indah dan menarik. Maka dari itu, penting sekali bagi Anda untuk memperhatikan desain motif dan warna karpet.

Apa Tujuan Lantai Dan Dinding Studio Dilapisi Karpet?

Jika berbicara soal karpet maka penggunaan karpet tidak hanya digunakan untuk estetika rumah saja tetapi juga memiliki fungsi  untuk digunakan di studio bioskop. Jika anda memperhatikan di dalam studio bioskop biasanya dilapisi karpet bagian lantai dan dinding. hal ini memiliki tujuan tersendiri yang bisa memberikan kenyamanan bagi penontonnya. Lalu apa tujuan lantai dan dinding studio dilapisi karpet berikut penjelasannya untuk anda.

  • Karpet Untuk Meredam Suara 

Alasan utama dari penggunaan karet sebagai pelapis Gedung studio bioskop adalah untuk meredam suara. kita semua tahu bahwa di dalam bioskop saat menonton TV akan mengeluarkan suara dari film yang cukup keras dan dramatis. Bisa dibayangkan Jika suara yang keras itu sampai terdengar keluar ruangan maka akan mengganggu lingkungan sekitarnya. maka dari itu dibuatlah lapisan karpet di dinding dan lantai sebagai peredam suara sehingga suara dari dalam film bioskop tidak akan terdengar hingga luar.

  • Karpet yang Bersifat Tebal Dan Tertutup

Karpet yang digunakan juga berbeda yaitu karpet yang difungsikan untuk peredam suara sehingga dibuat secara tebal dan dipasangkan dengan rapat juga tertutup. Sifat karpet yang seperti ini bisa meminimalisir suara yang terdengar di dalam film bioskop.

  • Mampu Menyerap Suara Secara Efektif

Material karpet yang digunakan dalam studio bioskop juga terbuat dari bahan pelapis dan peredam suara yang tebal. Tidak hanya tebal sifatnya juga cukup lunak sehingga mampu memaksimalkan fungsinya sebagai penyerap suara. Inilah alasan mengapa studio bioskop menggunakan bahan karpet sebagai pilihan peredam suaranya.

  • Lebih Tahan Lama Dan Mudah Dibersihkan

Karpet sebagai bahan pelapis untuk meredam suara memiliki sifat yang lebih mudah dibersihkan daripada bahan lainnya. Anda hanya cukup mengandalkan vacuum cleaner untuk menyedot debu dan kotoran yang menempel di dinding karpet atau lantai. Karpet juga cenderung lebih tahan lama dibandingkan bahan peredam suara lainnya sehingga hal ini bisa dijadikan investasi jangka panjang untuk studio bioskop yang ingin memilih peredam suara terbaik. 

Warna Karpet Lantai Yang Bagus untuk Kamar Tidur

Memilih warna karpet karpet lantai yang bagus untuk kamar tidur membutuhkan beberapa pertimbangan salah satunya adalah warna cat dinding. Sebagai contoh saat anda ingin desain kamar tidur untuk anak laki-laki maka sebaiknya hindari warna-warna feminim seperti pink dan ungu. Untuk itu penting sekali mempertimbangkan warna karpet lantai dengan warna lainnya yang ada di sekitar ruangan seperti dinding dan furniture yang dipakai. berikut memilih warna karpet lantai yang bagus untuk kamar tidur.

  • Kontras Dengan Warna Lantai

Pilihan warna karpet untuk kamar tidur lainnya adalah kontras atau tidak sama sekali dengan warna lantai. Sebagai contoh lantai kamar yang berwarna putih maka sebaiknya hindari untuk memasang karpet warna putih juga. Hal ini karena lantai yang berwarna putih cocok untuk dipadukan dengan warna-warna terang seperti hijau biru orange kuning krem dan abu-abu muda. Maka sebaiknya jangan Samakan warna karpet warna karpet dengan warna lantai anda untuk estetika yang lebih baik.

  • Warna monokrom

Warna monokrom juga sering dipilih oleh beberapa orang untuk karpet dikamar tidur. di kamar tidur. Warna monokrom adalah warna-warna yang identik dengan putih hitam dan abu-abu.

  • Warna Lembut

Warna yang lembut adalah pilihan warna karpet yang cocok untuk memberikan rasa nyaman di kamar tidur. Sebaiknya hindari warna-warna yang terlalu terang atau terlalu gelap di kamar karena kamar tidur lebih sesuai jika diberikan warna-warna yang lembut. Warna yang lembut juga bisa mempengaruhi mood pemilik ruangan tersebut karena memberikan kesan yang positif untuk menghindari stres. beberapa pilihan warna lembutnya, seperti blue soft, Rose, lavender, light grey, yellow soft, dan lain-lain.

  • Satu Warna Atau Kombinasi Warna

Pemilihan karpet juga bisa mengkombinasikan kan beberapa warna tentu hal ini disesuaikan dengan jumlah furnitur dan konsep dari rumah anda. Jika di kamar anda terlalu banyak barang maka pilihlah warna kombinasi yang bisa disesuaikan dengan warna dinding. Sebagai contoh dinding yang berwarna biru paling sesuai jika dipadukan dengan kombinasi warna yang cerah seperti putih atau hijau. Sementara itu jika di kamar terlalu banyak barang maka anda cukup menggunakan satu warna saja karena mengkombinasikan kan warna pada karpet akan membuat ruangan terasa lebih sempit dan ramai. 

Trik Pilih Karpet Yang Cocok Untuk Lantai Kayu

Karpet adalah salah satu elemen pada interior ruangan yang bisa memberikan suasana yang berbeda di ruangan anda. ada ada berbagai  macam karpet yang memiliki aneka macam bahannya. Bahan-bahan karpet ini tentu bisa menyesuaikan dengan lantai yang anda miliki seperti lantai kayu. Namun sayangnya tidak semua jenis karpet cocok untuk dipadukan dengan lantai kayu lantas seperti apa karpet yang cocok untuk lantai kayu berikut ulasannya.

  • Bahan Sesuai Dengan Kebutuhan Ruangan

Pilihlah karpet sesuai dengan kebutuhan ruangan anda. ruangan bisa menjadi pusat aktivitas semua anggota keluarga yang disarankan menggunakan karpet dengan bulu pendek agar lebih mudah untuk dibersihkan.  sedangkan ruangan yang tidak memiliki banyak aktivitas di dalamnya bisa menggunakan karpet bulu panjang.

  • Pilihan Warna Karpet

Pantai yang Anda gunakan yaitu lantai kayu membuat anda perlu memilih warna karpet yang sedikit berbeda dengan warna kayu tersebut.  Pemilihan warna pada karpet yang berbeda dengan lantai kayu ini diharapkan bisa memberikan suasana yang lebih manis.

  • Motif Lantai Yang Sesuai

Langkah selanjutnya perlu Anda pertimbangkan adalah pemilihan motif karpet. Motif varian namun sebaiknya Pilihlah motif yang tidak terlalu ramai jika ruangan anda cukup sempit atau memiliki banyak barang. untuk karpet lantai kayu Anda bisa memilih karpet dengan sedikit motif lantai seperti parket atau unsur yang selaras dengan lantai anda.

  • Pemasangan Karpet

Pada pemasangan karpet di lantai kayu, Anda hanya perlu membentangkan saja. Pasang karpet di bagian yang dibutuhkan seperti dibawah sofa agar suasana ruangan lebih hangat. 

Coba Peluang Bisnis Laundry dengan Modal Aman

Selain itu, Anda juga bisa mencoba bisnis laundry khusus karpet sendiri. Modal yang dikeluarkan relatif lebih kecil dibanding usaha laundry baju dan memang lebih baik dilakukan di rumah karena proses menjemurnya membutuhkan tempat yang lapang. Dengan begitu, bisnis laundry karpet ini cukup menjanjikan bagi Anda dengan modal yang minim.

Jika Anda telah memiliki usaha jenis ini dan sedang terhambat dalam permodalan, ada baiknya Anda coba mengajukan pinjaman bisnis. Bersama Danamas Pinjaman Bisnis, cukup dengan sertifikat properti Anda bisa mengajukan pinjaman dengan limit yang besar hingga 2 miliar dan tenor hingga 10 tahun. Anda juga bisa simulasikan pinjaman melalui kalkulator simulasi kredit dan kalkulator pinjaman beragunan properti untuk cek nilai aset yang Anda miliki. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, ajukan sekarang melalui aplikasi Danamas Pinjaman Bisnis untuk pinjaman online terpercaya nya.

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

contoh-surat-keterangan-kerja-untuk-kpr

Contoh Surat Keterangan Kerja untuk KPR, Ini Persyaratan & Panduannya

Contoh Surat Keterangan Kerja untuk KPR sangat penting untuk diketahui pada saat Anda berencana untuk mengajukan Kredit Pemilikan Rumah (KPR), salah satu persyaratan yang haru

pelunasan-kpr-dipercepat

Pelunasan KPR Dipercepat, Ini Cara Menghitung, dan Biaya Penaltinya!

Pelunasan KPR dipercepat adalah impian banyak orang yang memiliki dana lebih setelah membeli rumah dengan fasilitas pinjaman. Pertimbangan ini melibatkan sejumlah faktor kunci

biaya-notaris-kpr

Biaya Notaris KPR, Pahami Rincian dan Estimasi Proses

Biaya Notaris KPR biasanya masuk dalam rincian biaya KPR yang biasanya disiapkan oleh rekanan developer atau Bank. Jika memiliki rekan, Anda dapat menyarankannya. Namun, kebij