investasi-properti

Belakangan ini, pasti Anda sering mendengar banyak pembahasan tentang investasi properti. Properti sebagai salah satu instrumen investasi sekarang menjadi yang paling dilirik. Karena keuntungannya menggiurkan dan bisa dijadikan aset untuk kehidupan di masa depan.

Apalagi nilai jual properti yang stabil dan kian meningkat tiap tahunnya. Risiko investasi properti juga kecil, jadi sangat cocok dicoba oleh para pemula yang baru mau mulai untuk berinvestasi jangka panjang. Anda bisa lebih siap untuk dana pensiun di usia senja.

Namun pada prosesnya, investasi properti cukup menantang dan memerlukan modal yang sangat besar, hingga triliunan. Sebelum membahas lebih banyak tentang bagaimana cara berinvestasi properti yang menguntungkan, mari kita simak apa itu investasi?

Apa itu Investasi?

Menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Investasi adalah penanam modal yang dilakukan dalam jangka waktu yang panjang untuk pengadaan aktiva lengkap. Aktiva lengkap juga diartikan sebagai saham atau surat berharga sebagai jalan untuk mendapatkan keuntungan. Dalam hal ini, investasi bisa berupa uang atau aset yang ditempatkan pada suatu benda atau Lembaga. Melalui inilah, investor mengharapkan mendapatkan keuntungan dalam jangka waktu tertentu. 

Apa Keuntungan Berinvestasi?

Investasi memiliki beberapa keuntungan yang bisa Anda nikmati. Keuntungan investasi tentu ditentukan dengan perhitungan sesuai profil risiko setiap investor. Salah satu keuntungan investasi adalah sebagai pendapatan pasif yang memungkinkan Anda tak perlu bekerja keras untuk menghasilkan uang di kemudian hari. 

Jenis Investasi Apa Saja?

Bagi anda yang masih pemula, banyaknya info tentang jenis investasi kerap kali malah membuat bingung. Tapi dengan mengetahui jenisnya, anda jadi bisa memilih investasi yang sesuai dengan budget dan kebutuhan anda. Apakah untuk jangka panjang atau jangka pendek. Berikut adalah ulasannya:

  • Investasi properti
  • Investasi Reksa Dana
  • Investasi Saham
  • Investasi Emas
  • Investasi Obligasi
  • Investasi Cryptocurrency
  • Investasi Peer to Peer Lending (P2P)
  • Dll.

Setiap jenis investasi memiliki resiko yang berbeda. Biasanya, sebelum Anda mencoba investasi, Anda disarankan untuk mengetahui profil risiko terlebih dahulu, lalu barulah pilih mana yang sesuai dengan Anda. 

Salah satu jenis investasi yang sudah sejak lama dilakukan beberapa orang yaitu investasi properti yang merupakan investasi aktiva riil. Investasi ini memiliki bentuk yang terlihat, selain investasi properti, ada juga investasi logam, tanah, dll. 

Apa itu Investasi Properti?

Investasi properti adalah investasi memiliki keterkaitan dengan kepemilikan, pembelian, penyewaan hingga pengelolaan sampai ke penjualan yang nantinya dapat menghasilkan keuntungan. Pembelian real estate dalam investasi properti ini dimaksudnya untuk mendapatkan ROI atau Return of Investment. ROI tersebut seperti hasil sewa ataupun penjualan kembali properti tersebut. 

Jika Anda berminat untuk berinvestasi properti, maka ini ada pilihan yang cukup fleksibel bagi Anda. Hal ini dikarenakan investasi properti bisa dijadikan investasi jangka pendek atau investasi jangka panjang. 

Baca Juga: Mau Investasi Deposito? Wajib Tahu Hal Ini Dulu Ya!

Tips Investasi Properti Aman & Untung

Ketika menjalankan investasi, ada tips dan trik yang bisa dicoba agar anda merasa aman menjalankannya dan bisa mendapatkan keuntungan maksimal seperti tujuan investasi. Tertarik mulai untuk berinvestasi properti, simak dulu tips berikut ini:

  1. Lokasi Properti

Cara untuk berinvestasi properti yang pertama adalah mencari lokasi yang tepat. Coba Anda cek lokasi rumah, tanah atau unit apartemen yang ingin dijadikan sumber passive income. Pilihlah lokasi yang strategis di Kawasan kota mandiri yang berdekatan dengan transportasi massal yang memadai. Kini, banyak sekali orang yang mencari hunian dekat dengan transportasi massal untuk pergi bekerja komuter setiap hari. 

  1. Pilih Developer dengan Track Record Bagus

Maraknya investasi properti membuat banyak sekali developer bangunan yang mencoba peruntungan di bidang ini. Jika ingin berinvestasi properti, maka Anda harus memilih developer yang memiliki track record yang bagus. Cek terlebih dahulu siapa pengembangnya, apa saja yang sudah mereka bangun, bagaimana cara mereka maintenance properti yang dikembangkan. Jangan tergiur dengan harga murah, namun tetap harus cek kembali bagaimana kualitas developer. Hal ini penting mengingat investasi properti yang akan Anda jalani bisa untuk jangka panjang.

  1. Fasilitas yang Memadai

Fasilitas juga harus jadi hal yang perlu Anda perhatikan, karena biasanya mereka yang ingin memiliki hunian nyaman juga melihat fasilitas. Untuk itu, ketahui fasilitas yang tersedia di properti yang ingin dijadikan aset investasi. Cek fasilitas internal maupun eksternal. Fasilitas internal meliputi area olahraga (sport center), club house, tempat ibadah, area bermain (playground), dll. Fasilitas eksternal meliputi fasilitas yang tersedia disekitar properti tersebut, seperti sekolah, pusat perbelanjaan, perkantoran, dll. 

  1. Siapkan Dana Tambahan

Jadikan investasi properti Anda adalah passive income yang serius dengan cara siapkan dana tambahan yang mungkin saja akan Anda keluarkan. Dana tambahan dibutuhkan saat proses pembelian investasi properti, antara lain:

  • Biaya Bank: Saat membeli rumah dengan KPR, maka pada prosesnya ada beberapa tahapan pengecekan kelengkapan berkas yang tentu membutuhkan biaya. Salah satu biayanya adalah survey aset properti yang dilakukan sebelum membeli rumah. Tak hanya itu saja, ada juga pengecekan sertifikat tanah dan harga jual properti. Nilai harga nya pun bervariasi, untuk itu lebih baik Anda mempersiapkan dana tambahan untuk biaya bank. 
  • Biaya Asuransi: Biasanya akan ada biaya tambahan yaitu biaya asuransi jiwa sebesar 1% – 2% dari total pinjaman. Jika Anda memakai asuransi kebakaran maka akan dikenakan biaya sebesar 1% dari total pinjaman. 
  • Biaya Notaris: Nantinya, sebelum menjadi investasi properti, aset bisa diurus oleh notaris untuk urusan akta dan sertifikat jual beli. Biaya notaris ini tentu akan dibebankan oleh Anda. Besarnya biaya disesuaikan oleh kebutuhan. 
  • Pajak: Pajak juga masuk ke biaya tambahan pada investasi properti. Biaya pajak akan ada dengan KPR atau cash. Pajak dalam jual beli properti yakni Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB).

Apa Itu Investasi Properti Online

Di era serba digital, ternyata kini ada yang Namanya investasi properti berbasis online. Wah seperti apa ya itu? Investasi properti online ini umumnya bisa dilakukan di platform khusus yang bisa menghubungkan property asset manager dengan Anda sebagai investor. Investasi properti online mungkin masih terdengar baru untuk Anda, namun tidak ada salahnya untuk mencoba dan mencari info tentang bagaimana bisa mendapatkan keuntungan dari investasi properti ini.

Cara Tepat Investasi Properti Online Terpercaya

Di era modern seperti sekarang, anda tidak hanya bisa menyewakan atau membeli bangunan saja. Tapi juga bisa investasi properti online. Jadi anda tidak diharuskan untuk membeli rumah untuk berinvestasi. Bahkan properti yang diperjualbelikan cukup beragam, seperti rumah, apartemen, ruko sampai hotel. Berikut adalah beberapa yang bisa dipilih:

  1. Dana Investasi Real Estate

DIRE atau Dana Investasi Real Estate adalah investasi yang dikumpulkan dari dana masyarakat. Dana tadi akan dikelola dan diinvestasikan ke aset-aset properti seperti bangunan, rumah, lahan kosong ataupun properti lain.

  1. Obligasi Properti

Investasi obligasi properti dinilai aman karena umumnya perusahaan yang mengeluarkan adalah bagian dari Pemerintah. Salah satu perusahaan pengembang yang mengeluarkan obligasi properti yaitu PP Properti. Perusahaan tersebut merupakan BUMN. Saat membeli obligasi, investor akan memperoleh bunga tetap 11,5% tiap tahun dan bunganya dibayarkan tiap 3 bulan sekali.

  1. Beli Saham Developer Properti

Tidak hanya bisa membeli properti yang ditawarkan developer, anda juga bisa membeli saham perusahaan properti. Developer properti yang sahamnya bisa dibeli adalah Sinar Mas Land, Ciputra, Pakuwon dan Triniti Land. 

Namun, bagi anda yang masih awam tentang saham, sebaiknya mencari tau dahulu tentang risiko dan prospek yang ada di saham sebelum anda membeli sahamnya. Karena harganya cukup fluktuatif, naik turun. Lebih baik anda menjadikan investasi ini untuk jangka menengah atau panjang. Agar keuntungan yang didapat juga besar.

  1. Crowdfunding

Bagi anda yang takut untuk melakukan investasi secara pribadi, bisa memilih crowdfunding. Akan ada beberapa investor yang patungan untuk dana investasi. Setelah dana tersebut terkumpul, baru akan diinvestasikan ke properti yang diinginkan. Pembagian keuntungannya disesuaikan dengan persentase kepemilikan dana masing-masing investor.

Cara Memilih Investasi Properti Yang Menguntungkan Online Terpercaya

Berinvestasi secara online bisa dilakukan dimanapun anda berada. Namun ketika ingin investasi sebaiknya anda mengenal dahulu cara memilih investasi online yang menguntungkan. Misalnya ketika anda memilih menanam saham di developer properti sebaiknya anda mempelajari dahulu tentang risiko yang bisa terjadi ketika anda bermain saham. 

Properti adalah instrumen investasi yang potensi profitnya besar, tapi likuiditasnya rendah. Untuk memperoleh keuntungan yang tinggi, sebaiknya investasi dilakukan untuk jangka panjang. Bagi anda yang ingin investasi jangka pendek, disarankan tidak memilih investasi di properti. 

Pada skema kegiatan crowdfunding banyak sekali terjadi penipuan. Resiko terburuk adalah uang anda hilang dan masuk ke investasi bodong berkedok crowdfunding. Jadi pastikan tempat anda menanam modal sudah berizin dan diawasi OJK

Tidak hanya itu saja, ketika berniat untuk berinvestasi. Pilihlah perusahaan besar yang memang sudah terpercaya. Jangan segan untuk meluangkan waktu mencari tau dan riset mengenai perusahaan yang kompeten dan menjanjikan.

Apakah Investasi Rumah Menguntungkan?

Jenis investasi memang banyak yang bisa dipilih, tapi kenapa investasi rumah dinilai menguntungkan? apa investasi rumah benar menguntungkan? Jika anda masih ragu untuk investasi rumah, anda bisa simak penjelasannya.

  1. Seperti yang diketahui bahwa harga properti terus mengalami kenaikan. Bagi anda yang sudah memiliki rumah, apakah worth it membeli rumah lagi? Ya, rumah tersebut bisa dijadikan investasi masa depan. Rumah adalah kebutuhan yang mewah, apalagi bertahun-tahun ke depan populasi manusia akan semakin bertambah, sedangkan tanah untuk tinggal semakin sempit dan terbatas. 
  2. Rumah bisa dijadikan kos-kosan atau kontrakan. Tanpa harus bekerja keras, anda sudah dibanjiri uang pembayaran sewa.
  3. Mendapatkan kemudahan ketika ingin mengajukan pinjaman ke bank atau pinjaman online, karena sertifikat rumah bisa dijadikan agunan
  4. Lebih aman dibandingkan menabung uang, karena ada efek inflasi. Jika investasi rumah, anda memiliki tabungan untuk masa tua atau pendidikan anak.

Keuntungan & Kerugian Investasi Properti

Sebelum memutuskan untuk berinvestasi, anda harus tau dahulu keuntungan dan kerugian dari investasi yang anda pilih. Termasuk investasi di bidang properti. Dari sanalah anda bisa memutuskan apakah jenis investasi ini cocok dengan anda atau tidak. Adapun keuntungan dan kerugiannya investasi properti, antara lain:

Keuntungan Investasi Properti

Saat ini sudah banyak jenis investasi yang bisa dipilih. Tapi pamor investasi properti tidak pernah surut, bahkan penggemarnya kian banyak. Apalagi kita tidak pernah tau tentang masa depan dan investasi jenis ini sangat menjanjikan.  Berinvestasi properti adalah cara jitu untuk mendapatkan passive income. Bahkan saat anda tidur dan bersantai di rumah, uang sudah masuk ke rekening bank dalam bentuk dividen, biaya sewa, bunga dan royalti. Dengan uang hasil investasi, anda bisa mempersiapkan masa tua yang sejahtera. Tanpa bersusah payah, anda bisa mendapatkan uang. Dengan investasi di properti, hal tersebut sangat mungkin terjadi. Misalnya anda bisa mendapatkan uang dari sewa kos atau kontrakan. Sehingga keuangan masa depan menjadi lebih siap. 

  1. Tentukan Harga Sendiri

Anda sebagai pemilik, maka anda juga yang memegang kendali. Anda bebas menentukan harga jual atau sewa properti yang anda miliki. Tapi tentunya agar cepat laku, anda harus riset dahulu kisaran harga pasarannya berapa.

  1. Tidak Harus Terus Dipantau

Jika investasi saham perlu dipantau tiap saat, berbeda dengan investasi di properti. Anda hanya perlu membeli properti, kemudian bisa disewa atau dijual. Beres. Uang akan mengalir ke rekening anda.

  1. Tak Terpengaruh Inflasi

Berbeda dengan uang yang dipengaruhi inflasi, properti tidak. Harga properti bahkan cenderung naik 10-20% tiap tahunnya. Menggiurkan bukan?

  1. Jadikan Agunan

Dalam keadaan terdesak atau misal anda memerlukan modal tambahan untuk bisnis yang lain, anda bisa menjadikan sertifikat bangunan sebagai jaminan pinjaman.

Kerugian Investasi Properti

Selain keuntungan, ada juga kerugian dan risiko yang harus ditanggung oleh investor. Sebagai pebisnis, anda harus menerima kesuksesan sepaket dengan kegagalan. Hal tersebut perlu diketahui agar anda bisa mempersiapkan segala kemungkinan yang terjadi. Berikut adalah beberapa ulasannya:

  1. Sulit Dijual Cepat

Karena sifatnya yang tidak likuid, maka tidak bisa dicairkan menjadi uang dalam waktu singkat. Jadi memang perlu waktu cukup lama untuk bisa menjual atau menggadaikannya.

  1. Perlu Proteksi

Properti memang rawan mengalami kerusakan akibat bencana, misalnya banjir, gempa bumi atau kebakaran. Jadi sebaiknya anda mengasuransikan properti-properti yang dimiliki dan hal ini membuat anda harus merogoh kantong untuk membayar asuransi tersebut.

  1. Modal Besar

Sudah pasti biaya yang dikeluarkan untuk investasi ini sangat besar. Harganya mulai dari puluhan juta bahkan sampai triliunan. Anda perlu modal besar untuk bisa menjalankan investasi jenis ini.

4 Platform Investasi Properti

Investasi secara online memang dirasa sangat menguntungkan untuk sebagian besar orang. Tapi tentunya untuk bisa mengantongi keuntungan yang besar, anda harus berhati-hati memilih platformnya. Selain itu juga untuk mengurangi risiko dan mencapai tujuan keuangan yang diharapkan. Berikut adalah platform investasi online untuk properti:

  1. Propertree.id

Propertree.id adalah salah satu perusahaan yang fokus mendanai proyek properti terbesar di Indonesia. Ada 80 proyek yang dikerjakan dan 67 diantaranya sudah selesai. Jumlah investornya mencapai 2.937 dan total dana yang terkumpul sebesar Rp 17.751.600.000.

  1. Crowddana

Platform ini bertugas sebagai penghubung antara investor dan pemilik usaha dengan aset properti. Investasinya berbentuk kepemilikan saham yang bisa dijual belikan di marketplace. Keuntungan yang bisa diberikan ke investor adalah dividen yield dan capital gain dari 15 sampai 25% tiap tahun.

Modal awal investasinya adalah Rp 1 juta. Apa anda tertarik? Anda bisa membuat akun, depositkan dana dan pilih investasi properti yang mana. Maka dividen akan diberikan tiap 3 bulan atau ketika properti sudah beroperasi.

  1. LandX

Platform equity crowdfunding ini mengumpulkan dana untuk mengembangkan usaha properti. Modalnya dimulai dari 1 lot dan bisa mendapat capital gain bila properti dijual dalam kisaran 3 sampai 5 tahun. Jadi properti yang telah terdaftar akan dibagi 300 bagian dalam satuan lot.

Untuk bisa menjadi investor, anda harus mendaftar dan depositkan uang minimal Rp 3 juta kemudian memilih properti yang akan didanai kemudian bisa membeli saham properti yang disukai. Anda akan memperoleh untung tiap bulan.

  1. Invesproperti.id

Perusahaan ini sudah berbasis syariah. Anda yang sedang mencari platform crowdfunding syariah, bisa pilih Investproperti.id. Saat ini sudah ada 9 properti yang tergabung di perusahaan. Jumlah investornya ada 796 dan pendanaan sampai Rp 3.512.999.000.

Punya Aset Properti Yang Bisa Dijadikan Modal Usaha, Pasti Cuan!

Jika saat ini Anda belum memiliki kesempatan untuk menjadikan properti sebagai aset passive income, Anda bisa mencoba ubah properti menjadi modal bisnis. Salah satu pinjaman UMKM online terpercaya yang menyediakan layanan ini adalah Danamas. Dengan proses yang mudah dan cepat, Anda bisa mengembangkan bisnis cukup bermodalkan properti Anda sendiri.

Pinjaman berlimit besar sampai Rp 2 miliar dengan tenor mulai dari 1 hingga 10 tahun. Sukses di usia muda sudah ada di depan mata. Yuk segera ajukan pinjaman! Bisnis mengular dan ekspansi dimana-mana bukan hanya menjadi impian semata.

Jika anda masih ragu, anda bisa coba simulasikan pinjaman dan nilai properti dengan kalkulator pinjaman dan kalkulator simulasi properti. Anda juga bisa download Aplikasi Pinjaman Bisnis untuk permudah proses pengajuan pinjaman. Untuk info lebih lengkap, klik DISINI

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

contoh-surat-keterangan-kerja-untuk-kpr

Contoh Surat Keterangan Kerja untuk KPR, Ini Persyaratan & Panduannya

Contoh Surat Keterangan Kerja untuk KPR sangat penting untuk diketahui pada saat Anda berencana untuk mengajukan Kredit Pemilikan Rumah (KPR), salah satu persyaratan yang haru

pelunasan-kpr-dipercepat

Pelunasan KPR Dipercepat, Ini Cara Menghitung, dan Biaya Penaltinya!

Pelunasan KPR dipercepat adalah impian banyak orang yang memiliki dana lebih setelah membeli rumah dengan fasilitas pinjaman. Pertimbangan ini melibatkan sejumlah faktor kunci

biaya-notaris-kpr

Biaya Notaris KPR, Pahami Rincian dan Estimasi Proses

Biaya Notaris KPR biasanya masuk dalam rincian biaya KPR yang biasanya disiapkan oleh rekanan developer atau Bank. Jika memiliki rekan, Anda dapat menyarankannya. Namun, kebij