rooftop

Rooftop berlaku untuk bangunan komersial misalnya restoran, cafe, hotel, dan lain sebagainya, biasanya rooftop digunakan untuk tempat bersantai dan melihat pemandangan. Namun ada beberapa orang juga menggunakan rooftop di rumah nya untuk berbagai kebutuhan misalnya tempat untuk menjemur pakaian, bahkan ada juga yang sama sekali tidak memanfaatkan keberadaan rooftop. Daripada area rooftop di bagian rumah Anda terbengkalai, Anda bisa memanfaatkannya sebagai ruang bersantai outdoor.

Desain rooftop di rumah perlu diperhatikan, karena setiap konsep desain memiliki komponen khas yang berbeda. Dengan membuat desain rooftop, maka Anda bisa menyesuaikan ide konsep rumah Anda dengan rooftop. Ada banyak sekali ide inspirasi desain rooftop yang bisa Anda pilih sesuai keinginan Anda. 

Di artikel ini, Anda juga bisa mengetahui apa pengertian rooftop, fungsi rooftop tips memilih rooftop hingga cara merawat rooftop agar lebih tahan lama. Dengan rooftop yang awet, maka Anda juga bisa menikmati rooftop lebih nyaman dengan kondisi yang terawat. Untuk temukan ide inspirasi dan serba serbi tentang rooftop bisa ditemukan di artikel dibawah ini. Yuk Simak dalam artikel ini. 

Apa Itu Rooftop?

Rooftop merupakan atap datar berupa dak beton yang dapat berfungsi untuk membuat tampilan tampak lebih asri dan natural. Rooftop sendiri merupakan salah satu desain yang digunakan pada rumah bergaya modern minimalis yang mulai direncanakan dengan lebih teliti agar saat datang hujan dapat mengalirkan air agar bisa jatuh dan tidak menjadi genangan. Maka dari itu, penting sekali untuk mempertimbangkan desain rooftop, tips memilih dan cara perawatan yang akan dijelaskan di bawah ini.

10 Desain Teras Rooftop Rumah Kecil

Bagi Anda yang memiliki rumah kecil, bukan berarti tidak bisa memiliki rooftop. Rooftop masih bisa dibuat pada rumah kecil dengan area yang sempit. Triknya adalah dengan memilih desain teras rooftop rumah kecil yang tepat. Pilihan desain yang tepat bisa memberikan tampilan yang area rooftop tampak nyaman dan lega. Berikut pilihan desain teras rooftop untuk Anda.

1. Rooftop Mewah dengan Material Kayu

Desain rooftop dengan material kayu seperti parket bisa memberikan kesan yang sangat mewah. Anda bisa membuat bagian lantai dinding dan kursi dengan bahan kayu yang sudah dirancang sedemikian rupa untuk memberikan kesan mewah dan natural. Untuk memberi untuk memberikan kesan yang mewah maka anda bisa menambahkan tempat duduk siswa yang dirancang khusus untuk outdoor. Dengan begitu Anda juga bisa duduk-duduk di sofa dan penambahan aksen bantal untuk memberikan kesan nyaman.

2. Rooftop Minimalis

Rooftop minimalis adalah pilihan yang cukup populer belakangan ini biasanya didominasi dengan warna warna netral seperti putih hitam atau abu-abu. Warna-warna tersebut umumnya bisa dijumpai di bagian lantai hingga furniture nya. Dengan desain rooftop rumah yang minimalis maka anda bisa memilih aksen dengan garis-garis atau aksen yang terlihat simple. Untuk memberikan kesan yang natural maka anda bisa menambahkan tanaman di pot di beberapa area atau sudut rooftop.

3. Rooftop Dengan Tanaman Dan Lampu Gantung

Ide inspirasi rooftop lainnya adalah dengan memberikan tambahan lampu gantung sebagai penerangan dan juga desain Rooftop anda. Untuk menjaga privasi saat Anda beraktifitas di Rooftop maka anda bisa menambahkan tanaman di sekelilingnya. Selain itu pilihlah desain tempat duduk rooftop yang nyaman, cozy namun juga terkesan natural sehingga memberikan tampilan rooftop yang menyenangkan untuk kumpul.

4. Rooftop Garden

Beberapa orang juga mulai mempertimbangkan untuk membuat kebun di atas atas sering yang disebut dengan rooftop garden. Rooftop garden adalah pilihan yang cukup menarik karena bisa memberikan kesejukan dengan banyaknya tanaman di bagian rooftop. Anda bisa bersantai bersama keluarga atau teman sambil menyantap makanan yang disajikan dan menikmati berbagai tanaman di sekitar sudut rooftop.

5. Rooftop Latihan Tanpa Perabot Atau Furniture

Anda yang suka dengan hal minimalis dan tidak ingin ada furniture di rooftop maka bisa memilih desain rooftop tanpa perabotan ini. Anda hanya cukup meletakkan barang-barang seperti karpet bantal atau pelindung sinar matahari sehingga saat Anda berkumpul saat siang hari tidak merasa kepanasan. Untuk mempercantik laptop anda maka cukup tambahkan beberapa aksen sederhana seperti pot tanaman atau bantal-bantal.

6. Rooftop Dengan Pergola

Desain Rooftop dengan pergola juga cukup diminati oleh banyak orang karena pergola bisa melindungi anda dari panas dan hujan. Selain itu pergola juga semakin cantik dengan dilengkapi dengan furniture untuk tempat duduk sehingga Anda bisa berlama-lama menikmati rooftop di siang hari atau saat hujan sekalipun.

7. Rooftop Minimalis Industrial

Rooftop industrial juga diminati oleh anak muda yang ingin memberikan kesan milenial atau kekinian ala coffee shop namun tetap nyaman. Desain rooftop industrial juga bisa ditambahkan dengan tanaman berpot dan bangku untuk bersantai dengan meja kecil untuk meletakkan makanan atau minuman. Umumnya rooftop industrial didominasi dengan material kayu dan besi serta warna-warna gelap yang cukup netral.

8. Rooftop Minimalis Bebatuan

Jika anda tidak ingin menggunakan rumput di desain rooftop rumah Anda maka anda bisa memilih batu kolam atau batu putih dengan kerikil pada bagian rooftop lantai. Kelebihan dari penggunaan kerikil atau batuan di rooftop adalah karena area pijakan tidak akan licin ataupun terasa becek. Disamping itu perpaduan kedua material ini juga memberikan nuansa esthetic yang sangat alami.

9. Rooftop Minimalis Dengan Kolam

 Jika anda ingin memiliki kolam dengan area yang tidak terlalu luas maka anda pun bisa membuatnya di bagian Rooftop. Anda bisa membuat desain Rooftop Garden yang ditambah dengan kolam renang namun tetap memiliki ruang dan biaya yang memadai. Salah satu hal yang perlu Anda pertimbangkan dalam membuat Rooftop bersama kolam adalah perawatan dan pembersihan kolam yang harus dilakukan secara rutin.

10. Rooftop Bohemian

Untuk rooftop Bohemian maka anda bisa menambahkan aksen yang cukup etnik dengan sarung bantal tribal, penambahan throw, sehingga halaman pelengkap lainnya yang memberikan kesan Bohemian dan nyaman. Untuk tanaman di Rooftop bohemian Anda bisa menambahkan tanaman kaktus atau sukulen yang ada di pot dengan memberikan elemen warna hijau yang khas untuk gaya Bohemian.

Perbedaan Rooftop dan Balkon 

Jika anda mempertimbangkan untuk membuat Rooftop maka anda perlu tahu perbedaan antara Rooftop dan balkon. walaupun keduanya sama-sama dibuat di bagian atas rumah namun memiliki perbedaan yang cukup signifikan. tak hanya dari tampak fisika saja Rooftop dan balkon juga memiliki fungsi yang berbeda. Perbedaan rooftop dan balkon akan dibahas di bawah ini.

AspekRooftopBalkon
PengertianBagian penutup bangunan yang letaknya di paling atas. Sama- sama berada di bagian atas, namun bukan yang paling atas. 
UkuranUkurannya lebih besar, dapat seukuran dengan penutup bangunanBalkon lebih kecil, hanya beberapa meter saja. 
FungsiArea lebih besar dan dapat digunakan untuk berbagai fungsi, misalnya menyimpan tandon air, panel surya, dan lain- lain Lebih cocok untuk area bersantai, bukan untuk menaruh barang

Fungsi Rooftop

Rooftop memiliki fungsi ganda sebagai pendukung aktivitas pemilik rumah atau sebagai bagian dari desain rumah anda. Jika Anda berencana untuk membuat laptop maka fungsi-fungsi yang akan disebutkan di bawah ini bisa anda nikmati. Jika Anda ingin memiliki area outdoor di bagian atas maka membuat rooftop bisa jadi pilihan yang tepat. Berikut fungsi rooftop yang bisa Anda rasakan.

  1. Sebagai Tempat Kumpul Keluarga

Anda bisa berkumpul bersama rekan atau keluarga untuk makan dan minum santai, mengobrol dan melihat pemandangan

  1. Area Olahraga

Misalnya untuk bangunan indekos, dapat memanfaatkan area atap sebagai tempat olahraga sehingga penghuni kos bisa melakukan olahraga dan menjadi nilai tambah untuk usaha kos Anda.

  1. Menjemur Pakaian

Di beberapa rumah ataupun indekos, rooftop juga dapat dijadikan sebagai tempat untuk menjemur pakaian.

  1. Gudang

Beberapa pengelola bangunan menggunakan area rooftop sebagai area gudang. Upayakan untuk membangun bangunan kecil seperti paviliun yang lengkap dengan atap, hal ini bisa digunakan untuk menaruh barang. 

  1. Parkiran

Rooftop juga bisa digunakan sebagai parkiran apabila dilakukan di sebuah mall. Beberapa pusat perbelanjaan memanfaatkan area ini sehingga menjadi fungsi primer bagi mall. 

  1. Taman Hijau

Gunakanlah kreativitas untuk mengubah area atap menjadi taman hijau yang menyejukkan.

Tips Membuat Rooftop dengan Mini Garden

Sebelum anda membuat Rooftop maka ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan. hal ini setiap rumah memiliki konsep dan spesifikasi yang berbeda. Termasuk juga dengan kondisi rumah dan area di lahan yang sempit. Maka dari itu, penting untuk mengetahui tips membuat rooftop seperti berikut ini.

  • Perhatikan Konstruksi bangunan

Sebelum Anda memasang rooftop, sebaiknya Anda merencanakan secara matang dan melihat apakah konstruksi bangunan aman. Anda perlu memastikan bahwa konstruksi atap cukup kuat untuk semua kebutuhan.

  • Desain Rooftop

Anda juga perlu memikirkan desain dari Rooftop di rumah anda. Selain desain pikirkan juga tentang keamanan, seperti penggunaan pagar di rooftop. Namun, agar pagar tetap terlihat bagus, Anda perlu memilih pagar rooftop yang estetik dan sesuai konsep. Selain itu, sebuah desain rooftop juga mempertimbangkan kenyamanan dengan menambah kursi dan meja.

  • Lapisi dengan Atap

Untuk itu, coba pertimbangkan lapisan atap. Buat lapisan atap dengan water proofing. Tambahkan juga dengan aci dan drainage cell atau penahan air juga geotextile atau penahan tanah. Anda bisa cari material yang terbaik untuk atap Anda. Selanjutnya Anda bisa beri tanah untuk siap ditanami oleh tanaman rooftop.

  • Perhatikan Instalasi Air

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah tentang drainase untuk pembuangan air hasil siraman tanaman atau air hujan yang tertampung pada media. Ini dilakukan untuk menghindari kebocoran karena sistem drainase yang kurang tepat. Solusi sederhananya adalah dengan memberikan kemiringan tertentu di atap dak beton.

  • Pilih Tanaman

Anda perlu memberikan pilihan tanaman yang tepat, mengingat lokasi penanaman tanaman ada di bagian atap. Sebaiknya, hindari tanaman berakar yang mampu menghujam ke bawah seperti palem. Sebaiknya, pilih akar yang menyebar dan mampu memberikan pertumbuhan lambat seperti pohon pagoda. Tanaman yang bisa pilih adalah mawar, melati, bougenville dan tapak dara.

2 Jenis Material Rooftop

Dalam pembuatan rooftop, ada beberapa material yang bisa Anda pakai. Setiap material rooftop ini memiliki karakteristik yang berbeda dari segi kualitas dan ketahanan. Penting sekali memilih material atau bahan rooftop yang tepat karena ini berkaitan dengan masa pakai rooftop. Berikut jenis bahan atap untuk rooftop yang bisa Anda pilih.

  1. Bahan untuk Atap Rooftop

Jenis atap UPVC memiliki kualitas yang baik sehingga sangat ideal untuk dijadikan bahan atap. Apalagi harganya pun lebih murah. Atap UPVC terbukti dapat meredam panas dengan baik sehingga Anda tidak kepanasan di bawah paparan sinar matahari.

  1. Bahan Untuk Lantai Rooftop 

Bahan atap rooftop menggunakan atap UPVC, maka bahan untuk lantai terbaik untuk lantai adalah wood decking atau lantai kayu outdoor. Adapun jenis decking kayu yakni kayu bengkirai, kayu ulin, kayu merbau, kayu keruing. 

Rincian Kisaran Biaya Membuat Rooftop

Jika anda berencana untuk membuat rooftop maka penting sekali untuk mengetahui rincian dari kisaran biaya membangun rooftop. Dengan daftar kisaran harga berikut ini anda pun bisa menghitung sendiri perkiraan biaya untuk membuat rooftop. Kisaran biaya ini mungkin akan berbeda untuk setiap wilayah atau material yang digunakan namun tidak ada salahnya untuk mengetahui kisaran secara umum biaya membuat rooftop berikut ini.

Penutup LantaiKisaran Biaya
Decking kayu merbau ukuran 1,9 x 1,9 x 100 cmRp 415,000 / m2
Biaya bantalan25%
Biaya PemasanganRp 145.000 / m2
Biaya penutup lantaiRp 451.000 / m2 x 96 = Rp 43.296.000
Biaya bantalan25% Rp 43.296.000 = Rp 10.824.000
Biaya pemasanganRp 145.000 x 96 m2 = Rp 13.920.000
Biaya decking & pemasanganRp 64.944.000 + Rp 13.920.000 = Rp 78.864.000

Ada juga kebutuhan lainnya yang umum digunakan saat membuat Rooftop seperti rumput tanaman hias aneka pot lampu hias taman hingga kursi dan meja outdoor. Berikut kisaran biaya yang bisa jadi referensi bagi anda.

KebutuhanKisaran Biaya
RumputRp 85.000 /m2
Tanaman hiasRp 50.000 / pcs
Pot MiniRp 17.000 / pcs
Lampu hias tamanRp 450.000 / pcs
Pohon kecilRp 120.000 / pcs
Kursi outdoorRp 350.000 / pcs
MejaRp 400.000 / pcs

Tabel di bawah ini akan menjelaskan tentang perhitungan biaya biaya tambahan lainnya untuk membuat Rooftop. Anda bisa mengikuti perhitungan dibawah ini hingga mengetahui total pembuatan Rooftop termasuk biaya decking dan biaya lain-lain.

KebutuhanBiaya
RumputRp85.000 x 20 m² = Rp1.700.000
Tanaman hiasRp50.00 x 8 pcs = Rp400.000
Pot miniRp17.000 x 8 pcs = Rp136.000
Pohon kecilRp120.000 x 4 pcs = Rp480.000
Lampu hiasRp450.000 x 2 pcs = Rp900.000
Kursi outdoorRp350.000 x 2 pcs = Rp700.000
MejaRp400.000 x 1 pcs = Rp400.000
TotalRp4.716.000
Total keseluruhanBiaya decking + biaya lainnyaRp78.864.000 + Rp4.716.000 = Rp83.580.000

3 Cara Merawat Rooftop

Selain memilih bahan rooftop, Anda juga perlu mengetahui cara merawat rooftop yang tepat. Dengan melakukan perawatan rooftop yang pas, maka Anda memperpanjang usia pakai rooftop. Seperti yang kita ketahui, rooftop mudah dan cepat rusak bukan selalu karena faktor material, tetapi juga faktor perawatan yang salah. Untuk itu, simak cara merawat rooftop yang tepat berikut ini.

  1. Pastikan Memasang Saluran Air Hujan

Hal ini untuk mengantisipasi genangan air hujan. Maka dari itu Anda harus memasang pipa paralon sebagai saluran pembuangan air. 

  1. Pasang Penangkal Petir

Untuk melindungi listrik di area gedung, Anda perlu bantuan tenaga ahli yang dapat menangkal petir dengan baik. 

  1. Memasang Pagar untuk Melindungi Sisi Rooftop

Hal ini untuk melindungi siapa saja yang berada di lantai, supaya tidak terjatuh. 

Saatnya Ubah Properti jadi Sumber Modal Bisnis 

Kini, aset properti seperti rumah bisa dengan mudah Anda ubah jadi modal bisnis. Danamas Pinjaman Bisnis hadir untuk membantu Anda mendapatkan modal usaha dengan aman dan terpercaya, pasalnya Danamas sudah terdaftar dan berizin di OJK. Bagi Anda yang ingin mengembangkan bisnis, namun terkendala modal, maka langsung ajukan pinjaman melalui aplikasi Danamas Pinjaman Bisnis di smartphone Anda. Dapatkan pinjaman mulai dari Rp 50 juta hingga Rp 2 miliar dengan beragunan properti dan tenor 1 -10 tahun. Untuk mengetahui seberapa besar pinjaman online ojk bunga rendah 2021 agunan Anda, maka bisa langsung simulasikan di kalkulator pinjaman agunan properti dan simulasikan juga di kalkulator simulasi kredit di website kami.

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

contoh-surat-keterangan-kerja-untuk-kpr

Contoh Surat Keterangan Kerja untuk KPR, Ini Persyaratan & Panduannya

Contoh Surat Keterangan Kerja untuk KPR sangat penting untuk diketahui pada saat Anda berencana untuk mengajukan Kredit Pemilikan Rumah (KPR), salah satu persyaratan yang haru

pelunasan-kpr-dipercepat

Pelunasan KPR Dipercepat, Ini Cara Menghitung, dan Biaya Penaltinya!

Pelunasan KPR dipercepat adalah impian banyak orang yang memiliki dana lebih setelah membeli rumah dengan fasilitas pinjaman. Pertimbangan ini melibatkan sejumlah faktor kunci

biaya-notaris-kpr

Biaya Notaris KPR, Pahami Rincian dan Estimasi Proses

Biaya Notaris KPR biasanya masuk dalam rincian biaya KPR yang biasanya disiapkan oleh rekanan developer atau Bank. Jika memiliki rekan, Anda dapat menyarankannya. Namun, kebij