bisnis-properti-yang-paling-menguntungkan

Investasi mungkin merupakan sebuah sebutan yang paling sering didengar oleh banyak orang. Baik dari kalangan muda maupun kalangan yang sudah bekerja, banyak yang sudah melakukan investasi. Biasanya, investasi ini memiliki banyak bentuk. Artikel ini akan membahas tentang investasi secara umum, kemudian akan membahas tentang investasi properti.

Investasi adalah sebuah aksi dimana seseorang mengalokasikan sumber daya mereka, yang biasanya berbentuk uang, dengan harapan untuk membuahkan hasil berbentuk keuntungan. Investasi dapat hadir sebagai uang untuk memulai bisnis, atau mungkin sebuah aset seperti membeli perumahan dimana nanti diharapkan akan dapat dijual lagi agar dapat menjualnya dengan harga yang lebih tinggi. 

Dikutip dari Kamus besar Bahasa Indonesia (KBBI) investasi adalah penanaman uang atau modal dalam suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan. Orang yang melakukan investasi adalah disebut investor atau penanam modal. Investasi pasti akan melibatkan pembelian dan penjualan, dan semua itu harus dilakukan di waktu yang tepat agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Apa Itu Investasi Properti?

Investasi properti merupakan sebuah investasi yang serupa dengan investasi bentuk permodalan. Investasi ini melibatkan pembelian dan penjualan aset, serta penanganan aset untuk menghasilkan pendapatan atau keuntungan yang lebih. Investasi properti memang serupa, namun melainkan uang, ada banyak bangunan yang dapat di investasikan. Contohnya, sebuah rumah dapat dibeli. Jika ingin diinvestasikan, pemilik rumah tersebut dapat menjual rumah tersebut demi mendapatkan aset yang dibutuhkan. Ketika harga rumah akan naik, pemilik rumah bisa saja menjual rumah tersebut agar mendapatkan untung yang diperlukan.

Jenis Properti yang Bisa Diinvestasikan

Seperti halnya investasi yang memiliki ragam jenisnya, seperti itu juga dengan investasi properti. Investasi properti memiliki beberapa jenis yang bisa disesuaikan dengan aset yang dimiliki. Jika Anda berencana untuk menginvestasikan properti, maka berikut contoh aset properti yang cocok Anda investasikan.

  • Tanah
  • Rumah
  • Villa
  • Kantor
  • Apartemen
  • Ruko

Tips Bisnis Properti Usia Muda

Saat anda sedang berada di usia muda, maka penting sekali untuk mulai berinvestasi. Investasi properti bagi anak muda adalah hal yang kini lumrah. Bukan mustahil bagi siapapun dengan rentang usia berapapun untuk mulai berbisnis properti. Jika Anda anak muda yang berencana menginvestasikan properti Anda,  berikut beberapa tips yang bisa diikuti:

  1. Lokasi

Pastikan lokasi yang ingin digunakan sebagai investasi, berada pada lokasi yang strategis. Apabila lokasi properti tidak strategis, maka akan sulit untuk dapat dijual kembali maupun disewakan.

  1. Letak properti

Pastikan lokasi yang memiliki akses yang banyak, baik umum maupun pribadi. Contohnya, properti yang letaknya lebih dekat dengan stasiun kereta api, halte bus atau pintu tol akan lebih mudah untuk dijual ataupun disewakan dibanding dengan properti yang jauh dari akomodasi tersebut

  1. Prospek daerah

Pastikan prospek daerah yang tepat. Contohnya, meskipun properti tersebut tidak berada di lokasi yang strategis saat ini, namun jika kita tahu ada daerah yang akan berkembang pada waktu dekat. Kita bisa membelinya dengan lebih murah dengan harapan mengambil keuntungan pada saat harganya akan meninggi nanti.

Cara Memilih Properti Yang Menguntungkan Investasi

Untuk memulai investasi, maka Anda perlu memiliki kemampuan analisis yang baik. Seperti halnya saat memilih properti yang dirasa menguntungkan untuk berinvestasi. Pasalnya, belum tentu semua jenis properti memiliki potensi yang baik dan tinggi keuntungannya. Maka dari itu, coba perhatikan cara memilih properti yang menguntungkan untuk investasi berikut ini:

  • Lakukan Riset Pasar

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan melakukan riset pasar. Buatlah rencana kedepan dan perhatikan pergerakan juga pola pasar properti. Hal ini akan memberikan Anda banyak data pengetahuan serta hal apa saja yang dibutuhkan untuk memahami bagaimana sebuah industri properti berperilaku. Maka, jika ada waktu yang tepat, Anda pun bisa mendapatkan penawaran terbaik berdasarkan area, pasar sewa, nilai properti dan juga kualitas properti.

  • Pilihlah Jenis Real Estate

Sebenarnya tidak ada investasi yang buruk dalam bisnis properti namun sebaiknya anda tetap memperhatikan pemilihan jenis real estate yang tepat untuk dijadikan investasi properti. Anda memiliki pilihan untuk berinvestasi di properti ritel seperti Industri atau komersial. Tentu saja jenis properti seperti industri membutuhkan lebih banyak modal dan anda akan berurusan dengan permintaan dan bisnis di pasar untuk jenis properti tersebut.  Jika anda ingin berbisnis properti yang menguntungkan namun juga aman maka properti tanah adalah pilihan yang lebih stabil terutama jika berada pada kondisi ekonomi yang kurang stabil.

  • Berpikir Diluar Lokasi

Berbicara soal properti maka anda harus fokus pada lokasi pilihan yang tepat. Saat anda mencari sebuah properti yang ingin dibeli untuk diinvestasikan maka anda juga perlu melihat nama merek pengembang atau developer. Selain itu juga lihat latar belakang desain dan fasilitas yang dipilih pada properti tersebut. Hal ini akan membantu anda untuk memanfaatkan aset di masa depan serta menjual hingga menjalankannya di kemudian hari.

  • Manfaatkan Folavit Volatilitas Pasar

Setiap saat anda memiliki tantangan ekonomi atau konflik politik di sebuah negara maka pasar properti juga akan ikut menderita. Namun Ini bukanlah perkara yang buruk jika anda merupakan investor yang cukup jeli sehingga Anda pasti tahu masa-masa kritis dan orang pun akan kesulitan untuk membayar cicilan pinjaman rumah. Jadi banyak orang yang harus mau tidak mau menjual rumahnya di bawah harga pasar. Jika anda memiliki uang tunai yang cukup maka anda bisa memanfaatkan situasi ini untuk membeli properti yang layak dengan harga rendah. tidak hanya mampu Menghemat banyak uang Anda juga bisa dapat lebih cepat menyalakannya dan mendapatkan penghasilan yang lebih stabil. Saat pasar bergerak naik ke belakang maka anda bisa menjualnya dengan margin keuntungan yang lebih besar daripada Anda harus membeli properti dengan harga standar.

  • Beli Properti Dengan Persyaratan Pinjaman Yang Menguntungkan 

Pinjaman adalah salah satu faktor yang paling mendasar saat pembelian properti. Anda bisa membayar deposit dan mengajukan pinjaman untuk sisa harga pembelian. Maka anda perlu memeriksa beberapa lembaga keuangan dan memilih salah satu yang menawarkan suku bunga terbaik untuk pinjaman rumah sesuai dengan syarat dan ketentuan sesuai dengan keinginan anda. Jadi jika Anda membeli properti sekarang Anda bisa mendapatkan pinjaman dengan tingkat bunga yang lebih rendah dari harga biasanya yang berarti anda akan berada dalam posisi yang menguntungkan dimana perlu membayar lebih sedikit untuk cicilan pinjaman bulanan 

Investasi Yang Paling Menguntungkan

Pada dasarnya semua jenis investasi memberikan keuntungan bagi investor nya. Namun sebagai investor pemula anda perlu mengetahui beberapa investasi yang mendatangkan keuntungan terbaik bagi anda. Setiap jenis investasi memiliki karakteristik yang berbeda maka dari itu anda perlu mempelajari karakteristik tersebut dan mengetahui apa saja investasi yang menguntungkan seperti berikut ini:

  • Investasi Saham

Investasi saham juga dikenal sebagai investasi yang memiliki keuntungan sangat besar namun memiliki resiko yang juga tinggi. Maka dari itu, saat anda mencoba berinvestasi sangat dibutuhkan kemampuan dan analisa yang sangat baik.  Anda bisa belajar tentang saham dari berbagai sumber yang kini banyak ditemui di internet. Sebagai investor pemula maka investasi jenis ini disarankan untuk membeli saham dari perusahaan Blue chip, yakni perusahaan besar yang usianya sudah ratusan tahun sehingga cukup stabil.

  • Investasi Emas

Harga emas juga dinilai lebih stabil karena mampu membuat investasi emas seringkali dianggap sebagai jenis investasi dengan minim resiko namun tetap menguntungkan. kini untuk bisa berinvestasi emas Anda bisa melakukannya secara online melalui produk tabungan emas seperti dari Antam dan Pegadaian. Hal ini dikarenakan Anda bisa membeli logam mulia hanya dengan minimal 0,01 gram saja.

  • Investasi Properti Dan Tanah

Investasi properti seperti investasi tanah adalah salah satu jenis investasi yang cukup menguntungkan dan potensial untuk dikelola hingga masa depan. Hal ini dikarenakan rendahnya pajak yang diberikan pada jenis investasi ini membuat orang berlomba-lomba memiliki aset properti yang menguntungkan. Tidak hanya itu tanah dan properti juga menjadi salah satu kebutuhan primer setiap orang kapanpun untuk memenuhi kebutuhan tempat tinggal mereka.

  • Obligasi

Obligasi atau surat utang negara adalah salah satu jenis instrumen investasi yang bisa menghasilkan keuntungan relatif besar namun memiliki resiko yang cukup rendah dibandingkan investasi saham. Obligasi merupakan surat utang yang dikeluarkan oleh sebuah perusahaan sebagai bentuk peminjaman uang yang nantinya akan dibayarkan kembali sebesar harga pokok hutang beserta bunga atau istilahnya kupon. Presentasi keuntungan berupa kupon dari investasi obligasi juga dinilai cukup stabil maka ini bisa menjadi pilihan investasi untuk para pemula.

Kelebihan Dan Kekurangan Bisnis Properti

Seperti halnya investasi lainnya dalam investasi bisnis properti juga menyatakan kelebihan dan kekurangan. Sebelum anda memulai investasi ini maka penting sekali untuk bisa mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan ini sehingga saat memulainya anda sudah bisa menganalisis hal-hal apa saja yang mampu merugikan investasi anda. berikut ulasannya tentang kelebihan dan kekurangan bisnis properti untuk anda:

Kelebihan Kekurangan
Harga properti biasanya tidak turun secara drastisProspek daerah tidak menentu, sehingga harga naik bisa berlangsung dalam waktu yang panjang dan membuat properti menjadi tidak menguntungkan
Bisnis properti memiliki bentuk aset yang jelasBiaya perawatan properti bisa menjadi lebih mahal dibanding keuntungan nanti, karena perlu banyak perawatan untuk menjaga kualitas properti
Bisa dijadikan jaminan untuk pinjamanTidak likuid
Properti menjadi hak milik sendiriProperti bisa saja rusak karena bencana

Properti bisa saja memiliki banyak fungsi, dapat dijadikan tempat untuk tinggal, berbisnis, atau bahkan dijadikan investasi dan juga menjadi sebuah jaminan pinjaman. Jika memerlukan pinjaman beragunan properti, Anda bisa mencoba registrasi di platform P2P fintech lending, Danamas. Danamas sudah berizin OJK dan dibawah naungan Sinar Mas Group maka kredibilitasnya tidak perlu diragukan lagi. Anda bisa mendapatkan Pinjaman online ojk bunga rendah 2021 untuk modal usaha ataupun dana darurat dengan limit yang sangat besar hingga 2 miliar. Langsung download aplikasi Danamas Pinjaman Bisnis di smartphone Anda dan ajukan pinjaman usaha segera!

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

contoh-surat-keterangan-kerja-untuk-kpr

Contoh Surat Keterangan Kerja untuk KPR, Ini Persyaratan & Panduannya

Contoh Surat Keterangan Kerja untuk KPR sangat penting untuk diketahui pada saat Anda berencana untuk mengajukan Kredit Pemilikan Rumah (KPR), salah satu persyaratan yang haru

pelunasan-kpr-dipercepat

Pelunasan KPR Dipercepat, Ini Cara Menghitung, dan Biaya Penaltinya!

Pelunasan KPR dipercepat adalah impian banyak orang yang memiliki dana lebih setelah membeli rumah dengan fasilitas pinjaman. Pertimbangan ini melibatkan sejumlah faktor kunci

biaya-notaris-kpr

Biaya Notaris KPR, Pahami Rincian dan Estimasi Proses

Biaya Notaris KPR biasanya masuk dalam rincian biaya KPR yang biasanya disiapkan oleh rekanan developer atau Bank. Jika memiliki rekan, Anda dapat menyarankannya. Namun, kebij