tips investasi properti

Setiap investasi pasti Memiliki untung dan ruginya, termasuk juga saat berinvestasi properti yaitu apartemen. Investasi properti pada apartemen cukup menggiurkan terutama di kota-kota besar seperti Jakarta. Sebagian besar masyarakat Jakarta yang bermigrasi tentu ingin memiliki rumah di kawasan pusat kota ta agar mobilitas mereka lebih cepat. untuk itu memilih apartemen adalah salah satu pilihan paling populer untuk hunian juga investasi.

Hal Penting Sebelum Investasi Properti (Apartment)

Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan saat ingin investasi apartemen, antara lain:

  • Lokasi: Pastikan lokasi apartemen yang dipilih berada di kawasan yang strategis. Apartemen yang berada di kawasan strategis memiliki nilai jual yang lebih tinggi. Selain itu apartemen yang berada di pusat kota dan dekat dengan transportasi umum juga adalah pilihan yang ideal.
  • Target pasar: Pilih apartemen yang sesuai dengan target pasar. jika anda berencana membeli apartemen sebagai aset investasi maka tentukan dulu siapa target pasarnya lalu tentukan apartemen mana yang ingin anda beli. Sebagai contoh jika anda memiliki target pasar yaitu karyawan kantoran maka carilah apartemen yang berada di dekat pusat perkantoran.
  • Status lahan: Cek status lahan yang dijadikan lokasi Apartemen. Sebaiknya lahan tersebut dimiliki oleh developer dan bukan lahan yang berstatus Bot. BOT status adalah aset milik pemerintah yang dikembangkan oleh pihak swasta dalam jangka waktu tertentu. Jika waktu perjanjian sudah habis maka aset akan otomatis kembali diserahkan ke pemerintah.
  • Fasilitas: Cek Juga fasilitas yang ditawarkan oleh apartemen. Fasilitas apartemen adalah salah satu daya tarik dan alasan orang ingin tinggal di apartemen. Fasilitas tersebut seperti lahan parkir atau playground, tempat gym, kolam renang, pusat perbelanjaan dan lain-lain.

Untung Rugi Investasi Properti Apartemen

tips investasi properti

Keuntungan Investasi Properti Apartemen

  • Peminat Yang Banyak

Di kota besar banyak sekali orang yang tertarik untuk tinggal di apartemen karena dekat dengan perkantoran. Apartemen juga dipilih disesuaikan dengan status mereka seperti karyawan kantoran yang memilih apartemen berdekatan dengan kantor mereka dan transportasi umum. Apartemen yang dekat dengan perkantoran maka mereka tidak perlu menghabiskan waktu yang lama di perjalanan dan bisa fokus kepada pekerjaan.

  • Harga Yang Terjangkau

Jika anda berencana untuk berinvestasi apartemen namun tidak memiliki modal yang banyak maka cobalah untuk membeli apartemen dengan tipe studio. Umumnya apartemen dengan tipe studio memiliki harga beli yang lebih rendah. masih banyak peminat yang menyukai tipe studio karena harga sewanya yang lebih terjangkau.

  •  Keuntungan Sewa Yang Cukup Besar 

Jika membeli apartemen namun tidak ditempati maka sebaiknya sewakan saja apartemen tersebut, karena anda bisa mendapat keuntungan dari menyewakan apartemen. Anda bisa menyewakan apartemen sewa harian bulanan atau tahunan.

  • Perawatan Yang Mudah

Berinvestasi properti apartemen memiliki perawatan yang tergolong terutama pada tipe studio. Hal ini karena tipe studio memiliki ukuran ruangan yang lebih kecil dan mudah dibersihkan serta biaya maintenance yang tidak terlalu mahal.

Kerugian Investasi Properti Apartemen

  • Pembangunan yang Terlambat

Beberapa developer mungkin memiliki jangka waktu dalam pembangunannya namun tidak jarang ada yang terlambat dalam proses atau jadwal pembangunannya. Hal ini bisa menjadi kerugian saat Anda berinvestasi apartemen karena banyaknya orang yang membeli apartemen dilakukan saat lahan masih dalam keadaan kosong. 

Beberapa masyarakat tertarik untuk membeli 1 unit apartemen bangunannya belum ada dikarenakan potensi keuntungan dari sistem persamaan tersebut berupa tanah kosong yang dinilai merugikan. Padahal, saat apartment masih belum dibangun, ini bisa memberikan kesempatan untuk mengalami kerugian atau batal di bangun.

  • Manajemen yang Tidak Berkualitas

Kerugian investasi apartemen lainnya adalah manajemen gedung yang kurang berkualitas. Walaupun Anda membeli apartemen di kawasan yang strategis namun pihak manajemen buruk ini tentu akan merugikan anda. tersebut akan berimbas pada penyewa apartemen Anda nantinya dan ia pun tidak akan merasa puas saat Menyu apartemen tersebut.

  • Biaya Rutin Yang Harus Dikeluarkan Oleh Investor

Anda perlu mengeluarkan biaya rutin tiap bulannya saat memiliki apartemen. Biaya tersebut mencakup maintenance fee kebersihan hingga parkir. Tak hanya itu anda perlu mengeluarkan biaya renovasi jika diperlukan. 

  • Sertifikat Terlambat

Untuk mendapatkan sertifikat kepemilikan saat membeli apartemen juga bisa cukup lama. Tahapan pada proses pembuatan sertifikat apartemen yaitu pertama bangunan tersebut harus sudah sesuai dibangun terlebih dahulu. Padahal pembangunan apartemen bisa berlangsung dua sampai tiga tahun lamanya inipun diasumsikan untuk mendapatkan pembangunan yang tidak molor. Kedua adalah pengembang perlu melakukan serah terima dengan seluruh pemilik setelah bangunan tersebut jadi. Proses ini juga akan memakan waktu yang cukup lama sebelum sertifikat tersebut ada ditangan anda.

  • Harga Apartemen Bisa Turun

Investasi properti yaitu apartemen juga memiliki kecenderungan harga yang turun jika tren properti ini sudah tidak banyak peminatnya. Hal tersebut bisa terjadi dikarenakan pengaruh ekonomi masyarakat atau inflasi dan Resesi.

  • Sulit Disewakan

Walaupun apartemen banyak diminati oleh masyarakat namun tidak jarang beberapa apartemen juga cukup sulit untuk disewakan. Hal ini bisa karena daya beli masyarakat yang turun yang disebabkan oleh faktor ekonomi dan keadaan atau kondisi lainnya. 

Tips Memilih Apartemen Untuk Investasi

tips investasi properti
  • Fasilitas Internal Sesuai Dengan Kebutuhan Market

Pertimbangkan juga fasilitas internal sebagai fasilitas tambahan untuk investasi properti apartemen Anda. Fasilitas tersebut seperti koneksi internet, meja belajar, atau meja kerja, pusat kebugaran atau gym, dan lain-lain. Pastikan fasilitas itu sesuai dengan kebutuhan pasar sebagai target market anda. 

  • Developer Yang Terpercaya

Pastikan membeli apartemen dari pengembang atau developer yang memiliki track record yang baik. Kualitas dari developer yang ada pilih akan menentukan untung ruginya berinvestasi properti apartemen. Tak jarang banyak keluhan atau komplain dari penghuni apartemen karena pengelolaan hunian yang kurang baik untuk itu penting sekali memilih developer yang memiliki kredibilitas baik.

  • Cari Unit Dengan Posisi Terbaik

Lantai Atas 

Posisi apartemen memiliki untung dan ruginya sendiri hal tersebut penting untuk anda. Jika anda menginginkan panorama yang indah posisi unit di lantai atas di lantai 8 keatas bisa jadi pilihan. Memiliki unit apartemen di lantai mungkin memiliki kekurangannya seperti akan lebih lama dan sulit untuk membawa masuk furniture. Selain itu apa aktivitas akan lebih lambat karena naik turun lift yang akan membutuhkan waktu itu lebih.

Lantai Bawah

Umumnya lantai bawah apartemen dipilih beberapa orang karena Ingin Lebih dekat dengan lantai dasar dan akses lebih cepat. Pertimbangan orang untuk memilih lantai bawah untuk unit apartemen adalah ramah bagi penghuni lansia dan juga anak-anak. Namun kekurangannya adalah lantai bawah lebih bising karena tingginya aktivitas naik turun penghuni apartemen.

  • Beli Apartemen Di Lokasi Strategis

Lokasi strategis adalah hal pertama yang perlu Anda pikirkan saat membeli apartemen. Apartemen yang berada di lokasi strategis pasti memiliki banyak peminatnya. Namun harga belinya pun akan semakin tinggi tapi jika anda berencana untuk menginvestasikannya maka harga sewanya pun juga terbilang tinggi. 

Dengan melihat untung rugi hingga trik menjadikan apartemen sebagai investasi maka Anda bisa memiliki hunian sekaligus aset menguntungkan. Terlebih lagi, jika Anda memiliki bisnis yang membutuhkan modal usaha lewat pinjaman agunan properti, maka apartemen bisa diubah menjadi modal usaha oleh Lancar by Danamas. Fintech lending berizin dan diawasi OJK ini menjadi solusi bagi pebisnis yang membutuhkan modal usaha untuk mengembangkan bisnisnya. Lewat pinjaman agunan properti, maka Anda bisa dapatkan modal usaha hingga Rp 2 miliar dengan suku bunga yang rendah.

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

contoh-surat-keterangan-kerja-untuk-kpr

Contoh Surat Keterangan Kerja untuk KPR, Ini Persyaratan & Panduannya

Contoh Surat Keterangan Kerja untuk KPR sangat penting untuk diketahui pada saat Anda berencana untuk mengajukan Kredit Pemilikan Rumah (KPR), salah satu persyaratan yang haru

pelunasan-kpr-dipercepat

Pelunasan KPR Dipercepat, Ini Cara Menghitung, dan Biaya Penaltinya!

Pelunasan KPR dipercepat adalah impian banyak orang yang memiliki dana lebih setelah membeli rumah dengan fasilitas pinjaman. Pertimbangan ini melibatkan sejumlah faktor kunci

biaya-notaris-kpr

Biaya Notaris KPR, Pahami Rincian dan Estimasi Proses

Biaya Notaris KPR biasanya masuk dalam rincian biaya KPR yang biasanya disiapkan oleh rekanan developer atau Bank. Jika memiliki rekan, Anda dapat menyarankannya. Namun, kebij