branding adalah

Branding adalah sebuah cara yang cukup penting Sebelumnya, kita sudah membahas soal marketing dan betapa pentingnya peran marketing terhadap produk anda. Di artikel ini, kami akan membahas soal branding dan betapa pentingnya peran branding dalam bisnis anda. Simak artikel ini, yuk!

Pengertian Branding

Sebelum kita mengetahui lebih itu branding, ada baiknya bilamana anda mengetahui apa arti dari kata dasarnya, yaitu brand. Kata ā€œBrandā€ pertama kali digunakan di Inggris pada abad ke-19 sebagai bentuk memberi tanda kepada hewan-hewan ternak. Hal ini diberikan dengan cara memberikan tanda dengan cap besi panas. Kemudian, aktivitas ini mulai populer di orang-orang Jerman, dan mereka memanggilnya dengan sebutan brennen. Hal ini dilakukan untuk membedakan antar sesama baik manusia, produk ataupun tempat.

Jika disesuaikan dengan sejarah brand, maka branding adalah sebuah kegiatan yang perusahaan laksanakan untuk memberikan sebuah penanda. Penanda ini biasanya menjelaskan tentang sebuah perusahaan. Branding merupakan sebuah kegiatan mempertahankan sebuah brand untuk memberikan perspektif kepada orang lain yang melihatnya. 

branding adalah

Tujuan BrandingĀ 

Tujuan dari branding adalah untuk membangun nama dan juga kepercayaan warga terhadap produk yang dijual. Branding dapat membantu membentuk sebuah persepsi dari masyarakat dan membangun sebuah rasa kepercayaan terhadap produk yang dijual serta membuat sebuah nilai dari kegiatan branding tersebut. Dengan adanya rasa kepercayaan dari masyarakat, branding bertujuan jugs untuk membangun rasa cinta terhadap brand tersebut. 

Selain itu, branding juga dapat digunakan sebagai pembeda anda di pasar. Apa yang dimaksud dengan ini? Seluruh perusahaan memiliki citra dan image tersendiri yang membuat mereka berbeda dari kompetitor lain. 

Dengan branding, anda bisa membantu membuat citra tersendiri yang dapat membedakan perusahaan anda dengan perusahaan lain. Sehingga, jika anda melakukan promosi, anda juga dapat memiliki orang-orang yang sudah mengetahui tentang brand milik anda.

Alasan Untuk Branding

Branding memiliki sebuah alasan tersendiri untuk dilakukan. Karena branding bertujuan untuk mengkomunikasikan pesan dari sebuah produk bisnis ke kalangan umum, branding menjadi penting karena nama perusahaan anda bisa saja terbentuk dari branding. 

Hal tersebut merupakan sebuah hal yang penting juga karena dari pembentukan nama dari branding, image perusahaan juga dapat dibantu terbentuk. Lebih baik nama perusahaan anda, lebih setia pelanggan tersebut.

Tambah lagi, branding juga dapat membantu anda untuk membuat produk anda semakin dikenal dikalangan masyarakat sekitar. Baik dari logo atau segi manapun. 

Baca juga: 9 Strategi Marketing Jitu Yang Terbukti Efektif

Strategi Branding

Strategi branding pasti diperlukan untuk melakukan sebuah kegiatan branding yang baik. Sebelum anda melakukan branding, pastikan anda melakukan planning yang rinci dan terhitung, sehingga anda tidak harus mengeluarkan jumlah uang yang berlebihan. 

Semua hal pasti memiliki biaya dan biasanya tidak banyak. Jika anda memerlukan sebuah modal untuk mulai branding atau mungkin mulai usaha manapun, Fintech Lending ini siap membantu anda. 

Berikut adalah beberapa strategi branding untuk perusahaan anda: 

  1. Menggunakan Logo

Logo merupakan sebuah penanda perusahaan yang paling dapat digunakan sebagai penanda perusahaan. Logo biasanya digunakan juga sebagai sebuah ciri khas yang melambangkan perusahaan anda. Logo tersebut mungkin bisa melambangkan produk atau jasa yang anda jual, bahkan bisa saja melambangkan sejarah dari perusahaan anda. 

Jangan lupa menggunakan logo tersebut di beberapa lokasi marketing seperti iklan, bungkus produk, dan lain sebagainya. Dengan ini, anda mengintegrasikan logo dengan brand anda supaya lebih dikenal oleh kalangan umum.

  1. Membuat Pesan

Pesan tersebut dapat berupa sebuah tagline, slogan atau apapun itu yang dapat menyampaikan pesan kepada publik mengenai produk anda. Contohnya adalah McDonald dengan slogan ā€˜Iā€™m lovinā€™ itā€™. Produk anda bisa memiliki pesan tersebut agar dapat mudah diingat oleh publik. Pastikan pesan anda sudah sesuai dengan brand sehingga dapat diingat juga oleh pelanggan

  1. Soft Campaign

Lakukan sebuah soft campaign agar perusahaan anda lebih dikenal publik. Hal ini bisa dilakukan dengan hal yang sama seperti marketing. Contohnya adalah membuat sebuah unggahan media sosial tentang produk, atau mungkin juga menjelaskan produk kepada teman atau keluarga. Dengan ini, anda membangun sebuah nama untuk perusahaan anda dan juga membentuk sebuah citra yang dapat dilihat oleh para pelanggan.

  1. Konsisten

Lakukan strategi ini dengan konsisten dan terus menerus. Jadwalkan soft campaign anda agar selalu dilihat, selalu gunakan logo dan pesan di perusahaan anda. Jika anda menjadi konsisten, seluruh branding perusahaan akan menjadi lebih sering diingat oleh masyarakat bahkan, kasus baiknya, membawa pelanggan kepada perusahaan anda sampai-sampai menjadi seorang pelanggan yang setia.

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

bisnis rice bowl rumahan

Ā 20 Bisnis Rice Bowl Rumahan dengan Ide Menu, Modal & Untung!

Bisnis rice bowl rumahan adalah bisnis yang cukup menjanjikan jika ditekuni dengan serius. Peluang usaha ini tidak hanya memberi keuntungan, namun Anda juga memiliki kesempata

usaha-rumahan-modal-50-ribu

30+ Usaha Rumahan Modal 50 Ribu Untung Besar

Banyak orang yang beranggapan bahwa membuka usaha membutuhkan modal yang besar. Padahal, dengan perkembangan teknologi sekarang ini, anda bisa memulai bisnis rumahan hanya den

contoh-komoditi-ekspor-nonmigas-indonesia-adalah

10+ Jenis Komoditas Ekspor Indonesia Migas & Non Migas

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar kata komoditas? Komoditas tidak dapat dipisahkan dari pengaruhnya terhadap masyarakat, karena tergolong sebagai benda yang relatif muda