apa-itu-ecommerce

Apa itu ecommerce? Seiring dengan berkembangnya teknologi, ada banyak sekali hal yang dapat dilakukan secara online, termasuk belajar dan juga berjualan. Secara online, anda bisa berjualan baik itu melalui media sosial anda atau bahkan mungkin beberapa platform lain.

Bisnis online tanpa modal pun dapat Anda lakukan dengan berbagai ide bisnis online yang kreatif. Hadirnya internet saat ini memang membantu Anda untuk menjadi lebih handal dalam mencari ide kreatif dan memaksimalkan peluang. Kunci bisnis dan branding  itu sendiri jelas konsistensi dan relevansi. 

Meski menjual di E-commerce, Online Shop atau Media Sosial, Anda tetap perlu memperhatikan fungsi dari setiap platform agar tidak salah dalam mempersepsikakn lini bisnis Anda antar sesama pebisnis. Memang akibat dari banyaknya istilah dalam bisnis online mengenai ecommerce, online shop dan marketplace sering menimbulkan kebingungan. Padahal ketiga jenis bisnis online ini memiliki arti yang berbeda-beda. Lalu apa yang menjadi perbedaannya?

Dalam artikel ini, kami akan membahas tentang ecommerce, marketplace dan online shop, manfaatnya, hingga cara bisnis online yang baik dan benar. Mari kita simak lebih lengkap apa itu ecommerce, marketplace & online shop! 

Apa itu E-Commerce, Marketplace & Online Shop

Penjualan produk secara digital menyebabkan banyak orang yang bingung mengenai istilah-istilahnya, seperti ecommerce, marketplace dan online shop. Lalu apa definisi sebenarnya?

1. E-commerce

ecommerce merupakan transaksi jual beli barang atau jasa melalui internet atau platform website. Contohnya yaitu Zara dan Adidas. Kedua brand tersebut menggunakan website untuk menjual produknya. eCommerce tidak menjual produk lain karena hanya menjual produknya sendiri saja melalui website.

2. Marketplace

Berbeda dengan e commerce yang hanya menjual produknya sendiri maka marketplace menjual berbagai jenis produk dari penjual yang berbeda. Marketplace merupakan sebuah hal yang hampir serupa dengan pasar, namun ada sedikit perubahan. Dikutip dari laman Shopery, marketplace adalah sebuah tempat dimana penjual bisa menjual barang atau jasa mereka kepada pembeli tanpa harus bertemu secara fisik. Dalam artian lain, biasanya marketplace adalah sebuah pasar online. 

Marketplace terkadang memiliki perusahaannya tersendiri. Perusahaan tersebut dijadikan sebuah tempat penyedia ruang lingkup bertemunya penjual dan pembeli, dimana bentuknya berbentuk website ataupun aplikasi. 

Pembeli bisa melihat produk apa saya yang dijual, dan perusahaan marketplace tersebut akan mendapatkan komisi dari setiap transaksi penjualan yang terjadi di platform mereka. Semua aktivitas operasional di perusahaan tersebut, termasuk alur pembayaran, sudah diatur oleh perusahaan yang melakukannya.

3. Online Shop

Jika Anda sering melihat ada orang yang berjualan di instagram, Whatsapp atau Facebook maka hal tersebut disebut sebagai online shop. Secara umum online shop merupakan toko online dimana pembeli dapat langsung menanyakan harga atau bertanya apapun soal produk. 

Bedanya online shop dengan marketplace yaitu seperti di instagram dan facebook hanya menyediakan informasi dan tanya jawab soal produk. Sedangkan marketplace memberikan pilihan untuk dapat bertransaksi uang menggunakan platform yang telah disediakan.

Perbedaan Marketplace & E-Commerce

Meskipun sama-sama merupakan sebuah platform untuk menjual, Marketplace and E Commerce merupakan dua hal yang berbeda. Berikut adalah beberapa perbedaan dari keduanya:

1. Platform

Marketplace merupakan sebuah platform yang terbuka untuk menjual apapun. Dalam perkataan lain, apapun itu bisa dijual dan tempat tersebut merupakan sebuah tempat untuk semuanya. Namun jika anda menemukan sebuah E Commerce, hanya barang eksklusif yang terjual di situs itu sendiri contoh Zara dan Adidas

Sehingga jika anda ingin berjualan di E-Commerce, anda akan sedikit kesusahan karena barang-barang yang dijual di E-Commerce hanyalah barang dari platform tersebut dan tidak terbuka untuk penjual yang lain untuk berbisnis di E-Commerce.

2. Kompetisi

Marketplace memiliki margin penjualan lebih rendah dibandingkan dengan E Commerce. Bagaimana bisa? Jika ingin bersaing dengan toko-toko lain, anda harus menurunkan harga untuk bisa bersaing. Ditambah lagi, anda harus berkompetisi dengan banyak pesaing lainnya, sehingga potensi pasar anda sedikit berbeda dari biasanya dan margin harus menjadi sangat tinggi demi mencapai keuntungan. 

3. Kemudahan Memulai

Jika anda ingin mendirikan sebuah E-Commerce, anda memerlukan sebuah biaya untuk memulai. Namun di E-Commerce, anda dapat langsung memulainya dan pendaftaran adalah gratis

4. Brand Partners

Hal-hal yang dijual di E Commerce merupakan barang-barang yang memiliki Brand Awareness yang tinggi dan juga merupakan barang yang bermerek. Sedangkan untuk Marketplace, barang-barang yang biasa dijual adalah perkakas dan barang-barang lain yang bisa dibeli dalam jumlah besar

Contoh dari Marketplace

Sesungguhnya, Anda sudah sering menemukan Marketplace di sekitar anda lho! Tambah lagi, anda juga sering menggunakan fasilitas tersebut jika anda ingin melakukan kegiatan belanja sehari-hari anda. Berikut adalah beberapa contoh yang mungkin anda ketahui:

  1. Lazada
  2. Shopee 
  3. Tokopedia
  4. OLX
  5. Blibli.com
  6. JD.ID
  7. Elevania
  8. Buka Lapak 
  9. Dan masih banyak lagi

Apa Manfaat Marketplace Bagi Bisnis Online?

Tentunya berjualan di marketplace memberikan manfaat kepada Anda para penjual. Berikut adalah beberapa manfaat ketika anda memutuskan untuk berjualan di Marketplace:

1. Banyak Dikunjungi Konsumen 

Marketplace memiliki keunggulan tersendiri karena banyak dikunjungi oleh konsumen. Jadi Anda tidak perlu bingung lagi untuk menarik konsumen ke lapak Anda. Bahkan iPrice sebuah platform gadget dikunjungi hingga 66 juta pengguna pada kuartal III tahun 2019

2. Penjualan Melalui Komunitas

Anda dapat membangun peluang bisnis yang besar melalui komunitas.Hal ini karena marketplace merupakan wadahnya dari para penjual sehingga Anda memiliki peluang bisnis yang besar.

3. Gratis

Marketplace merupakan sebuah lokasi untuk menjual tanpa harus membuang modal banyak-banyak karena hanya memerlukan anda untuk mendaftar di perusahaan dan pendaftaran itu adalah gratis!

4. Sistem Penjualan Sudah Diatur

Ketika anda mendaftarkan diri di, anda tidak perlu khawatir untuk sistem dan memikirkan cara bagaimana anda memulai. Karena seluruh sistem sudah ada di perusahaan marketplace tersebut.

5. Platform Menyediakan Iklan dan Promosi

Bingung untuk strategi marketing untuk bisnis online anda? Anda tidak perlu khawatir, karena perusahaan platform jual beli online ini sudah memiliki cara-cara yang banyak untuk membantu menjalankan dan mengembangkan bisnis anda.

6. Tidak Perlu Punya Website

Tidak perlu membangun sebuah website, anda hanya perlu mendaftar di situs perusahaan marketplace untuk memulai dengan cara membuat sebuah akun yang nanti akan digunakan untuk berjualan.

Kekurangan dari Marketplace

Berjualan di marketplace tentunya tidak hanya memiliki kelebihan tapi ada kekurangan yang dapat Anda rasakan berjualan di marketplace. Berikut adalah kekurangannya.

  1. Saingan anda bisa terbilang banyak dan sangat ketat. Jika anda menjual sebuah mainan jenis A, pasti ada juga toko lain yang menjual mainan dengan jenis yang sama
  2. Berjualan di Marketplace bukanlah sebuah hal yang bagus jika anda ingin menaikan brand awareness. Karena ada banyaknya persaingan, barang jualan anda mungkin bisa tidak terlihat sama sekali
  3. Margin terbatas karena dengan persaingan ketat, ada kemungkinan target pasar anda sudah menemukan toko yang mereka inginkan sebelum menemukan toko milik anda 

Bagaimana Cara Mengelola Bisnis Online

Tentunya mengelola bisnis online tidak hanya menantang tapi ada banyak keseruan dan tantangan yang menanti Anda. Jadi bagaimana cara mengelola bisnis online Anda agar dapat sukses?

1. Sediakan Peralatan yang Memadai

Tentunya jika Anda ingin memulai bisnis online Anda memerlukan peralatan seperti laptop, tablet dan Hp. Perangkat tersebut berguna bagi Anda karena setiap pekerjaan bisnis online akan memanfaatkan perangkat tersebut. Jangan lupa juga untuk mempertibangkan beberapa rencana operasional bisnis plan dan komponennya

2. Konten Promosi

Anda harus mampu membuat konten promosi yang baik untuk produk Anda. Disini Anda perlu belajar copywriting yaitu sebuah teknik yang secara psikologis dapat membuat konsumen tertarik untuk membeli produk. Selain itu, konten gambar yang Anda tampilkan juga harus eye catching sehingga menarik pembeli.

3. Konsisten

Kunci dalam bisnis online adalah konsistensi dalam menjalankannya. Belajar dari algoritma google jika Anda sering mengupload konten maka rank Anda akan naik sehingga mendapatkan perhatian lebih dari pembeli. Tak hanya itu, Anda juga perlu orang Search Engine Optimization yang dapat membantu website Anda rapi dan banyak dikunjungi.

Butuh Modal Bisnis Online Anda Langsung Di Danamas Aja

Marketplace merupakan sebuah tempat yang cocok bilamana anda ingin memulai penjualan anda. Dengan pendaftaran yang mudah dan juga modal yang sedikit, anda tidak perlu khawatir untuk kedepannya. Namun,untuk dapat membesarkan bisnis Anda maka modal kecil tidaklah cukup. Anda perlu modal yang besar untuk perbaikan website, membuat konten yang menarik hingga melakukan iklan.Pinjaman online terpercaya dan aman adalah solusi yang tepat untuk Anda! Ajukan pinjaman modal usaha Anda di Danamas, bunga efektif mulai dari 15,25% per tahun dengan biaya administrasi yang rendah dan tenor fleksibel. Simulasikan terlebih dahulu dana pinjaman bisnis Anda dengan Kalkulator Simulasi Kredit Pinjaman Online Danamas.

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

bisnis rice bowl rumahan

 20 Bisnis Rice Bowl Rumahan dengan Ide Menu, Modal & Untung!

Bisnis rice bowl rumahan adalah bisnis yang cukup menjanjikan jika ditekuni dengan serius. Peluang usaha ini tidak hanya memberi keuntungan, namun Anda juga memiliki kesempata

usaha-rumahan-modal-50-ribu

30+ Usaha Rumahan Modal 50 Ribu Untung Besar

Banyak orang yang beranggapan bahwa membuka usaha membutuhkan modal yang besar. Padahal, dengan perkembangan teknologi sekarang ini, anda bisa memulai bisnis rumahan hanya den

contoh-komoditi-ekspor-nonmigas-indonesia-adalah

10+ Jenis Komoditas Ekspor Indonesia Migas & Non Migas

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar kata komoditas? Komoditas tidak dapat dipisahkan dari pengaruhnya terhadap masyarakat, karena tergolong sebagai benda yang relatif muda