Marketing-Mix

Saat menjalankan strategi promosi pada sebuah bisnis, maka anda mungkin harus membuat strategi marketing yang tepat sehingga target market yang anda tuju pun sesuai. Tak hanya itu alat atau tools pada marketing mix ada banyak sekali strategi yang bisa Anda terapkan untuk mengembangkan bisnis menjadi lebih besar. Dalam sebuah bisnis, pengusaha wajib memahami marketing mix 4P atau 7P yang bisa menjadi acuan saat ingin berpromosi. Pasalnya, marketing mix sering digunakan untuk menganalisis produk sebelum dipasarkan atau membuat strategi promosi.

Marketing mix kerap digunakan oleh para pebisnis atau pengiklan sebelum mereka membuat sebuah campaign untuk promosi produk atau jasanya. Dalam marketing mix, kita mengenal beberapa elemennya seperti produk, harga, tempat dan promosi. Namun, seiring berkembangnya ilmu marketing dan promosi, marketing mix lebih besar lagi menjadi 7P. Apakah ada perbedaan dari marketing 4P dan 7P untuk mempromosikan produk atau jasa Anda?

Strategi marketing perlu dibuat dengan baik agar tujuan promosi yang diinginkan bisa terlaksana dengan baik. Bagi Anda yang baru memulai sebuah bisnis, maka penting untuk selalu mencoba trik marketing melalui marketing mix, karena ini seperti kunci Anda untuk bisa menganalisis produk dan market Anda. Lalu bagaimana cara membuat strategi marketing yang efektif bagi bisnis berikut ulasannya:

Apa itu Marketing Mix 4P?

Marketing Mix adalah kumpulan variabel pemasaran yang digabungkan lalu dikendalikan oleh perusahaan untuk menghasilkan respon yang diinginkan dari target market. Marketing mix juga dikenal dengan bauran pemasaran yang mengacu pada serangkaian tindakan strategi yang dipakai untuk perusahaan mempromosikan jasa atau produk mereka di pasaran.

Konsep ini pertama kali diperkenalkan oleh Neil borden yang terinspirasi dari gagasan James Cullington pada pertengahan abad ke-20. Marketing mix memiliki empat elemen yaitu 4P (product, Price, Place, and Promotion). Strategi marketing mix diperluas menjadi 7P yaitu proses, physical evidence.

Pengertian Marketing Mix Menurut Para Ahli

Adapun pengertian marketing mix juga dikemukakan oleh para ahli di bidang marketing, seperti Kotler dan Sumarni Soeprihanto. Bagi Anda yang ingin mengetahui pengertian dari marketing mix dari para ahli, berikut dibawah ini:

  • Menurut Kotler 1997, marketing mix adalah perangkat pemasaran yang praktis dan bisa dikendalikan perusahaan unsur 4P yang sudah disebutkan di atas tadi, kemudian dipadukan oleh perusahaan untuk mencapai target market yang diinginkan. 
  • Sumarni Soeprihanto, marketing mix adalah kombinasi variabel inti sistem pemasaran yang terdiri dari produk harga promosi dan distribusi oleh perusahaan guna mempengaruhi tanggapan konsumen.

Fungsi Marketing Mix

Marketing mix ada tentu memiliki fungsi bagi pemasaran produk atau jasa sebuah brand. Jika Anda menjalankan marketing mix, maka akan ada beberapa fungsi yang dijalankan seperti mengedepankan strategi promosi, pertukaran aktivitas pemasaran, dll. Berikut penjelasannya untuk Anda.

  • Fungsi Perantara

Fungsi perantara adalah fungsi pertama dari marketing mix yaitu mengedepankan strategi marketing campuran untuk perantara perusahaan dan pelanggan. Keduanya saling terhubung melalui serangkaian aktivitas mulai dari promosi hingga transaksi.

  • Fungsi Pertukaran

Selanjutnya adalah berkaitan dengan fungsi pertukaran antara pelanggan dan perantara yang akan terikat dalam perusahaan termasuk kedalam aktivitas transaksi. Maka pelanggan bisa membeli produk yang perusahaan tawarkan. Pada kegiatan tersebut maka akan terjadi pertukaran secara otomatis dimana pada sisi pelanggan akan menukarkan waktu tenaga dan uang mereka untuk produk yang dibutuhkan.

  • Fungsi Distribusi Fisik

Lewat produksi dan transaksi yang dilakukan, maka ada distribusi fisik yang terjadi. Proses ini berkaitan dengan pengiriman produk kepada konsumen dan proses penyediaan stok oleh perusahaan.

Elemen Marketing Mix 4P

Dalam marketing mix 4P terdapat elemen yang sangat populer yakni produk, harga, tempat dan promosi. Di Setiap elemennya ini memiliki pemahamannya masing-masing yang menjadikan marketing mix 4P adalah formula terbaik untuk strategi pemasaran Anda. Berikut penjelasan tentang elemen marketing mix 4P:

  • Produk (Product)

Elemen marketing mix pertama yaitu produk, dimana suatu barang atau jasa yang Anda tawarkan kepada pelanggan disebut dengan produk. Jika produk yang ditetapkan untuk dijual sesuai dengan apa yang dibutuhkan pasar maka nilai penjualan tentu akan meningkat untuk itu Anda harus mengetahui kebutuhan target pasar dengan baik.

  • Harga (Price)

Unsur marketing mix 4P selanjutnya ada harga atau price. Untuk bisa menentukan harga produk yang akan dijual, maka tentukan harga yang sesuai. Penentuan harga Ini berdasarkan kualitas hingga kesulitan proses produksi, namun pastikan juga harga tersebut memperlihatkan kelas sosial dari pasar yang ingin anda tuju.

  • Tempat (Place)

Untuk menentukan unsur place, maka anda harus mengetahui pasar yang dituju untuk berbelanja. Place atau tempat tidak harus berupa bangunan fisik melainkan bisa berupa media sosial atau media digital lainnya, di mana lokasi Anda mendistribusikan produk yang ditawarkan.

  • Promosi (Promotion)

Proses promosi tidak akan lepas dari pemasaran produk. Sebelum Anda bisa menentukan strategi promosi yang digunakan maka anda harus mengetahui siapa target pasar yang ingin anda tuju. Cara untuk menentukan promosi yang tepat adalah dengan menentukan melalui segi usia, kepribadian, dan kelas sosial mereka.

Apa itu Marketing Mix 7P?

Marketing Mix 7P adalah kelompok unsur teknik pemasaran bauran lanjutan yang dikembangkan dari marketing mix 4P. Ada tambahan poin yaitu proses, SDM (people) dan bukti fisik (Physical Evidence). Dengan menambahkan marketing mix 7P, maka Anda bisa lebih memahami strategi marketing mix ini lebih luas lagi.

  • Proses (Process)

Unsur Marketing Mix 7P satu ini meliputi berbagai kegiatan mulai dari riset hingga menghasilkan produk sampai ke pelanggan dengan baik. Penentuan semua proses pemasaran yang tepat bisa membantu Anda meningkatkan angka penjualan tanpa perlu menguras biaya yang banyak.

  • Sumber Daya Manusia (People)

Sumber daya manusia juga terlibat ke dalam seluruh rangkaian proses marketing untuk produk Anda. Teknologi yang mampu mempermudah kegiatan pemasaran Anda juga memiliki orang-orang yang bisa menjalankan proses marketing dengan baik.

  • Bukti Fisik (Physical Evidence)

Bukti fisik atau physical evidence adalah bukti yang bisa dilihat secara kasat mata. Dari segi perusahaan atau produk itu sendiri, contohnya adalah kantor, logo, website, hingga kemasan, dan isi produk yang Anda tawarkan.

Contoh Marketing Mix Untuk Bisnis

Setelah anda mengetahui elemen 4P dan 7P maka kini saatnya untuk membuat sendiri Marketing Mix untuk bisnis anda. Dengan contoh marketing mix 4P ini bisa membantu Anda dalam membuat strategi bisnis pemasaran lebih detail lagi. Berikut contoh marketing mix untuk bisnis usaha kecil dan menengah:

  • Tentukan Produk yang Dibutuhkan Banyak Orang

PT X kitchen sudah melakukan riset pasar dan menemukan fakta-fakta di bawah ini.

Apa Masalah Yang Dihadapi Konsumen?

Sedikitnya pilihan produk makanan untuk varian menu Italia dan kue berbahan dasar pastry.

Solusi Yang Bisa Ditawarkan?

PT X kitchen bisa menyelesaikan masalah tersebut dengan menghadirkan berbagai varian menu Italia dan pastry dengan kualitas terbaik namun harga terjangkau.

Apa Keunikan Dari Produk Tersebut?

Keunikan dari produk makanan dari PT X kitchen adalah menggunakan bahan yang berkualitas tinggi juga bisa disimpan di kulkas beberapa hari.

  • Menetapkan Harga Produk Atau Price

PT kitchen adalah UMKM yang memproduksi makanan dengan sistem preorder. Biaya keseluruhan atau total fixed cost untuk membuat makanan ini adalah Rp5.000.000. ke depannya akan ada produksi batch 1 yaitu 100 item. untuk biaya pembuatan item sekitar Rp50.000 sampai Rp100.000.

Break even price PT X kitchen adalah (5 juta / 100)+50.000 = 100.000

  • Tentukan Tempat Berjualan atau Place

Tempat berjualan dari PT x kitchen adalah lewat media sosial yaitu Instagram. Konsumen bisa pesan lewat WhatsApp chat.

  • Merancang Strategi Promosi (Promotion)

Target pasar produk ini adalah usia 25 – 40 tahun. Strategi yang dilakukan melalui promosi lewat Instagram yang bekerjasama dengan influencer atau menggunakan Instagram ads.

  • Mengemas Produk dengan Baik (Physical Evidence)

PT X kitchen mengemas produk dengan baik juga mempersiapkan beberapa physical evidence antara lain logo, box, pita, plastik kemasan, dan lain-lain.

  • Merekrut SDM Yang Berkualitas (People)

PT X kitchen memiliki beberapa SDM yang bisa menunjang keberlangsungan bisnis. SDM tersebut meliputi tim produksi, tim marketing, customer service, dan tim Finance.

  • Membuat SOP Perusahaan (Proses)

Agar perencanaan produk bisa sesuai dengan SOP maka penting untuk memastikan produk memiliki kualitas yang sama lewat dibuatnya standar prosedur atau SOP. maka seluruh karyawan harus memahami SOP yang diberikan untuk memberikan pengalaman terbaik bagi konsumen. Setelah Anda merancang strategi marketing mix ini, maka kini Anda bisa langsung menerapkannya di bisnis. Untuk mendukung strategi marketing, maka bisnis membutuhkan modal usaha. Modal usaha tersebut bisa didapat lewat fintech lending berizin OJK untuk pinjaman online terpercaya seperti Danamas yang hadir dengan pinjaman beragunan properti aman hingga Rp 2 miliar. Ajukan pinjaman Anda dan dapatkan penawaran spesial dari Danamas untuk modal usaha.

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

bisnis rice bowl rumahan

 20 Bisnis Rice Bowl Rumahan dengan Ide Menu, Modal & Untung!

Bisnis rice bowl rumahan adalah bisnis yang cukup menjanjikan jika ditekuni dengan serius. Peluang usaha ini tidak hanya memberi keuntungan, namun Anda juga memiliki kesempata

usaha-rumahan-modal-50-ribu

30+ Usaha Rumahan Modal 50 Ribu Untung Besar

Banyak orang yang beranggapan bahwa membuka usaha membutuhkan modal yang besar. Padahal, dengan perkembangan teknologi sekarang ini, anda bisa memulai bisnis rumahan hanya den

contoh-komoditi-ekspor-nonmigas-indonesia-adalah

10+ Jenis Komoditas Ekspor Indonesia Migas & Non Migas

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar kata komoditas? Komoditas tidak dapat dipisahkan dari pengaruhnya terhadap masyarakat, karena tergolong sebagai benda yang relatif muda