orang-terkaya-di-Indonesia

Orang terkaya di Indonesia tentunya menjadi topik hangat yang dibicarakan banyak orang. Sebelumnya, kita sudah pernah membahas tentang orang-orang terkaya di dunia, nah sekarang giliran daftar orang terkaya di Indonesia. Daftar orang terkaya di Indonesia ini justru lebih jarang terekspos media, namun aset kekayaannya tidak main-main. 

Dalam beberapa prosesnya untuk menjadi orang kaya terdapat lika liku di dalamnya oleh karena itu harus siap dalam menangani segala situasinya, Terdapat beberapa tips dan trik dari beberapa para miliarder. Contohnya adalah ada berbagai macam sumber pendapatan, memiliki rencana, membangun jaringan, memiliki target yang tinggi. 

Mungkin kini kita mengenal orang terkaya di Indonesia dengan sebutan Sultan hingga Crazy Rich, namun daftar nama-nama orang terkaya berikut tidak perlu sebutan tersebut, karena merekalah Crazy Rich sesungguhnya yang tidak terekspos oleh media. Berikut daftar orang terkaya di Indonesia menurut Forbes:

15 Deretan Orang Terkaya Di Indonesia

1. Robert Budi Hartono

orang terkaya di indonesia

Robert Budi Hartono lahir dari Keluarga Hartono yang cukup tersohor di Indonesia. Ia menempati posisi pertama sebagai orang terkaya di Indonesia dan posisi ke-80 untuk orang terkaya di dunia. Harta kekayaan Hartono adalah US$ 13,6 miliar (Rp 217,6 Triliun). Perusahaan besar dari Robert Budi Hartono antara lain, BCA, BliBli.com dan Djarum.

2. Michael Bambang Hartono

orang terkaya di indonesia

Posisi kedua juga masih dari keluarga Hartono, yakni adik dari Robert Budi Hartono yaitu Michael Bambang Hartono. Ia juga masuk ke posisi 86 pada daftar orang terkaya di dunia. Aset kekayaan Bambang Hartono mencapai US$ 13 Miliar (Rp 189,5 triliun).

3. Sri Prakash Lohia

orang terkaya di indonesia

Pria keturunan India ini masuk ke dalam daftar orang terkaya di Indonesia versi Forbes. Harta kekayaan dari Sri Prakash lohia mencapai 6,7 miliar US Dollar atau setara dengan 95,8 Triliun Rupiah. Ia menduduki posisi ke 412 sebagai orang terkaya di dunia dengan sumber kekayaan yang berasal dari hasil produksi Petrokimia dan polyethylene terephthalate (PET).

4. Prajogo Pangestu 

orang terkaya di indonesia

Di posisi keempat ada Prajogo Pangestu Ia adalah seorang pengusaha sekaligus konglomerat perusahaan kayu terbesar di Indonesia sejak tahun 1997. Ia memulai bisnisnya sejak tahun 1970 dengan nama Djajanti Timber Group dan saat ini terbentuk perusahaan Barito Pacific. 

Ia telah mengantongi konsepsi hutan dengan luas lebih dari 6 juta hektar. Pada tahun 2002, total kekayaan yang ia miliki adalah 6 miliar dolar atau setara dengan 85,5 triliun.

5. Chairul Tanjung

orang terkaya di indonesia

Anda pasti sudah familiar dengan nama Chairul Tanjung. Ia adalah pemilik dari perusahaan CT Corp yang menaungi beberapa bidang usaha seperti Bank Mega, Trans Retail, Transmedia, Trans Studio, dan lain sebagainya. 

Chairul Tanjung juga mengakui telah mengakuisisi toko ritel dan menjadi pemilik franchise di beberapa brand ternama di dunia, seperti baskin-robbins, Wendy’s, Coffee Bean and Tea Leaf, Giorgio Armani dan Jimmy Choo. 

Tak hanya itu, Chairul Tanjung juga memiliki saham yang cukup besar di maskapai nasional Garuda Indonesia. Total aset kekayaan Chairul Tanjung mencapai 4,1 miliar dolar atau sekitar Rp 58,6 triliun.

6. Jerry Ng

orang terkaya di indonesia

Jerry Ng masuk ke daftar orang terkaya menurut Forbes. Ia adalah seorang bankir di Indonesia dan Komisaris Utama dari Bank Jago. Aset kekayaan Jerry ng adalah US$ 3,9 Miliar (Rp 55,7 Triliun).

7. Keluarga Tahir

orang terkaya di indonesia

Keluarga Tahir adalah salah satu keluarga yang masuk ke dalam daftar orang terkaya di Indonesia dan menduduki posisi ke 961 untuk orang terkaya di dunia versi Forbes. Harta kekayaan dari Tahir and family mencapai 3,4 US Dollar atau setara dengan Rp 48,5 Triliun. 

Keluarga Tahir adalah seorang investor, pengusaha sekaligus pemilik Mayapada Group. Perusahaan yang dimiliki oleh Tahir membawahi berbagai bidang usaha seperti rumah sakit properti perbankan televisi berlangganan hingga media cetak.

8. Eddy Kusnadi Sariaatmadja

orang terkaya di indonesia

Eddy Kusnadi adalah salah satu orang terkaya di Indonesia pada tahun 2002 satu. Ia menduduki posisi ke 981 untuk orang terkaya di dunia, jumlah aset kekayaan yang dimiliki oleh Eddy Kusnadi adalah 2,2 miliar US Dollar atau setara dengan Rp 31,5 Triliun. sumber kekayaan Eddy Kusnadi Sariaatmadja berasal dari perusahaan yang ia dirikan sejak tahun 1983. 

Emtek Group adalah salah satu perusahaan media terbesar di Indonesia. Emtek Group menaungi beberapa anak perusahaan seperti Indosiar, SCTV, video.com, Rumah Sakit Omni dan lain sebagainya. Selain itu, grup media terbesar di Indonesia ini juga bekerjasama dengan Alibaba’s and financial untuk mendukung sistem pembayaran digital di Indonesia.

9. Djoko Susanto

Djoko Susanto menduduki posisi ketujuh dalam 10 orang terkaya di Indonesia. Ia adalah seorang pengusaha dan pemilik brand ritel ternama asal Indonesia yaitu Alfamart. Selain itu, Joko Susanto juga pemilik dari lisensi merek Alfamidi, Lawson Indonesia dan Toko Dan+Dan. Total kekayaan Djoko Susanto adalah 2,3 miliar US Dollar atau setara dengan Rp 32, 9 Triliun.

10. Theodore Rachmat

orang terkaya di indonesia

Theodore Rachmat adalah salah satu dari orang terkaya di Indonesia posisi ke-9. Theodore Rachmat adalah pemilik sekaligus pendiri perusahaan Triputra group yang didirikan pada 1998 dan kini memiliki beberapa perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan, agribisnis dan Manufaktur. 

Ia juga pemilik saham dari minoritas di Adaro Energy dan menjabat sebagai wakil presiden komisaris. Total kekayaan Ahmad adalah 2,2 miliar dolar atau setara dengan Rp 31,5 Triliun.

11. Mochtar Riady dan Keluarga

orang terkaya di indonesia

Mochtar Riady adalah seorang konglomerat yang memiliki aset kekayaan hingga 2 miliar dolar atau setara dengan 28,7 triliun. Ia adalah pemilik dari perusahaan Lippo Group yang merupakan perusahaan properti populer di Indonesia. perusahaan Lippo Group menaungi beberapa anak perusahaan seperti Lippo Mall siloamhospitals universitas dan sekolah Pelita Harapan, bank nobu dan lain sebagainya. 

12. Martua Sitorus

Martua Sitorus merupakan pemilik dari Wilmar Internasional yang merupakan perusahaan kelapa sawit terbesar di Indonesia. Konglomerat berumur 62 tahun ini memiliki kekayaan sebesar US$2,9 miliar. Dalam skala global, Ia yang semasa kecilnya menjadi loper koran masuk pada urutan 1.052, naik delapan urutan yang sebelumnya di urutan 1.580 di tahun 2021.

13. Otto Toto Sugiri 

Otto Toto Sugiri merupakan konglomerat yang dikenal sebagai Bill Gates nya Indonesia. Kenapa bisa demikian? Pria ini merupakan salah satu pendiri dari sekaligus Presiden Direktur PT DCI Indonesia Tbk (DCII) yaitu perusahaan IT di Indonesia. Pria berusia 68 tahun ini memiliki kekayaan yang fantastis yaitu sebesar US$2,4 miliar. Dalam skala global, Ia masuk ke dalam urutan 1.292 orang terkaya di dunia di tahun 2022. 

14. Peter Sondakh

Peter Sondakh berhasil masuk ke dalam 15 orang terkaya di Indonesia melalui perusahaan Rajawali Corpora. Perusahaan ini sukses membangun perusahaan stasiun TV Rajawali Citra Televisi Indonesia atau yang lebih kita kenal dengan RCTI. Tak hanya dari perusahaan, Ia juga memupuk kekayaannya melalui bidang investasi. Di Tahun 2022, di usianya yang ke 72, Ia memiliki kekayaan sebesar US$2,1 miliar.

15. Sukanto Tanoto 

Sukanto Tanoto merupakan pendiri Royal Golden Eagle yang merupakan perusahaan induk dari beberapa perusahaan manufaktur sumber daya alam. Pria berusia 72 tahun ini memiliki kekayaan sebesar US$2,1 miliar. Dalam skala global, Ia menduduki posisi ke 1.445 dunia di tahun 2022 yang naik secara signifikan dari posisi 2.141 di tahun 2021.

Raih Kesuksesan dengan Bangun Usaha Anda bersama Lancar by Danamas

Apabila kita melihat kemiripan dari orang terkaya dunia, mereka punya pola yang sama, yaitu membangun usaha dari sebuah bisnis. Jika Anda bercita-cita ingin mencatatkan posisi sebagai orang terkaya, tentunya Anda perlu mengawalinya dari merintis bisnis usaha Anda. Dan terkadang, dalam bisnis modal merupakan salah satu kendala terbesar.

Sebagian besar, pebisnis sukses pasti melewati berbagai tantangan termasuk tantangan dalam mendapatkan modal usaha. Jika Anda ingin merintis usaha dan kesulitan dalam mendapatkan modal, maka salah satu cara aman yang bisa Anda pilih adalah dengan pinjaman modal usaha berizin OJK dari Lancar by Danamas. 

Fintech lending terpercaya dari Sinar Mas Group ini hadir untuk menjadi solusi modal usaha umkm. Pinjaman beragunan properti ini bisa diajukan oleh siapapun dan dapatkan limit terbesar hingga Rp 2 miliar. Suku bunga rendah dan kemudahan akses dimanapun dan kapanpun bisa rasakan dengan ajukan pinjaman lewat aplikasi Lancar by Danamas sekarang juga. Tunggu apalagi? Mulailah bangun kerajaan bisnis Anda sekarang juga!

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

apa-itu-tes-dna

Biaya Tes DNA, Manfaat, Lokasi & Manfaatnya Untuk Kesehatan

Biaya tes DNA biasanya dimulai dari harga Rp 7 juta hingga Rp 10 juta di beberapa lokasi rumah sakit di Indonesia. Melakukan tes ini memang terbilang mahal dengan hasil yang b

review-buku-the-life-changing-of-tidying-up

Review Buku The Life Changing Magic of Tidying Up Karya Marie Kondo

Review buku berjudul The Life Changing Magic of Tidying Up adalah buku terlaris yang ditulis oleh penulis Jepang, Marie Kondo, yang awalnya diterbitkan pada tahun 201

kalender-2023-dan-tanggalnya

Kalender 2023 Lengkap Dengan Tanggal Merah

Saat menyambut tahun baru, maka salah satu yang paling dicari adalah kalender 2023 lengkap dengan tanggal merah. Tanggal merah atau hari libur pasti ditunggu oleh banyak orang