pekerjaan yang cocok untuk introvert

Introvert sering disalahartikan oleh beberapa orang karena dianggap adalah karakter orang yang memiliki sifat individualisme. Apa iya introvert seperti demikian? Tipe kepribadian juga ternyata berpengaruh kepada jenis pekerjaan yang mereka geluti. Tipe kepribadian introvert ternyata memiliki kecocokan untuk beberapa jenis pekerjaan.

Memiliki pekerjaan yang cocok dengan kepribadian menjadi salah satu hal yang sangat diinginkan oleh setiap orang. bekerja tidak harus selalu berinteraksi dengan orang banyak, Hal inilah yang sering dihindari oleh seorang introvert. Pasalnya dikelilingi oleh banyak orang bisa menguras energi seorang introvert dan mereka pun butuh waktu untuk mengembalikan energi tersebut.

Jika anda adalah seorang introvert dan sedang mencari pekerjaan yang cocok sesuai dengan kepribadian, maka pekerjaan yang cocok untuk introvert di bawah ini mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat. beberapa pekerjaan yang cocok untuk introvert di bawah ini tidak terlalu banyak membutuhkan interaksi dengan banyak orang dengan lingkungan yang lebih tenang.

Apa Itu Introvert?

Introvert adalah salah satu jenis kepribadian yang memiliki fokus pada suasana hati pikiran hingga perasaan secara internal. Ada dua jenis tipe kepribadian yaitu introvert dan ekstrovert. Untuk tipe kepribadian introvert umumnya mereka menyukai waktu bersama 1 atau 2 orang. Mereka akan lebih nyaman dan fokus saat menghabiskan waktu untuk diri mereka sendiri. Namun sayangnya beberapa orang masih menganggap introvert tidak suka berhubungan sosial dan cenderung pendiam.

Menurut psikolog Carl Jung, tipe kepribadian introvert dan ekstrovert dibedakan dari cara mendapatkan dan menghabiskan energi mereka. Pada tipe introvert mereka lebih suka untuk memulihkan energi mereka sedangkan ekstrovert lebih menyukai bertemu orang sesuai dengan kebutuhan energinya.

Tipe kepribadian introvert cenderung berpikir lebih dahulu sebelum berbicara dan termasuk tipe pemilih untuk mengungkapkan sesuatu kepada orang lain. Mereka juga akan lebih nyaman pada kelompok kecil, namun bukan berarti tipe kepribadian ini tidak akan bisa berkembang. Untuk itu ada beberapa rekomendasi pekerjaan yang cocok untuk introvert sehingga mereka tetap bisa nyaman di dunianya dan dan sukses dalam pekerjaan.

25 Pekerjaan Yang Cocok Untuk Introvert

Pekerjaan yang cocok untuk introvert di bawah ini bisa jadi pilihan bagi Anda yang tidak terlalu suka berinteraksi dengan orang banyak setiap hari. ada ada banyak sekali pekerjaan yang bisa menghasilkan uang namun tetap fokus bekerja sendiri atau minim interaksi sosial. berikut pilihan pekerjaan yang cocok untuk introvert.

1. Programmer

Pekerjaan yang cocok untuk introvert adalah programmer yang kini banyak dilirik oleh perusahaan swasta. Terlebih lagi di era digitalisasi seperti sekarang ini maka pekerjaan sebagai programmer pun banyak dicari oleh perusahaan. Bagi Anda yang memiliki kemampuan dalam bidang IT maka ini bisa cocok dengan kepribadian introvert anda. Jenis pekerjaan ini memungkinkan anda untuk bekerja di depan layar komputer saja tanpa banyak berinteraksi dengan orang lain.

2. Peneliti

Profesi peneliti juga bisa menjadi pekerjaan yang cocok untuk introvert. Dalam pekerjaan ini introvert akan banyak bekerja sendiri dan membuat mereka tentu lebih nyaman dan fokus. Pekerjaan peneliti juga suka menggali dan peduli dengan detail mereka menikmati profesinya dengan banyak mengeksplor hal-hal baru.

3. Graphic Designer

Pekerjaan yang cocok untuk introvert lainnya adalah grafik designer atau desainer grafis. Mereka jago dalam menuangkan  sebuah pesan dalam bentuk visual dan bekerja dengan imajinasi mereka sendiri. Walaupun mereka tetap akan berkonsultasi dan berkomunikasi bersama rekan atau klien maka mereka merasa lebih fokus karena bisa berimajinasi sesuai dengan apa yang mereka bayangkan.

4. Content Writer

Pekerjaan yang cocok untuk introvert selanjutnya adalah content writer. kini banyak sekali perusahaan dan industri kreatif yang membutuhkan content writer untuk bagian departemen kreatifnya. Hal ini dilakukan karena karya dinilai lebih bagus saat penulis bisa bekerja secara mandiri untuk itu bagi Anda introvert yang memiliki jiwa kreatif maka content writer bisa menjadi pekerjaan yang cocok bagi anda.

5. Konselor

Pekerjaan sebanyak konselor sangat cocok untuk Anda yang memiliki kepribadian introvert. hal ini membutuh berpikir serta membaca orang lain dan fokus terhadap masalah yang dihadapinya. Selain itu jiwa empati seorang introvert yang cukup tinggi juga bisa mendukung pekerjaan konselor dalam membantu pasiennya.

6. Market Analyst

Market analyst bisa jadi pilihan pekerjaan yang cocok untuk introvert yang memiliki jiwa pekerja yang tinggi dan suka dengan pekerjaan yang penuh tekanan. Walaupun kepribadian introvert fokus pada dirinya sendiri mereka juga mampu bersaing dalam pasar yang terus bergerak sebagai market analyst. Pekerjaan ini pun cukup memakan waktu untuk bekerja secara mandiri.

7. Aktuaris

Aktuaris adalah salah satu jenis pekerjaan yang juga cocok untuk introvert sesuai dengan kepribadian mereka. Hal ini karena aktuaris dianggap sebagai pekerjaan yang mandiri dimana mereka bisa berkembang dalam lingkungan kerja sendiri. Selain itu mereka juga membutuhkan skill analisis dan riset yang tinggi. Tugas aktuaris adalah menganalisis resiko untuk agen asuransi dan lembaga keuangan dengan menggunakan program software khusus maka mereka bisa menentukan hasil yang memungkinkan untuk kondisi finansial klien atau investor nya.

8. Content Editor 

Content editor adalah salah satu pekerjaan yang juga cocok untuk para introvert. Hal ini karena tugas mereka bisa dilakukan dimana saja termasuk juga di rumah dan lebih banyak membutuhkan ruang untuk diri sendiri. Content editor mereka tidak perlu sering berinteraksi dengan pekerja lainnya dan mereka bertanggung jawab untuk mengedit teks serta analisis sumber yang bisa dilakukan secara mandiri.

9. Penerjemah

Jenis pekerjaan yang cocok untuk introvert lainnya adalah seorang penerjemah. Jika anda memiliki kemampuan bahasa asing maka tidak ada salahnya untuk menjadi seorang penerjemah yang bisa anda lakukan di mana saja serta berinteraksi dengan satu atau dua orang. Seorang penerjemah memiliki waktu yang fleksibel dan dan cocok bagi kepribadian introvert yang gemar berpikir kritis sehingga mereka pun bisa fokus dan nyaman dengan pekerjaan ini.

10. Pustakawan

Pustakawan biasanya bertanggung jawab untuk menyimpan dan menyortir buku namun ia juga bisa membantu menyelenggarakan sebuah acara di perpustakaan dan membantu orang untuk menemukan bahan bacaan atau referensi yang cocok atau mereka inginkan. Bagian yang memiliki kepribadian introvert maka menjadi pustakawan juga cocok bagi anda karena minimnya interaksi pada orang banyak atau berinteraksi satu dan dua orang saja.

11. Apoteker

Biasanya menghabiskan banyak waktunya di belakang layar untuk meracik resep dari dokter dan interaksinya kepada pelanggan dalam penggunaan obat sehari-hari. Apoteker termasuk salah satu pekerjaan yang memiliki interaksi minum dengan orang lain sehingga cocok bagi mereka yang memiliki jiwa kepribadian introvert.

12. Koki Pribadi 

Profesi lain yang cocok bagi jiwa introvert adalah menjadi seorang koki pribadi. Bagi anda yang suka dengan ketenangan maka profesi koki pribadi kita jadi pilihan yang tepat. Berbeda dengan koki restoran atau hotel yang membutuhkan komunikasi dan interaksi yang cukup tinggi maka pribadi biasanya bisa lebih fokus dengan pekerjaan mereka secara mandiri. 

13. Ahli Geologi

Pekerjaan yang bisa cocok untuk para introvert juga ahli geologi. Mereka akan menghabiskan banyak waktu di kantor dengan bekerja mandiri maupun berinteraksi dengan rekan kerja saja, selain umum selalu menganalisisnya di lab. Pekerjaan ini membutuhkan tingkat fokus yang cukup tinggi serta kemandirian. 

14. Pustakawan

Lingkungan kerja yang tenang dengan minim interaksi sangat sesuai dengan profesi pustakawan. Jika anda menginginkan lingkungan kerja internal sebagai seorang introvert ada ada pekerjaan pustakawan yang bisa Anda lakukan. Tugas dari seorang pustakawan antara lain membantu pengunjung untuk menemukan dan memeriksa buku lalu mengelola anggaran perpustakaan, menyiapkan buku katalog dan majalah dan mengawasi acara.

15.  Video Editor

Pekerjaan yang cocok bagi seorang introvert lainnya adalah dengan menjadi seorang video editor. video editor di industri kreatif kini menerapkan metode remote working atau bekerja dari rumah. Hal ini dilakukan untuk menghindari rasa lelah atas tugas yang menumpuk dan meningkatkan kreativitas para pekerja karena mereka bisa lebih fokus dalam mengerjakan tugasnya. 

16. Arsiparis

Arsiparis juga merupakan salah satu pekerjaan yang cocok untuk seorang introvert. Pekerjaan ini mampu mendorong karyawan untuk bekerja secara mandiri tanpa harus berinteraksi dengan rekan kerja. Profesi arsiparis juga perlu menata dan mengelola berbagai dokumen secara rapi. selain Selain itu, manajemen dan organisasi seorang introvert yang cukup tinggi juga sesuai dengan keperluan tersebut.

17. Transcriber

Pekerjaan lain yang cocok untuk kepribadian introvert adalah transcriber. Transcriber adalah pekerjaan yang bertugas mentranskrip ucapan kedalam sebuah tulisan. Mahesh Kumar, seorang juru bicara Transcription Certification Institute mengatakan bahwa transcriber sangat cocok bagi introvert karena mengandalkan fokus dan bisa bekerja secara fleksibel.

18. Dokter Gigi

Dokter gigi juga umumnya membuka praktek yang sendiri bukan di rumah sakit karena dirasa kepribadian introvert cocok dengan profesi dokter gigi. Mereka hanya akan berinteraksi secara profesional dengan satu pasien per sesi. Mereka juga tidak perlu mengkhawatirkan banyaknya interaksi di depan publik karena pekerjaan medis yang mengharuskan interaksi dia dengan satu pasien. Pekerjaan ini juga membutuhkan pekerja yang memiliki kemampuan analisis dan fokus seorang introvert.

19. Market Analyst

Market analyst adalah salah satu pekerjaan yang cocok untuk introvert dan cukup menantang karena membutuhkan ketangguhan dalam bekerja dibawah tekanan. Selain itu profesi market analyst juga cukup sesuai dengan kepribadian introvert yang bisa bersaing di pasar yang terus dinamis. pekerjaan sebagai market analyst membutuhkan waktu dalam bekerja secara mandiri dalam cukup dalam waktu yang lama.

20. Fotografer

Introvert yang memiliki tingkat kreativitas yang tinggi juga bisa menjadi seorang fotografer. dengan menjadi seorang fotografer seorang introvert bisa berekspresi dengan mudah Selain itu profesi ini juga memiliki fleksibilitas dan ruang yang lebih untuk berkarya tanpa banyak gangguan dari pihak lain. Jika anda menginginkan pekerjaan yang tidak terlalu terikat jam kerja maka fotografer bisa jadi pilihan.

21. Research Analyst

Research analyst dibutuhkan saat sedang melakukan sebuah riset pada perusahaan. Princess annalis mampu menganalisis sumber dan menyiapkan rencana pengkajian. pekerjaan ini juga cocok untuk introvert yang gemar mengkaji hal baru dan memiliki latar belakang penelitian yang cukup kuat. Selain itu analisis juga bisa menyelesaikan pekerjaan secara mandiri tanpa banyak pengawasan dari atasan. Hal ini tentu keuntungan bagi seorang introvert yang memiliki kondisi lingkungan fleksibel. 

22. Paralegal

Jika anda ingin bekerja di bidang hukum atau legal maka seorang introvert bisa menjadi seorang paralegal yang mampu Menyusun hasil riset lalu mendokumentasikan datanya untuk membantu pengacara dalam mempersiapkan argumen sebuah kasus. pekerjaan dalam bidang hukum ini sangat cocok bagi introvert karena tidak banyak mendapatkan sorotan dari publik.

23. Mekanik

Seorang mekanik juga cocok dengan kepribadian seorang introvert Dimana mereka bisa menghabiskan banyak waktu bekerja sendiri dan fokus untuk memperbaiki mesin kendaraan. tugas seorang mekanik adalah memeriksa memperbaiki dan melakukan perawatan hingga menggunakan alat dan teknologi untuk merawat serta memodifikasi mesin kendaraan.

24. Admin Online Sekolah

Dalam lingkungan pekerjaan seorang introvert sangat menikmati waktu kesendirian mereka di meja kantornya. Maka seorang administrator online sekolah bisa jadi pilihan pekerjaan yang cocok untuk introvert. interaksi seorang admin online sekolah umumnya hanya dengan 1 tamu atau orang tua murid dan tidak membutuhkan banyak sorotan di depan umum.

25. Accounting Manager

Pekerjaan yang cocok untuk introvert lainnya adalah seorang accounting Manager. seorang accounting Manager mampu memiliki kendali atas pekerjaan tanpa banyak intervensi dari rekan kerja. Tugas utama seorang accounting Manager adalah memastikan semua proyek berjalan dengan lancar dalam menganalisis data angka-angka dan keterampilan dalam berorganisasi.

Keunggulan Introvert Dalam Dunia Kerja

Bekerja di tempat yang nyaman memang menjadi salah satu keinginan semua orang, termasuk sesuai memiliki. lingkungan yang mampu mendukung kepribadian mereka mampu memberikan kelebihan atau keistimewaan yang dirasakan bagi diri sendiri juga timnya. berikan kelebihan seorang introvert dalam dunia kerja.

a. Mampu Mengeluarkan Ide Tanpa Mendebat Siapapun

Seorang introvert memang tidak banyak bicara dan terkesan pendiam di beberapa situasi begitupun saat bekerja. Seorang introvert tidak mengungkapkan ide bukan karena tidak punya tapi mereka menunggu waktu yang tepat Kapan ide itu perlu di dikeluarkan. Selain itu seorang introvert tidak suka mendebat kepada siapapun dalam menyampaikan idenya. Ia memilih untuk mematangkan ide nya sebelum menyampaikan semua bahan. saat ide itu pun tidak diterima maka itu tidak membuatnya lantas mendebat dengan orang lain.

b. Hanya Akan Membicarakan Topik Yang Memiliki Nilai Lebih

 saat makan bersama seorang karyawan introvert hanya mengeluarkan topik yang perlu dibagikan kepada teman-temannya. Seorang introvert memilih untuk membicarakan hal yang penting saja. hal ini bukan berarti mereka tidak suka bersosialisasi hanya saja mereka suka dengan bahan pembicaraan yang lebih fokus dan bernilai.

c. Menciptakan Cara Kerja Sendiri Yang Cenderung Unik

Bekerja di balik meja berjam-jam memang sangat membosankan bagi beberapa orang. maka seorang introvert biasanya memiliki cara unik sendiri dalam bekerja. ada mengumpulkan Semua kemampuan konsentrasi dalam bekerja. mereka juga bisa bekerja pada sebuah kafe atau Kewargaan speed dan memilih untuk bekerja sendirian.

d. Bekerja Tanpa Terlibat Politik Kantor

Persaingan dalam sebuah perusahaan adalah hal yang kerap terjadi namun beberapa dari karyawan ada yang menunjukkan persaingan mereka ada juga yang tidak terlalu tertarik dengan hal tersebut. Mereka memiliki cara yang berbeda dari orang lain dan memilih untuk menjalani pekerjaan dengan baik serta melakukan semua sesuai dengan caranya sendiri. Iya pun tidak terlena dan tergoda untuk bersaing dalam politik perusahaan.

e. Loyalitas Dan Bisa Diandalkan

Kepribadian introvert bukan berarti mereka tidak bisa menjadi orang yang sukses. mereka justru menjadi contoh bagi banyak orang karena jiwa kesetiaannya loyalitas dan dedikasinya terhadap perusahaan. Selain itu ia juga cukup bekerja keras dengan caranya sendiri dan bisa diandalkan. mereka tidak suka membicarakan banyak hal dan pandai menjaga amanah sehingga mampu menjaga rahasia perusahaan. 

Sukses Bangun Bisnis tanpa Khawatir dengan Pinjaman Terpercaya!

Pekerjaan-pekerjaan ini bisa jadi pilihan bagi Anda yang memiliki kepribadian introvert. Dengan mendapatkan pekerjaan yang tepat dan mampu mendukung kepribadian Anda, maka bukan tidak mungkin introvert pun bisa sukses dalam karir. Sama halnya kesuksesan dalam berbisnis dengan adanya modal usaha yang cukup. Kecukupan modal usaha ini bisa didapat dari Danamas yang merupakan fintech lending berizin OJK dengan pinjaman beragunan properti. Limit pinjaman bunga rendah dari Danamas hingga Rp2 miliar. Dengan limit besar, maka Anda lebih leluasa mengembangkan bisnis dan menjalankan berbagai strategi usaha. 

Kemudahan mengajukan pinjaman di Danamas juga bisa dirasakan dengan langsung akses via aplikasi Danamas Pinjaman Bisnis yang bisa di download di Apple Store dan Play Store. Jika Anda ingin mensimulasikan terlebih dahulu cicilan, coba kalkulator simulasi kredit. Ada juga kalkulator pinjaman yang bisa Anda coba untuk cek nilai aset properti yang ingin Anda jadikan agunan.

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

apa-itu-tes-dna

Biaya Tes DNA, Manfaat, Lokasi & Manfaatnya Untuk Kesehatan

Biaya tes DNA biasanya dimulai dari harga Rp 7 juta hingga Rp 10 juta di beberapa lokasi rumah sakit di Indonesia. Melakukan tes ini memang terbilang mahal dengan hasil yang b

review-buku-the-life-changing-of-tidying-up

Review Buku The Life Changing Magic of Tidying Up Karya Marie Kondo

Review buku berjudul The Life Changing Magic of Tidying Up adalah buku terlaris yang ditulis oleh penulis Jepang, Marie Kondo, yang awalnya diterbitkan pada tahun 201

kalender-2023-dan-tanggalnya

Kalender 2023 Lengkap Dengan Tanggal Merah

Saat menyambut tahun baru, maka salah satu yang paling dicari adalah kalender 2023 lengkap dengan tanggal merah. Tanggal merah atau hari libur pasti ditunggu oleh banyak orang