Pekerjaan-untuk-Fresh-Graduate

Lulusan baru atau fresh graduate dari sekolah maupun perguruan tinggi sering mengalami kesulitan untuk mencari pekerjaan. Biasanya karena mereka masih kurang berpengalaman di bidang tersebut. Namun, tak perlu khawatir karena masih ada perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan untuk fresh graduate atau yang belum banyak pengalaman lho. Jadi bagi anda yang baru lulus, jangan berkecil hati.

Pekerjaan yang cocok bagi Anda yang fresh graduate pasti ingin mencari pekerjaan baru terasa lebih menantang dibandingkan mereka yang sudah memiliki pengalaman. Namun tidak sedikit perusahaan yang membutuhkan pekerja profesional yang belum berpengalaman atau fresh graduate. Biasanya di lowongan pekerjaan untuk fresh graduate dicantumkan kalau menerima pendaftaran dari orang yang baru lulus.

Sebagai seorang fresh graduate, anda harus mempersiapkan banyak hal seperti mencari tau tentang dunia kerja, membuat CV yang tepat, perhatikan pengiriman email yang profesional dan lainnya. Jika anda baru lulus dan ingin mencari pekerjaan untuk fresh graduate maka simak ulasan artikel berikut ini.

Apa Itu Fresh Graduate?

Fresh graduate adalah lulusan baru dari suatu tingkatan pendidikan seperti sekolah atau pendidikan tinggi. Fresh graduate adalah label yang diberikan untuk mereka yang sudah mengenyam pendidikan maksimal setahun dari setelah kelulusannya. Sebagai fresh graduate anda perlu mendapatkan banyak gambaran tentang bagaimana dunia kerja serta profesi apa saja yang cocok untuk fresh graduate.

14 Pekerjaan Yang Cocok Untuk Fresh Graduate

Bagi anda yang belum banyak memiliki pengalaman atau bahkan belum memiliki pengalaman sekalipun dan hanya mengandalkan kemampuan selama studi, maka anda bisa mencoba beberapa pekerjaan untuk fresh graduate, yaitu:

1. Management Trainee

Manajemen trainee adalah salah satu jenis pekerjaan untuk fresh graduate yang bisa jadi pilihan bagi Anda yang ingin menempati posisi manajerial di masa depan melalui waktu yang cukup singkat. Beberapa perusahaan membuka program management trainee bagi lulusan baru yang belum memiliki pengalaman. Di management trainee anda akan diberikan berbagai pelatihan di setiap departemen perusahaan yang diawasi langsung serta dievaluasi oleh manajer atau supervisor. Setelahnya anda akan ditempatkan di departemen yang sesuai dengan minat anda.

2. Bisnis Development

Sebagai fresh graduate yang belum memiliki pengalaman maka bisnis development bisa jadi pilihan anda. Biasanya berada dibawah departemen sales dan marketing. Untuk pekerjaan seputar riset pasar bagaimana menjangkau pelanggan baru menjaga relasi antara pelanggan dan klien hingga memahami produk dari bisnis dan kompetitor. Jenis pekerjaan bisnis development terbuka bagi semua jurusan sehingga ini bisa jadi pengalaman yang baru bagi fresh graduate.

3. Pegawai Bank

Pegawai bank juga banyak diminati oleh lulusan baru karena selain syaratnya tidak terlalu rumit, stigma pegawai bank yang masih tampak positif di beberapa orang juga menjadi salah satu incaran mahasiswa fresh graduate. Beberapa posisi yang dibuka yang bisa dipilih oleh fresh graduate antara lain development program untuk bidang general atau khusus hingga customer service dan teller.

Baca juga: 11 Tokoh Wirausahawan Yang Sukses di Usia Muda

4. Agen Asuransi

Jika anda suka menyukai dunia finansial dan asuransi maka tidak salahnya untuk mencoba menjadi agen asuransi Jika anda masih lulusan baru. Walaupun agen asuransi memiliki stigma yang kurang baik di mata masyarakat namun nyatanya pekerjaan ini cukup menjanjikan dari segi penghasilan, terlebih lagi jika Anda menjadi agen asuransi di perusahaan besar.

5. Wartawan

Wartawan juga bisa jadi pilihan pekerjaan untuk fresh graduate terutama buat anda yang suka dengan hal-hal menantang bekerja di luar kantor, menulis dan menjelajahi berbagai tempat. Anda akan banyak bekerja di luar kantor dan mencari narasumber hingga mewawancarainya dari berbagai bidang. Profesi wartawan bisa mengembangkan pengalaman Anda juga kemampuan anda di berbagai aspek profesional sehingga ini cocok untuk Anda yang masih fresh graduate.

6. Account Eksekutif

Bagi para fresh graduate yang ingin mencoba menjadi seorang Account Executive atau AE, maka bisa bergabung di perusahaan-perusahaan yang mencari lulusan fresh graduate untuk menempati posisi tersebut. Account eksekutif dalam sebuah perusahaan biasanya melakukan pendekatan kepada perusahaan lain untuk menghasilkan sebuah kerjasama. Umumnya akan eksekutif berada di departemen sales dan marketing. AE di industri media bertugas untuk meyakinkan perusahaan atau produk untuk memasang iklan di media tersebut sehingga Anda membutuhkan kemampuan untuk berkomunikasi dan negosiasi.

 7. Staff Administrasi

Staff administrasi juga salah satu pekerjaan untuk fresh graduate yang paling banyak dicari. Staff administrasi umumnya bekerja untuk mengurusi berbagai berkas dan formulir yang dibutuhkan oleh perusahaan. Sebagai staff administrasi, Anda harus memiliki kemampuan detail-oriented dan tekun. 

8. Sales

Profesi ini mempunyai goals mencapai target penjualan yang sudah ditetapkan oleh perusahaan. Makin banyak target yang tercapai, maka bonus yang diperoleh juga makin banyak. Sales tidak terlalu membutuhkan pengalaman kerja, walaupun pengalaman di bidang tersebut akan menjadi poin khusus. Untuk berkecimpung di dalamnya, anda harus punya kemampuan interpersonal yang baik dan koneksi luas.

9. Social Media Officer

Banyak perusahaan yang membuka lowongan di bidang sosial media officer untuk fresh graduate. Anda bisa membuat tampilan sosial media menjadi menarik. Pekerjaan admin media sosial ini bisa menjadi pilihan sementara waktu sambil anda melihat peluang lain yang lebih baik.

10. Writer

Bagi anda yang senang menulis dan memiliki sense yang tinggi, bisa mencoba submit cerita karangan anda di layanan e-novel. Atau menjadi seorang penulis di berbagai media offline (koran dan majalah) serta online (official website) yang menerima tulisan dari berbagai kalangan seperti cerpen, puisi, esai, politik atau artikel.

11. Asisten Dosen

Dosen seringkali mencari mahasiswa yang rajin untuk membantu melancarkan kegiatan belajar mengajar di kampus. Jika anda baru lulus, dekat dengan dosen tersebut dan ingin mencoba hal baru untuk pengembangan diri bisa coba menjadi asisten dosen. Anda bisa menggunakan kesempatan ini untuk memperoleh pekerjaan sementara. Tugas yang harus dikerjakan sebagai asisten seperti hal yang berkaitan dengan proyek penelitian, kegiatan pengajaran atau mengetik laporan.

12. Pengajar

Guru freelance sering kali menjadi pilihan bagi fresh graduate. Anda bisa memilih mata pelajaran yang dikuasai atau sesuai jurusan saat kuliah. Tinggal anda belajar mengasah skill mengajar dan meningkatkan kesabaran.

13. Freelancer

Pekerjaan ini bisa menjadi batu loncatan bagi anda. Jika anda jago di bidang desain grafis, anda bisa menerima komisi ilustrasi atau desain dengan keahlian tersebut. Dengan mencoba freelance, maka waktunya lebih fleksibel dan anda bisa sambil mengembangkan diri di bidang yang diminati.

14. Content Creator

Sebagai lulusan di era teknologi seperti sekarang. Tentu sudah tidak asing dengan sosial media. Jika memiliki kreativitas, kemampuan melihat tren dan suka eksplorasi, menjadi seorang content creator bisa dipertimbangkan. Anda bisa upload video di YouTube agar lebih banyak dikenal orang.

Apa Yang Harus Dilakukan Fresh Graduate? Ini Tips nya

Dunia kerja tentu sangat berbeda dengan dunia sekolah ataupun kuliah. Banyak kebiasaan yang bisa menimbulkan “culture shock” ketika memasukinya. Apalagi ditambah persaingan ketat antar sesama pegawai. Nah, agar anda tidak kaget harus apa setelah lulus dan siap memasuki dunia kerja. Berikut adalah tipsnya:

a. Kenali Potensi Diri

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan mengenali potensi diri Anda. Hal ini karena banyak sekali orang yang tidak tahu apa keinginan dan kemampuannya terutama bagi mereka yang fresh graduate. Maka dari itu penting untuk memanfaatkan waktu di awal kelulusan untuk mencari tahu bidang apa yang paling Anda sukai dan antusias untuk dikerjakan. Bidang tersebut harus berhubungan dengan jurusan kuliah Anda dan bisa mengikuti berbagai macam soft skill lewat kelas profesional yang ada di berbagai platform.

b. Buat CV yang Tepat

Saat Anda menulis pengalaman di kurikulum vitae atau CV saat melamar kerja maka harus memperhatikan berbagai hal agar dilirik oleh HRD. Hal yang paling penting adalah jangan membuat CV dengan kata-kata yang terlalu bertele-tele sebaiknya. Buat CV dengan kata-kata yang singkat padat dan jelas.

c. Pakai Alamat Email Yang Profesional

Berbeda dengan kuliah, saat Anda melamar pekerjaan di dunia profesional maka sebaiknya siapkan juga alamat email dengan nama asli Anda. Hal ini juga jadi salah satu pertimbangan apakah HRD tertarik pada anda atau tidak. Dengan menggunakan alamat email yang tidak sesuai dengan identitas maka perekrut pun juga akan melihat bahwa anda kurang serius untuk melamar pekerjaan.

d. Perluas Networking

Saat anda ingin berkarir sebagai seorang fresh graduate maka jangan lupa untuk selalu membangun networking. Melalui networking Anda bisa mendapatkan berbagai peluang untuk mendapatkan pekerjaan. Sebenarnya memperluas networking tak hanya bagi Anda yang lulusan fresh graduate, sering juga dijadikan kunci bagi yang ingin memulai bisnis. 

e. Persiapkan Diri Untuk Interview

Proses interview bagi beberapa orang memang terasa menegangkan namun hal ini juga yang dinanti-nantikan bagi mereka yang sudah melamar ke berbagai perusahaan. Walaupun anda merasa gugup namun anda perlu mempersiapkan diri sebaik mungkin agar bisa menjawab pertanyaan dengan optimal. Kamu bisa mencari tahu tentang perusahaan tersebut lalu ketahui pekerjaan yang anda lamar dan buatlah merekrut yakin akan kemampuan anda. Latih bicara Anda agar tidak terlalu gugup saat interview. Jangan lupa untuk selalu datang lebih awal sehingga perekrut akan menilai Anda sebagai pelamar yang memiliki dedikasi dan niat yang tinggi. 

15 Keahlian Fresh Graduate Yang Harus Dimiliki

Sebagai fresh graduate, anda harus memiliki beberapa skill agar perusahaan semakin tertarik kepada anda. Walaupun mungkin di kuliah sudah belajar, tapi keahlian-keahlian tersebut perlu diasah. Dengan memilikinya, kehidupan kerja anda akan lebih mudah dijalani.

1. Komunikasi

Sebagian dari anda mungkin sudah mengasah kemampuan ini dengan mengikuti berbagai organisasi. Memiliki kemampuan komunikasi yang baik, tentu akan membantu anda menyelesaikan pekerjaan. Banyak perusahaan mencari kandidat yang pandai berkomunikasi, baik verbal atau nonverbal.

2. Problem Solving

Semua pekerja diharapkan mampu menyelesaikan masalah tanpa menimbulkan masalah yang baru. Karena itulah kemampuan problem solving ini harus dimiliki. Dengan memilikinya, ketika menghadapi masalah, anda akan mampu menyelesaikannya dari berbagai sudut.

3. Public Speaking

Berbicara di depan umum yang ditonton banyak orang tentu tidak mudah. Jika anda belum terbiasa atau tidak nyaman melakukannya, sebaiknya asahlah kemampuan itu. Karena skill public speaking sangat penting dimiliki. Di dunia kerja, anda pasti akan berbicara di depan banyak orang, seperti rapat dengan tim. Tidak hanya itu, anda juga berpeluang mempresentasikan materi ke klien atau perusahaan lain. 

4. Team Work

Kerja sama tim atau team work juga sangat penting dimiliki demi bisa membangun hubungan kerja positif untuk mencapai tujuan bisnis. Biasanya perusahaan juga mencari kandidat yang mampu bekerja tim maupun mandiri. Tanpa adanya kemampuan team work, anda akan kesulitan mengikuti arus dunia kerja nantinya.

5. Leadership

Ketika baru pertama direkrut, mungkin anda tidak langsung menjabat manajer. Tapi penting untuk menunjukkan kalau anda punya potensi dalam memotivasi rekan kerja tim agar tetap bersemangat. Skill leadership juga akan berguna ketika anda memutuskan tenggat waktu pekerjaan.

6. Manajemen Waktu

Manajemen waktu sangat penting dimiliki oleh semua orang, tak terkecuali fresh graduate. Dalam bekerja, anda akan dituntut untuk menyelesaikan pekerjaan sesuai deadline. Dan biasanya pekerjaan yang harus dikerjakan tidak hanya satu, maka anda harus pintar dalam melakukan manajemen waktu.

7. Analisis

Kemampuan dalam analisis membantu anda bekerja dengan berbagai jenis informasi. Selain itu anda juga bisa menganalisis tren menarik yang sedang populer saat ini. Dengan kemampuan analisis yang baik, maka anda turut andil membantu perkembangan perusahaan, walaupun secara tidak langsung.

8. Menulis

Memiliki keahlian menulis juga bisa menjadi nilai lebih dan nantinya bisa membantu untuk memperoleh pekerjaan yang diinginkan. Dimulai dari cover letter, tunjukkanlah anda punya kemampuan menulis, berbahasa yang baik dan layak dipertimbangkan.

9. Berpikir Kritis

Memiliki skill critical thinking atau berpikir kritis sangatlah penting. Karena bisa saja nanti kedepannya anda dihadapkan pada suatu kondisi harus membuat keputusan logis di depan atasan atau rekan kerja. Jadi asahlah kemampuan anda untuk berpikir kritis.

10. Keahlian Dasar Software Komputer

Apalagi di perusahaan besar, hampir semuanya menggunakan komputer sudah tidak manual lagi. Jadi pastikan anda memiliki keahlian dasar software komputer seperti mengoperasikan Microsoft (Word, Powerpoint, Excel). Karena nanti dalam bekerja sehari-hari akan memakai software ini.

11. Interpersonal

Kemampuan interpersonal juga sebaiknya anda miliki. Menghargai dan menghormati orang di sekitar anda, baik atasan, rekan kerja, resepsionis, ob dan lainnya.

12. Bekerja Independen

Salah satu bagian dari pekerjaan anda nanti adalah bekerja dengan supervisi minimal. Artinya anda harus bisa beradaptasi dan bekerja independen. Meskipun sebagai fresh graduate biasanya akan didampingi tapi supervisor tidak akan selalu ada di tempat. Jadi harus siap untuk bekerja independen.

13. Inovatif & Kreatif

Ketika melakukan interview kerja, tampilkanlah kalau anda adalah seorang yang inovatif dan kreatif. Karena masih fresh graduate, recruiter akan tertarik jika anda bisa out of the box dan mampu memberikan ide-ide menarik yang segar untuk kemajuan perusahaan.

14. Integritas

Anda harus memastikan kalau company culture sejalan dengan nilai yang anda percayai. Kesempatan untuk diterima lebih besar bila anda punya kecocokan visi misi dan kultur perusahaan tersebut.

15. Kolaborasi

Ketika memasuki dunia kerja, berarti anda siap untuk berkolaborasi dan bekerja sama dengan rekan kerja atau anggota tim lain yang memiliki latar belakang berbeda-beda. Dengan memiliki kemampuan kolaborasi, maka akan membantu anda membawa harmoni baik di tempat kerja.

10 Kelebihan Fresh Graduate Didunia Kerja

Walaupun para fresh graduate seringkali dinilai sebelah mata karena kurangnya pengalaman yang dimiliki. Tapi ternyata banyak lho kelebihan yang dimiliki oleh fresh graduate dan ini sering kali menjadi nilai tambah dan incaran perusahaan-perusahaan untuk merekrut pegawai.

1. Ambisius

Ambisius kerap kali dianggap negatif, padahal kenyataannya tidak begitu. Memiliki sifat ambisius justru bisa membantu anda untuk maju karena memiliki motivasi yang kuat. Anda akan berusaha sekeras mungkin untuk mencapai goal yang sudah ditetapkan.

2. Semangat Belajar Tinggi

Karena baru lulus dan mendapatkan pekerjaan pertama, pasti masih memiliki semangat belajar yang tinggi. Akan ada pertanyaan dan haus pengetahuan atau materi pekerjaan yang mungkin masih baru untuk anda. Hal ini tentu akan dilihat baik oleh perusahaan. Karena pegawai lama terkadang merasa ilmunya sudah cukup dan tidak haus ilmu lagi seperti para fresh graduate.

3. Pendengar Yang Baik

Perusahaan akan senang memiliki karyawan yang bisa memposisikan diri sebagai pendengar yang baik. Karena pekerjaan yang dilakukan bukan hanya untuk karyawan itu saja. Ada berbagai masukan dan saran yang harus diperhatikan, agar pekerjaan sesuai dengan visi misi perusahaan dan umumnya fresh graduate selalu ingin mendengarkan masukan-masukan.

4. Up To Date

Banyak orang yang menganggap kalau semakin muda maka makin up date terhadap perkembangan dibanding generasi sebelumnya. Hal ini juga berlaku di dunia kerja. Banyak perusahaan yang menganggap kalau fresh graduate lebih tech savvy dan up to date mengenai trend dan perkembangan zaman. Kelebihan ini akan memberikan dampak positif untuk perusahaan sehingga memunculkan ide menarik.

5. Inovatif

Keunggulan lain dari fresh graduate adalah pemikirannya inovatif yang didapatkan ketika masa kuliah. Hal tersebut disukai perusahaan karena memerlukan pemikiran baru yang mungkin tidak terpikirkan sebelumnya.

6. Terbuka Terhadap Feedback

Fresh graduate biasanya masih “haus” akan ilmu baru. Jadi seringkali lebih terbuka terhadap feedback. Selain itu untuk memberikan kesan positif, biasanya menampilkan selalu ingin tau apakah kinerjanya sudah memenuhi harapan atau belum. Sehingga para fresh graduate cenderung lebih terbuka dan mau menerima masukan dari atasan atau senior.

7. Punya Perspektif Baru

Nilai lebih para fresh graduate adalah mereka memiliki perspektif baru terhadap permasalahan atau tren. Tidak sedikit perusahaan yang “cari aman” ketika sudah lama beroperasi di industri. Sehingga perusahaan menutup diri dari hal baru dan segala resikonya. Ternyata hal itu malah membuat perusahaan ketinggalan tren. Nah, para fresh graduate inilah yang dianggap mampu membawa “ide segar” melalui perspektifnya.

8. Antusias

Jika anda merasa antusias dan senang saat memperoleh pekerjaan pertama, maka ada baiknya anda mempertahankan perasaan tersebut. Memiliki antusiasme tinggi untuk memberikan yang terbaik akan mendorong terciptanya kompetisi sehat di perusahaan. Sehingga produktivitas akan meningkat.

9. Pekerja Keras

Keunggulan lain yang dilihat dari seorang fresh graduate adalah bekerja keras. Memperoleh pekerjaan baru akan membuat orang termotivasi untuk menunjukkan skillnya di perusahaan tersebut. Dan biasanya seorang fresh graduate cenderung akan lebih bekerja keras dibandingkan pekerja yang sudah lama. Hal inilah yang menjadi nilai tambah dan dicari oleh perusahaan.

10. Mudah “Dibentuk”

Di mata perusahaan, kelebihan dari fresh graduate adalah mudah “dibentuk” sesuai kebutuhan perusahaan. Karena pengalaman minim, anda sebagai fresh graduate akan menyerap informasi dengan cepat. Jadi itu bisa menjadi nilai tambah bagi anda. 

Banyak anak muda yang setelah lulus ingin mencoba bisnis UMKM namun kesulitan karena tidak ada networking yang luas. Selain itu, anak muda yang ingin memulai bisnis juga membutuhkan modal usaha yang cukup. Salah satu fintech lending berizin OJK yang bisa Anda percayakan untuk kembangkan bisnis lewat modal usaha adalah DanamasPinjaman UMKM online terpercaya ini bisa memberikan modal usaha berjaminan dari Rp 50 juta – Rp 2 miliar dengan kemudahan aksesnya lewat Aplikasi Danamas Pinjaman Bisnis di smartphone. Masa tenor yang diberikan bervariasi mulai dari 1 sampai 10 tahun. Anda juga bisa simulasikan pinjaman dan nilai properti dengan kalkulator simulasi properti dan kalkulator pinjaman di website Danamas. Untuk info lebih lengkapnya, klik DISINI!

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

apa-itu-tes-dna

Biaya Tes DNA, Manfaat, Lokasi & Manfaatnya Untuk Kesehatan

Biaya tes DNA biasanya dimulai dari harga Rp 7 juta hingga Rp 10 juta di beberapa lokasi rumah sakit di Indonesia. Melakukan tes ini memang terbilang mahal dengan hasil yang b

review-buku-the-life-changing-of-tidying-up

Review Buku The Life Changing Magic of Tidying Up Karya Marie Kondo

Review buku berjudul The Life Changing Magic of Tidying Up adalah buku terlaris yang ditulis oleh penulis Jepang, Marie Kondo, yang awalnya diterbitkan pada tahun 201

kalender-2023-dan-tanggalnya

Kalender 2023 Lengkap Dengan Tanggal Merah

Saat menyambut tahun baru, maka salah satu yang paling dicari adalah kalender 2023 lengkap dengan tanggal merah. Tanggal merah atau hari libur pasti ditunggu oleh banyak orang