haki

Pada 20 Juli 2002 lalu perusahaan Baim Wong yaitu PT Tiger Wong Entertainment mendaftarkan brand Citayam fashion week ke PDKI Kemenkumham sebagai hak kekayaan intelektual atau HAKI. Tak hanya Baim Wong, Indigo Aditya Nugroho pun juga mendaftarkan permohonan yang serupa. Baim Wong menyatakan bahwa pendaftaran Citayam Fashion Week di Ditjen Hki Kemenkumham adalah untuk kepentingan layanan hiburan di bidang peragaan busana dan pemberitaan pada bidang fashion. 

Namun hal ini mengundang pro dan kontra di berbagai kalangan. Ada beberapa pihak yang menganggap langkah yang dilakukan adalah hal baik, namun ada juga yang menganggapnya serakah, dimana ia ingin mengambil keuntungan dari fenomena yang sedang berlangsung ini, yaitu Citayam Fashion Week. Namun sebenarnya apakah itu HAKI? Berikut ulasannya untuk anda.

HKI Terdiri dari beberapa jenis seperti hak paten, hak merek, dan hak cipta. Hak paten adalah hak eksklusif inventor atau penemu di bidang teknologi untuk selama waktu tertentu melaksanakan sendiri serta memberikan persetujuan kepada pihak lain untuk melaksanakan invensinya. Invensi adalah ide penemuan yang dituangkan ke dalam sebuah kegiatan yang spesifik di bidang teknologi. invensi tersebut bisa berupa produk atau proses ataupun penyempurnaan dan pengembangan produk itu sendiri.

Di dalam dunia produksi dan industri Umumnya menggunakan hak cipta atas sebuah produk. hak cipta produk Ini berbentuk fisik karya seni tulisan ataupun karya intelektual. secara umum semua hal yang diciptakan dan memiliki paten dalam pembuatannya serta diproduksi secara komersial memiliki hak cipta tersendiri.

Apa itu HAKI?

HAKI adalah hak atas kekayaan yang tidak berwujud atau intangible, hasil dari olah pikir ataupun kreativitas manusia yang menghasilkan sebuah ciptaan dan invensi di bidang seni ilmu pengetahuan sastra dan teknologi yang memiliki manfaat ekonomi. HAKI menetapkan hak atas kepemilikan terhadap karya-karya yang timbul ataupun lahir karena adanya kemampuan intelektual manusia Dalam urgensi ilmu pengetahuan dan teknologi.

Jenis-jenis HAKI

  • Hak Cipta

Hak cipta adalah salah satu bagian dari HAKI yang memiliki ruang lingkup objek yang dilindungi serta paling luas. Hak cipta mencakup ilmu pengetahuan seni dan sastra yang belakangan mencakup program komputer atau teknologi. Hak cipta adalah jenis HAKI yang paling banyak diajukan oleh orang seiring dengan bertumbuhnya perkembangan ekonomi kreatif dan teknologi. Hak cipta adalah hak eksklusif bagi penemu, pencipta, ataupun perancangan sebuah produk yang muncul secara otomatis berdasarkan prinsip deklaratif. Prinsip ini dilakukan setelah seseorang menciptakan atau mewujudkan bentuk nyata dari sebuah produk seperti karya seni tulisan produk teknologi dan lain-lain.

HAKI

Karya ciptaan yang dilindungi oleh HAKI antara lain:

  • Arsitektur
  • Lagu atau musik tanpa teks
  • Peta
  • Buku, Aku pro G komputer, karya tulis yang diterbitkan
  • Seni batik dan fotografi
  • Lagu atau musik tanpa teks
  • Terjemahan, an tafsir, bunga rampai, saduran, dan karya alih wujud

Setiap karya cipta memiliki masa perlindungan ciptaan atas HAKI antara lain:

Karya CiptaMasa Perlindungan
Perlindungan hak cipta+70 tahun
Perlindungan komputer50 tahun sejak publikasi pertama
pelaku seni pertunjukan 50 tahun sejak dipertunjukkan pertama kali
Produser rekaman 50 tahun sejak proses fiksasi ciptaan
Lembaga penyiaran20 tahun sejak pertama kali disiarkan
  • Hak kekayaan industri

Hak kekayaan industri adalah HAKI yang meliputi paten merek dagang desain industri hingga indikasi geografis. Hak paten dipakai untuk melindungi penemuan atas Sebuah produk hasil industri. Merek digunakan untuk melindungi merek dagang dari semua produk hasil industri yang terkait. Sedangkan indikasi geografis dipakai untuk melindungi nama geografis.

Fungsi HAKI

  • HAKI Sebagai perlindungan hukum terhadap karya cipta

Jika anda mendaftarkan sebuah karya ke HAKI, maka anda secara otomatis dan karya tersebut bisa mendapatkan perlindungan hukum. Pemilik karya juga lebih leluasa dalam memanfaatkan nilai ekonomis dan karya cipta tersebut tanpa perlu khawatir menyalahi hukum yang berlaku.

  • Sebagai bentuk antisipasi pelanggaran HAKI

Pendaftaran hak cipta ini bisa membuat anda memiliki landasan yang kokoh untuk melawan orang-orang yang menggunakan karya secara ilegal. Maka pihak lain bisa lebih berhati-hati untuk mencomot karya orang lain.

  • Meningkatkan kompetisi dan memperluas pangsa pasar

Tidak semua orang mampu memiliki kreativitas untuk menghasilkan sebuah karya dan berinovasi sehingga mampu memiliki kompetisi yang sehat dan juga meningkat. Hal ini akan membuat perusahaan saling berlomba untuk menghasilkan karya terbaik secara tidak langsung. 

  • Memiliki hak monopoli

Sistem pendaftaran HAKI hanya diberikan kepada pihak pertama yang mendaftarkan ke Direktorat Jenderal HAKI. Jadi,  selagi produk Anda masih baru dan memiliki potensi yang cukup baik maka sebaiknya segera didaftarkan. Pendaftaran sejak awal juga bisa membuat anda memiliki hak monopoli untuk melarang pihak lain menggunakan HAKI tanpa izin.

Simbol-Simbol Terkait Hak Kekayaan Intelektual

HAKI
  • ™ (Trade Mark)

Simbol pertama adalah ™ (Trade Mark) yang menjadi tanda sebuah merek dagang. Jika anda melihat simbol ini maka artinya produk tersebut sedang dalam proses perpanjangan masa HAKI  kepemilikan.

  • SM (Service Mark)

Simbol Ini Adalah simbol kepemilikan HAKI yang dipakai untuk menandai suara-suara tertentu. Suara tersebut seperti suara yang ada dalam sebuah film. Suara unik ini bisa dipakai di film tanpa seizin pemiliknya.

  • R (Registered Mark)

Jika sebuah produk atau merek memiliki tanda Registered Mark  artinya mereka sudah terdaftar di HAKI.

  • C (Copyright)

Simbol terakhir ini menunjukkan kepemilikan hak cipta atau yang sering disebut dengan copyright. Maka siapapun yang ingin melakukan pembeli kasihan terhadap karya yang sudah memiliki label copyright harus mencantumkan nama pemilik hak cipta.

Syarat mendaftar HAKI

  • Formulir permohonan
  1. Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengisi formulir pendaftaran ciptaan yang sudah disediakan dan diketik rangkap 3. Lembar pertama dari formulir ditandatangani diatas materai 6000.
  2. Ajukan surat permohonan pendaftaran ciptaan lalu cantumkan beberapa data berikut:
  • Nama, kewarganegaraan dan alamat
  • Nama, kewarganegaraan dan alamat pemegang hak cipta, nama kewarganegaraan dan alamat kuasa serta jenis dan judul ciptaan.
  • Tanggal dan tempat ciptaan diumumkan pertama kali.
  • Uraian ciptaan
  1. Surat permohonan pendaftaran ciptaan hanya bisa diajukan untuk satu ciptaan
  2. Melampirkan bukti kewarganegaraan pencipta dan pemegang hak cipta yaitu berupa fotokopi KTP atau paspor.
  3. Jika permohonan badan hukum maka pada surat permohonan yang harus dilampirkan turunan resmi akta pendirian badan hukum tersebut.
  4. Melampirkan surat kuasa, bila permohonan tersebut diajukan oleh seorang puasa beserta bukti kewarganegaraan kuasa tersebut.
  5. Jika pemohon tidak bertempat tinggal di dalam wilayah Indonesia maka keperluan permohonan pendaftaran ciptaan harus memiliki tempat tinggal dan menunjuk seorang kuasa yang ada di dalam wilayah Indonesia.
  6. Jika ciptaan tersebut telah dipindahkan, kan maka melampirkan bukti pemindahan hak
  7. Melampirkan contoh ciptaan yang dimohonkan pendaftaran atau penggantinya.

Cara Mendaftarkan Hak Cipta

Alternatif cara mendaftarkan hak cipta:

  • Mendaftar di kantor wilayah Kementerian Hukum dan HAM dengan datang langsung ke kantor wilayah tersebut dan membawa dokumen persyaratan.
  • Mendaftar secara online melalui halaman www.hakcipta.dgip.go.id

Baca juga: Rincian Biaya Hidup Di Jakarta Untuk Karyawan

Langkah Mengurus Hak Cipta Secara Online

  • Masuk ke situs e-hak cipta.dgip.go.id
  • Lakukan registrasi
  • Login menggunakan username dan password yang sudah anda buat
  •  Mengunggah in dokumen persyaratan antara lain:
  • Surat permohonan pemindahan hak cipta
  •  bukti pengalihan hak
  •  surat perjanjian
  •  fotokopi surat pencatatan Cipta
  •  KTP
  •  surat kuasa
  •  akta perusahaan
  • Melakukan pembayaran setelah mendapatkan kode pembayaran pendaftaran hak cipta
  • Menunggu proses pengecekan dan pengecekan dokumen persyaratan formal. Jika masuk ke dalam kategori jenis ciptaan yang dikecualikan, lalu dilakukan verifikasi dan pengunggahan dokumen persyaratan.
  • Approval dan sertifikat bisa diunduh serta dicetak sendiri oleh pemohon.

Dengan mengetahui hal ini, maka saat Anda memiliki merek atau karya cipta sendiri, bisa coba langsung didaftarkan ke HAKI. Karya cipta yang intangible sangat rentan untuk ditiru dan dimiliki oleh pihak lain, maka HAKI adalah jalan yang mungkin bisa Anda lakukan. Hal ini juga bisa Anda lakukan saat Anda memiliki bisnis dan ingin mematenkannya di HAKI. Namun, jika Anda kekurangan modal usaha untuk mengembangkan bisnis, maka Danamas bisa jadi solusinya. Ada pinjaman modal usaha mulai dari Rp 50 juta – Rp 2 miliar dengan suku bunga ringan dan tenor hingga 10 tahun. Coba ajukan pinjaman agunan properti Anda di Danamas dengan klik INI.

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

apa-itu-tes-dna

Biaya Tes DNA, Manfaat, Lokasi & Manfaatnya Untuk Kesehatan

Biaya tes DNA biasanya dimulai dari harga Rp 7 juta hingga Rp 10 juta di beberapa lokasi rumah sakit di Indonesia. Melakukan tes ini memang terbilang mahal dengan hasil yang b

review-buku-the-life-changing-of-tidying-up

Review Buku The Life Changing Magic of Tidying Up Karya Marie Kondo

Review buku berjudul The Life Changing Magic of Tidying Up adalah buku terlaris yang ditulis oleh penulis Jepang, Marie Kondo, yang awalnya diterbitkan pada tahun 201

kalender-2023-dan-tanggalnya

Kalender 2023 Lengkap Dengan Tanggal Merah

Saat menyambut tahun baru, maka salah satu yang paling dicari adalah kalender 2023 lengkap dengan tanggal merah. Tanggal merah atau hari libur pasti ditunggu oleh banyak orang