biaya-kuret

Umumnya kuret dikenal sebagai prosedur medis yang dilakukan oleh wanita saat mengalami keguguran. Namun di beberapa kondisi, kuret juga dilakukan jika terjadi indikasi yang membutuhkan penanganan medis ini. Jika berencana melakukannya, anda harus menyiapkan uang untuk biaya kuret

Cek kehamilan itu merupakan hal yang sangat diperlukan untuk mengetahui kesehatan kandungan. Saat keguguran hamil, Anda mungkin akan bertanya, berapa biaya kuret di rumah sakit? Apakah bisa menggunakan BPJS? Ada faktor-faktor yang mempengaruhi tagihan. Pertanyaan-pertanyaan ini cukup sering dilontarkan oleh beberapa orang. Jadi kisaran harganya tergantung dari jenis obat bius yang dipakai, lokasi rumah sakit dan keperluan rawat inap. Jika perlu rawat inap setelah melakukan kuret, maka itu bisa memperbesar biaya Anda setelah melakukan kuret. Namun, tentu Anda akan mendapatkan perawatan khusus saat berada di rumah sakit.

Ada banyak informasi penting yang bisa anda ketahui mulai dari proses kuret, biaya kuret sampai barang-barang yang harus dibawa ketika ingin kuret di Rumah Sakit. Pastikan anda membacanya agar bisa mempersiapkan psikis dan budget dengan baik. Berikut ulasannya untuk anda.

Apa Itu Kuret?

Kuret adalah sebuah nama alat bedah yang dipakai untuk mengeluarkan jaringan dari dalam rahim. Tindakan ini disebut dengan kuretase. Proses memakai waktu dari 10 hingga 15 menit. Pada proses ini beberapa pasien dibius terlebih dahulu sehingga mereka pun tidak akan merasakan kesakitan.

Kuret Untuk Berbagai Keperluan Medis

Banyak orang yang berpikir kalau orang yang menjalani kuretase hanya orang yang baru saja mengalami keguguran. Padahal ada kasus yang mengharuskan seseorang menjalani kuret bukan karena keguguran tapi kuretase juga dilakukan untuk beberapa tindakan medis. Berikut antara lain:

  • Kuret Untuk Pemeriksaan

Jadi ada kasus dimana seseorang melakukan kuretase bukan karena keguguran, tapi ada sebab lain. Ada beberapa keluhan yang memungkinkan anda untuk dilakukan kuretase seperti:

  1. Pendarahan diluar siklus menstruasi
  2. Nyeri dan pendarahan vagina saat berhubungan intim
  3. Pendarahan vagina yang parah
  4. Pendarahan setelah menopause

Dengan melakukan kuretase biasanya ada beberapa proses pemeriksaan lanjutan saat dokter menemukan adanya kelainan seperti pada pemeriksaan pap smear dan USG rahim. Kuret bisa dijadikan sebagai sebagai bagian dari proses diagnosis dan dokter mengumpulkan sampel jaringan dari rahim untuk diperiksa lanjutan di laboratorium.

Setelah itu hasil pemeriksaan tersebut bisa mendiagnosis beberapa kondisi seperti kanker rahim polip rahim hingga penebalan dinding rahim. Pada prosedur pemeriksaan juga dipadukan dengan  histeroskopi. Jika ditemukan beberapa kelainan seperti miom atau polip pada rahim maka dokter akan melakukan tindakan selanjutnya.

  • Kuret Untuk Menangani Kondisi Tertentu

Kuret biasanya digunakan untuk mengambil sampel atau pengobatan yang bertujuan untuk mengeluarkan jaringan abnormal yang terdapat dalam rahim antara lain:

  1. Mengangkat polip pada rahim atau serviks
  2. Membersihkan jaringan yang tersisa pada rahim akibat beberapa kondisi medis
  3. Mengeluarkan gumpalan darah dan jaringan di dalam rahim
  4. Membersihkan sisa jaringan plasenta yang tertinggal di rahim setelah persalinan
  5. Mengangkat tumor fibroid jinak pada dinding rahim

Proses Kuret Seperti Apa?

Lakukanlah proses kuret di tempat yang terpercaya dan ditangani oleh dokter kompeten. Jangan asal dalam memilih rumah sakit. Penanganan harus dilakukan sebaik mungkin, agar tidak menimbulkan infeksi rahim. Kondisi tersebut bisa menyebabkan demam, nyeri pada perut, keluarnya darah atau nanah dari vagina serta keputihan berbau tidak sedap.

a. Berapa Lama Proses Kuret?

Sebenarnya proses kuret tidak memerlukan waktu lama, kurang lebih 15 menit saja. Namun, ada proses pemulihan sekitar 5 jam atau bisa memakan waktu seharian, tergantung dari keadaan tubuh dan jenis anestesi yang dipakai oleh dokter.

b. Apa Saja Alat Kuretase?

Apa saja alat yang digunakan untuk kuretase? ada banyak alat yang dipakai seperti 1 set kuret berujung tumpul, 1 forceps DeBakey, 2 retraktor vagina, 8 dilator uterus Hegar (4, 6, 8,10, 12, 14,16, 18 mm), 1 tenakulum, 1 spekulum vagina Collin, 1 sonde uterus, 1 forcep Cheron, 1 set instrumen steel steril, cairan povidone iodine, cetrimide atau chloroxylenol dan sarung tangan latex.

c. Kuret Dibius Apa?

Mulanya dokter akan menyuntik anestesi. Jika suntikan yang diberikan adalah anestesi umum, maka pasien tidak akan sadarkan diri selama proses operasi. Tapi jika hanya spinal atau epidural (Regional), pasien akan tetap sadar tapi bagian pinggang ke bawah tidak merasakan apa-apa. Berbeda lagi dengan anestesi lokal, pasien akan tetap sadar tapi kebas di bagian serviks.

Tahapan Proses Kuret

Waktu pelaksanaan kuret memang tidak terlalu lama. Karena tahapan yang dilakukan juga tidak banyak, hanya ada 2 tahapan saja yaitu dilatasi dan kuretase. Namun anda tidak perlu takut atau khawatir, tim dokter akan menyelesaikan operasi dengan cepat. Berikut adalah rincian tahapannya:

  • Dilatation atau pelebaran: Proses ini Dilakukan dengan cara melebarkan bagian bawah uterus atau serviks untuk memasukkan alat medis.
  • Kuret atau kuretase yang dilakukan dengan mengikis lapisan uterus dan mengangkat bagian tersebut dengan alat medis yang berbentuk panjang menyerupai sendok. Di beberapa kondisi dokter juga bisa menggunakan kanula untuk menghisap bagian yang tersisa dari uterus lalu nantinya bisa diperiksakan ke lab.

Efek Dari Kuret

Kuret memiliki beberapa efek yang bisa dirasakan oleh pasien seperti kram hebat hingga pendarahan ringan. Namun ada beberapa kondisi yang bisa terjadi pada Anda seperti demam nyeri sakit perut pendarahan hebat hingga bau tak sedap pada vagina.

Biaya Kuret

Anda perlu menyediakan budget yang cukup untuk membayar biaya kuret. Lokasi melaksanakan kuret tentu saja bisa mempengaruhi biayanya. Bahkan tiap rumah sakit memiliki kisaran harga yang berbeda juga. Anda bisa menentukan pilihan berdasarkan budget yang tersedia.

Bagaimana dengan pasien BPJS? berdasarkan review dari pasien di internet, kuret memakai BPJS tidak dikenakan biaya. Selain itu, sebelum operasi berlangsung, pasien akan diperiksa oleh dokter spesialis ginekolog menggunakan USG 4D.

a. Biaya Kuret Di RS Swasta

Proses tindakan kuretase bisa dilakukan di rumah sakit. Tindakan medis Ini membutuhkan peralatan dan prosedur yang tidak sederhana sehingga umumnya tindakan kuret ada yang dirujuk ke rumah sakit. Untuk biaya kuret di rumah sakit bervariasi mulai dari Rp1.200.000 hingga belasan juta rupiah. Biaya tersebut belum termasuk biaya lain-lain seperti obat-obatan biaya rawat inap dan lain-lain. berikut daftar biaya kuret di rumah sakit di Jakarta.

  • Rumah Sakit Agung. Rumah Sakit Agung yang berlokasi di Setiabudi Jakarta Selatan memiliki kisaran biaya kuret yaitu Rp1.452.000.
  • Rumah Sakit Mitra Keluarga. Rumah Sakit Mitra Keluarga Kemayoran miliki layanan kuret yang yang bernilai Rp5.025.000.
  •  Rumah Sakit Umum Zahirah. Rumah sakit Umum yang berlokasi di Jagakarsa Jakarta Selatan ini memiliki biaya kuret mulai dari Rp2.221.000.
  • Rumah Sakit Premier Jatinegara. Biaya kuret di Rumah Sakit Premier Jatinegara yaitu mulai dari Rp8.000.000.
  • Mayapada Hospital Kuningan. Biaya kuret di Rumah Sakit Mayapada Hospital Kuningan yaitu mulai dari Rp 8.420.000.
  • RS Hermina Pekanbaru Rp 5.839.000
  • MRCC Siloam Hospitals Semanggi Rp 16 juta
  • RS Premier Surabaya Rp 18 juta
  • RS Premier Bintaro Rp 7 juta
  • RS Mitra Keluarga Kalideres Rp 2,9 juta
  • RS Harapan Keluarga Cikarang Rp 1.452.000

b. Biaya Kuret Di Puskesmas

Jika anda datang ke puskesmas untuk melakukan kuret, maka pihak puskesmas akan merujuk ke rumah sakit. Jika anda peserta Program JKN-KIS segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI) biaya dari puskesmas hingga kuret di rumah sakit akan digratiskan.

c. Biaya Kuret Di Klinik 

Tidak sedikit orang yang bertanya, apakah bisa kuret di bidan? karena bidan tidak mematok harga yang tinggi seperti rumah sakit. Selain itu secara umum lokasinya juga mudah untuk ditemui di dekat rumah. Ternyata bisa, tapi jika bidan tersebut bekerja sama dengan dokter spesialis obstetri dan ginekologi. Karena kuret bukanlah tugas dan wewenang bidan.

Dokter kandungan lah yang memiliki tugas untuk melakukan kuret. Karena kuret memiliki risiko terjadinya komplikasi. Apalagi ada proses pembiusan ketika melakukan kuret. Bila kuret tidak dilakukan di rumah sakit dan timbul komplikasi pada pasien ketika pembiusan, ini bisa membahayakan nyawa pasien tersebut.

Biaya USG Setelah Keguguran

Setelah mengalami keguguran, pasien bisa melakukan 2 USG, yaitu USG abdomen dan USG transvaginal. Sebenarnya biaya USG tergantung beberapa faktor seperti kebijakan rumah sakit, lokasinya, dokter yang melakukannya, dan biaya tambahan lain yang ditentukan oleh pihak rumah sakit. 

Rata-rata biaya USG berkisar Rp 400.000 – Rp 800.000. Tapi ada juga yang mematok Rp 200.000. Untuk rumah sakit elit mencapai Rp 1.800.000. Anda bisa mencari informasi dahulu apakah biaya tersebut sudah termasuk biaya tambahan atau belum. Karena tiap rumah sakit memiliki kisaran harga masing-masing.

Apakah Kuret Bisa Pakai BPJS?

BPJS bisa menanggung tindakan medis kuret tanpa dikenai beban pembayaran apapun. namun untuk bisa memanfaatkan layanan BPJS maka anda perlu mendapatkan surat rujukan dari dokter yang berisi diagnosis untuk memastikan kondisi keguguran atau surat rujukan dari Puskesmas atau klinik yang diberikan kepada dokter spesialis kandungan di faskes 2. 

Syarat Kuret Di Rumah Sakit

Tidak banyak syarat yang diberikan jika ingin melaksanakan kuret. Pasien hanya perlu menyatakan persetujuan yang diberikan dengan bebas, rasional dan tanpa paksaan tentang tindakan yang akan dilakukan dokter terhadap dirinya sendiri setelah memperoleh informasi cukup tentang tindakan kedokteran tersebut. 

Untuk pasien dewasa yang sudah menikah, persetujuan maupun penolakan tindakan medis akan diberikan pada Suami. Tapi jika sedang berhalangan, maka ayah atau ibu kandung, anak kandung, saudara kandung bisa memberikan persetujuan atau penolakan.

Daftar Barang Yang Harus Dibawa Saat Kuret

Ketika berniat untuk menjalani kuret, ada hal-hal yang perlu dipersiapkan. Jangan sampai ada yang terlewat. Barang-barang yang harus dibawa seperti pembalut tambahan, baju ganti, obat-obatan yang rutin diminum dan persyaratan asuransi (bila ada). 

Walaupun kuretase adalah prosedur rawat jalan dan biasanya tidak perlu membawa baju ganti untuk menginap. Tapi ada juga pasien yang diminta untuk rawat inap. Jadi sebaiknya anda membawa baju yang nyaman untuk berjaga-jaga.

Prosedur Kuret Dengan BPJS?

Untuk lebih menghemat biaya kuret. Anda bisa menggunakan BPJS untuk kuretase. Tapi ada dokumen pendukung yang perlu dilampirkan saat ingin melakukan kuret dengan BPJS. Persiapkan dengan teliti, jangan sampai ada yang tertinggal.

  • Kartu BPJS
  • KTP
  • Surat rujukan dari dokter kandungan dan USG
  • Surat rujukan dari Puskesmas atau klinik faskes 1 

Jadikan Bisnis Lebih Besar Dengan Pilihan Modal Berizin OJK

Dari artikel ini kita bisa mengetahui betapa pentingnya memiliki dana darurat. Dana darurat bisa memberikan rasa aman atas situasi yang tidak bisa kita duga kedepannya, seperti keguguran. Jika hal ini terjadi dan Anda membutuhkan dana untuk segera melakukan tindakan, maka Anda bisa dapatkan pinjaman untuk kebutuhan darurat. Salah satu pinjaman online terpercaya yang bisa jadi pilihan Anda adalah Danamas.

Kredibilitas Danamas tidak perlu diragukan lagi terlebih lagi karena Danamas masih dalam Sinar Mas Group, sehingga Anda pun tak perlu lagi ragu untuk mengajukan pinjaman di Danamas. Pinjaman bisa mencapai Rp 2 miliar dengan tenor 1 hingga 10 tahun. Kunjungi website Danamas atau Instagram Danamas untuk informasi lebih lanjut tentang produk pinjaman yang ditawarkan. Jangan ragu untuk menghubungi Danamas di Hotline: 021-50960896, email: [email protected] atau Whatsapp Danamas di nomor 0882 24222 001/0882 24222 002.

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

apa-itu-tes-dna

Biaya Tes DNA, Manfaat, Lokasi & Manfaatnya Untuk Kesehatan

Biaya tes DNA biasanya dimulai dari harga Rp 7 juta hingga Rp 10 juta di beberapa lokasi rumah sakit di Indonesia. Melakukan tes ini memang terbilang mahal dengan hasil yang b

review-buku-the-life-changing-of-tidying-up

Review Buku The Life Changing Magic of Tidying Up Karya Marie Kondo

Review buku berjudul The Life Changing Magic of Tidying Up adalah buku terlaris yang ditulis oleh penulis Jepang, Marie Kondo, yang awalnya diterbitkan pada tahun 201

kalender-2023-dan-tanggalnya

Kalender 2023 Lengkap Dengan Tanggal Merah

Saat menyambut tahun baru, maka salah satu yang paling dicari adalah kalender 2023 lengkap dengan tanggal merah. Tanggal merah atau hari libur pasti ditunggu oleh banyak orang