Tips hemat liburan akhir tahun

Akhir tahun merupakan momen yang tepat untuk berlibur, entah itu berlibur bersama keluarga, teman, ataupun bepergian sendiri. Liburan akhir tahun bisa memberikan Anda kesempatan untuk mempererat hubungan dengan orang yang dicintai serta lebih mengenal diri sendiri. 

Untuk pergi berlibur pun, tentunya harus nyaman dan tanpa harus merogoh uang yang diluar budget yang sudah Anda persiapkan. Yuk simak tips liburan akhir tahun yang nyaman dan hemat. 

Tips Liburan Akhir Tahun

Tips hemat liburan akhir tahun
  1. Membuat Rencana Anggaran

Agar bisa liburan akhir tahun dengan hemat, maka Anda dapat melakukan perencanaan jauh- jauh hari. Mulai dari tempat atau lokasi yang ingin dituju, akomodasi yang akan dipilih. Menentukan dan merencanakan anggaran yang diperlukan untuk segala aktivitas yang akan dilakukan selama liburan akhir tahun tentunya membantu Anda terhindar dari hal biaya diluar budget atau anggaran yang telah ditentukan.

  1. Memesan tiket lebih awal    

Memesan tiket lebih awal, memiliki keuntungan tersendiri yakni harga tiket yang lebih murah. Pesanlah tiket dua atau tiga minggu sebelum tanggal keberangkatan untuk perjalanan domestik dan lima hingga enam bulan sebelum tanggal perjalanan internasional. 

  1. Memanfaatkan promo

Menjelang akhir tahun, biasanya akan banyak promo yang ditawarkan. Hal ini bisa Anda manfaatkan untuk mendapatkan liburan akhir tahun yang lebih murah. Biasanya akan ada promo seperti discount penerbangan, cashback, dan lain sebagainya. 

  1. Makan di tempat yang murah

Anda boleh saja berkunjung ke restoran atau tempat mewah untuk mencoba kuliner, namun ada baiknya jangan selama liburan, terus menerus untuk makan di tempat yang mahal. Anda bisa mencoba untuk datang ke tempat yang menawarkan harga yang lebih murah. Selain mendapatkan harga makanan yang lebih terjangkau, Anda juga bisa mengenal warga lokal dan menikmati budayanya. 

Baca Juga: 11 Ide Aktivitas Hemat Untuk Weekend bersama Keluarga

  1. Menggunakan transportasi umum sesuai budget 

Untuk Anda yang berlibur di wilayah perkotaan, sangat disarankan menggunakan transportasi umum seperti bus, MRT, ketimbang dengan menggunakan taksi yang harganya bisa sangat mahal, apalagi jika jarak yang ditempuh jauh. 

  1. Membeli sekaligus tiket pulang pergi 

Membeli tiket pulang dan pergi sekaligus dilakukan untuk menghindari kenaikan harga tiket transportasi yang dapat membuat pengeluaran Anda menjadi tidak terkendali. Selain itu, membeli tiket pulang pergi sekaligus juga dapat membantu Anda agar tidak repot dalam mencari waktu pulang. 

  1. Mencari tempat menginap yang murah

Anda bisa mencoba untuk mencari penginapan dengan harga yang relatif lebih murah, misalnya seperti Airbnb, villa keluarga, atau mencari penginapan ala backpacker di setiap daerah. 

  1. Berlibur Open Trip

Berlibur bersama keluarga,teman, tentunya bisa lebih hemat, karena dapat membagi pengeluaran akomodasi. Anda juga bisa bergabung dalam open trip yakni, paket untuk liburan dengan orang lain dengan harga yang relatif lebih murah. 

  1. Hindari Berbelanja di Tourist Spot

Berbelanja barang  di tourist spot, tentunya akan lebih mahal dibandingkan dengan di toko lainnya. Hal ini karena pengelola mengambil kesempatan untuk para turis yang ingin berbelanja, sehingga pihak pengelola tentunya ingin mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

  1. Cari destinasi anti mainstream

Saat liburan akhir tahun, tentunya akan banyak destinasi wisata yang dibuka untuk dikunjungi. Carilah destinasi yang mungkin belum banyak orang pergi atau belum populer, untuk mendapatkan harga yang lebih murah. Selain itu, Anda mungkin saja akan mendapatkan keindahan alam yang lebih bersih karena belum banyak diketahui.  

Lancar by Danamas, merupakan salah satu platform digital yang dapat membantu Anda untuk mengembangkan usaha. Dengan pinjaman beragunan properti, Anda dapat mengajukan pinjaman mulai dari Rp 50 juta hingga Rp 2 miliar. Pengajuan dengan cepat, aman, dan mudah dapat Anda ajukan bersama Lancar by Danamas. Jadi tunggu apalagi? Segera ajukan pinjaman Anda! 

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

apa-itu-tes-dna

Biaya Tes DNA, Manfaat, Lokasi & Manfaatnya Untuk Kesehatan

Biaya tes DNA biasanya dimulai dari harga Rp 7 juta hingga Rp 10 juta di beberapa lokasi rumah sakit di Indonesia. Melakukan tes ini memang terbilang mahal dengan hasil yang b

review-buku-the-life-changing-of-tidying-up

Review Buku The Life Changing Magic of Tidying Up Karya Marie Kondo

Review buku berjudul The Life Changing Magic of Tidying Up adalah buku terlaris yang ditulis oleh penulis Jepang, Marie Kondo, yang awalnya diterbitkan pada tahun 201

kalender-2023-dan-tanggalnya

Kalender 2023 Lengkap Dengan Tanggal Merah

Saat menyambut tahun baru, maka salah satu yang paling dicari adalah kalender 2023 lengkap dengan tanggal merah. Tanggal merah atau hari libur pasti ditunggu oleh banyak orang