orang-terkaya-di-dunia

Orang-orang terkaya di dunia ini bisa jadi inspirasi Anda untuk mengejar mimpi nih! Kekayaan orang-orang terkaya di dunia ini sepertinya tidak berpengaruh di masa krisis seperti pandemic covid-19 ini ya. Harta orang terkaya di dunia ini bisa mencapai US$100 miliar atau setara dengan Rp 1.427 triliun. Sungguh angka yang sulit dibayangkan bukan?

Namun, perlu kita ketahui banyak diantara mereka ada yang berasal dari keluarga sederhana. Mereka mampu mengangkat derajat keluarganya dan menjadi sukses. Dalam hal ini kita dapat belajar bahwa setiap orang punya kesempatan untuk menjadi orang kaya. Bahkan Anda pembaca artikel ini punya kesempatan untuk masuk ke dalam list orang terkaya di dunia. Jadi kaya adalah pilihan untuk kita, termasuk memilih untuk bijak mengelola keuangan dengan baik.

Dalam artikel ini, akan kami rangkum orang orang terkaya di dunia, baik yang berasal dari background pengusaha maupun artis. Kami juga merangkum orang terkaya yang ada di Indonesia, bahkan orang terkaya di Indonesia yang sukses di usia muda. Mari kita simak selengkapnya disini!

9 Orang Terkaya Di Dunia 2023

Apakah Anda penasaran siapa saja orang terkaya di dunia saat ini? Mungkin saja nama-nama yang akan saya sebutkan ini sudah tidak asing lagi bagi Anda. Mari kita lihat 9 Orang Terkaya di Dunia.

1. Bernard Arnault

Menurut Bloomberg Billionaires Index pada tanggal 9 Maret 2023, orang terkaya di dunia saat ini adalah Bernard Arnault, seorang pengusaha asal Prancis dengan total kekayaan sebesar US$187 miliar atau sekitar Rp2.805 triliun dengan asumsi kurs Rp15 ribu per dolar AS.

Arnault adalah pemimpin perusahaan barang mewah terbesar di dunia, LVMH. Perusahaan ini memiliki merek-merek fesyen mewah seperti Louis Vuitton, Dior, Sephora, Tiffany & Co, Fendi, Celine, Bulgari, Givenchy, Marc Jacobs, dan masih banyak lagi.

2. Elon Musk

Sering mendengar nama Elon Musk? Elon Musk adalah CEO Tesla sekaligus pendiri dan juga CEO dari SpaceX. Elon Musk juga dikenal sebagai pendiri The Boring Company dan Neuralink. Ia membagi waktunya diantara semua perusahaan yang ia pegang, sekaligus terjung langsung pada proyek-proyek besar seperti Hyperloop, yaitu jalur kereta cepat yang diusulkan. 

Total kekayaan Elon Musk adalah US$ 277 miliar atau setara dengan Rp 3.954 triliun, bertambah lagi US$ 121 miliar atau setara dengan (Rp 1.727 miliar).Sebelum masuk ke dunia bisnis, Elon Musk adalah mahasiswa lulusan University of Pennsylvania. Lalu, ia pindah ke Kanada di usianya ke 17 tahun untuk berkuliah di Queen’s University dan melakukan wamil di Afrika Selatan. Di tahun 1992, ia meninggalkan Kanada untuk belajar bisnis dan fisika di University of Pennsylvania, setelah lulus, ia melanjutkan studinya di Universitas Stanford, California dan mendapatkan gelar PhD di bidang fisika energi.

3. Jeff Bezos

Jeff Bezos adalah pendiri perusahaan Amazon. Ia memulai Amazon pada tahun 1994 dari garasi sederhananya. Hingga saat ini, perusahaan Amazon yang dimulai dari toko buku online ini menjadi perusahaan terbesar kedua dunia. Bahkan di tengah pandemi seperti sekarang ini, Amazon tetap bertahan dan mampu tumbuh 38% lebih banyak menjadi 386 miliar dollar AS atau setara dengan Rp 5.442 triliun. 

Namun, kini Bezos telah mengundurkan diri sebagai CEO Amazon dan memiliki peran baru sebagai ketua eksekutif di perusahaan tersebut. Di usianya sekarang, Bezos lebih aktif di Bezos Earth Fund, Blue Origin, Amazon Day 1 Fund dan The Washington Post. Kini kekayaan Bezos adalah US$ 195 atau setara dengan Rp 2.782 triliun dan bertambah US$ 5 miliar atau setara dengan (Rp 71.3 triliun).

4. Bill Gates

Siapa yang tidak kenal dengan Bill Gates? Bill Gates adalah pendiri perusahaan perangkat lunak terbesar di dunia yaitu Microsoft. Ia sangat mendedikasikan hidupnya pada pekerjaan filantropisnya yaitu Yayasan Bill & Melinda Gates.

Pada usia 13 tahun, Bill Gates bersekolah di Sekolah Lakeside dan ia sangat unggul pada bidang Matematika dan sains juga sangat baik dalam Bahasa inggris dan drama. Bill Gates berkuliah di Harvard University dan di tahun kedua, ia bergabung dengan Paul G.Allen, temannya untuk mengembangkan perangkat lunak komputer. 

Total kekayaannya sekarang adalah US$ 139 miliar atau setara dengan Rp 1.983 triliun, bertambah US$ 7 miliar atau setara dengan Rp 99,8 triliun. 

5. Larry Page

Larry Page adalah orang terkaya di dunia urutan kelima. Ia dan Sergey Brin mendirikan mesin pencari internet terbesar yang kini dikenal dengan Google. Pada April 2011, ia menjabat sebagai CEO di Google Inc dan menggantikan Eric Schmidt. Sebelum menjadi CEO Google, ia adalah mahasiswa di University of Michigan dan lulus dengan gelar sarjana bidang teknik komputer. 

Setelah menjadi sarjana, ia pun melanjutkan studinya di bidang Ilmu Komputer di Stanford University, California. Disanalah, ia pertama kali menganalisis pola hubungan antara situs yang berbeda di World Wide Web. Total kekayaannya mencapai US$123 atau setara dengan Rp 1.761 triliun.

6. Mark Zuckerberg

Jika Anda suka bermain Facebook, Mark Zuckerberg adalah orang dibaliknya. Sebagai CEO Facebook, Mark memiliki kekayaan hingga US$120 atau sekitar Rp 1.716 triliun. Sebelum menjadi CEO Facebook, ia menempuh studi di Harvard University pada tahun 2002 dan 2004 keluar dari Harvard untuk lebih fokus pada perusahaan facebook yang ia bangun. Lalu, di tahun 2005, Facebook mendapatkan suntikan modal pertamanya sebesar US$ 12.7. Ia memiliki 13% saham di Meta yang merupakan perusahaan induk Facebook dan Instagram yang sudah tumbuh lebih dari 20% di tahun ini. 

7. Sergey Brin

Sergey Brin adalah salah satu orang pendiri Google bersama dengan Larry Page. Ia termasuk orang terkaya di dunia urutan ke tujuh dengan total kekayaan US$ 125 miliar atau setara dengan Rp 1.783 triliun dan bertambah US$ 45 miliar atau setara dengan Rp 642 triliun. Sebelum mendirikan Google, ia belajar ilmu komputer dan matematika. Setelahnya, ia melanjutkan studinya di Stanford University untuk gelar pascasarjananya. Disanalah, ia bertemu dengan Page dan membuat Google. 

8. Larry Ellison

Larry Ellison adalah pendiri produsen perangkat lunak raksasa yaitu Oracle Inc. Total kekayaan Ellison adalah US$119.7 miliar atau setara dengan Rp 1.707 triliun. Ellison berhenti sebagai CEO Oracle pada tahun 2014. Namun kini ia menjadi dewan dan kepala penasihat teknologi Oracle. Sebelumnya, ia menempuh studi di University of Illinois pada tahun 1962 lalu keluar pada tahun 1964. Kemudian, ia berkuliah di University of Chicago pada 1966. 

9. Warren Buffet

Warren Buffet adalah salah satu investor tersukses sekaligus orang terkaya di dunia pada posisi ke 10. Ia adalah seorang komisaris, dirut utama sekaligus pemegang saham terbesar di Berkshire Hathaway. Di Usianya yang sudah 91 tahun ia memiliki kekayaan US$109 miliar atau setara dengan Rp 1.554 triliun dan bertambah US$21 miliar atau sekitar Rp 299 triliun. 

Di Usianya yang ke 16 tahun, ia sudah belajar bisnis di University of Pennsylvania. Ia juga sempat pindah ke Nebraska University untuk menyelesaikan gelarnya. Di tahun 1951, ia meraih gelar master di bidang ekonomi di Columbia University dan melanjutkan Pendidikan di Institut Keuangan New York. 

Cerita singkat orang terkaya di dunia diatas bisa menjadi motivasi Anda yang ingin menjadi pengusaha seperti mereka. Memiliki kekayaan yang hampir tidak akan pernah habis tentu membutuhkan usaha dan kerja keras yang tak mudah, seperti halnya saat membangun bisnis. Bisnis kecil maupun besar tentu membutuhkan usaha yang besar untuk mampu melewati tantangan setiap saat. 

7 Artis Terkaya di Dunia

Orang terkaya di dunia tersebut berasal dari kalangan pengusaha. Lalu bagaimana dengan artis? Kita melihat bahwa artis memiliki kekayaan yang fantastis apakah mereka tidak termasuk. Mari kita simak 7 artis terkaya di dunia!

1. Rihanna

Menurut Forbes, Rihanna memiliki kekayaan senilai USD1,7 miliar atau sekitar Rp 24 triliun. Penyanyi, ini juga memiliki  bisnis Kosmetik yaitu Fenty Beauty yang memiliki penghasilan sekitar Rp 20 triliun atau USD 1,4 miliar karena beliau memiliki 50% saham disana.  Belajar dari Rihanna, ternyata beliau adalah sosok yang benar-benar mengerti bagaimana memanfaatkan kesempatan.

2. Tyler Perry

Dalam Forbes, menyebutkan bahwa aktor, penulis, produser dan sutradara Amerika ini merupakan pria dengan bayaran tertinggi pada tahun 2011. Kekayaannya mencapai 1 Miliar USD atau sekitar dengan Rp14,5 triliun. Menekuni dunia penulisan dan bisnis juga memberikan kita gambaran bahwa bisnis tidak selalu dimulai dari hal yang rumit. Mental dan semangat adalah hal yang wajib dipupuk, inilah beberapa poin yang kita bisa lihat dan dapatkan dari beberapa film bisnis yang membuat kita semangat.

3. Shah Rukh Khan

Aktor asal India yang memulai karirnya pada tahun 1989, ia memulai debutnya dalam serial Fauji karya Rajkumar Kapoor. Ia merupakan salah satu aktor yang berpengaruh di India. Shah Rukh Khan memiliki kekayaan bersih senilai 700 juta USD atau sekitar dengan Rp 10,2 triliun. 

4. Barbra Streisand 

Seorang aktris, penyanyi, penulis lagu, dan juga pembuat film asal Amerika Serikat. Sepanjang karirnya Barbra Streisand telah mencapai kesuksesan, ia beberapa kali memenangkan penghargaan Grammy dan penghargaan lainnya. Kekayaannya diperkirakan mencapai USD 400 juta.

5. Amitabh Bachchan 

Aktor asal India ini dikenal saat berperan di Shahanshah of Bollywood. Ia merupakan aktor, tokoh televisi dan mantan politisi. Kekayaannya mencapai USD 400 atau setara dengan Rp 5,8 triliun.

6. Julia Roberts 

Produser sekaligus aktris Amerika ini terkenal dalam filmnya yang berjudul Eat Pray Love dan Pretty Woman. Julia Roberts memenangkan Golden Globe Awards sebanyak tiga kali. Kekayaannya mencapai USD 140 juta.

7. Adam Sandler 

Sebagai seorang aktor, komedian dan pembuat film, Adam Sandler seringkali membintangi beberapa film. Ia juga telah muncul dalam film yang telah meraup total 2 miliar USD di Box Office. Beberapa filmnya seperti Big Daddy, Grown Ups, dan masih banyak lainnya. Kekayaannya mencapai USD 420 juta atau setara dengan Rp 6,1 triliun. 

7 Orang Terkaya di Indonesia

Dari tadi kita sudah melihat deretan orang terkaya di dunia baik yang pengusaha maupun artis luar negri. Tapi bagaimana dengan di Indonesia? Berikut ini adalah daftar 7 orang terkaya di Indonesia. Mari kita simak!

1. Robert Budi Hartono

Robert Budi Hartono lahir dari Keluarga Hartono yang cukup tersohor di Indonesia. Ia menempati posisi pertama sebagai orang terkaya di Indonesia dan posisi ke-80 untuk orang terkaya di dunia. Harta kekayaan Hartono adalah US$ 13,6 miliar (Rp 217,6 Triliun). Perusahaan besar dari Robert Budi Hartono antara lain, BCA, BliBli.com dan Djarum.

2. Michael Bambang Hartono

Posisi kedua juga masih dari keluarga Hartono, yakni adik dari Robert Budi Hartono yaitu Michael Bambang Hartono. Ia juga masuk ke posisi 86 pada daftar orang terkaya di dunia. Aset kekayaan Bambang Hartono mencapai US$ 13 Miliar (Rp 189,5 triliun).

3. Sri Prakash Lohia

Pria keturunan India ini masuk ke dalam daftar orang terkaya di Indonesia versi Forbes. Harta kekayaan dari Sri Prakash lohia mencapai 6,7 miliar US Dollar atau setara dengan 95,8 Triliun Rupiah. Ia menduduki posisi ke 412 sebagai orang terkaya di dunia dengan sumber kekayaan yang berasal dari hasil produksi Petrokimia dan polyethylene terephthalate (PET).

4. Prajogo Pangestu 

Di posisi keempat ada Prajogo Pangestu Ia adalah seorang pengusaha sekaligus konglomerat perusahaan kayu terbesar di Indonesia sejak tahun 1997. Ia memulai bisnisnya sejak tahun 1970 dengan nama Djajanti Timber Group dan saat ini terbentuk perusahaan Barito Pacific. 

Ia telah mengantongi konsepsi hutan dengan luas lebih dari 6 juta hektar. Pada tahun 2002, total kekayaan yang ia miliki adalah 6 miliar dolar atau setara dengan 85,5 triliun.

5. Chairul Tanjung

Anda pasti sudah familiar dengan nama Chairul Tanjung. Ia adalah pemilik dari perusahaan CT Corp yang menaungi beberapa bidang usaha seperti Bank Mega, Trans Retail, Transmedia, Trans Studio, dan lain sebagainya. 

Chairul Tanjung juga mengakui telah mengakuisisi toko ritel dan menjadi pemilik franchise di beberapa brand ternama di dunia, seperti baskin-robbins, Wendy’s, Coffee Bean and Tea Leaf, Giorgio Armani dan Jimmy Choo. 

Tak hanya itu, Chairul Tanjung juga memiliki saham yang cukup besar di maskapai nasional Garuda Indonesia. Total aset kekayaan Chairul Tanjung mencapai 4,1 miliar dolar atau sekitar Rp 58,6 triliun.

6. Jerry Ng

Jerry Ng masuk ke daftar orang terkaya menurut Forbes. Ia adalah seorang bankir di Indonesia dan Komisaris Utama dari Bank Jago. Aset kekayaan Jerry ng adalah US$ 3,9 Miliar (Rp 55,7 Triliun).

7. Keluarga Tahir

Keluarga Tahir adalah salah satu keluarga yang masuk ke dalam daftar orang terkaya di Indonesia dan menduduki posisi ke 961 untuk orang terkaya di dunia versi Forbes. Harta kekayaan dari Tahir and family mencapai 3,4 US Dollar atau setara dengan Rp 48,5 Triliun. 

Keluarga Tahir adalah seorang investor, pengusaha sekaligus pemilik Mayapada Group. Perusahaan yang dimiliki oleh Tahir membawahi berbagai bidang usaha seperti rumah sakit properti perbankan televisi berlangganan hingga media cetak.

7 Wirausahawan Indonesia yang Sukses di Usia Muda

Sebelumnya kita telah melihat orang terkaya di Indonesia, kita tahu bahwa mereka rata-rata pada usia yang cukup tua sebelum mendapatkan kekayaan. Namun, di masa ini, kita yang masih berusia muda dapat menjadi kaya seperti tokoh-tokoh ini!

1. Achmad Zaky

Achmad Zaky adalah founder sekaligus mantan CEO dari marketplace Bukalapak. Ahmad Zaky memulai perjalanan menjadi seorang pengusaha muda dari nol berawal dari kecintaannya terhadap teknologi sejak usia SD. Walau sempat tinggal di daerah pelosok tanpa listrik, semangat Zaki mempelajari pemrograman tidaklah surut. Ia pun berhasil masuk menjadi mahasiswa ITB jurusan Teknik Informatika pada tahun 2004. 

Pada prosesnya dalam menjadi seorang pengusaha tidak melulu mudah namun ia berhasil untuk membangun Bukalapak menjadi salah satu pelopor marketplace di Indonesia setelah ia lulus melanjutkan studinya di Oregon state University Amerika Serikat. Menurutnya, bisnis adalah sesuatu yang harus memberikan nilai dan bisa menyelesaikan masalah orang. Mengapa? Ini bisa menjadi alasan yang membuat Anda tetap semangat walau ada rintangan, karena Anda memahami alasan sebenarnya Anda membuat bisnis tersebut. 

2. William Tanuwijaya

William Tanuwijaya adalah pebisnis muda sukses di Indonesia yang merupakan pendiri Tokopedia. Sebagai salah satu marketplace terbaik di tahun 2009 hingga 2020, Tokopedia didirikan oleh pemuda asal Sumatera Utara yang awalnya adalah seorang penjaga warnet. 

William berhasil mengangkat derajat orang tuanya setelah lulus dari Binus dan bekerja di perusahaan software terkemuka. Sembari bekerja Ia dan salah seorang temannya membangun Tokopedia sehingga menjadi marketplace yang mendapatkan pendanaan pertama dari Venture capitalist di tahun 2009. Jika, William Tanuwijaya tidak berani memulai, mungkin sampai hari ini kita tidak kunjung juga menemukan Tokopedia sebagai solusi untuk berbagai kebutuhan kita sehari-harinya. 

3. Nadiem Makarim

Siapa yang tidak kenal dengan nadiem Makarim yang kini menjabat menjadi menteri pendidikan. Sebelum menjadi menteri pendidikan ia mendirikan go-jek yang kini jasanya bisa di rasakan oleh banyak orang. Walaupun berasal dari keluarga yang berkecukupan, Nadiem tetap memulai usahanya dari nol dengan modal sendiri. Setelah lulus dari Brown University Amerika, Ia memutuskan untuk pulang ke Indonesia dan bekerja di salah satu konsultan bisnis terkemuka. 

Setiap harinya Ia membutuhkan transportasi umum untuk bepergian namun pelayanan transportasi umum di Jakarta masih jauh dari apa yang diharapkan. Lewat permasalahan ini, lalu muncullah ide untuk mendirikan Go-Jek sebagai aplikasi pesan ojek online yang pendanaannya venture capitalist pertama di tahun 2015. Hingga kini Go-Jek berkembang menjadi super yang bisa melayani berbagai transaksi. Bukan persoalan keuangan namun siapa yang berani menerjang pasar dan terus berkembang, inilah semangat yang dimiliki Nadiem Makarim. 

Baca juga: 50+ Contoh Usaha Modal Kecil yang Belum Banyak Pesaing

4. Yasa Singgih

Yasa Singgih adalah pendiri dari Men’s Republic yaitu produk sepatu yang cukup populer belakangan ini. Di tahun 2019 ia masuk ke dalam daftar 30 under 30 Asia saat menginjak usia 24 tahun. Ia adalah salah satu pengusaha muda sukses yang memulai perjuangannya dari kecil. Sejak usia 15 tahun biasa sudah membuka usahanya sendiri, usaha pertamanya yaitu kaos sablon yang ia jual melalui jaringan pertemanan dan Kaskus. 

Walaupun proses dalam mengembangkan usahanya tidak selalu mulus, Ia pun tidak pantang menyerah hingga di usia 19 tahun bisa berhasil mendirikan Men’s Republic dan membiayai kuliahnya sendiri dengan keuntungan berjualan produk-produk di Men’s Republic. 

Menurut Yasa Singgih bahwa menjadi pebisnis sejak muda tidak ada yang salah dan bukan hal yang tidak mungkin terjadi. Diapun menyatakan bahwa mendirikan bisnis bukan untuk 3 tahun saja melainkan mendirikan bisnis yang bisa bertahan hingga bahkan 30 tahun. Sehingga, kita tidak terlalu cepat tergesah-gesah dalam membangun strategi. 

5. James Prananto

James prananto adalah pengusaha muda Indonesia yang kini sukses dengan usaha kopi kekiniannya yaitu kopi Kenangan. James prananto memulai usahanya dibantu oleh kedua rekannya yang bernama Chintya Khairunnisa dan Edward tirtanata. Usahanya pertama kali dibuka pada tahun 2017 yang berlokasi di Menara Standard Chartered Jakarta Selatan. 

Ia memulai usahanya lewat kopi susu yang biasa ia minum namun dengan cita rasa yang berbeda. Kopi kenangan kini digemari oleh banyak orang dan menjadi salah satu bisnis yang paling populer di tahun 2020. Belajar dari James Prananto, sebelum membuat bisnis Kopi Kenangan, ia sempat gagal beberapa kali dalam membangun bisnis. Namun, ia tidak pernah ragu untuk memulai kembali bisnis meskipun akan ada kegagalan yang akan ditemuinya. Kejadian itu tidak pernah membuat semangatnya patah untuk mencoba mengulik bisnis yang cocok dengannya sampai menemukan Kopi Kenangan.

6. Dea Valencia Budiarto

Dea Valencia adalah pengusaha pemuda Indonesia yang sukses di bidang fashion. namanya semakin melambung saat dia meluncurkan produk fashion batik kultur di usianya yang masih muda. Ia pertama kali memulai usahanya di Kota Semarang pada usia 19 tahun membuat desain batik yang unik dan kekinian sehingga diminati oleh banyak orang. Dengan ide-ide yang unik maka pembuatan batik kekinian ini membawanya menjadi wirausahawan yang sukses dan memiliki omset ratusan juta perbulan. 

Pelajaran penting yang bisa kita ambil dari Dea Valencia Budiarto adalah mencari nama untuk sebuah bisnis adalah hal yang paling penting dan wajib dilakukan dengan baik. Dengan adanya kesadaran memilih nama yang baik, menurut Dea nama adalah sesuatu hal yang berarti untuk menjalankan bisnis. Selanjutnya menurut Dea dalam menciptakan produk, kita sendiri harus mau bangga menggunakan produk yang kita hasilkan. Ini menjadi pertanyaan yang penting “Apakah saya mau menggunakan produk yang saya hasilkan”. Jika diri kita saja enggan menggunakannya, maka kemungkinan besar pasarpun akan juga menolak. Kuncinya adalah rasa bangga dari produk yang kita hasilkan. 

Baca juga: Strategi Bisnis Mie Gacoan & Harga Menu Terbaru 

7. Ali Muharam

Ali Muharam adalah salah satu pengusaha muda Indonesia sukses yang memulai usahanya di bidang kuliner. Makaroni ngehe adalah bisnis Ali Muharram yang kini banyak diminati oleh warga Jakarta karena rasanya. Sebelum menjadi seorang pebisnis, Ali Muharam adalah seorang office boy sehingga ia memulai perjalanan bisnisnya dari nol dengan modal 20 juta. Karena kegigihannya ini makaroni ngehe yang berkembang dengan pesat hingga meraih omzet 3 miliar rupiah. 

Tokoh wirausahawan yang sukses di usia muda ini ternyata sudah melalui berbagai proses yang melelahkan sepanjang hidupnya. Namun ia, tidak kunjung menyerah terhadap berbagai cobaan. Ia tetap mencoba peruntungan dengan berani membuka gerai untuk berjualan makaroni ngehenya. Hingga setiap bulannya penjualan makaroni mencapai 40 miliar. 

Kebanyakan para pebisnis memiliki respons tanggapan terhadap apa yang terjadi positif meskipun apa yang mereka alami tampaknya seperti suatu kecelakaan. Namun, mengeluh jelas tidak memberikan dampak apapun terhadap Anda. Jadi, jalan terbaiknya adalah tetap menjalaninya dan maksimalkan potensi juga kemampuan. 

Apa yang Dilakukan Orang Kaya?

Menjadi orang kaya tentunya tidak mudah dan memerlukan perjuangan yang besar. Jika mereka sudah kaya pun pasti perlu kemampuan untuk mempertahankan kekayaannya.  Namun kita bisa pelajari apa yang dilakukan orang kaya untuk mempertahankan bahkan meningkatkan kekayaannya.

1. Punya Literasi Finansial

Punya literasi finansial artinya orang kaya memiliki pemikiran yang kreatif untuk menemukan masalah dan menjadikan masalah tersebut cara untuk menghasilkan uang. Hal ini karena, sebuah bisnis yang baik adalah bisnis yang menyelesaikan masalah. Dan masalah tersebut berarti sehingga orang mau membayar solusi permasalahan tersebut dengan uang.

2. Punya Networking

Lingkungan menjadi hal yang penting terutama dalam membangun kemampuan finansial Anda. Berkumpul dengan orang-orang yang sukses tentunya akan menumbuhkan mindset Anda untuk menjadi sukses. Selain itu, dengan networking akan memudahkan perkembangan bisnis Anda. Misalnya Anda memiliki bisnis menjual hasil pertanian, ketika Anda memiliki hubungan baik dengan pemilik restoran akan membantu bisnis Anda.

3. Mengambil Risiko

Risiko merupakan sebuah perubahan dalam hidup yang memiliki sebuah konsekuensi ketika kita ambil. Dengan mengambil risiko Anda keluar dari zona nyaman dan membuka kesempatan baru. Orang terkaya di dunia mereka berani mengambil risiko seperti membuka usaha baru atau berinvestasi.

4. Berinvestasi

Investasi akan memberikan keuntungan yang besar bagi Anda. Banyak cara untuk berinvestasi mulai dari yang risikonya kecil seperti menabung di bank, hingga yang risiko besar seperti bermain saham. Namun, sebelum berinvestasi Anda harus belajar mengenai bidang yang akan diinvestasikan sehingga dapat mengurangi risiko saat investasi.

5. Mempunyai Lebih dari Satu Sumber Pendapatan

Orang terkaya mereka memiliki lebih dari satu sumber pendapatan. Hal ini jika kita berfokus pada satu sumber pendapatan, jika sumber tersebut terkendala maka Anda tidak dapat memperoleh uang. Namun, jika Anda punya beberapa sumber pendapatan, penghasilan Anda akan stabil dan terjaga.

Cara Orang Kaya Mengelola Keuangan Mereka

Mengelola keuangan adalah salah satu rahasia dari orang kaya untuk tetap kaya atau bahkan lebih kaya. Berikut adalah beberapa cara orang kaya mengelola keuangan mereka!

1. Memiliki Dana Darurat

Setiap orang kaya pasti menyiapkan dan darurat yang akan membantu mereka jika terjadi kesulitan keuangan di masa mendatang. Dana darurat biasanya disiapkan sebanyak 6-9 kali dari biaya pengeluaran per bulan. Dana darurat ini akan membantu Anda ketika sedang dalam krisis keuangan.

2. Memanfaatkan Peluang

Jika kita melihat berita bahwa di tahun 2023 akan terjadi resesi sehingga ekonomi akan gelap, maka orang kaya sudah mempersiapkan rencana mereka. Resesi bagi sebagian besar orang merupakan sebuah hal yang menakutkan. Namun, orang kaya punya strategi lain untuk meningkatkan keuangannya di masa tersebut.

Beberapa contohnya saat ini banyak orang kaya yang menjual sebagian asetnya sehingga ia memperoleh aset likuid yang dapat diinvestasikan selama masa resesi. Cara tersebut tentunya berisiko tapi punya peluang besar untuk mendapatkan penghasilan besar.

3. Mempersiapkan Dana Pendidikan Anak

Pendidikan merupakan sebuah investasi yang sangat penting dan tidak boleh dilewatkan. Oleh karena itu, orang kaya ingin menyekolahkan anak mereka pada universitas ternama yang biayanya mahal. Namun, mereka sudah mempersiapkan uang tersebut jauh-jauh hari sebelum anaknya berkuliah.

4. Aturan 24 Jam

Para orang kaya membuat sebuah aturan 24 jam untuk menentukan apakah ingin membeli sesuatu atau tidak. Jadi waktu tersebut bisa menjadi ruang untuk berpikir secara kritis mengenai kebutuhan personal mereka. Dengan demikian, mereka tidak akan membeli barang yang tidak digunakan.

5. Membuat Anggaran Belanja

Banyak orang yang membuat rencana anggaran belanja untuk mempersiapkan barang apa yang ingin dibeli. Namun, banyak juga yang tidak mematuhinya. Oleh karena itu, Anda harus mematuhi anggaran belanja yang dibuat. Jangan sampai memboroskan uang untuk membeli hal yang tidak penting.

6. Bagi Waktu Untuk Menghasilkan Uang

Jika Anda ingin menghasilkan uang maka Anda harus menghabiskan sebagian waktu untuk memikirkan cara memperoleh uang. Dan hal inilah yang dilakukan orang kaya. Mereka berjalan-jalan kesana kemari untuk mencari peluang sebuah usaha. 

Jadi Kaya adalah Pilihan, Mulai Dari Mindset! 

Cerita singkat orang terkaya di dunia diatas bisa menjadi motivasi Anda yang ingin menjadi pengusaha seperti mereka. Memiliki kekayaan yang hampir tidak akan pernah habis tentu membutuhkan usaha dan kerja keras yang tak mudah, seperti halnya saat membangun bisnis. Bisnis kecil maupun besar tentu membutuhkan usaha yang besar untuk mampu melewati tantangan setiap saat. 

Salah satu tantangan yang mungkin bisa Anda temukan saat membangun bisnis adalah tentang keterbatasan modal usaha. Tidak dipungkiri ya bahwa dengan memiliki modal usaha yang banyak, maka bisnis akan lebih cepat berkembang juga maju. Namun, memilih pihak yang mampu meminjamkan modal terpercaya adalah hal yang penting untuk dipertimbangkan. 

Pinjaman online terpercaya diawasi dan berizin OJK dapat Anda dapatkan di Danamas. Pinjaman beragunan properti Danamas dijamin terpercaya dan aman. Limit pinjaman hingga Rp 2 Miliar dengan tenor waktu fleksibel hingga 10 tahun. Dapatkan pendanaan bisnis terbaik dengan produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda! Akses ragam pinjaman berkualitas untuk membangun finansial maupun bisnis Anda. Jika ada pertanyaan atau keluhan silahkan hubungi Danamas di Hotline: 021-50960896, email: [email protected] atau Whatsapp Danamas di nomor 0882 24222 001/0882 24222 002.

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

apa-itu-tes-dna

Biaya Tes DNA, Manfaat, Lokasi & Manfaatnya Untuk Kesehatan

Biaya tes DNA biasanya dimulai dari harga Rp 7 juta hingga Rp 10 juta di beberapa lokasi rumah sakit di Indonesia. Melakukan tes ini memang terbilang mahal dengan hasil yang b

review-buku-the-life-changing-of-tidying-up

Review Buku The Life Changing Magic of Tidying Up Karya Marie Kondo

Review buku berjudul The Life Changing Magic of Tidying Up adalah buku terlaris yang ditulis oleh penulis Jepang, Marie Kondo, yang awalnya diterbitkan pada tahun 201

kalender-2023-dan-tanggalnya

Kalender 2023 Lengkap Dengan Tanggal Merah

Saat menyambut tahun baru, maka salah satu yang paling dicari adalah kalender 2023 lengkap dengan tanggal merah. Tanggal merah atau hari libur pasti ditunggu oleh banyak orang