quarter life crisis

Semakin dewasa Anda akan menemukan berbagai macam kondisi yang berbeda di setiap orang salah satunya adalah kondisi psikologis yang bisa mempengaruhi ke dalam kehidupan atau aktivitas seseorang. Selain itu setiap fase usia kita sebagai seorang manusia pasti mengalami banyak hal termasuk  Quarter Life Crisis. Apakah anda tahu apa itu quarter life crisis dan bagaimana cara mengatasinya? berikut ulasannya yang perlu anda simak.

Apa itu Quarter Life Crisis?

quarter life crisis

Quarter life crisis adalah sebuah istilah dalam ilmu psikologi yang berkaitan dengan kondisi mental seseorang. Umumnya quarter life crisis terjadi pada mereka yang menginjak usia 20-30 tahun. Sebenarnya penyebab quarter life crisis masih sangat beragam dan dan cara mengatasinya pun ditentukan oleh berbagai penyebab tersebut. Untuk itu perlu untuk kita mengidentifikasi apa saja penyebab dari quarter life crisis.

Quarter life crisis adalah sebuah kondisi krisis emosional yang dicirikan dengan perasaan tidak berdaya, ragu akan kemampuan diri sendiri, terisolasi dan takut gagal. Selain itu kondisi ini juga dilengkapi dengan perasaan takut cemas akan kehidupan yang masa akan datang.

Di rentan usia quarter life crisis maka seseorang biasanya akan menerima banyak tuntutan yang menjadikan mereka terkesan seperti dipaksa untuk terbentuk pola pikirnya pada transisi remaja ke dewasa. Tuntutan dari luar ini bagian dari dorongan dari dalam diri untuk mengeksplorasi dan membuat kondisi seseorang di rentang usia menjadi tidak stabil sehingga muncul quarter life crisis.

Dari hal tersebut bisa dipahami bahwa quarter life crisis adalah kondisi seseorang yang tidak stabil, yang diakibatkan adanya tekanan atau tuntutan hingga perasaan takut akan kehidupan yang di masa akan datang.

Penyebab Quarter Life Crisis

  • Ketakutan Berlebihan

Rasa takut yang berlebihan adalah penyebab seseorang mengalami kondisi emosional ini. Seseorang akan merasa takut, cemas dan khawatir namun perasaan berlebihan mereka akan membuatnya sulit untuk berpikir jernih. Perasaan takut ini seperti takut untuk memulai hubungan percintaan takut untuk tidak mendapatkan pekerjaan takut untuk melakukan kesalahan dan lain-lain.

  • Tidak Memiliki Tujuan Yang Jelas

Penyebab lainnya dari quarter life crisis adalah tidak memiliki tujuan yang jelas. rasa takut berlebihan dan tidak memiliki tujuan yang jelas saling berkaitan sehingga mengakibatkan rasa cemas khawatir yang berlebihan. Bagi mereka yang menetapkan tujuan hidup dalam jangka panjang, mungkin kondisi ini akan terasa lebih sulit sehingga mereka bisa terjebak dalam kondisi quarter life crisis.

  •  Sulit Mengambil Keputusan

Sulit mengambil keputusan adalah penyebab krisis lainnya dimana anda akan dihadapkan berbagai macam pilihan dalam hidup dari mulai pilihan kecil hingga besar. Anda juga akan dihantui rasa khawatir dan takut akan pengambilan keputusan tersebut. Maka dari itu penting untuk selalu belajar mengambil keputusan dengan bijak namun tetap berani dalam mengambil keputusan dan tidak berputar pada pengambilan keputusan tersebut. Sebagai contoh saat Anda mendapatkan pekerjaan baru namun gajinya tidak terlalu besar maka anda pun akan mempertimbangkan apakah pekerjaan tersebut cocok untuk anda saat ini hingga masa depan.

  • Kelelahan

Kelelahan juga salah satu penyebab quarter life crisis yaitu lelah fisik dan mental. Dalam kondisi ini biasanya seseorang akan sulit untuk berpikir jernih sehingga menyebabkan quarter life crisis.

  •  Tidak Ada Motivasi

Kurangnya motivasi dalam hidup juga bisa menjadi penyebab dari quarter Life Crisis. Untuk bisa menjalani kehidupan dengan semangat maka seseorang harus membutuhkan motivasi melalui berbagai hal seperti kata-kata hingga orang-orang terdekatnya yang mampu mendukung. Ketika seseorang kehilangan motivasi maka ia pun akan cenderung untuk kehilangan arah dan akan sulit untuk mengambil keputusan.

Tanda Anda Mengalami Quarter Life Crisis

quarter life crisis
  • Mulai Mempertanyakan Tujuan Hidup

Saat Anda memasuki  quarter life crisis, Maka anda akan mulai mempertanyakan tujuan hidup. Pertanyaan-pertanyaan tersebut tentu lambat laun akan membuat Anda frustasi karena anda pun bisa kebingungan bagaimana untuk menjawab pertanyaan yang tersirat di dalam benak Anda tersebut.

  • Merasa Tidak Bahagia

Salah satu tanda Anda mengalami quarter life crisis adalah anda sering tidak merasa bahagia padahal ada banyak hal yang sudah anda lakukan dan capai. Kondisi ini bisa disebabkan oleh berbagai hal mulai dari kehilangan tujuan hingga terlalu ambisius.

  • Dampak Sosial Media

Jika anda sering menggunakan sosial media maka bukan tidak mungkin ini bisa membuat anda merasa tertekan dan resah. Saat anda melihat teman atau kehidupan orang lain yang tampak menyenangkan bukan tidak mungkin itu memberikan efek yang kurang baik kepada diri anda sehingga Anda pun akan merasa tertinggal dibandingkan teman seusianya. Ketertinggalan ini bisa Anda rasakan mulai dari karir hubungan sosial percintaan dan lain-lain.

  • Mulai Melupakan Waktu Untuk Bersenang-Senang

Tanda Anda mengalami quarter Life Crisis lainnya adalah anda sudah mulai melupakan waktu untuk bersenang-senang. Anda sudah lebih fokus terhadap tujuan hidup hingga anda sadar bahwa setiap waktu yang anda miliki sangat berharga Sehingga anda tidak ingin.

  • Lingkungan Pertemanan Yang Berubah

Saat Anda memasuki usia 20-an maka lingkaran pertemanan pun ikut berubah dan juga mengecil. anda akan lebih banyak menghabiskan waktu bersama teman-teman terdekat saja karena anda tidak memiliki waktu banyak untuk bisa bercengkrama dengan teman-teman anda lainnya.

  • Membeli Barang Mahal Untuk Menunjukkan Diri

Beberapa orang senang membeli harga barang-barang yang mahal hanya untuk diakui sebagai orang sukses padahal kenyataannya belum seperti itu. Anda akan terus-menerus membelanjakan uang anda untuk barang-barang yang bermerek untuk melambangkan kesuksesan anda lalu memamerkannya kepada orang-orang terdekat anda secara langsung ataupun di sosial media.

Cara Menghadapi Quarter Life Crisis

  •  Kenali Diri

Sebaiknya anda belajar untuk mengenali diri seperti apa yang sebenarnya ingin anda lakukan apa kelebihan dan kekurangan dan lain-lain. Dengan menemukan jati diri sendiri maka anda pun akan lebih mudah untuk melewati fase quarter life crisis. Hal sederhana yang bisa anda lakukan adalah dengan mengetes diri Anda Apakah Anda mampu mendefinisikan diri secara utuh dan memberikan gambaran umum tentang diri Anda sendiri.

  • Berhenti Membandingkan Diri Dengan Orang

Setiap orang memiliki fase yang berbeda-beda terkadang unggahan teman di media sosial yang tampak sukses bisa membuat diri Anda otomatis membandingkan kepada diri sendiri. Jika hal ini dilakukan terus-menerus maka membuat anda kurang bersyukur dan sering mengeluh untuk itu berhenti untuk membandingkan diri sendiri dengan orang lain tanpa apa alasan yang jelas sehingga Hidup akan terasa lebih tenang.

  •  Quarter Life Crisis Perlu Dianggap Sebagai Fase Hidup Normal

Quarter Life Crisis adalah fase yang perlu dianggap normal sehingga siapa pun mengalaminya dan bisa terbebas dari fase ini. Anggap saja quarter Life Crisis adalah fase yang dialami oleh semua orang orang sehingga Anda pun tidak akan terjebak ke dalam Fase ini berlarut-larut.

  •  Jangan Berdiam Diri

Sebaiknya melakukan berbagai aktivitas yang bisa menambah produktivitas anda. Dengan melakukan berbagai aktivitas maka anda bisa mengalihkan pikiran-pikiran negatif yang bisa saja muncul dalam benak. Jika Anda memiliki mimpi untuk memiliki usaha atau bisnis, maka coba wujudkan lewat berbagai aktivitas sederhana namun menguntungkan. Membangun bisnis bisa lebih mudah dengan adanya modal usaha dari Lancar by Danamas. Fintech lending berizin OJK ini bisa jadi solusi Anda yang kesulitan untuk mencoba membangun bisnis karena kekurangan dana. Modal usaha dengan pinjaman agunan properti dari Lancar by Danamas ini memberikan kemudahan dan pengajuan yang cepat lewat aplikasinya. Anda bisa dapatkan modal usaha bahkan hingga Rp 2 miliar dengan suku bunga yang rendah.

  • Buatlah Rencana Hidup

Rencana Hidup Hanya dipikirkan tapi coba dibuat secara tulisan dan lakukan setiap detail rencana hidup yang sudah anda buat untuk mencapainya. Dengan begini andapun tidak akan tertekan dengan pencapaian orang lain.

  • Benahi Financial

Terkadang urusan finansial bisa membuat orang cukup pusing karena pada masa kuarter krisis Seorang akan mulai cemas terhadap kondisi finansial mereka. Maka dari itu mulailah untuk memanajemen keuangan dengan baik sehingga hal-hal yang berkaitan dengan financial jika tersusun dan terencana dengan rapi. Sesuaikan pengeluaran gaya hidup juga pekerjaan untuk mendapatkan kondisi finansial yang sehat.

  • Hilangkan Toxic Relationship

Untuk menjaga lingkungan kita tetap dalam kondisi yang menyenangkan untuk diri sendiri maka sebaiknya buatlah hubungan yang baik dan hindari hubungan yang yang kurang baik untuk kesehatan fisik dan mental kita. Hubungan yang sehat dan bermakna dengan orang lain yang memberikan banyak dukungan moral ataupun emosional.

  • Jadilah Produktif

Untuk mengatasi quarter life crisis adalah menjadi pribadi yang lebih produktif. Lakukan berbagai rutinitas yang Anda senangi dan jangan ragu untuk mencoba hal baru sehingga Anda pun akan lebih tertantang untuk mengembangkan diri lebih jauh. 

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

apa-itu-tes-dna

Biaya Tes DNA, Manfaat, Lokasi & Manfaatnya Untuk Kesehatan

Biaya tes DNA biasanya dimulai dari harga Rp 7 juta hingga Rp 10 juta di beberapa lokasi rumah sakit di Indonesia. Melakukan tes ini memang terbilang mahal dengan hasil yang b

review-buku-the-life-changing-of-tidying-up

Review Buku The Life Changing Magic of Tidying Up Karya Marie Kondo

Review buku berjudul The Life Changing Magic of Tidying Up adalah buku terlaris yang ditulis oleh penulis Jepang, Marie Kondo, yang awalnya diterbitkan pada tahun 201

kalender-2023-dan-tanggalnya

Kalender 2023 Lengkap Dengan Tanggal Merah

Saat menyambut tahun baru, maka salah satu yang paling dicari adalah kalender 2023 lengkap dengan tanggal merah. Tanggal merah atau hari libur pasti ditunggu oleh banyak orang