pengusaha-sukses

Pengusaha sukses tidaklah serta merta langsung menjadi orang yang ahli dan sukses dibidangnya, ada proses yang harus dilalui untuk mencapai kesuksesannya. Berbagai tantangan dan rintangan pun tentu menjadi keseharian para pengusaha sukses hingga titik puncaknya. Ada banyak kisah pengusaha sukses yang bisa Anda coba contoh untuk mampu menuju kesuksesan bisnis. Kisah sukses dari pengusaha di Indonesia ini bisa jadi inspirasi yang membuat Anda semakin semangat untuk sukses juga. 

Pengusaha sukses di Indonesia ada banyak sekali yang mereka merajut karirnya dari usia muda. Para pengusaha tersebut tidak semua berasal dari keluarga berada, sebagian dari mereka berasal dari keluarga yang memiliki ekonomi rendah. Namun, hal tersebut menjadi semangat para pengusaha ini untuk selalu meraih mimpinya. Kisah sukses para pengusaha terkenal di Indonesia ini bisa membuat Anda juga ingin meraih mimpi dengan cara masing-masing. Anda juga akan dibuat takjub dengan jumlah kekayaan para pengusaha ini.

Total kekayaan para pengusaha sukses di Indonesia ini memang sangat membuat siapapun yang tahu takjub. Namun, menariknya mereka tidak pernah menampilkan secara eksplisit kekayaan tersebut di publik. Bahkan, pengusaha seperti Bob Sadino pun tampil apa adanya dan sederhana dengan celana pendek khasnya. Penasaran bagaimana kisah sukses para pengusaha di Indonesia dan harta kekayaannya? Simak ulasannya dibawah ini:

Kisah Pengusaha Sukses di Indonesia

  • Bob Sadino

Bob Sadino yang memiliki nama asli Bambang Mustari Sadino adalah pengusaha sukses yang memiliki gaya yang khas dengan kaos santai dengan celana pendek. Pada masa mudanya, Bob Sadino termasuk berada di keluarga yang berkecukupan. Saat usianya menginjak 19 tahun, Bob Sadino ditinggal selama-lamanya oleh orang tuanya. Dari sinilah, titik balik kehidupan Bob Sadino dimulai. 

Bisnis pertama yang Bob Sadino rintis ialah membuka jasa sewa mobil yang hanya bermodalkan mobil mewah dari Belanda. Lalu, ia mengalami kecelakaan yang menyebabkan mobilnya rusak. Dimomen inilah, ia pun mengalami depresi karena kesulitan mendapatkan uang. Pada prosesnya, seorang temannya memberikan 50 ayam ras sebagai rasa support. Lalu, ayam-ayam tersebut dipelihara sekaligus diternakan hingga menghasilkan telur ayam yang banyak. Ia pun semakin fokus untuk mengembangkan bisnis telur ayam ini hingga terbentuknya perusahaan Kemchick. Penghasilan bob sadino per bulan dari bisnis kem chicknya pernah hingga Rp 3,6 miliar. Berikut unit bisnis yang dimiliki Bob Sadino:

  • Kem Chicks: Supermarket yang menyediakan berbagai produk pangan impor dan lokal.
  • Kem Food: Perusahaan yang bergerak dibidang pengolahan daging.
  • Kem Farm: Perusahaan yang bergerak dibidang ekspor sayur dan buah
  • The Mansion at Kemang: Apartment yang juga dilengkapi dengan pusat perbelanjaan dan perkantoran, bekerjasama dengan developer Agung Sedayu Group. 

Dari kisah singkat pengusaha sukses Bob Sadino, hal yang bisa kita ambil hikmahnya adalah setiap kesuksesan pasti harus menempuh kegagalan. Tidak ada perjalanan atau proses yang mulus, maka kita harus selalu gigih dan tidak mudah menyerah melewatinya. 

  • Chairul Tanjung

Chairul Tanjung atau yang juga dikenal sebagai si anak singkong adalah pengusaha sukses dibidang media yaitu CT Corp. Bukan dari keluarga berada, Chairul Tanjung berasal dari keluarga menengah ke bawah dimana ayahnya adalah seorang wartawan di masa orde lama. Karena keterbatasan ekonomi, dimasa mudanya, Chairul Tanjung menambah penghasilan dengan berjualan buku-buku kuliah, jasa pembuatan kaos hingga fotocopy. Selain itu, ia juga mencoba peruntungan dengan membuka usaha toko alat dokter dan laboratorium, usaha rotan hingga usaha kontraktor, namun ternyata bisnis ini tidak berlangsung lama. 

Kegagalan usaha terdahulu tidak membuat Chairul Tanjung patah semangat. Sifatnya yang senang bertemu dengan orang baru dan ia pun membina relasi baik hingga mampu mengarahkan bisnisnya ke bidang media, keuangan dan properti yaitu CT Corp. Dari kisah pengusaha sukses Chairul Tanjung ini, Anda bisa melihat bagaimana jatuh bangunnya dan tidak pernah berhenti untuk mencoba. Selain itu, menciptakan relasi yang baik juga baru sangat penting untuk pengembangan bisnis Anda. Total kekayaan Chairul Tanjung adalah US$ 4 miliar.

  • Ciputra

Ciputra adalah salah satu pengusaha sukses di Indonesia yang memiliki bisnis di bidang properti yaitu Ciputra Group. Ciputra lahir pada 24 Agustus 1931 yang memiliki nama asli Tjie Tjin Hoan. Sedari kecil, Ciputra sudah mengalami perjuangan hidup yang tak selalu senang. Ayahnya ditangkap oleh pasukan bersenjata tak dikenal karena dituduh sebagai mata-mata belanda. Dari sejak itulah, Ciputra membantu ibunya berjualan kue dan mengurus sapi peliharaan. 

Ditengah kondisi ekonomi yang kurang menentu, Ciputra berhasil menyelesaikan kuliahnya di Institut Teknologi Bandung jurusan arsitektur dan setelahnya ia pun merintis usaha propertinya seperti Jaya Group, Metropolitan Group dan Ciputra Group. Namun, pada proses dalam perjalanan bisnis tak selalu mulus. Bisnisnya pun sempat terkena dampak krisis ekonomi 1998 dan membuatnya harus memberhentikan (PHK) 7000 karyawannya di Ciputra Group dan ditahun ini juga Bank Ciputra dan Asuransi Jiwa Ciputra Allstate harus berakhir. 

Walaupun bisnisnya terkena dampak krisis ekonomi 1998, hal ini tidak menghalangi Ciputra untuk terus bangkit. Berkat kegigihannya, ia pun dinobatkan menjadi orang terkaya ke 11 di Indonesia pada tahun 2017. Dari kisah pengusaha sukses Ciputra, kita bisa belajar bahwa kegigihan adalah yang penting untuk dimiliki oleh pelaku usaha sehingga lebih semangat dan tidak mudah menyerah di situasi apapun.  Total kekayaan Ciputra dan keluarga adalah Rp 18,2 triliun.

  • Dato Sri Tahir

Jika Anda pernah mendengar Mayapada, maka sosok pengusaha sukses di baliknya adalah Dato Sri Tahir. Ia terlahir dari keluarga dengan ekonomi menengah. Ayam Dato Sri Tahir adalah seorang pembuat becak, dan ibunya adalah pemilik toko pakaian. Sejak kecil, ia bercita-cita menjadi seorang dokter, namun hal itu pupus karena ayahnya harus masuk rumah sakit sehingga biaya yang dibutuhkan juga cukup besar. 

Seiring berjalannya waktu, Tahir fokus untuk melanjutkan usaha sang ayah dan memutuskan untuk tidak melanjutkan Pendidikan ke jenjang perkuliahan. Berkat kegigihannya, ia pun mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan sekolah bisnis di Nanyang Technological University di Singapura. Setelah lulus, ia akhirnya mencoba membuka bisnis di bidang garmen. Melihat bisnis garmen memiliki pangsa pasar yang baik, ia pun mulai memasuki bisnis keuangan lalu mendirikan Mayapada Group pada tahun 1986. 

Mayapada Group pun tetap berdiri walau gempuran krisis ekonomi tahun 1998. Bisnisnya pun mampu memasuki pasar saham bursa efek Jakarta dengan total kekayaan hingga Rp 49 triliun. Dari Sinilah, kita bisa belajar bahwa jika ingin mendapatkan kesuksesan harus mampu bekerja keras dan melihat peluang yang ada. 

  • Susi Pudjiastuti

Susi Pudjiastuti merupakan salah satu pengusaha sukses wanita di Indonesia yang pernah menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan di Kabinet Kerja Presiden Joko Widodo. Bukan berasal dari keluarga berada, Susi Pudjiastuti dulunya adalah anak dari seorang peternak dan penjual hewan potong sapi juga kerbau. Seiring dewasanya Susi, ia pun mencoba bisnis dan fokus untuk mengembangkan bisnis perikanannya sembari melanjutkan pendidikan. Seperti bisnis lainnya, bisnis yang dijalankan Susi tidak selalu mulus, ia pernah memiliki kendala soal pinjaman dana ke bank. Dari sinilah, ia memiliki pesawat yang diberi nama Susi Air. Awalnya, Susi Air dibuat untuk memudahkan transportasi kebutuhan pengiriman ikannya. 

Namun, saat tsunami Aceh, ia pun tergerak hatinya untuk meminjamkan pesawat untuk membantu pengiriman bantuan untuk Aceh. Sejak itulah, banyak sekali LSM dalam dan luar negeri yang meminta Susi Air bekerja sama dengannya. Susi Air pun semakin terkenal di dalam maupun luar negeri. Dari kisah Susi Pudjiastuti, kita bisa belajar bahwa rasa gigih harus selalu dimiliki oleh seorang pengusaha selain itu jangan lupa tentang rasa kemanusiaan. Total kekayaan Susi Pudjiastuti adalah Rp 78 miliar.

  • Jogi Hendar Atmadja

Jogi Hendar Atmadja adalah sosok di balik PT Mayora Indah Tbk yang memproduksi berbagai makanan ringan, biscuit hingga permen Kopiko. Pengusaha sukses yang lahir pada 1946 ini bersama rekannya Raden Sudigdo dan Darmawan Kurnia mendirikan sebuah perusahaan yaitu PT Mayora Indah pada 1977. 

Produk-produk Mayora mendapatkan atensi yang baik dari masyarakat, produknya seperti biskuit Roma, Beng Beng, Astor, Le Mineral, Kopiko, Torabika hingga Teh Pucuk. Keberhasilan bisnisnya kini mengantarkan ia menjadi pengusaha sukses dengan total kekayaan hingga Rp 10,6 triliun pada tahun 2016. Dari sosoknya, kita bisa belajar untuk terus berinovasi untuk keberlangsungan bisnis, selain itu kerja keras untuk mencapai keberhasilan. 

Baca juga: 11 Rekomendasi Film tentang Bisnis ini Bikin Semangat jadi Pengusaha

  • Boenjamin Setiawan

Siapa yang tidak kenal dengan perusahaan Kalbe Farma. Boenjamin Setiawan ialah sosok dibalik Kalbe Farma. Ia lulus dari kedokteran Universitas Indonesia dan setelah itu mencoba peruntungan usaha dibidang farmasi dengan modal kecil. Tak hanya itu, ia juga melalui banyak sekali rintangan dalam merintis bisnis. Ia terpaksa menggunakan garasi mobil sebagai pabriknya dan merintis hingga menjadi perusahaan besar. 

Di Tengah krisis moneter, Kalbe Farma sempat dinyatakan bangkrut. Namun, seiring berjalannya waktu, Kalbe Farma pun dapat bangkit kembali dan mengeluarkan berbagai produk populer seperti Extra Joss, Fatigon dan Sakatonik. Dari sosoknya ini, kita bisa belajar bahwa kegigihan dan selalu berinovasi adalah modal lain untuk seorang pengusaha. Total kekayaan Boenjamin Setiawan adalah Rp 64 triliun.Kisah sukses dari pengusaha di Indonesia tersebut semoga bisa memberikan semangat Anda untuk terus mencapai tujuan bisnis.

Pada prosesnya mungkin Anda akan mengalami banyak sekali kendala, termasuk dalam hal modal usaha. Namun, kini tak perlu khawatir karena ada Pinjaman umkm online terpercaya modal usaha dari Danamas yang bisa membuat properti Anda menjadi modal bisnis. Fintech lending berijin OJK, Danamas mampu menjadi solusi Anda yang sedang mencari pinjaman modal bisnis UMKM. Limit pinjaman mulai dari Rp 50 juta hingga 2 miliar rupiah kini bisa dengan mudah ada ditangan Anda. Coba langsung simulasikan pinjaman modal usaha di website Danamas dan download aplikasi danamas pinjaman bisnis di smartphone Anda.

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

apa-itu-tes-dna

Biaya Tes DNA, Manfaat, Lokasi & Manfaatnya Untuk Kesehatan

Biaya tes DNA biasanya dimulai dari harga Rp 7 juta hingga Rp 10 juta di beberapa lokasi rumah sakit di Indonesia. Melakukan tes ini memang terbilang mahal dengan hasil yang b

review-buku-the-life-changing-of-tidying-up

Review Buku The Life Changing Magic of Tidying Up Karya Marie Kondo

Review buku berjudul The Life Changing Magic of Tidying Up adalah buku terlaris yang ditulis oleh penulis Jepang, Marie Kondo, yang awalnya diterbitkan pada tahun 201

kalender-2023-dan-tanggalnya

Kalender 2023 Lengkap Dengan Tanggal Merah

Saat menyambut tahun baru, maka salah satu yang paling dicari adalah kalender 2023 lengkap dengan tanggal merah. Tanggal merah atau hari libur pasti ditunggu oleh banyak orang