Rekomendasi-Mobil-Keluarga

Mobil keluarga umumnya berjenis MPV yang menjadi incaran banyak orang agar mampu mengakomodir penumpang. Mobil MPV dianggap sebagai mobil keluarga yang memiliki kapasitas besar tak hanya untuk orang atau penumpang tapi juga mampu membawa barang bawaan sehingga saat perjalanan jauh terasa lebih nyaman. Hal ini karena banyaknya peminat untuk jenis mobil keluarga MPV ini maka banyak sekali brand mobil mengeluarkan jenis mobil MPV yang dikhususkan untuk keluarga.

Rekomendasi mobil murah yang bagus pun juga sangat cocok bagi keluarga baru maupun mereka yang sudah memiliki banyak anak. Jika anda berencana untuk membeli mobil keluarga maka sebaiknya ketahui terlebih dahulu spesifikasi keunggulan dan kelemahan dari mobil tersebut. Di Indonesia sendiri banyak sekali rekomendasi mobil keluarga 2023 yang tidak hanya model MTV tetapi juga jenis stiker hingga SUV yang cocok bagi semua kalangan.

Bagi anda yang suka dengan beberapa brand atau merek mobil tertentu maka rekomendasi mobil keluarga 2023 di bawah ini bisa jadi referensi terbaik bagi anda. Pilihlah mobil keluarga yang tidak hanya mampu mengakomodasi anda dan anggota keluarga saja tetapi juga nyaman untuk dikendarai di dalam kota maupun di luar kota. Selain itu jangan lupa untuk selalu cek harga terbaru dari mobil keluarga 2023.

1. Honda Mobilio

Rekomendasi mobil keluarga 2023 murah lainnya adalah Honda Mobilio. Honda Mobilio memiliki spesifikasi yang cukup baik yang dibekali dengan mesin 1500 cc yang mampu menghasilkan tenaga hingga 118 PS pada 6600 rpm dengan nilai torsi sampai 145 nm. Jika anda mencari mobil keluarga 2023 dengan pilihan matic dan manual maka Honda Mobilio memiliki kedua varian tersebut. Untuk harga mobil Mobilio pun terbilang cukup terjangkau bagi beberapa kalangan yaitu 200 juta rupiah dan bisa mengakomodir hingga 7 orang penumpang.

2. Toyota Calya

Jika anda mencari mobil keluarga dengan lokasi green car maka Toyota calya adalah pilihan yang bijak. Sejak dirilis tahun 2017 Toyota calya sempat mengambil banyak perhatian bagi keluarga Indonesia yang ingin memiliki mobil Toyota dengan harga hanya 100 jutaan namun dengan spesifikasi yang apik. Toyota calya ini memiliki kabin yang cukup lega termasuk juga bagian bagasi yang bisa menampung banyak barang jika kursi baris ketiga dilipat. Selain itu Toyota calya juga memiliki kekedapan yang cukup baik sehingga Anda akan merasa nyaman selama di perjalanan.

3. Toyota Avanza

Siapa yang tidak kenal dengan Toyota Avanza, Toyota Avanza masih menjadi rekomendasi mobil keluarga 2023 yang cukup populer dari tahun ke tahun. Desainnya yang timeless atau tidak lekang dengan waktu ini membuat Toyota Avanza digemari banyak keluarga Indonesia. Selain itu Toyota Avanza juga dilengkapi dengan mesin 1329 cc dengan torsi hingga 120 nm. Anda pun bisa memilih varian matic ataupun manual sesuai dengan kebutuhan anda.

4. Daihatsu Xenia

Daihatsu Xenia adalah pilihan lainnya yang lebih murah jika dibandingkan dengan Toyota Avanza. namun Daihatsu Xenia dan Toyota Avanza memiliki model ataupun desain yang serupa seperti keduanya kembar. fiturnya juga cukup lengkap dan mampu mengakomodir segala kebutuhan anda dan keluarga di perjalanan dalam kota maupun perjalanan jauh ke luar kota. harganya yang murah maka Daihatsu Xenia menjadi rekomendasi mobil keluarga 2023 dan sepertinya akan terus menjadi pilihan banyak keluarga Indonesia.

5. Wuling Confero

Wuling confero memiliki segmen pada mobil MPV dan setara dengan mobil-mobil seperti Daihatsu Xenia Honda Mobilio hingga Toyota Avanza. walaupun terbilang menjadi salah satu mobil keluarga yang baru masuk di Indonesia namun  wuling confero mendapatkan perhatian khusus dari beberapa orang yang mencari mobil MPV dengan tampilan yang stylish. Mobil asal China ini dilengkapi dengan mesin 1500 cc dengan berbagai fitur keamanan yang bisa memberikan kenyamanan bagi anda juga.

6. Mitsubishi Xpander

Mitsubishi expander juga termasuk ke dalam list rekomendasi mobil keluarga 2023 yang murah dengan berbagai fitur yang ditawarkan sangat menarik. Mitsubishi xpander terkenal dengan ground clearancenya yang bisa bermanfaat saat melalui jalan berlubang dan genangan air sehingga Mitsubishi expander sangat cocok untuk berbagai kondisi jalan. untuk harga Mitsubishi xpander lebih mahal dari beberapa MPV lainnya namun kabin hingga fitur-fitur yang ditawarkan pun sepadan dengan harga yang dijual di pasaran.

7. Suzuki Ertiga

Susu Suzuki Ertiga juga menjadi salah satu rekomendasi mobil keluarga 2023 yang memiliki desain tak lekang oleh waktu atau timeless dengan berbagai fitur atau desain premium hingga memberikan performa yang baik. Salah satu kelebihan dari Suzuki Ertiga adalah termasuk ke dalam mobil yang irit bahan bakar sehingga sangat cocok bagi Anda yang suka bepergian setiap hari membawa mobil hingga jarak terjauh. Suzuki Ertiga dilengkapi dengan mesin 1500 cc dengan tenaga 104 PS yang cukup handal. 

8. Daihatsu Sigra

Daihatsu sigra menjadi salah satu mobil keluarga yang sempat meramaikan pasar otomotif di Indonesia sejak tahun 2017 dan menjadi satu varian mobil LCGC. Daihatsu sigra memiliki kapasitas hingga 7 orang penumpang yang dilengkapi berbagai fitur menarik yang mampu mengakomodir pengemudi ataupun penumpang. Daihatsu sigra mirip seperti Toyota calya namun memiliki harga yang relatif lebih murah daripada Toyota  Calya, memiliki mobil jenis ini dengan harga yang terjangkau maka bisa memilih Daihatsu sigra. 

9. Toyota All New Veloz

Toyota all new Veloz adalah salah satu pilihan MPV yang masuk ke dalam rekomendasi mobil keluarga 2023. generasi terbaru dari Veloz ini hadir pada tahun 2021 dengan tampilan yang sporty dan juga stylish. Tampilan sporty ini terlihat dari grill baru dengan desain yang lebih Bold dengan desain headlamp led yang tajam. tidak hanya itu tampilan sporty dari Veloz juga mampu memberikan kenyamanan dari kabinet yang cukup lapang dan bisa menampung 7 orang penumpang. Fitur keamanannya juga cukup lengkap dengan tenaga mesin sebesar 106 HP pada 6000 rpm dengan torsi 141 nm pada 4200 RPM. 

10. Toyota All New Kijang Innova Zenix

Toyota all new Kijang Innova zenix adalah keluaran baru dari Kijang Innova. Rekomendasi mobil keluarga 2023 yang paling populer ini memiliki kelebihan pada Panoramic Sunroof. Kehadiran panoramic sunroof ini membuat Innova semakin kompetitif dibanding dengan rivalnya. Tidak hanya itu sunroofnya pun juga sangat besar yaitu membentang dari depan hingga belakang. Toyota all new Kijang Innova zenix juga dilengkapi dengan caption ottoman yang lebih nyaman untuk penumpang. Tipe otomatis untuk tensit ini memiliki sandaran kaki yang menjadikan duduk juga semakin lebih rileks. Bagi penumpang yang duduk di baris ketiga tidak perlu khawatir merasa kesulitan karena will base nya cukup luas sehingga Anda bisa duduk dan menikmati perjalanan lebih nyaman. 

11. Toyota All New Voxy

Jika anda mencari rekomendasi mobil keluarga 2023 dengan desain yang serupa seperti Toyota Alphard namun dengan harga lebih murah maka Toyota voxy bisa jadi pilihan. Toyota voxy memiliki pintu geser bagi penumpang di belakang yang tampilan desainnya berbentuk kotak namun tetap mewah. Toyota voxy hadir dengan Captain Captain seat di baris kedua yang diatur yang bisa diatur sesuai kebutuhan lalu pada kursi baris ketiga juga bisa dilipat dan baris kedua dapat dimundurkan hingga ke belakang. 

12. Mitsubishi Xpander

Pilihan rekomendasi mobil keluarga 2023 yaitu Mitsubishi xpander yang menjadi Rival Toyota Avanza di kelas MPV 7 seater. Mobil mengadopsi mengadopsi mesin 1.499 cc MIVEC DOHC 16 valve dengan transmisi otomatis CVT. Mobil ini dilengkapi dengan engine start/stop, ABS, EBD & BA, Dual SRS Airbag, ASC, HAS, sensor parkir dan kamera belakang, serta electronic parking brake.

13. Suzuki Ignis 

Jika anda mencari mobil keluarga 2023 yang mungil untuk keluarga baru Maka Suzuki ignis bisa jadi pilihan yang tepat.Suzuki ignis memiliki ukuran yang lebih kecil dengan performa yang handal dan desain stylish juga Sporty. walaupun Suzuki ignis dibekali dengan model ECC Mini namun tetap memiliki mesin yang cukup mumpuni dan juga irit bahan bakar Untuk desain interior dari Suzuki ignis juga terlihat elegan minimalis dengan bagasi yang cukup lega dan fitur canggih. 

14. Toyota Calya 

Cinta kalian menggunakan mesin dengan tenaga maksimal 87 hp yang bisa dicapai hingga 6000 RPM. Untuk transmisinya sendiri dibekali transmisi manual 5 percepatan sedangkan pada tipe G hanya transmisi matic 4 percepatan. Semua tipe new calya dilengkapi dengan tiga point seat belt di seluruh bangku bersama dual SRS airbag di depan dan isofix di bangku Tengah. Kabinnya yang lega juga cocok bagi Anda yang ingin membawa seluruh anggota keluarga berkendara bahkan keluar kota. 

15. Toyota Sienta 

Toyota sienta adalah mobil tipe minivan yang sangat direkomendasikan sebagai mobil keluarga. Toyota sienta memiliki kabin yang cukup lega dan mampu mengakomodir 7 penumpang dengan desainnya yang stylish di kelasnya yaitu tipe mobil MPV. Toyota sienta dilengkapi dengan mesin berkapasitas 1,5 l dengan keluaran hingga 107 HP dan torsi 14,3 kgm. Satu hal yang menjadi daya tarik dari Toyota sienta adalah pintu gesernya yang memberikan kesan mewah di kelasnya.

16. Wuling Cortez

Wuling Cortez hadir dengan dua varian yaitu kualitas Ce dan Cortez ex yang merupakan varian tertingginya. Kedua varian dari wuling Cortez ini sama-sama mengusung mesin turbo yang memiliki konfigurasi 4 silinder segaris Euro 4 DOHC dvvt serta berkapasitas 1451 cc. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga hingga 140 HP Hingga 5.200 rpm dengan torsi 250 nm pada 1600 sampai 3600 RPM. Pada Cortez face tahun ini sudah mengadopsi head unit berukuran 10,25 inci yang dilengkapi dengan teknologi internet of Vehicle. Dengan teknologi ini maka head unit bisa terintegrasi dengan smartphone secara menyeluruh. 

17. Honda BRV

Honda br-v termasuk ke dalam jajaran mobil LSUV yang cocok dijadikan sebagai mobil keluarga. mobil Honda ini memiliki desain yang cukup modern dengan dilengkapi berbagai fitur hiburan dan fitur keselamatannya. fitur yang ada pada mobil Honda br-v ini antara lain lampu utama LED stop engine sistem Smart entry dan head unit layar sentuh yang berukuran 7 inci. Mobil Honda br-v ini juga sudah dilengkapi dengan fitur keselamatan Honda sensing untuk tipe teratasnya. dalam segi performa Honda br-v dilengkapi dengan mesin berkode l15zf 1500cc dengan 4 silinder iptek. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga hingga 121 PS dengan torsi 145 nm dan mengklaim dirinya sebagai mobil Honda dengan konsumsi bahan bakar yang irit 

18. Hyundai Stargazer

Hyundai stargazer juga menjadi salah satu rekomendasi mobil keluarga 2023 dari Tipe MPV asal Korea Selatan. tampilan Hyundai stargazer memiliki desain yang stylish dan modern dengan tambahan lampu drl yang memanjang dan grill besar serta dilengkapi lampu utama di kedua sisinya. Tak hanya itu pada bagian belakang juga tampak modern dengan penggunaan lampu Distinctive H Rear Lamp. Hyundai stargazer juga dilengkapi dengan Captain seat di bagian kedua dan mampu menampung hingga 7 orang penumpang. 

19. Hyundai Creta

Hyundai kereta menjadi salah satu mobil Hyundai terbaru tahun ini yang cukup menarik banyak perhatian. Hyundai kereta termasuk ke dalam mobil keluarga yang cukup murah irit dengan tarikannya yang kuat dari Korea Selatan dengan tampilan futuristik dan modern. Hyundai kereta juga dilengkapi dengan fitur keselamatan aktif bullying di mana fitur tersebut menaungi berbagai fitur keselamatan lain seperti Auto Collision Notification(ACN), SOS/Emergency Assistance, Roadside Assistance (RSA), Stolen Vehicle Notification, Stolen Vehicle Tracking, serta Stolen Vehicle Immobilization.Ini kereta mampu muat hingga 5 orang penumpang dengan bagasi yang cukup luas. 

20. Toyota All New Corolla Altis

Toyota All New Corolla Altis adalah rekomendasi mobil keluarga 2023 untuk jenis sedan. Corolla Altis adalah mobil Toyota sedan yang cukup mewah di kelasnya namun banyak juga digunakan sebagai mobil keluarga. Toyota All New Corolla Altis menggunakan mesin 1800400 CC 4 silinder DOHC dual VVTI dengan tenaga maksimum hingga 140 PS serta torsi di 171 nm. 

21. Nissan Livina

Nissan menjadi salah satu produsen mobil keluarga yang mendapatkan banyak perhatian di Indonesia. salah satu mobil keluarga dari Nissan adalah nissan Livina yang memiliki berbagai fitur keamanan yang mampu menjamin pengendara ataupun penumpang untuk bisa berkendara dengan aman dan nyaman. Nissan Livina dilengkapi dengan mesin kapasitas 1499 cc dengan tenaga hingga 104 PS dan mampu menghasilkan mobil yang memiliki potensi cukup ideal. Selain itu Nissan Livina juga memiliki spesifikasi yang cukup tangguh sehingga cocok untuk dibawa perjalanan jarak jauh. 

22. Wuling Almaz

Wuling Almas hadir dengan dua tipe varian yaitu Almas eksklusif dan Almas Pro yang dilengkapi dengan teknologi wuling enter connected Smart ekosistem. Almaz terbaru juga sudah menyematkan fitur IoV (Internet of Vehicle) serta Adaptive Cruise Control. 

23. Suzuki Ertiga Hybrid

Suzuki Ertiga Hybrid termasuk ke dalam rekomendasi mobil keluarga 2023 dengan mesin canggih k15b 1462 cc. Jantung mekanis yang dimiliki oleh Suzuki Ertiga Hybrid dikombinasikan dengan teknologi integrated starter generator dan baterai lithium ion. maka secara mekanis mampu memunculkan torsi puncak 138 Nm pada 4.400 rpm dan tenaga maksimal 104,7 PS pada 6.000 rpm. 

24. Suzuki XL7

Rekomendasi mobil keluarga 2023 dari Suzuki lainnya adalah Suzuki xl7. suzuki xl7 adalah mobil SUV dari Ertiga dengan memiliki ciri khas pelek lebih besar serta tampilan yang lebih gagah. Suzuki XL7 memiliki kapasitas 1462 cc dengan 4 silinder DOHC dan vvt yang tidak ada jauh berbeda dari Ertiga sebelumnya. Tenaga yang dimiliki oleh Suzuki xl7 Mencapai 103 HP dengan torsi 138 nm. Anda bisa memilih mode manual maupun otomatis bagi Suzuki xl7. 

25. Daihatsu Terios

Salah satu rekomendasi mobil keluarga 2023 dari Daihatsu adalah Daihatsu Terios yang memiliki DNA SUV gagah dengan performa cukup bersaing di pasarnya. Daihatsu Terios memiliki mesin 1500 cc dengan tipe mesin 2nr ve DOHC dual VVTI yang mampu memberikan tenaga hingga 104 PS per 6000 rpm dengan torsi maksimum 136 nm per 4200 RPM. Jika anda suka mobil dengan Ground clearance yang tinggi hingga 200 mm maka Daihatsu Terios memiliki itu. Daihatsu Terios mampu melewati berbagai Medan berkontur bahkan untuk perjalanan jarak jauh. 

26. Toyota Rush

Toyota Rush adalah pilihan lain selain Daihatsu Terios yang modelnya sama namun hanya berbeda merek saja. Toyota Rush menggunakan mesin 1500 cc 2nr ve dengan teknologi 2 VVTI. memiliki torsi Puncak hingga 136 nm pada 4200 rpm dengan tenaga maksimal 103 HP pada 6000 RPM. Toyota Rush juga sudah dilengkapi dengan head Unit layar sentuh 7 inci dengan 8 unit speaker Smart entry auto AC dan 6 srs airbag. 

27. Daihatsu Sirion

Bagi Anda yang mencari mobil keluarga yang Gesit maka daratan Sirion bisa jadi pilihan bagi pasangan baru. Daihatsu Sirion mengadopsi mesin 1300 cc dengan transmisi otomatis di CVT. tampilannya pun juga lebih stylish dengan fitur idle stop system sehingga konsumsi BBM lebih efisien. Selain itu ada juga fitur air purifier speed sensing door lock hingga Hill start assist.

28. Suzuki Baleno Hatchback

Suzuki Baleno hatchback memiliki kapasitas 1373 CC 4 silinder yang menghasilkan tenaga hingga 93 HP pada 6000 RPM dan torsi Puncak mencapai 130 nm pada 4200 RPM. Suzuki Baleno Hatch B memiliki tampilan yang sangat sporty ala hatchback dan cocok untuk pasangan keluarga muda. dilengkapi dengan beberapa fitur seperti AC digital dual SRS airbag, dll yang mampu mengakomodir pengemudi dan penumpang.

29. Honda BR-V

Honda br-v menggunakan mesin berkubikasi 1500 cc dengan teknologi DOHC i vtec yang mampu melontarkan torsi Puncak 145 nm pada 4.300 rpm dengan tenaga maksimum 120 HP pada 6600 RPM. Salah satu keunggulan dari Honda br-v ini adalah fitur-fitur modern yang dimiliki seperti Honda sensing. Pada mesin yang terintegrasi dengan teknologi keselamatan seperti adaptive cruise control (ACC), lane keeping assist system (LKAS), lead car departure notification system (LCDN), dan lain-lain.

30. Kia Seltos

Kia Seltos hadir di Indonesia dengan pilihan mesin bensin dan diesel. bagi Anda yang mencari rekomendasi mobil keluarga 2023 dengan mesin diesel performa baik maka kia Seltos bisa jadi pilihannya. Pada mesin diesel mengklaim tenaga maksimal hingga 115 PS pada 4000 RPM. Sedangkan torsinya mampu meraih 4.500 nm pada putaran mesin 1500 – 2750 rpm. Mesin ini juga dikombinasikan dengan transmisi otomatis dalam percepatan.

31. Kia Sonet 7-Seater

Kia Sonet memiliki varian tertinggi yang dilengkapi dengan fitur modern untuk kenyamanan berkendara. head unit layar sentuh dari KIA Sonet berukuran 10,25 inci yang mampu terkoneksi dengan smartphone dan memiliki fitur kiblat. Kia sonet juga memiliki 6 speaker yang mampu memanjangkan penumpangnya dengan kabin yang lega untuk bisa memutarkan musik dan fitur modern lainnya.

32. Honda City Hatchback

Jika anda mencari rekomendasi mobil keluarga 2023 pada Honda maka Honda City hatchback juga bisa menjadi pilihan. Honda City hatchback menggunakan mesin 1500 cc DOHC yang dikombinasikan dengan transmisi 6 percepatan CVT maka tenaganya bisa mencapai 120 HP dan torsi 145 nm. Adapun fitur yang dimiliki oleh Honda City hatchback antara lain One Push Ignition System, Cruise Control, Audio Steering Switch dan Hands-free Telephone (HFT) Switch dengan Voice Recognition, Multi-Angle Rear View Camera, dan ULTRA Seat.

33. Honda Freed

Honda Freed adalah mobil yang memiliki desain kaku dengan bentuk voxy yang tetap digemari di pasar. Honda Freed menjadi salah satu rekomendasi mobil keluarga 2023 yang cukup nyaman eksklusif dan juga sporty yang terlihat dari desainnya. Honda Freed memiliki kapasitas penumpang hingga 8 penumpang dengan interior dan eksterior yang cukup mumpuni. Honda Freed memiliki walk through cabin yang membuat mobil ini cukup mencolok di awal kemunculannya. Walk through cabin memungkinkan penumpang untuk bergerak dengan leluasa di dalam mobil sehingga bisa mendukung kenyamanan mereka saat berkendara.

34. Mazda Biante

Mazda biante adalah salah satu mobil kategori MPV yang memiliki kesan mewah dan eksklusivitas dari Mazda. Keberadaan mobil MPV kelas premium ini termasuk ke dalam rekomendasi mobil keluarga 2023 yang cukup menarik banyak perhatian konsumen. Hal ini terlihat dari eksterior dan interior Mazda biante yang sangat memukau. Dashboard pada mobil Mazda biante berbahan karet plastik dengan kombinasi warna coklat gelap dan krem dengan desain yang futuristik. Untuk bagian eksterior Mazda Biante limited edition dilengkapi dengan headlamp headlamp berbentuk sipit dengan perpaduan grill yang berwarna Chrome cukup menawan. Sementara itu tipe limited edition memiliki tata ruang yang lebih elegan dengan aksen krom. 

35. Honda HRV

Juga bisa menjadi rekomendasi mobil keluarga 2023 untuk pasangan muda. Pada varian baru Honda hr-v memiliki mesin 1,8 liter untuk performa yang lebih mumpuni dari varian sebelumnya. Tampilan desain dari Honda hr-v juga terlihat lebih modis dan sporty dengan sentuhan hatchback SUV. Untuk varian 1.8 Prestige Monday servis sudah menggunakan lampu depan berteknologi LED yang bisa menawarkan sinar lebih terang namun tetap memberikan tampilan yang modern. Pada bagian interior Memiliki kabinet yang cukup lega yang mampu menampung 5 penumpang dengan kualitas material yang cukup baik. Pada bagian dashboard layout layar head unit berkurang 8 inchi dengan AC terlihat unik dan cukup mudah dijangkau terlebih lagi menggunakan touchscreen untuk kendali AC. 

Wujudkan Bisnis Jual Beli Mobil, Makin Untung dengan Danamas!

Memiliki bisnis jual beli mobil memang sangat menjanjikan, terlebih lagi jika Anda memiliki strategi jitu yang berhasil menarik para pelanggan. Strategi bisnis akan semakin nyata dengan adanya modal usaha yang aman. Salah satu sumber pinjaman online terpercaya berizin OJK adalah Danamas. Dengan pinjaman limit besar hingga Rp 2 miliar, maka Anda bisa wujudkan mimpi untuk memiliki bisnis jual beli kendaraan. Sebelum Anda mengajukan pinjaman usaha di Danamas, coba gunakan kalkulator simulasi kredit untuk ketahui besaran cicilan Anda. Ada juga kalkulator pinjaman untuk cek nilai aset yang Anda agunkan. Kemudahan untuk bisa mengakses langsung Danamas adalah dengan download Aplikasi Danamas Pinjaman Bisnis di Play Store dan Apple Store sekarang juga.

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

apa-itu-tes-dna

Biaya Tes DNA, Manfaat, Lokasi & Manfaatnya Untuk Kesehatan

Biaya tes DNA biasanya dimulai dari harga Rp 7 juta hingga Rp 10 juta di beberapa lokasi rumah sakit di Indonesia. Melakukan tes ini memang terbilang mahal dengan hasil yang b

review-buku-the-life-changing-of-tidying-up

Review Buku The Life Changing Magic of Tidying Up Karya Marie Kondo

Review buku berjudul The Life Changing Magic of Tidying Up adalah buku terlaris yang ditulis oleh penulis Jepang, Marie Kondo, yang awalnya diterbitkan pada tahun 201

kalender-2023-dan-tanggalnya

Kalender 2023 Lengkap Dengan Tanggal Merah

Saat menyambut tahun baru, maka salah satu yang paling dicari adalah kalender 2023 lengkap dengan tanggal merah. Tanggal merah atau hari libur pasti ditunggu oleh banyak orang