Hemat Liburan Akhir Tahun

Liburan akhir tahun merupakan hari-hari yang selalu dinantikan oleh semua orang. Mempersiapkan rencana yang sedemikian rupa untuk dapat menikmati akhir tahun yang ideal telah dilakukan sejak jauh-jauh hari. Namun sayangnya, ketika memasuki momen akhir tahun, seluruh harga akomodasi, transportasi, dan lain-lainnya yang berhubungan dengan momen liburan pun melonjak naik. Hal ini tentu saja menjadi tantangan tersendiri untuk kesehatan finansial Anda. Meski begitu, jangan khawatir. Berikut tips-tipsnya untuk tetap berlibur hemat!

Tips Liburan Hemat

  1. Susun anggaran yang Anda perlukan

Buatlah perhitungan dan budget yang akan Anda alokasikan untuk liburan kali ini. Dengan begitu, liburan Anda akan menjadi optimal tanpa mengganggu kondisi finansial Anda.

  1. Tentukan tanggal liburan Anda

Dengan menentukan hal ini, anda akan terhindar dari harga-harga peak season yang mempengaruhi budget transportasi dan akomodasi Anda.

Hemat Liburan Akhir Tahun
  1. Pilih destinasi yang on budget

Pastikan liburan Anda tidak akan membuat Anda bingung untuk harus pergi kemana dan melakukan apa walaupun Anda harus berpatok pada budget. Oleh karena itu, buatlah daftar tujuan Anda dan sesuaikanlah dengan budget yang ada.

  1. Cari promo pada momen-momen tertentu

Manfaatkan promo-promo yang ada pada momen-momen tertentu. Akhir tahun, misalnya. Rutinlah mencari promo berupa potongan harga atau diskon yang sering diadakan oleh penyedia jasa.

Setelah mengetahui tips-tips berlibur hemat di atas, Anda harus mengetahui kemana Anda akan pergi berkunjung. Jika Anda bertempat tinggal di sekitar Jabodetabek dan jenuh dengan segala hiruk pikuk yang ada di kota, Anda bisa mempertimbangkan untuk mengunjungi destinasi-destinasi berikut yang tergolong dekat dan ramah di kantong namun tetap berkesan.

Destinasi Berlibur yang Hemat

  1. Taman Wisata Alam Mangrove, Angke Kapuk

Untuk Anda yang tinggal di sekitar Jakarta, Anda bisa memasukkan tempat ini di destination list Anda. Berlokasi di kawasan sekitar Pantai Indah Kapuk, rentetan pemandangan hijau dari ribuan pepohonan yang asri ini siap Anda kunjungi untuk melepaskan penat. Harga tiket masuk Taman Wisata Alam Mangrove dipatok Rp. 30.000/orang untuk weekdays, dan Rp. 35.000 untuk weekend

  1. Pulau Seribu

Jika Anda adalah seorang penikmat pantai dan laut, Pulau Seribu dapat Anda jadikan pilihan. Juga. berkunjung ke Pulau Seribu tidak akan menguras isi kantong Anda. Ada banyak pilihan pulau dan paket-paketnya yang bisa Anda sesuaikan dengan kantong Anda. Dilansir dari keterangan Moivel Tour and Travel sebagai salah satu penyedia jasa paket liburan yang berlokasi di Pluit Selatan, Jakarta Utara, harga paket berlibur ke Pulau Seribu dibanderol mulai dari harga 200 ribu rupiah.

  1. Puncak, Bogor

Lokasi yang satu ini dapat dikategorikan sebagai andalan mereka yang berdomisili di Jabodetabek. Anda akan disuguhkan oleh udara dingin pegunungan serta pemandangan yang menyejukan mata. Puncak Bogor dapat ditempuh dalam waktu 1-2 jam saja dari Jakarta. Dan jika Anda kelaparan, jangan khawatir, terdapat banyak sekali warung makan hingga resto yang berjejer di sepanjang Jalan Raya Puncak – Bogor. Dan untuk akomodasi, Anda bisa memilih tempat sesuai dengan keinginan dan budget Anda. Harga yang ditawarkan mulai 50 ribu semalam hingga jutaan rupiah.

Hemat Liburan Akhir Tahun
  1. Bandung, Jawa Barat

Terkenal dengan nama Kota Kembang, Bandung acap kali menjadi pilihan ketika memasuki musim liburan. Secara geografis, Bandung memiliki dataran yang relatif lebih tinggi jika dibandingkan dengan Jakarta. Maka, jangan heran apabila udara di Bandung masih terasa sejuk meskipun di tengah hari. Bandung memiliki sejuta opsi wisata yang bisa kamu nikmati. Selain wisata alamnya, Bandung juga terkenal akan wisata budayanya yang membuat Bandung terlihat seperti kota tua yang sudah modern. Hanya dengan memakan waktu perjalanan 2 jam dari Jakarta, Anda sudah bisa menikmati liburan di tempat ini.

  1. Yogyakarta

Kota pelajar yang satu ini memang sudah terkenal dengan biaya hidupnya yang terjangkau. Dengan begitu, Yogyakarta dapat menjadi opsi untuk Anda yang ingin pergi sedikit lebih jauh dari Jakarta. Yogyakarta memiliki segudang pilihan wisata yang bisa Anda nikmati. Mulai dari wisata alam seperti gunung hingga pantai, wisata budaya yang masih terjaga, serta wisata kuliner yang merakyat hingga ningrat. Yogyakarta dapat ditempuh dalam waktu 8 jam menggunakan kereta api.

Baca juga: Mau Liburan Akhir Tahun? Intip 10 Tips nya!

Itulah tadi beberapa tips liburan dan pilihan untuk destinasi liburan Anda selanjutnya. Perlu Anda ketahui bahwa harga dan waktu tempuh yang disebutkan masih bisa berubah. Maka dari itu, selipkanlah budget lebih agar Anda tetap dapat menikmati liburan Anda tanpa memikirkan biaya-biaya tidak terduga. Seperti kenaikan tarif tempat wisata dan biaya lainnya. Juga jangan lupa untuk melebih-lebihkan prediksi waktu di itinerary liburan Anda untuk menghindari pembengkakan biaya jika Anda terjebak macet dan menjadi impulsif untuk akhirnya berlabuh ke tempat baru di luar itinerary perjalanan serta budget Anda.

Untuk mengoptimalkan pengalokasian budget untuk liburan Anda, Anda dapat menabungnya di bank menggunakan akun bank terpisah dari kebutuhan bulanan Anda. Namun, jika Anda ingin menggunakan cara yang lebih mudah dan menguntungkan, Anda dapat mencoba untuk menyimpan uang Anda melalui produk investasi P2P seperti yang tersedia di aplikasi Danamas.

Klik disini untuk mendaftar!

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

apa-itu-tes-dna

Biaya Tes DNA, Manfaat, Lokasi & Manfaatnya Untuk Kesehatan

Biaya tes DNA biasanya dimulai dari harga Rp 7 juta hingga Rp 10 juta di beberapa lokasi rumah sakit di Indonesia. Melakukan tes ini memang terbilang mahal dengan hasil yang b

review-buku-the-life-changing-of-tidying-up

Review Buku The Life Changing Magic of Tidying Up Karya Marie Kondo

Review buku berjudul The Life Changing Magic of Tidying Up adalah buku terlaris yang ditulis oleh penulis Jepang, Marie Kondo, yang awalnya diterbitkan pada tahun 201

kalender-2023-dan-tanggalnya

Kalender 2023 Lengkap Dengan Tanggal Merah

Saat menyambut tahun baru, maka salah satu yang paling dicari adalah kalender 2023 lengkap dengan tanggal merah. Tanggal merah atau hari libur pasti ditunggu oleh banyak orang