Altcoin adalah

Altcoin adalah aset kripto yang muncul setelah adanya kehadiran dari bitcoin. Altcoin banyak difungsikan sebagai salah satu investasi cryptocurrency. Kemunculannya menghadirkan beberapa fitur yang tidak dimiliki oleh bitcoin. Ada yang menawarkan privasi lebih aman atau metode penyebaran dari koin yang berbeda.

Lalu apa fungsi dari cryptocurrency ini? Menurut survei Global Crypto User Index-2021, sebagian besar menjadikan aset kripto sebagai investasi jangka panjang. Jika Anda masih belum kenal dengan istilah investasi dapat membaca investasi jangka panjang dan jangka pendek

Jadi sebelum berinvestasi di Altcoin Anda harus mengetahui beberapa hal ini! Mulai dari pengertian altcoin, cara kerja, hingga contohnya. Namun, sebelum itu agar lebih mudah memahaminya Anda harus mengetahui dasar dari crypto. Yuk simak

Apa itu Crypto?

Cryptocurrency (atau uang kripto) merupakan sebuah jenis mata uang yang sempat populer (dan masih populer) hingga saat ini. Ada banyak jenis uang kripto yang beredar di Indonesia, termasuk di luar negeri. Namun jika dilihat dari nama, apa itu cryptocurrency?

Jika dilihat dari namanya, cryptocurrency merupakan sebuah jenis mata uang dimana namanya diambil dari 2 kata yang berbeda, yakni Cryptography dan juga Currency. Cryptography dan Currency berasal dari bahasa inggris, dimana Cryptography berarti kode rahasia dan currency yang artinya mata uang. Jika dijadikan satu, cryptocurrency adalah mata uang yang memiliki sandi-sandi rahasia yang berfungsi untuk melindungi dan menjaga keamanan mata uang digital tersebut. 

Jenis Crypto 

Cryptocurrency memiliki banyak jenis dengan kode-kode individual mereka tersendiri. 

Berikut adalah beberapa jenis Crypto yang ada di dunia:

  1. Bitcoin
  2. Litecoin
  3. Dogecoin
  4. Feathercoin
  5. Ethereum
  6. Terra
  7. Dan masih banyak lagi jenis cryptocurrency yang ada

Penggunaan Cryptocurrency di Indonesia

Saat ini pihak bank Indonesia belum memberikan keputusan untuk menggunakan cryptocurrency sebagai alat pembayaran. Hal ini dikarenakan, penggunaan cryptocurrency bertentangan dengan UU No.7 Tahun 2011 dalam pasal 1 ayat 1 yang berbunyi “Mata Uang adalah uang yang dikeluarkan oleh Negara Kesatuan Republik Indonesia yang selanjutnya disebut Rupiah”

Selain itu dalam pasal 21 juga disebutkan bahwa mata uang rupiah wajib digunakan dalam setiap transaksi untuk tujuan pembayaran. Bahkan, tidak bisanya digunakan cryptocurrency untuk pembayaran saat ini juga termuat dalam Peraturan Bank Indonesia No.18/40/PBI/2016 Tentang Penyelenggaraan Pemrosesan Transaksi Pembayaran.

Oleh karena itu, kripto tidak dapat digunakan sebagai alat pembayaran di Indonesia. Akan tetapi, kripto masih dapat diperdagangkan di Indonesia dan dapat digunakan sebagai komoditas. Hal ini tertuang berdasarkan  Peraturan Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) no. 5 tahun 2019 tentang Ketentuan Teknis Penyelenggaraan Pasar Fisik Aset Kripto.

Apa Itu Altcoin?

Altcoin adalah crypto yang diperjualbelikan di bursa yang memiliki sistem terpusat atau yang biasa disebut sebagai CEX dan bursa tidak terpusat (Terdesentralisasi) atau yang dikenal dengan DEX. Bitcoin dan altcoin ini banyak digunakan dan diperdagangkan melalui CEX sehingga populer dan digunakan secara luas.

Altcoin menjadi alternatif dari bitcoin dan terdapat 14 ribu jenis mata uang kripto. Dikarenakan kapitalisasi bitcoin dan ethereum sudah mendominasi dengan total hampir 60% dari total mata uang kripto, maka hadirlah beberapa mata uang kripto lain selain bitcoin. Mata uang kripto yang lain ini adalah yang disebut sebagai altcoin.

Altcoin pertama kali dirilis pada April 2011 dan pertama kali disebut sebagai namecoin, dimana pengembangannya berdasarkan dari mata uang utamanya; bitcoin. Altcoin merupakan sebuah singkatan dari “Alternative” serta “coin”. Jika kata tersebut dijadikan satu, jadilah altcoin. 

Pada generasi yang pertama, altcoin memiliki blockchain yang sama dengan bitcoin, dan dikembangkan di blockchain yang sama. Kripto yang memiliki nama awal Namecoin ini adalah bagian integral dari sejarah altcoin, karena hal ini menunjukan bahwa di pasar dapat memiliki lebih dari satu jenis koin. 

Apa Itu Altcoin Season?

Altseason atau altcoin season adalah sebuah kejadian dimana ketika terjadi kenaikan harga kripto yang cukup tinggi, bitcoin memiliki pergerakan yang sedikit lebih stabil sehingga keuntungan bisa dihasilkan namun tidak secara besar-besaran. Akibatnya, investor akan mencari peluang investasi lebih besar lagi, dan disinilah altcoin season terjadi.

Dengan investor yang biasanya menggunakan Bitcoin dan juga Ethereum, mereka kini menggunakan altcoin (atau alternatif Bitcoin lainnya) untuk mulai berinvestasi kripto demi mencapai penghasilan yang maksimal.

Cara Kerja Altcoin?

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, altcoin memiliki blockchain yang sama dengan Bitcoin. Sehingga jika ingin mengetahui cara kerja Altcoin, anda sudah bisa mengetahui altcoin jika sebelumnya sudah pernah mengetahui bagaimana bitcoin bekerja. 

Keduanya memerlukan sebuah kunci pribadi, dimana nantinya pemilik dompet tersebut dapat bertukar mata uang dengan satu pengguna ke pengguna yang lain. 

Jika dirincikan, berikut adalah cara kerja sebuah altcoin:

  1. Anda membeli sebuah altcoin, kemudian terjadi penyebaran dan validasi atas transaksi
  2. Setelah validasi, blok akan terbentuk dan menjadi sebuah catatan permanen yang tidak dapat diubah
  3. Akan ada cara lain untuk memproses dengan mekanisme konsensus seperti Proof-of-Stake atau PoS. 
  4. Dengan meminimalkan penggunaan energi dan juga waktu saat anda membuat transaksi altcoin atau bitcoin lain

9 Contoh Altcoin

Berikut adalah beberapa daftar contoh altcoin yang sudah populer di Tahun 2022: 

  1. Ethereum (ETH)
  2. Binance Coin (BNB)
  3. Tether (USDT)
  4. Solana (SOL)
  5. Cardano (ADA)
  6. USD Coin (USDC)
  7. XRP (XRP)
  8. Terra (LUNA)
  9. Polkadot (DOT)

Altcoin vs Bitcoin

Altcoin memiliki persamaan dan perbedaan dengan bitcoin. Berikut ini beberapa persamaan dan perbedaan dari kedua nya.

PersamaanPerbedaan
Bitcoin dan altcoin sama-sama volatileBitcoin memiliki track record selama 13 tahun lebih lama dari altcoin, artinya investor sudah mengenalnya dibandingkan altcoin
Kedua kripto ini berdasarkan pada blockchain yang bersifat desentralisasiBitcoin memiliki harga sebesar 21.100 USD pada juli 2022, sedangkan altcoin seharga ribuan USD
Bitcoin merupakan penyimpanan value sedangkan altcoin memberikan fungsi dan tujuan innovatif

Investasi Jangka Panjang untuk Raih Financial Freedom

Altcoin merupakan sebuah alternatif kedua dari bitcoin untuk berinvestasi. Namun, pada dasarnya investasi tidak hanya bisa menggunakan altcoin saja, ada banyak jenis investasi lain yang dapat Anda coba. Salah satu contohnya yaitu investasi jangka panjang dengan membangun usaha. Keunggulan dari investasi jangka panjang ini adalah investasi lebih stabil sehingga menjamin masa tua Anda.

Jika Anda ingin memulai membangun usaha yang stabil maka faktor modal tidak bisa Anda lewatkan. Modal menjadi salah satu penentu keberhasilan dalam suatu bisnis. Tapi jangan takut! Karena ada Danamas Pinjaman Bisnis yang telah terpercaya dan berizin OJK. Danamas Pinjaman Bisnis merupakan fintech lending pinjaman online terpercaya beragunan properti yang siap membantu pendanaan usaha Anda.Ayo coba simulasikan pinjaman Anda melalui Kalkulator Simulasi Kredit sekarang juga!

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

lo-kheng-hong

Lo Kheng Hong & Kunci Sukses Investasi Saham Untung 1000%

Lo Kheng Hong adalah pria yang berasal dari kaum masyarakat biasa bukan privilege tapi bisa menjadi miliarder saham di Indonesia. Banyak yang menjuluki beliau adalah

daftar-saham-bluechip

Daftar Saham Blue Chip Untuk Mulai Berinvestasi di Tahun 2023!

Saham blue chip merupakan jenis saham yang sangat diincar oleh para investor karena dinilai memiliki risiko yang relatif lebih rendah dan peluang keuntungan yang lebih besar.

compounding-adalah

Compounding Adalah Efek Bunga Dalam Berinvestasi, Ini Ulasan & Contohnya!

Compounding adalah suatu konsep yang banyak dipakai dalam berbagai bidang seperti bisnis, investasi dan self development. Terkadang kita mengabaikan unsur compoun