Analisis teknikal

Seperti yang kita ketahui, Saham menjadi sangat populer, dan banyak orang memanfaatkannya sebagai bisnis atau untuk trading. Hal ini dipengaruhi oleh berbagai faktor yakni adanya potensi keuntungan yang besar. Untuk bisa mendapatkan keuntungan yang didapatkan, maka Anda harus mempelajari berbagai strategi. Strategi ini salah satunya dengan analisis teknikal. Apa itu analisis teknikal? Artikel ini akan membahas lebih lanjut. Yuk disimak! 

Pengertian dan Manfaat Analisis Teknikal

Analisis teknikal

Analisis teknikal merupakan teknik yang digunakan oleh investor untuk memprediksi adanya perilaku pasar di masa yang akan datang dengan cara mempelajari data pasar, yakni pada data harga, serta volume perdagangan secara historis. Pada praktiknya, investor akan menggunakan analisis teknikal untuk mencoba menentukan titik beli dan jual sebuah aset agar mendapatkan keuntungan melalui garis support dan garis resistance.

Pada garis support, maka investor dapat melakukan pembelian sebab pada garis tersebut, investor lain kemungkinan juga akan membeli aset yang dimaksud dan berharap tren penurunan harga aset (downtrend) akan berhenti. Sementara pada garis resistance, investor bisa menjual asetnya karena adanya kenaikan harga aset (uptrend) akan terhenti. 

Analisis teknikal digunakan sebagai analisis yang tepat untuk mengukur sentimen keseluruhan pasar, karena analisis teknikal merupakan visualisasi atau pendekatan matematis dari aksi jual beli yang dilakukan pelaku pasar secara menyeluruh atau keseluruhan. Para pelaku pasar dapat menggunakan informasi tersebut untuk mendapatkan keputusan dan mencari potensi keuntungan dalam melakukan trading. 

Perbedaan Analisis Teknikal dan Fundamental

Pada analisis teknikal, metode yang digunakan untuk memeriksa sentimen yang terjadi dalam pasar pada jangka pendek. Namun Anda juga bisa mengkombinasikannya dengan analisis fundamental. 

Analisis fundamental digunakan untuk menentukan aset apa yang perlu untuk dibeli maupun dijual, sedangkan pada analisis teknikal digunakan untuk menentukan waktu yang tepat, kapan Anda akan membeli atau menjual aset tersebut. Analisis fundamental juga menggunakan indikator perusahaan yang biasanya disajikan pada laporan keuangan perusahaan, seperti Price to Earning Ratio (P/E), Return to Equity (ROE), dan lain sebagainya. Pada dasarnya analisis fundamental digunakan untuk jangka yang panjang.  Untuk keduanya Anda bisa melihat dalam tabel berikut ini. 

Analisis TeknikalAnalisis Fundamental 
Digunakan untuk berinvestasi atau trading  jangka pendekDigunakan untuk berinvestasi atau trading jangka panjang
Berdasarkan pada data mengenai harga histori yang terjadi di pasar sahamBerdasarkan pada kondisi tertentu suatu perusahaan, ekonomi, dan industri terkait
Berfokus pada data pasar, harga saham, dan volume data transaksiBerfokus pada keadaan ekonomi makro mikro, keuangan di perusahaan, serta siklus industri
Untuk mengetahui kapan harus membeli saham tersebutUntuk menentukan perusahaan mana yang harus dibeli

Memahami analisa teknikal pada saham atau saat melakukan trading dapat membantu Anda untuk memaksimalkan keuntungan dari investasi yang akan Anda lakukan. Gunakanlah analisa teknikal yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda agar dapat menentukan strategi yang tepat dan tepat. 

Lancar by Danamas merupakan platform pinjaman beragunan properti dari Danamas. Berada di bawah naungan Sinarmas Group dan telah mendapatkan izin operasional Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga aman dan terpercaya. Pinjaman yang dapat Anda ajukan mulai dari Rp 50 juta hingga Rp 2 Miliar. Pinjaman Lancar by Danamas dapat Anda gunakan untuk keperluan ekspansi bisnis, ataupun yang lainnya. Selain itu Anda juga dapat mengetahui pinjaman yang didapat melalui kalkulator properti. 
Segera Ajukan pinjaman Anda  melalui website Lancar. Anda juga dapat mendownload aplikasi melalui AppStore atau Playstore.

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

lo-kheng-hong

Lo Kheng Hong & Kunci Sukses Investasi Saham Untung 1000%

Lo Kheng Hong adalah pria yang berasal dari kaum masyarakat biasa bukan privilege tapi bisa menjadi miliarder saham di Indonesia. Banyak yang menjuluki beliau adalah

daftar-saham-bluechip

Daftar Saham Blue Chip Untuk Mulai Berinvestasi di Tahun 2023!

Saham blue chip merupakan jenis saham yang sangat diincar oleh para investor karena dinilai memiliki risiko yang relatif lebih rendah dan peluang keuntungan yang lebih besar.

compounding-adalah

Compounding Adalah Efek Bunga Dalam Berinvestasi, Ini Ulasan & Contohnya!

Compounding adalah suatu konsep yang banyak dipakai dalam berbagai bidang seperti bisnis, investasi dan self development. Terkadang kita mengabaikan unsur compoun