ara-saham

Dalam dunia investasi saham, anda akan bertemu dengan berbagai macam istilah baru yang mungkin saja baru Anda dengar. Istilah tersebut perlu Anda ketahui sehingga dalam aktivitas berinvestasi saham pun akan terasa lebih mudah untuk memahaminya. Salah satu istilah yang sering ada dalam investasi adalah ARA saham dan ARB saham.

Tahun 2021 lalu, ARA saham dan ARB saham kerap kali terdengar terutama bagi anda yang menggeluti investasi saham. Salah satu yang paling banyak menjadi buah bibir adalah Bukalapak yang melakukan IPO dan resmi tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) tanggal 6 Agustus 2021, Kemudian mengalami ARA karena lonjakan peminat dari saham perusahaan tersebut.

Dua istilah dalam dunia saham ini memiliki kaitan yang sangat erat dengan sifat saham yaitu fluktuatif. Kadang-kadang saham perusahaan mengalami ARA namun bisa saja mengalami ARB di keesokan harinya. Apa itu ARA saham & ARB saham? Bagi anda yang masih pemula, yuk pelajari lebih lanjut agar memudahkan anda ketika terjun ke dunia investasi saham. Berikut adalah penjelasannya.

Apa Itu ARA Saham?

ARA Saham adalah singkatan dari auto rejection atas yang memiliki arti yakni mekanisme perdagangan yang berlaku pada bursa saham Indonesia. Penerapan sistem ini dilakukan melalui Jakarta Automated Trading System (JATS) next-G yang memiliki fungsi untuk melayani perdagangan saham dan surat berharga.

Sistem ini bisa menangani setiap permintaan jual dan beli saham walaupun ketika saham mencapai harga tertentu sistem akan melakukan penolakan secara otomatis. Fenomena inilah yang dikenal dengan ARA. Istilah ARA adalah saat harga jual saham melebihi batas kertas yang sudah ditetapkan.

Batas ARA Dan ARB Saham 2022

Penetapan batas atas dalam bentuk persentase Bi sudah menetapkan batasan ARA saham dengan mempertimbangkan harga jual yaitu:

Harga saham acuanNilai ARA
Rp 50 – Rp 200> 35%
> Rp 200 – Rp 5000> 25%
> Rp 5000> 20%

Untuk bisa mengetahui ARA,  maka anda cukup melihat apakah saham tersebut memiliki order antrian jual atau tidak. Sebagai contoh Jika harga Samsung A10 hari kemarin adalah Rp3.000 maka berdasarkan aturan BEI, nilai ARA  dari saham tersebut adalah 25%. Maka dalam kondisi ini sistem JATS NEXT -G  akan menghitung ARA dari saham untuk perdagangan hari ini.

Berapa persen ARB? Sedangkan untuk ARB, harga saham acuannya mulai dari Rp 50 – Rp 200, batas turun ARB dalam sehari yaitu 7%. Untuk harga saham mulai dari Rp 200 – Rp 5.000, batas turun dalam sehari 7%. Kemudian harga saham >Rp 5.000, batas turun dalam sehari adalah 7%. 

Hal yang perlu anda perhatikan adalah, pembatasan auto rejection khusus saham IPO atau baru listing, memiliki besaran 2x lebih besar dari persentase. Berlaku untuk pembelian saham maksimal 50.000 lot atau 5% dari jumlah efek yang tercatat (lihat yang lebih kecil). Jika lebih, maka bisa terkena auto rejection. Sejak pandemi di Indonesia, besaran ARB ada perubahan menjadi 7%.

Pengertian ARB Saham

ARB saham adalah auto rejection bawah yang dipakai untuk menentukan batas minimum penurunan harga sebuah  saham. Maka ketika nilai saham sudah mencapai ARB, maka sistem akan melakukan penolakan untuk semua order pembelian. Dalam kondisi normal pihak BEI menetapkan nilai ARB berkisar antara 20% sampai 35%. Sebagai contoh saat perusahaan a dijual dengan harga Rp5.000 pada penutupan bursa saham kemarin maka batas arb adalah sebesar 7%. Dengan begitu usaha memiliki ARB sebesar Rp 4.650 dan jika ada penurunan harga pada titik tersebut maka sistem akan otomatis menolak order pembelian.

Manfaat ARA Saham

Ternyata Auto reject Atas saham memiliki manfaat bagi para investor dan perusahaan. Manfaat adanya ARA saham adalah memastikan agar harga tidak naik terus menerus tanpa batasan. Berikut adalah manfaat yang dirasakan oleh investor dan perusahaan:

a. Manfaat Bagi Investor

Manfaat ARA bisa dirasakan oleh para investor atau trader karena mereka akan mendapatkan keuntungan saat ia membeli saham dalam batas bawah lalu menjualnya kembali saat harga berada di batas atas. Anda bisa merasakan manfaat ini jika sudah memiliki kemampuan analisa dan penetapan strategi di pasar saham. Kehadiran sistem ARA dan ARB pada saham akan tampak dari kemampuannya dalam memberikan jaminan kepada trader sehingga mendapatkan saham dengan harga yang normal serta pada periode yang sudah ditentukan. 

b. Manfaat Bagi Perusahaan

ARA saham juga memiliki manfaat bagi perusahaan yaitu nilai saham akan terlindungi. Untuk ARA saham manfaatnya adalah bisa mencegah nilai sama jelas secara ekstrim sehingga hal ini bisa menyebabkan kerugian yang dialami oleh perusahaan. Maka dari itu sistem ini bisa meminimalisir kerugian tersebut.

Ciri Saham ARA

Anda bisa melihat di kolom offer (jual), kalau sudah tidak ada lagi aktivitas antrian order. Agar lebih mudah dipahami, berikut adalah contohnya:

  • Saham Kencana melakukan penutupan harga di angka Rp 3.000 di tanggan 18 September 2022
  • Batasan auto rejection di harga saham tersebut adalah sebesar 25%
  • Kenaikan harga saham Kencana di tanggal 19 September 2022 maksimal adalah: Rp 3.000 + (Rp 3.000 x 25%) = Rp 3.750.
  • Bila saham Kencana sudah melampaui harga Rp 3.750, maka saham Kencana akan terkena ARA.

Cara Jual Saham ARB

Selama perdagangan ARB dihentikan, jelas kalau anda tidak akan bisa mengirim order jual ataupun beli. Tapi ada beberapa alternatif yang bisa dilakukan untuk menjual saham ARB. Untuk lebih rincinya, berikut adalah penjelasannya:

a. Banting Harga di Pasar Negosiasi

Untuk saham yang terkena ARB di pasar reguler, mungkin masih bisa diperdagangkan di pasar negosiasi. Namun, yang perlu diperhatikan adalah transaksi di pasar negosiasi ini tidak bisa dilakukan menggunakan platform trading saham biasa. Anda perlu menghubungi broker (perusahaan sekuritas) secara khusus menggunakan email atau telepon untuk menawarkan saham ARB dengan harga tertentu.

Biasanya harga tersebut jauh lebih murah bila dibandingkan dengan yang tertulis di order book pasar reguler. Perlu diingat kalau saham ARB ini sedang mengalami sentimen jual dahsyat, sehingga membuatnya sulit laku dengan harga pasar yang wajar.

Solusi ini bisa dipilih jika ARB terjadi di saham-saham yang memang sudah tidak punya masa depan lagi. Sehingga anda memilih untuk cut loss daripada semua modal habis akibat saham tidur di level gocap atau malah delisting. Tapi, jika saham tersebut masih memiliki harapan untuk pulih, pilihan ini kurang tepat dilakukan.

b. Menunggu Hari Perdagangan Berikutnya

Biasanya penghentian perdagangan ARB hanya terjadi satu hari saja. Jadi anda bisa berusaha menjualnya lagi di hari perdagangan selanjutnya. Namun, ada kemungkinan saham mengalami ARB lagi, jadi anda perlu memasukkan order jual saham mulai dari awal pembukaan pasar. Dengan menggunakan skenario ini, mungkin harga yang didapatkan lebih rendah bila dibandingkan harga saham di hari sebelumnya, tapi potensinya lebih tinggi daripada harga di pasar negosiasi.

c. Menunggu Berakhirnya Pergolakan Pasar

Biasanya fluktuasi harga saham yang sangat besar berlangsung selama beberapa hari. Untuk menghindari adanya panik jual, anda dapat menunggu hingga pergolakan reda. Saham dengan fundamental baik yang mengalami ARB karena kemelut sejenak, biasanya akan pulih kembali dalam jangka waktu panjang. Sehingga pilihan alternatif tersebut bisa dilakukan. Tapi, solusi tersebut dirasa kurang sesuai untuk “saham gorengan” yang mengalami ARB karena bandarnya lepas tangan.

Ketentuan Saham ARA ARB

Saham-saham yang berasal dari perusahaan domestik dan sudah go public atau IPO akan diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia atau BEI. BEI ini memiliki sistem yang bisa mengatur perdagangan saham agar berjalan lancar, termasuk untuk menentukan ARB dan ARA, yaitu Jakarta Automated Trading System (JATS). Berdasarkan ketentuan di bawah ini, pergerakan harga saham setiap hari di perdagangan saham bisa mencapai ARA, yaitu:

  • Penawaran publik perdana atau pertama kali (Initial Public Offering/IPO)
  • Cum date adalah tanggal akhir untuk memiliki saham dan bisa memperoleh hak karena adanya aksi korporasi yang dilakukan pihak emiten
  • Adanya rilis berita positif mengenai ekspansi, akuisisi bahkan proyek baru
  • Adanya rilis laporan keuangan dan laporan tahunan. Tentu karena di dalamnya terdapat catatan kalau di laporan tersebut tertulis mengenai keuntungan yang dianggap memuaskan.

Supaya pergerakan harga saham tidak naik atau turun secara drastis dalam waktu satu hari, maka BEI menetapkan auto rejection seperti yang sebelumnya sudah ada di Keputusan Direksi Nomor Kep-00023/BEI/03-2020. Berikut adalah rinciannya:

  • Batas peningkatan dan penurunan 35% dalam waktu satu hari untuk harga saham yang memiliki harga antara Rp 50 – Rp 200 per lembar saham
  • Batas peningkatan dan penurunan 25% per hari untuk harga saham rentang Rp 200 – Rp 5.000
  • Batas peningkatan dan penurunan 20% untuk harga saham di atas Rp 5.000.

Dalam penetapan auto rejection, ada catatan khusus yang lebih bersifat situasional, yaitu:

  • Khusus saham yang sudah IPO atau baru masuk ke dalamnya, maka batasannya 2x dari persentase auto rejection
  • Beli harga saham paling banyak yaitu 50.000 lot atau 5% dari jumlah efek yang telah tercatat. Apabila lebih dari itu, maka akan kena auto rejection
  • Selama masa pandemi berlangsung, ARB diubah menjadi 7% atau auto reject simetris. Hal itu bertujuan untuk menahan penurunan harga saham dan Indeks Harga Saham Gabungan secara signifikan.

Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Saham ARA

Jangan asal beli ARA saham? Ketika anda ingin membeli Saham ARA, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan. Terutama bagi anda yang masih pemula dan awam dengan ARA, sebaiknya memahami poin-poin di bawah ini. Yuk lihat penjelasannya!

Analisis Perbandingan Harga Tawar Dan Harga Wajar

Harga menjadi salah satu pertimbangan dalam memilih emiten. Anda bisa menyesuaikan dengan budget yang anda punya dan mengetahui hingga membandingkan harga yang wajar dalam membeli saham. Untuk membantu maka anda bisa mengetahui Berapa harga wajar atau diskon tertentu dari emiten tersebut sehingga Anda bisa melakukan perhitungan singkat dari nilai BVPS atau Book Value Per Share dari setiap saham.

Cari Tahu Besar Market Cap Dari Emiten Yang Diminati

Anda bisa mengetahui besarnya market cap dari saham yang anda incar. Market cap adalah kapitalisasi pasar yang menunjukkan besaran dana yang perlu dikeluarkan Jika anda ingin membeli semua saham dari suatu perusahaan. Semakin besar market cap pada sebuah perusahaan maka fundamentalnya juga akan semakin baik. Umumnya perusahaan dengan market besar tergolong maju dan berkembang saat berada di deretan first liner atau blue chip.

Tingkat kemampuan sebuah perusahaan untuk menghasilkan keuntungan

Hal lain yang perlu anda perhatikan adalah dengan melihat seberapa tinggi Tingkat kemampuan perusahaan dalam menghasilkan keuntungan saham.

Keuntungan dari investasi saham bisa berupa capital gain atau dividen. Namun tidak semua perusahaan membagikan dividen secara terstruktur pada investornya maka dari itu sebaiknya melakukan riset terhadap sebuah saham sebelum membelinya.

Ketahui Prospek Perusahaan Di Masa Depan

Anda anda perlu di masa depan lalu Anda perlu melihat prospek dan peluang sebuah perusahaan Bagaimana di masa yang akan datang. Saham yang memiliki prospek jangka panjang serta sesuai dengan tujuan investasi. Sebaliknya anda perlu mempertimbangkan saham yang tidak memiliki prospek tersebut serta tidak sesuai dengan tujuan investasi.

Analisis Fluktuasi Saham

Sebelum Anda membeli saham yang terkena ARA sebaiknya cek juga status fluktuasi saham secara berkala. Umumnya saham yang terkena Ara diminati oleh investor karena mereka bisa dengan cepat menganalisis semua perubahan. Maka anda bisa cek faktor apa saja yang mempengaruhi kenaikan serta penurunan harga saham seperti kondisi politik ekonomi dan lain-lain.

Kejar Untung Maksimal dengan Modal Usaha Paling Aman!

Dengan mengetahui pengertian ARA Saham, maka Anda kini bisa lebih mengenal dunia saham lainnya. Saat Anda ingin mencoba hal baru seperti investasi saham, maka penting untuk memahami hal-hal seperti istilah tersebut, seperti saat Anda masuk ke dunia bisnis, dimana akan ada banyak hal baru serta tantangan di depan mata. Tantangan tersebut termasuk seperti kurangnya modal usaha. Modal usaha bisa terpenuhi dengan adanya pinjaman dari Danamas. Danamas bisa jadi solusi modal bisnis Anda dengan pinjaman dari Rp 50 juta – Rp 2 miliar. Pinjaman online OJK bunga rendah 2021 ini adalah pilihan tepat untuk modal bisnis agar menjadi lebih untung.

Masa tenor yang diberikan cukup lama, mulai dari 1 hingga 10 tahun. Tentu saja dengan bunga efektif rendah yaitu mulai 15,25% per tahunnya. Maka tak perlu khawatir akan mengurangi pendapatan anda. Yuk coba simulasikan pinjaman dan nilai properti dengan kalkulator simulasi properti dan kalkulator pinjaman di website Danamas. Agar akses bisa diakses kapanpun, download Aplikasi Danamas Pinjaman Bisnis dari smartphone segera! Untuk info lebih lengkap klik DISINI!

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

lo-kheng-hong

Lo Kheng Hong & Kunci Sukses Investasi Saham Untung 1000%

Lo Kheng Hong adalah pria yang berasal dari kaum masyarakat biasa bukan privilege tapi bisa menjadi miliarder saham di Indonesia. Banyak yang menjuluki beliau adalah

daftar-saham-bluechip

Daftar Saham Blue Chip Untuk Mulai Berinvestasi di Tahun 2023!

Saham blue chip merupakan jenis saham yang sangat diincar oleh para investor karena dinilai memiliki risiko yang relatif lebih rendah dan peluang keuntungan yang lebih besar.

compounding-adalah

Compounding Adalah Efek Bunga Dalam Berinvestasi, Ini Ulasan & Contohnya!

Compounding adalah suatu konsep yang banyak dipakai dalam berbagai bidang seperti bisnis, investasi dan self development. Terkadang kita mengabaikan unsur compoun