apa-itu-bitcoin

Bitcoin kini kian populer dan meroket seiring maraknya anak muda yang mulai melek investasi. Bitcoin juga sering disebut sebagai instrumen investasi yang mampu memberikan keuntungan tak main-main. Kehadiran bitcoin bagi para anak muda yang ingin mencari keuntungan investasi nyatanya cukup menarik. Namun, memang dibutuhkan skill yang cukup agar Anda paham cara kerja bitcoin dan bagaimana bitcoin bisa menghasilkan uang. 

Bitcoin makin populer karena beberapa public figure berbagi pengalaman mereka tentang bitcoin hingga keuntungan yang mereka dapatkan. Pilihan investasi lain ini cocok untuk Anda yang ingin mencoba pengalaman investasi lain, selain reksadana, saham, dll. Di Indonesia sendiri bitcoin hanya dimainkan oleh beberapa orang yang memang ingin meraup keuntungan banyak bahkan dari mereka juga memiliki perangkat khusus untuk menambang bitcoin.

Jika Anda ingin mencari tahu informasi tentang bitcoin, maka di artikel ini akan membahas tentang pengertian bitcoin, cara beli bitcoin, legalitas bitcoin, keuntungan dan kerugian bitcoin hingga apakah bitcoin halal atau haram. Semua pertanyaan Anda tentang bitcoin bisa terjawab di artikel dibawah ini.

Apa itu Bitcoin?

Sebelum populer di Indonesia, Bitcoin sudah terlebih dahulu populer di Amerika. Namun, tahukah Anda siapa yang menciptakan bitcoin? Ia adalah Satoshi Nakamoto, Pria berkebangsaan Jepang ini menciptakan mata uang digital di tahun 2009. 

Apa itu bitcoin? Bitcoin adalah mata uang digital kripto (Cryptocurrency) yang dapat disimpan dan digunakan untuk transaksi digital. Mata uang Crypto digadang sebagai aset digital yang nilainya bisa saja berubah dan menanjak. 

Sebagai sebuah instrumen investasi, kehadiran mata uang kripto ini harus dibarengi dengan profil risiko Anda jika Anda ingin berinvestasi di Bitcoin. Bitcoin termasuk kedalam investasi yang memiliki resiko cukup tinggi dan harga bitcoin yang bergerak sangat fluktuatif. 

Sejarah Bitcoin

Domain Bitcoin.org pada 18 Agustus 2008 sah terdaftar dan dilindungi oleh WhoisGuard. Hal ini menunjukkan bahwa identitas penggunanya bukan menjadi informasi publik. Lalu pada 31 Oktober 2008, Satoshi membuat pengumuman di Metzdowd.com dengan Milis Kriptografi. Pada pengumuman itu berbunyi,

“Saya telah mengerjakan sistem keuangan elektronik baru dengan sistem peer to peer, tanpa pihak ketiga,” Magna Carta tentang bagaimana Bitcoin mulai beroperasi hari ini.

Selanjutnya, di tanggal 3 Januari 2009, Block pertama dari blockchain Bitcoin diluncurkan. Hal ini bisa diartikan sebagai sebuah petunjuk, pernyataan atau penanda. Para pengguna kripto yakin bahwa hal ini adalah sebuah pernyataan khusus dari Satoshi setelah kemunculannya di surat kabar The Time pada hari yang sama. 

Cara Kerja Bitcoin

Cara kerja bitcoin ini bisa jadi panduan Anda saat bermain kripto. Selain itu, ada juga pengertian tentang blockchain, private & public keys hingga cara mendapatkan bitcoin lewat daftar akun dan pembeliannya. Ikuti pemahaman cara kerja bitcoin seperti dibawah ini.

  1. Blockchain

Setiap kegiatan transaksi yang menggunakan Bitcoin akan tercatat didalam blockchain yang sifatnya publik. Blockchain terdiri dari blok yang menghimpun transaksi yang di tiap bloknya tersebut akan saling terhubung dengan kriptografi sehingga mampu membentuk jaringan. 

  1. Private & Public Keys

Public Key ini sangat dibutuhkan saat ada orang yang ingin mengirim btc ke pihak lain. Contohnya, jika Anda ingin mengirim Bitcoin pada teman, maka Anda harus mengetahui public keys atau wallet address milik pihak tersebut. Wallet address itu berisi nomor unik. Melalui alamat tersebut, setiap dari kita bisa melihat aktivitas transaksi mata uang kripto ini tanpa diketahui identitas aslinya. Lalu, Ketika pihak lain ingin menerima pemberian Bitcoin dan melakukan transaksi lain, makai a bisa menggunakan private keys. Private keys adalah sebuah kunci rahasia yang hanya bisa diketahui oleh pihak yang ingin dikirimkan bitcoin tersebut. 

Bagaimana Cara Kerja Bitcoin?

Dalam cara kerja Bitcoin, juga dikenal dengan istilah Pertambangan. Pertambangan adalah sistem untuk menginformasikan antrian transaksi dengan memasukkan ke dalam rantai-blok. Pernyataan ini akan menegaskan urutan kronologis blockchain, melindungi netralitas jaringan dan mendukung komputer untuk menyetujui sistem. Pertambangan atau bitcoin miner juga mirip seperti lotre yang cukup kompetitif. Hal ini dilakukan agar setiap orang menambah blok baru dengan mudah secara berturut-turut ke rantai-blok. 

Kepemilikan bitcoin mengatasnamakan anonim sehingga dapat digunakan sebagai cara pencucian uang bahkan tindak criminal. Mata uang kripto ini bisa ditransfer ke siapapun dengan alamat wallet bitcoin. Namun, menariknya, bitcoin sangat sulit dipengaruhi inflasi sehingga cocok untuk dijadikan investasi, tapi dengan resiko besar. 

Cara Beli Bitcoin

Mata uang digital, Bitcoin bisa di simpan pada server cloud atau komputer pribadi Anda. Dompet pada bitcoin mirip seperti rekening bank virtual yang memungkinkan pengguna untuk melakukan transaksi. 

Ada juga dengan beli bitcoin dengan penambangan bitcoin. Namun, penambangan bitcoin ini memiliki persaingan yang cukup intens sehingga untuk mendapatkannya butuh usaha yang sangat keras. Anda harus mampu menyelesaikan “puzzle” yang sangat menantang untuk mampu mendapatkan bitcoin.

Selain dengan bitcoin miner dan transaksi antar pengguna, bitcoin bisa didapat dengan cara perdagangan. Di beberapa platform menjual bitcoin dengan harga tertentu. Bitcoin bisa diperjualbelikan sesuai dengan kurs yang berlaku. 

Baca juga: Pahami Analisa Teknikal Crypto & Indikatornya dalam Investasi

Legalitas Bitcoin

Masih cukup kontroversial, bitcoin halal atau haram? Di Indonesia sendiri, Bitcoin masih dilarang oleh Bank Indonesia sebagai alat pembayaran yang sah. Hal ini bukan tanpa alasan karena di Indonesia masih ada rupiah sebagai mata uang yang sah. Lain hal dengan Bappebti yang memasukkan bitcoin sebagai komoditas. Ada 229 kripto yang diperdagangkan di Indonesia, termasuk Bitcoin. Selain bitcoin, ada juga Ethereum dan dogecoin yang masuk dalam komoditi Bappebti. 

Cara Buat Akun Bitcoin

Ada beberapa step yang perlu Anda ikuti sebelum tahu cara buat akun bitcoin. Agar Anda tidak bingung, maka Anda bisa mencoba tutorial cara membuat akun bitcoin seperti berikut ini:

  • Dapatkan Dompet Bitcoin

Sebelum Anda membeli bitcoin, Anda harus menyiapkan dompet bitcoin yang bisa menjadi pusat penyimpanan virtual Anda. Fungsi ini serupa dengan dompet fisik yang bisa menyimpan uang, kartu kredit maupun debit. Ada beberapa jenis dompet bitcoin yang bisa jadi pilihan seperti dompet yang berbentuk software yang tersimpan dalam hard drive PC Anda, dompet online dan juga dompet offline seperti brankas.

  • Pilih Platform Exchange Bitcoin

Anda perlu mendaftar pada platform exchange atau bursa cryptocurrency ‘fiat-to-crypto’ untuk menukar uang biasa kedalam mata uang cryptocurrency (bitcoin). Saat Anda membeli bitcoin, maka perusahaan itu akan menetapkan harga dan ada biaya untuk layanan mereka, maka Anda perlu memilih platform pertukaran yang ideal dan terpercaya.

  • Daftar Akun

Setelah menemukan pertukaran yang tepat, Anda bisa mendaftar dan menyelesaikan pemeriksaan keamanan untuk bisa mengakses halaman akun pertukaran kripto baru. Lalu, Anda perlu memasukkan alamat email baru, password dan konfirmasi email untuk bisa mendapatkan akun baru. 

  • Lengkapi Pemeriksaan Keamanan

Sebelum beli bitcoin, Anda perlu melakukan pemeriksaan keamanan atas pembelian yang Anda pilih. Hal ini dipakai untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Selanjutnya, Anda perlu menambahkan nomor telepon untuk two-factor authentication yang berfungsi untuk mencegah orang lain mengakses akun Anda tanpa memiliki akses password dan nomor telepon Anda. 

  • Tambah Metode Pembayaran

Saat Anda daftar akun bitcoin, Anda harus menambahkan metode pembayaran untuk bisa beli bitcoin pertama. Maka, Anda perlu menambahkan rekening bank baru, kartu kredit, kartu debit sebagai alat pembayaran.

  • Setor Dana ke Akun Exchange

Di langkah ini, Anda harus memilih jumlah uang tunai yang perlu ditransferkan ke exchange Anda. Umumnya, biaya dan waktu yang berlaku nantinya akan bergantung pada jenis pembayaran yang Anda pilih. Pembelian lewat kartu debit atau kredit bisa dilakukan secara instan, sedangkan transfer biasa membutuhkan waktu tambahan yang lebih lama. Setelah itu, Anda pun akan memiliki uang di dompet bitcoin.

Apakah Bitcoin Halal? Atau Haram?

Belakangan ini MUI mengeluarkan fatwa tentang kripto. Intinya, pengguna kripto sebagai mata uang adalah haram. Kripto haram sebagai komoditas namun terkecuali bagi kripto yang memiliki underlying asset dan memiliki manfaat yang jelas. Maka kini sudah jelas bukan bitcoin halal atau haram?

Keuntungan & Kerugian Bitcoin

Kehadiran bitcoin mendatangkan keuntungan dan kerugian masing-masing yang bisa Anda rasakan saat melakukan investasi kripto. Berikut kelebihan dan kekurang investasi bitcoin:

Kelebihan Bitcoin

  • Likuiditas Lebih Besar

Bitcoin memiliki margin yang cukup besar, ia memiliki tingkat likuiditas yang jauh lebih tinggi daripada mata uang kripto lain. Karena inilah, pengguna bitcoin mempertahankan nilai substansialnya Ketika melakukan konversi ke mata uang fiat. 

Mata uang fiat adalah mata uang yang nilainya berasal dari hukum pemerintan setempat. Pada mata uang kripto, tidak semua bisa ditukar ke mata uang fiat, bahkan ada yang kehilangan nilai ketika dilakukan penukaran. 

  • Rendahnya Biaya Transaksi

Melakukan transaksi dengan bitcoin dinilai lebih rendah nilainya daripada metode pembayaran lain seperti PayPal. Biaya transaksi Bitcoin tidak lebih dari 1% dari nilai transaksi. Hal inilah yang membedakan Bitcoin dengan metode pembayaran digital lainnya, yang nilainya bisa mencapai 3%. 

  • Metode Pembayaran yang Cukup Populer

Kini ada banyak sekali bahkan hingga ratusan toko online yang menerima metode pembayaran menggunakan mata uang kripto, bitcoin ini. Hal ini merupakan kelebihan tersendiri didukung dengan toko online yang sudah mulai mencoba bitcoin sebagai metode pembayaran. 

  • Mudahkan Transaksi Internasional

Kelebihan bitcoin dibanding dengan mata uang digital lain adalah kini Anda juga bisa melakukan transaksi internasional. Sebagai salah satu mata uang digital paling terkenal di dunia, bitcoin mampu membantu Anda dalam bertransaksi secara normal di akses luar negeri juga seperti halnya Anda bertransaksi di dalam negeri. 

Kekurangan Bitcoin

  • Rentan Penipuan

Sebagai salah satu mata uang yang terpopuler di dunia, bitcoin juga cukup rentan dengan penipuan. Karena bentuknya yang digital, bitcoin sering menjadi sasaran empuk para hacker yang ingin mencuri dompet Bitcoin dari pemiliknya. 

  • Tidak ada Pengembalian Uang

Kekurangan bitcoin lainnya adalah minimnya kebijakan pengembalian uang yang dimiliki oleh perusahaan kartu kredit. Hal ini akan berakibat pengguna tertipu saat melakukan transaksi bitcoin, pengguna tidak bisa mengajukan refund. 

  • Pertambangan yang Merusak Lingkungan

Bitcoin miner atau pertambangan bitcoin untuk mendapatkan koin baru memerlukan energi yang intens. Maka, penggunaan listrik saat bertransaksi tentu divalidasi pada blockchain bitcoin. Penambangan bitcoin menggunakan komputer yang dirancang khusus untuk menyelesaikan model matematika yang sangat kompleks. Dibalik proses pkenambangan bitcoin, mengumpulkan bitcoin ini membutuhkan banyak sekali energi, konsumsi energi yang tinggi ini bahkan menjadi sorotan dunia. 

Berinvestasi Bitcoin memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Anda bisa coba pertimbangan sesuai dengan profil risiko investasi Anda, sehingga kedepannya tidak ada penyesalan saat melakukan investasi. Bitcoin hanyalah satu dari banyaknya instrumen investasi yang populer belakangan ini. Namun, jika Anda ingin berinvestasi dengan minim resiko juga bisa mencobanya di perusahaan peer to peer lending (P2P) seperti Danamas. Sebagai Fintech P2P yang mendapatkan izin OJK, Danamas mempertemukan pendana dan peminjam dalam aplikasi yang bisa Anda akses kapanpun dan dimanapun. Pinjaman online ojk bunga rendah 2021 ini bisa jadi solusi pendanaan usaha Anda.

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

lo-kheng-hong

Lo Kheng Hong & Kunci Sukses Investasi Saham Untung 1000%

Lo Kheng Hong adalah pria yang berasal dari kaum masyarakat biasa bukan privilege tapi bisa menjadi miliarder saham di Indonesia. Banyak yang menjuluki beliau adalah

daftar-saham-bluechip

Daftar Saham Blue Chip Untuk Mulai Berinvestasi di Tahun 2023!

Saham blue chip merupakan jenis saham yang sangat diincar oleh para investor karena dinilai memiliki risiko yang relatif lebih rendah dan peluang keuntungan yang lebih besar.

compounding-adalah

Compounding Adalah Efek Bunga Dalam Berinvestasi, Ini Ulasan & Contohnya!

Compounding adalah suatu konsep yang banyak dipakai dalam berbagai bidang seperti bisnis, investasi dan self development. Terkadang kita mengabaikan unsur compoun