prediksi harga emas

Emas merupakan instrumen investasi yang cukup digemari masyarakat. Hal ini karena emas dinilai lebih mudah dan dinilai lebih aman untuk dijadikan investasi. Harga emas tentunya bisa naik ataupun turun, agar Anda dapat membeli atau menjualnya diwaktu yang tepat maka diperlukan analisis atau strategi. Yuk simak artikel ini untuk mengetahui cara analisis prediksi harga emas. 

prediksi harga emas

Cara Analisis Harga Emas

Ada dua analisis yang bisa Anda lakukan untuk memprediksi emas yakni, dengan cara: 

  1. Analisa Teknikal

Analisis yang menggunakan beberapa jenis char misalnya candlestick, trend line, dan lainnya. Analisis ini akan melihat pergerakan harga emas melalui chart pada platform trading dan mencoba membentuk pola-pola tertentu untuk memprediksi pasar. 

  1. Analisis Fundamental

Anda harus membaca berita atau informasi yang berkaitan dengan emas. Pergerakan harga emas ini dipengaruhi oleh fenomena perekonomian yang terjadi di suatu negara, misalnya kenaikan tingkat suku bunga, nilai tukar uang, dan kondisi perekonomian di negara – negara besar. 

Penyebab Pergerakan Harga Emas

Ada beberapa faktor yang menyebabkan pergerakan harga emas, berikut ini adalah faktor- faktor yang dapat Anda ketahui, misalnya seperti:

  1. Kondisi Global 

Kondisi ekonomi global tentunya dapat mempengaruhi harga emas di dunia. Misalnya seperti pemilihan presiden, atau sebagainya. Apabila USD naik, maka pasar cenderung memilih emas sebagai aset yang aman. 

prediksi harga emas
  1. Penawaran & Permintaan Emas

Jika permintaan emas lebih tinggi dari penawaran emas, maka harga akan naik. Begitupun dengan sebaliknya, apabila penawaran lebih tinggi dari permintaan, maka harga akan turun.

  1. Inflasi

 Semakin tinggi tingkat inflasi, maka harga emas jadi mahal. Hal ini karena nilai uang turun, dengan begitu banyak orang lebih memilih alat tukar yang dinilai lebih berharga seperti emas.

prediksi harga emas
  1. Tingkat Suku Bunga

Apabila suku bunga naik, maka harga emas cenderung turun. Sedangkan suku bunga melemah, maka harga emas cenderung naik. Hal ini karena suku bunga yang tinggi, orang lebih tertarik untuk menyimpan uang di bank. 

Kapan Waktu Terbaik Beli Emas? 

Untuk menganalisis harga emas, Anda bisa menggunakan analisis fundamental, teknikal, ataupun gabungan keduanya. Jika Anda ingin berinvestasi emas jangka panjang atau sebagai safe haven, maka Anda dapat memulainya dari sekarang karena nilai emas cenderung naik dalam jangka panjang. Sekarang ini banyak sekali platform digital yang menyediakan investasi emas secara online. Anda juga bisa mengetahui pergerakan harga emas melalui banyak sumber misalnya seperti  https://harga-emas.org/

Baca juga: Mau Membeli Berlian? Berikut Tips dan Keuntungan Investasi

Anda membutuhkan tambahan modal usaha? Pinjaman beragunan properti dari Danamas dapat membantu Anda mendapatkan pinjaman usaha mulai dari Rp 50 juta hingga Rp 2 miliar dengan tenor yang panjang hingga 10 tahun. Ajukan sekarang!

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

lo-kheng-hong

Lo Kheng Hong & Kunci Sukses Investasi Saham Untung 1000%

Lo Kheng Hong adalah pria yang berasal dari kaum masyarakat biasa bukan privilege tapi bisa menjadi miliarder saham di Indonesia. Banyak yang menjuluki beliau adalah

daftar-saham-bluechip

Daftar Saham Blue Chip Untuk Mulai Berinvestasi di Tahun 2023!

Saham blue chip merupakan jenis saham yang sangat diincar oleh para investor karena dinilai memiliki risiko yang relatif lebih rendah dan peluang keuntungan yang lebih besar.

compounding-adalah

Compounding Adalah Efek Bunga Dalam Berinvestasi, Ini Ulasan & Contohnya!

Compounding adalah suatu konsep yang banyak dipakai dalam berbagai bidang seperti bisnis, investasi dan self development. Terkadang kita mengabaikan unsur compoun