apa-itu-Investasi-saham

Cara investasi saham perlu Anda pahami sebelum terjun di dunia saham. Walaupun, investasi saham tidak sulit seperti kata kebanyakan orang, tapi Anda perlu mengetahui cara investasi saham yang tepat agar investasi saham Anda dapat sukses.

Definisi dari investasi adalah sebuah kegiatan menggunakan uang untuk mendapatkan pendapatan lebih dengan membeli aset dalam jangka waktu tertentu. Aset-aset yang dibeli dapat berupa saham (stocks), Properti, dan masih banyak bentuk lainnya. Terdapat beberapa kelebihan dari investasi sendiri yaitu Jumlah uang yang didapatkan dalam waktu yang cukup dekat bisa melebihi jumlah uang yang digunakan untuk menabung, Terbuka untuk semuanya. Hal ini dapat dibuktikan dengan tersedianya aplikasi investasi yang dapat memberikan ruang latihan untuk mereka yang baru dalam investasi, Nilai investasi dapat dijangkau dengan mudah (melalui perangkat elektronik yang digunakan). 

Jika anda ingin memulai investasi saham penting sekali untuk mengetahui seluk-beluk salah satu instrumen investasi ini karena selain bisa mendapatkan keuntungan yang besar Anda juga bisa mengalami kerugian karena berinvestasi saham.

Dalam artikel ini akan dibahas secara mudah, komprehensif dan jelas mengenai cara investasi saham. Tidak hanya itu, disini akan dijelaskan mulai dari pengertian investasi saham, jenis sektor investasi saham yang menguntungkan, hingga keuntungan investasi saham. Yuk simak!

Apa Itu Investasi Saham?

Investasi saham

Investasi Saham adalah aktivitas penanaman modal dalam bentuk penyertaan sejumlah dana oleh seseorang atau badan usaha yang dilakukan melalui instrumen saham tersebut. mereka yang berinvestasi saham memiliki klaim atas aset dan penghasilan perusahaan serta berhak menghadiri rapat umum pemegang saham atau RUPS. 

Pada investasi saham, dana yang anda tanam sebagai modal investasi tersebut akan dikonversikan ke dalam aset finansial berupa saham sebuah perusahaan. Bagi Anda yang melakukan aktivitas investasi saham disebut sebagai investor.

Prinsip investasi saham ini dapat disamakan seperti kegiatan menabung, di mana anda mengalokasikan dana untuk disimpan dan dapat dipakai di kemudian hari. Hal yang membedakan adalah pada keuntungan di mana anda mungkin akan mendapatkan keuntungan yang lebih besar dibandingkan dengan menabung di bank

Jenis Investasi Saham 

Ada berbagai jenis investasi saham yang bisa anda ketahui. Bursa Efek Indonesia mencatat kurang lebih ada 711 perusahaan yang memiliki saham terdaftar yang dibagi ke dalam 8 sektor.

8 Sektor investasi saham yang Anda perlu ketahui.

1. Agrikultur

2. Mining

3. Basic Industry And Chemicals

4. Usaha pembuatan mesin berat atau ringan

5. Consumer goods industry

6. Properti real estate and Building construction

7. Infrastruktur, utility, and transportation

8. Finance, service, and investment

Selain itu, investasi saham juga dibagi menjadi dua jenis yaitu saham biasa dan saham preferen saham biasa ialah jenis investasi saham berupa surat berharga yang menyatakan tentang kepemilikan seseorang atau perusahaan. 

Sedangkan saham preferen mengacu pada pemegang saham yang memiliki prioritas lebih tinggi dalam hal pembagian dividen dibandingkan dengan investor saham biasa. dengan memilih investasi saham preferen maka anda bisa memiliki kesempatan untuk mendapatkan hak istimewa untuk menentukan kebijakan perusahaan.

3 Perbedaan Trading dan Investasi Saham

Perlu Anda ketahui, bahwa investasi saham dan trading saham jauh berbeda. Berikut perbedaan dari investasi dan trading saham:

1. Jangka waktu trading saham lebih pendek daripada investasi saham.

2. Tujuan investasi saham adalah mendapatkan keuntungan untuk jangka panjang sedangkan trading bertujuan menghasilkan keuntungan lewat jual beli saham.

3. Investor akan mendapatkan fasilitas berupa dividen, bonus dan pemecahan saham, sedangkan trader pada trading saham tidak mendapatkan dividen.

3 Keuntungan Dari Investasi Saham

Investasi saham

1. Mendapatkan Potensi Capital Gain

Salah satu keuntungan dari berinvestasi Saham adalah gain. semakin berkembangnya perusahaan yang Anda pilih  untuk berinvestasi saham maka akan diikuti dengan kenaikan harga saham perusahaan tersebut. Kenaikan saham pada perusahaan tersebut bisa anda manfaatkan untuk menjual saham pada harga tertentu Yang lebih tinggi daripada harga pembelian, maka keuntungan dari selisih harga jual beli tersebut itulah yang disebut dengan Capital Gain. 

2. Mendapatkan Dividen Saham

Keuntungan lain yang bisa anda dapatkan saat berinvestasi Saham adalah menerima dividen titik dividen adalah pembagian laba bagi para pemegang saham sesuai dengan banyaknya saham yang dimiliki. Ketika anda mendapatkan deviden maka secara tidak langsung Anda telah diakui sebagai pemilik perusahaan. 

Dividen akan dibagikan secara merata sesuai dengan lembar saham yang anda miliki, jadi, semakin banyak saham yang anda miliki maka semakin besar nilai dividen yang bisa anda peroleh dari perusahaan tersebut.

3. Investasi Saham secara Fleksibel

Jika anda ingin investasi yang  fleksibel tanpa membuang banyak waktu juga tenaga maka investasi saham bisa anda pilih karena bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja. Kini sudah banyak sekali aplikasi untuk berinvestasi saham sehingga mudah untuk Anda mengakses lewat smartphone.

7 Cara Investasi Saham untuk Pemula

Terdapat beberapa cara investasi saham yang dapat Anda lakukan. Disini kami merangkum 7 cara investasi saham yang tepat untuk pemula.

1. Sekuritas Dengan Biaya Transaksi Kecil

Cara investasi saham yang pertama yaitu memilih satu di antara beberapa perusahaan sekuritas atau broker saham. biaya transaksi antar perusahaan sekuritas ini bisa sangat berbeda tergantung kebijakan masing-masing.

Sebelum berinvestasi saham, Anda harus memiliki rekening efek dalam (rekening dana nasabah) yang difasilitasi oleh perusahaan sekuritas. Setelah anda memiliki rekening tersebut, maka, Anda bisa top up uang ke rekening efek yang nantinya berfungsi seperti  uang digital. Selanjutnya, Anda bisa membeli saham yang diinginkan secara online menggunakan uang digital tersebut.

2. Berinvestasi Secara Bijak

Setelah memiliki rekening efek dan aplikasi saham di smartphone atau laptop Anda, maka anda bisa mentransfer data atau top up rekening efek tersebut. jika Anda masih khawatir untuk memulai bermain saham, Anda bisa mulai dengan uang Rp100.000, lalu ikuti langkah selanjutnya. Pada  investasi saham 1 lot terdiri dari 100 lembar saham. Rp1.000 berarti kalikan 100 yaitu Rp100.000.Jika ingin mendapatkan keuntungan dari saham maka anda harus berinvestasi secara konsisten dan terukur.

Anda bisa trading saham harian dengan cara menggunakan 10% dari total uang kas di rekening menggunakan uang dingin. setiap bulan Coba lakukan transaksi dana 10% dari penghasilan bulanan untuk membeli saham. semakin besar dana yang anda investasikan maka semakin besar juga potensi keuntungan yang bisa anda dapatkan dari berinvestasi saham. namun jika harga saham sedang turun maka bukan tidak mungkin anda akan mengalami kerugian. 

3. Beli Saham Consumer Goods Atau Perbankan

Cara investasi saham untuk pemula selanjutnya adalah membeli saham consumer goods atau perbankan. Perusahaan consumer goods atau perbankan merupakan pilihan yang tepat dikarenakan produk-produknya bisa dipakai oleh masyarakat dan memiliki peluang untuk mencetak laba yang lebih signifikan setiap tahunnya. 

4. Disiplin dengan melakukan Stop-Loss

Saat bermain saham emosi Anda juga ikut bermain, untuk itu penting sekali untuk mengatur emosi karena naik turun harga saham bisa cukup membuat anda tercengang. Jika anda melihat portofolio yang merah maka anda bisa melakukan peninjauan terhadap emiten yang bersangkutan dengan pertama. jika penurunan tersebut disebabkan oleh faktor fundamental keuangan, maka jangan ragu untuk stop loss.

5. Tentukan Mau Jadi Trader Atau Investor

Dalam investasi saham Anda bisa menentukan diri ingin menjadi trader atau investor. sifat ialah mencari keuntungan dari selisih harga jual dikurangi harga beli dalam waktu yang cukup singkat sementara investor pada investasi saham artinya Anda menyimpan saham dalam waktu dalam jangka waktu cukup lama Dan memanen keuntungan di kemudian hari. 

6. Saat Harga Turun Waktunya Membeli

Membeli saham pada saat harga turun bisa menjadi trik untuk mendapatkan keuntungan di kemudian hari. Anda bisa membeli saham yang turun karena potensial meningkat di kemudian hari bila hal ini terjadi maka keuntungan maksimal pun bisa ada ditangan anda. Namun bukan berarti ketika harga saham naik anda tidak boleh membeli karena semua ini bisa berpeluang mendapatkan keuntungan. 

7. Pilih Saham Yang Memiliki Fundamental Yang Baik

Fundamental yang baik pada saham artinya memiliki rekam jejak usaha dengan kondisi keuangan yang baik. Hal ini bertujuan agar anda bisa menekan angka kerugian dan menghasilkan uang besar di masa yang akan datang. Selain itu memperhatikan kondisi fundamental perusahaan adalah Salah satu cara anda bermain saham untuk pemula.

Disamping 7 cara investasi saham di atas Anda juga perlu memilih aplikasi saham yang terpercaya. Pastikan aplikasi saham tersebut telah memiliki izin OJK, contohnya seperti list yang kami berikan di bawah ini. Ayo kita lihat!

5 Daftar Aplikasi Saham Terbaik Berizin OJK

Cara investasi saham di atas tentunya tidak akan lengkap jika Anda tidak menggunakan aplikasi saham yang terpercaya. Berikut daftar aplikasi saham terpercaya.

1. Stockbit

Stockbit merupakan aplikasi saham yang direkomendasikan bagi pemula. Dalam aplikasi ini Anda dapat berkomunikasi dengan trader lain yang bisa membantu memberikan rekomendasi kepada Anda. Aplikasi ini juga telah terdaftar pada OJK.

2. Bibit

Bibit merupakan aplikasi saham yang diluncurkan oleh PT Bibit Tumbuh Bersama. Dalam aplikasi ini, Anda dapat membeli saham dalam bentuk reksadana. Selain itu, juga ada Robo Advisor yang membantu menganalisis profil risiko. 

3. IPOT

IPOT dikeluarkan dari PT Indo Premier Sekuritas yang telah terdaftar OJK. Aplikasi ini juga dapat Anda daftarkan secara online. Biaya per transaksi dalam aplikasi ini yaitu sebesar 0,29% untuk jual saham dan 0.19% untuk beli saham.

4. RTI Business

RTI Business merupakan aplikasi yang dapat melihat pergerakan pasar modal. Aplikasi ini memiliki fitur informasi income statement, probability, cash flow dan lainnya. Disini juga terdapat hasil analisis kinerja perusahaan selama lima tahun terakhir.

5. BCAS Best Mobi

Aplikasi BCAS Best Mobile merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh BCA sekuritas. BCAS cocok digunakan bagi Anda yang suka bertransaksi di Bursa Efek Indonesia. Akan tetapi, biaya deposit awal pada aplikasi ini cukup tinggi yaitu sebesar Rp 3.000.000

Pinjaman Modal Terpercaya di Lancar by Danamas

Investasi saham adalah pilihan tepat bagi Anda yang memiliki profill resiko yang berani. Untuk itu, penting sekali mengetahui semua tentang saham, jika Anda sudah mahir maka keuntungan dari berinvestasi saham pun bisa Anda nikmati di kemudian hari. 

Mendapatkan keuntungan dari investasi mirip seperti dari bisnis, karena Anda sama-sama memiliki strategi untuk setiap aktivitasnya. Dalam bisnis, strategi bisnis membutuhkan modal yang cukup. Modal usaha bisa Anda dapatkan dari fintech lending berizin OJK yaitu Lancar by Danamas. Di Lancar by Danamas, Anda bisa mendapatkan pinjaman mulai dari Rp 50 juta hingga Rp 2 miliar dengan tenor mulai dari 1 tahun – 10 tahun. Dengan agunan properti, maka Anda bisa dengan mudah menjadikan bisnis makin besar lewat pinjaman di Lancar by Danamas. Suku bunga yang rendah dari Lancar by Danamas merupakan keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan praktis karena aplikasi lancar by Danamas yang bisa diakses kapanpun dan dimanapun.

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

lo-kheng-hong

Lo Kheng Hong & Kunci Sukses Investasi Saham Untung 1000%

Lo Kheng Hong adalah pria yang berasal dari kaum masyarakat biasa bukan privilege tapi bisa menjadi miliarder saham di Indonesia. Banyak yang menjuluki beliau adalah

daftar-saham-bluechip

Daftar Saham Blue Chip Untuk Mulai Berinvestasi di Tahun 2023!

Saham blue chip merupakan jenis saham yang sangat diincar oleh para investor karena dinilai memiliki risiko yang relatif lebih rendah dan peluang keuntungan yang lebih besar.

compounding-adalah

Compounding Adalah Efek Bunga Dalam Berinvestasi, Ini Ulasan & Contohnya!

Compounding adalah suatu konsep yang banyak dipakai dalam berbagai bidang seperti bisnis, investasi dan self development. Terkadang kita mengabaikan unsur compoun