apa-itu-ihsg

Cara investasi saham bagi pemula yang tepat bagaimana? Aktivitas berinvestasi kini semakin marak terutama pada investasi saham. Banyak sekali anak muda yang tertarik untuk mencoba berinvestasi saham namun beberapa dari mereka kesulitan untuk memahami bagaimana cara kerja investasi ini. Kesulitan juga kebingungan sebenarnya bagaimana cara membeli saham hingga waktu terbaik untuk membeli saham. Dibalik kebingungan para pemula ini, mereka sangat bersemangat untuk belajar saham lebih dalam.

Investasi saham merupakan salah satu jenis investasi yang memiliki tingkat resiko cukup tinggi namun keuntungannya juga sangat tinggi sehingga banyak sekali orang yang tertarik untuk belajar investasi saham. Untuk bisa jadi investor yang handal, maka Anda juga perlu belajar saham lebih jauh sehingga mampu menganalisis pasar dan gejolaknya. Investasi yang cukup beresiko ini memang sangat diminati banyak orang karena keuntungannya yang luar biasa disaat tren pasar naik. 

Namun, penting untuk pemula belajar lebih jauh terlebih dahulu tentang saham dan berbagai hal agar Anda bisa sukses berinvestasi saham. Di artikel ini juga akan membahas lebih jauh tentang cara berinvestasi saham (beli saham), resiko dan manfaat berinvestasi saham hingga daftar saham termahal di Indonesia. Jika anda tertarik untuk mengetahui lebih banyak tentang cara investasi saham hingga bagaimana untuk mendapatkan keuntungan lewat investasi saham maka simak artikel berikut ini:

Apa Itu Saham?

Saham adalah sebuah bukti kepemilikan suatu perusahaan yang merupakan klaim atas penghasilan dan kekayaan perseroan. Ketika Anda membeli saham maka secara otomatis Anda adalah salah satu dari pemilik perusahaan tersebut sehingga saat pembagian hasil keuntungan dari perusahaan anda pun dapat menikmatinya.

Apa Itu Investasi Saham?

Investasi saham diartikan sebagai sebuah aktivitas menanamkan modal kepada perusahaan yang sudah terdaftar di Bursa Efek Indonesia lalu bisa memperjual belikan sahamnya. Investasi saham bersifat pasif yaitu dimana investor tidak bisa menjalankan langsung usaha tersebut sehingga Anda hanya menginvestasikan sejumlah dana yang nantinya dikelola oleh perusahaan tersebut. 

Jenis Saham

Menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK) saham di Bursa Efek Indonesia terbagi menjadi 9 sektor yaitu sektor pertambangan, pertanian, industri dasar kimia, properti dan konstruksi bangunan, barang konsumsi, keuangan, infrastruktur dan transportasi, perdagangan jasa dan investasi, juga industri mesin. 

Selain 9 vektor tersebut saham juga dibagi sesuai dengan prioritas keuntungan pemegang saham atau dividen, yakni saham biasa atau common stock dan saham preferen atau preferred stock.

  1. Saham biasa atau common stock adalah bukti kepemilikan atas perusahaan yang tidak memiliki keistimewaan dalam prioritas mendapatkan dividen.
  2. Saham preferen adalah saham yang pemegangnya mendapatkan prioritas atau didahulukan atas pembagian dividen perusahaan. Hal ini termasuk untuk mendapatkan pengembalian modal dari pembagian aset saat perusahaan dilikuidasi.

Keuntungan Investasi Saham

Seperti investasi lainnya, saham juga memiliki berbagai keuntungan yang bisa dirasakan oleh investor. Keuntungan dari investasi saham inilah yang membuat banyak orang tergiur untuk mencoba investasi beresiko tinggi ini. Berikut keuntungan dari investasi saham yang bisa Anda ketahui:

  1.  Dividen: Pembagian keuntungan yang berasal dari keuntungan perusahaan
  2.  Capital Gain: Investor menjual saham lebih tinggi dari harga beli

5 Manfaat Investasi Saham

Dalam saham, terdapat manfaat investasi yang bisa dirasakan oleh investornya. Jika Anda menginginkan keuntungan yang besar dalam investasi, tidak ada salahnya untuk coba investasi saham. Berikut manfaat investasi saham yang bisa Anda rasakan:

1. Modal Kecil, Untung Besar

Manfaat dari investasi saham adalah Anda bisa mendapatkan untung besar dengan modal awal yang dipakai. Modal awal untuk beli saham minimal Rp 100 ribu, bahkan kini ada cara pembelian dengan mengangsur. Lalu, selanjutnya margin laba yang didapat bisa hingga 100%.

2. Fleksibilitas

Investasi saham juga bisa dijadikan usaha sampingan jika Anda ingin mendapatkan keuntungan melalui cara yang menghemat tenaga. Anda bisa memantau pergerakan transaksi saham di bursa efek lewat handphone Anda.

3. Margin yang Naik Signifikan

Manfaat investasi lainnya adalah margin yang jika naik cukup signifikan. Jika nilai harga saham yang diinvestasikan cukup tinggi, maka, margin keuntungan akan semakin besar. Maka bukan tidak mungkin Anda mendapat capital gain.

4. Pajak Investasi Saham yang cukup sedikit

Manfaat investasi saham juga akan berpengaruh pada pendapatan yang didapat. Umumnya, pajak yang dikenakan pada investasi saham bisa lebih kecil, yakni 0,1% dari total keuntungan. Coba Anda bandingkan dengan pajak properti yang tentu lebih besar.

5. Aman & Transparan

Jual beli saham bernaung pada bursa efek sehingga dijamin akan lebih aman dan juga transparan. 

Risiko Investasi Saham

Dalam berinvestasi tentu ada resiko yang mungkin saja Anda rasakan. Resiko investasi saham inilah yang perlu Anda pahami. Beberapa resiko investasi saham seperti capital loss, likuiditas, delisting dari bursa dan ini penjelasannya untuk Anda:

  1. Capital loss: Investor menjual saham lebih rendah dari harga beli
  2. Risiko likuiditas: Perusahaan dinyatakan bangkrut oleh pengadilan atau dibubarkan
  3. Delisting dari bursa: Penghapusan pencatatan saham dari bursa oleh Bursa Efek Indonesia.

4 Waktu Terbaik Membeli Saham

Dalam membeli saham ada juga strategi yang dipakai yaitu waktu terbaik untuk membeli saham. Anda perlu mengetahui waktu tepat membeli atau melepas saham Anda. Berikut penjelasan tentang waktu terbaik membeli saham bagi pemula.

1. Pada Setiap Kuartal

Pada tiap kuartal dan dilakukan tiap 3 bulan sekali selama 4 kali dalam setahun. Hal ini dikarenakan perusahaan yang sahamnya diperdagangkan di BEI diwajibkan untuk merilis laporan keuangan di tiap tiga bulan sekali, berikut waktunya:

  • 1-30 April masa kinerja perusahaan dari Januari hingga Maret
  • 1-30 Juli masa kinerja perusahaan dari April hingga Juni
  • 1-30 Oktober masa kinerja perusahaan dari Juli hingga September
  • 1-30 Maret masa kinerja perusahaan dari Oktober hingga Desember
  • Saat IHSG Mulai Rebound

Waktu baik membeli saham dengan IHSG mulai rebound tidak bisa diprediksi secara pasti artinya kapanpun bisa terjadi. Di BEI, IHSG tidak selalu naik dan kacang ada waktu dimana IHSG terkoreksi disebabkan alasan yang bervariasi, seperti pasar pada titik jenuh setelah bearish selama beberapa bulan, para emiten merilis laporan keuangan yang memberi laporan kinerja buruk atau ada sentimen negatif dari makro ekonomi.

2. Saat Saham Mendapatkan Sentimen Negatif

Dalam setahun, bisa ada saham bagus yang terkena sentimen negatif dan mengakibatkan saham terjun bebas ke harga yang rendah. Saham bagus artinya saham dari perusahaan besar dengan kapitalisasi besar di bursa dan laporan keuangan pada kuartal juga menunjukkan kinerja yang baik.

Saat Anda mendapatkan saham diskon seperti strategi yang bisa dilakukan adalah membelinya dengan setengah dana terlebih dahulu karena agar aman juga menghindari pertumbuhan aset portofolio Anda yang melambat.

3. Perusahaan ada pada Kondisi Baik

Saat Anda memutuskan untuk beli saham pada sebuah perusahaan, maka pastikan sudah mengidentifikasikan atau menganalisis dengan membaca kondisi dan berita atas perusahaan tersebut. Maka Anda bisa menilai, apakah perusahaan itu sedang berkembang atau tidak.

4. Beli Saham di Awal Penjualan

Saat di pagi hari, umumnya investor akan melihat update volume dan harga pasar untuk saham dalam portofolio. Trader yang handal tentu bisa dengan mudah mengenali pola dan menghasilkan keuangan dengan cepat. Bagi trader yang sudah berpengalaman, 15 menit pertama setelah opening bell adalah waktu utama. Lalu, periode 9.30 – 10.30 adalah jam terbaik dalam perdagangan harian

10 Daftar Saham Termahal di Indonesia 2022

Di tengah naiknya indeks harga saham gabungan atau ihsg sebesar 0,75% Di Januari 2022 Ada sejumlah saham yang menorehkan kinerja terbaik. saham tersebut mencatat peningkatan harga yang cukup signifikan antara 74,77% hingga 1.170%. Ini Daftar saham termahal menurut Bursa Efek Indonesia di tahun 2002 antara lain:

Berikut 10 saham terbaik dengan kenaikan harga paling besar pada Januari 2002,

  1. PT Adaro Minerals Indonesia Tbk (ADMR): peningkatan harga 1.170%,
  2. PT Perdana Bangun Pusaka Tbk (KONI): peningkatan harga 335,35%,
  3. PT AirAsia Indonesia Tbk (CMPP): peningkatan harga 163,95%,
  4. PT Bintang Samudra Mandiri Lines Tbk (BSML): peningkatan harga 154,64%,
  5. PT Hotel Sahid Jaya Tbk (SHID): peningkatan harga 111,54%,
  6. PT Wahana Inti Makmur Tbk (NASI): peningkatan harga 100%,
  7. PT Net Visi Media Tbk (NETV): peningkatan harga 95,08%,
  8. PT Mitra Angkasa Sejahtera Tbk (BAUT): peningkatan harga 82%,
  9. PT Golden Eagle Energy Tbk (SMMT): peningkatan harga 79,21%
  10. PT RMK Energy Tbk (RMKE): peningkatan harga 74,77%.

Daftar 5 Saham Termahal Di Dunia

Terdapat saham termahal di dunia yang mungkin harganya bisa membuat Anda tercengang. Harga saham termahal di dunia ini berasal dari berbagai industri seperti asuransi, keuangan, makanan, dll. Temukan daftar saham termahal di dunia berikut ini:

1. Berkshire Hathaway Inc.

Harga: USD461.200 per saham

Nilai pasar: USD 687 miliar

Industri: asuransi, keuangan, transportasi kereta api, utilitas, makanan dan, produk-produk non-makanan

2. Lindt & Sprüngli AG

Harga: USD104.000 per saham

Nilai pasar: USD27 miliar

Industri: makanan 

3. NVR Incorporated

Harga: USD5,056 per lembar saham

Nilai pasar: USD17,6 miliar

Industri: Bangunan dan pinjaman hipotek

4. Seaboard Corporation

Harga: USD3.643 per saham

Nilai pasar: USD4,24 miliar

Industri: Transportasi dan pertanian

5.  Amazon Inc.

Harga: USD2.792 per saham

Nilai pasar: USD 1.416 miliar

Industri: Bisnis ritel

5 Cara Investasi Saham Bagi Pemula

Dalam berinvestasi, Anda juga perlu memahami cara investasi saham bagi pemula. Ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan agar sukses dalam jual beli saham. Cek tips berikut cara investasi saham yang bisa Anda pahami:

1. Kenali Perusahaan & Kinerjanya

Hindari untuk membeli saham hanya karena ikut-ikutan orang, namun belilah saham karena Anda mengenal perusahaan dan reputasi pemiliknya. Anda bisa mengecek, siapa pemilik perusahaan tersebut, bagaimana laporan keuangannya, seperti apakah hutang dari perusahaan tersebut apakah terbilang wajar, valuasinya murah atau mahal, return on equity nya dan atau tingkat pengembalian investasi minimal 15% atau kurang dan lain sebagainya.

2. Beli Saham Yang Masuk Ke Indeks Tertentu

Jika Anda masih bingung dengan pembelian saham pertama saat memilih maka bisa cek indeks saham BRI yang tergabung di indeks LQ45 atau IDX30. Saham-saham tersebut umumnya memiliki likuiditas yang cukup tinggi. Tak hanya itu perusahaan juga terdaftar dengan memiliki latar belakang dan fundamental yang dinilai baik.

3. Beli Saham dari Perbankan Atau Consumer Goods

Selanjutnya Anda bisa memilih saham dari perbankan atau perusahaan yang bergerak di bidang consumer good. cara ini dinilai lebih bijak dan aman bagi pemula saat ingin bermain saham pertama.

4. Beli Saham Dengan Fundamental Keuangan Yang Stabil

Sebaiknya Anda membaca portofolio dari setiap perusahaan yang sahamnya sedang anda incar untuk beli. Lalu lakukan filtering dan skrining dengan teliti dan pilih dengan perusahaan yang memiliki fundamental keuangan cukup baik. Dengan begitu Anda bisa menekan kerugian yang terjadi dan memaksimalkan keuntungan yang didapat. 

5. Pantau Tren Harga Saham

Harga saham bisa cepat berubah hanya dalam hitungan menit atau detik. Hal ini dipengaruhi berbagai faktor eksternal maupun internal, untuk itu selalu pantau tren pergerakan harga saham sebelum anda membelinya. Anda juga bisa meluangkan waktu untuk membaca dan memantau berita terkini tentang pasar modal, sehingga anda bisa memiliki informasi terbaru tentang harga saham dan tren.

Investasi Jangka Panjang untuk Gapai Financial Freedom

Demikian penjelasan cara investasi saham yang sudah bisa Anda mulai lakukan dari sekarang. Selain berinvestasi, untuk mendapatkan pendapatan tambahan, maka Anda bisa juga membangun bisnis sendiri. Ini juga salah satu cara banyak orang yang ingin mengumpulkan pundi-pundi mereka yang nantinya bisa ditingkatkan nilai asetnya lewat investasi. 

Jika Anda kesulitan untuk memulai bisnis karena masalah modal, maka tidak ada salahnya untuk mencoba dapatkan pinjaman modal usaha dari pinjaman online terpercaya berizin OJK yaitu Danamas. Dengan limit besar hingga Rp 2 miliar, maka Anda bisa mengembangkan bisnis umkm menjadi lebih besar dan stabil. Siapapun bisa melakukan pinjaman beragunan properti dari Danamas Pinjaman Bisnis.Ayo simulasikan pinjaman Anda melalui Kalkulator Simulasi Kredit sekarang juga!

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

lo-kheng-hong

Lo Kheng Hong & Kunci Sukses Investasi Saham Untung 1000%

Lo Kheng Hong adalah pria yang berasal dari kaum masyarakat biasa bukan privilege tapi bisa menjadi miliarder saham di Indonesia. Banyak yang menjuluki beliau adalah

daftar-saham-bluechip

Daftar Saham Blue Chip Untuk Mulai Berinvestasi di Tahun 2023!

Saham blue chip merupakan jenis saham yang sangat diincar oleh para investor karena dinilai memiliki risiko yang relatif lebih rendah dan peluang keuntungan yang lebih besar.

compounding-adalah

Compounding Adalah Efek Bunga Dalam Berinvestasi, Ini Ulasan & Contohnya!

Compounding adalah suatu konsep yang banyak dipakai dalam berbagai bidang seperti bisnis, investasi dan self development. Terkadang kita mengabaikan unsur compoun