Cara-Jual-Foto-Di-NFT

Belakangan ini, Anda pasti sering mendengar istilah NFT. Semenjak Ghozali Everyday populer di jagat dunia maya, maka istilah NFT kembali merebak. Hal ini membuat banyak orang yang penasaran apa itu NFT? Bagaimana cara mendapatkan uang dari NFT? Saking populernya NFT, banyak orang yang penasaran dengan NFT ini hingga anak muda mula tergiur untuk menjual berbagai foto mereka di OpenSea. Namun, apakah semudah itu menjual foto atau gambar di NFT dan Anda bisa langsung mendapatkan uang?

Dalam NFT, apa saja yang dijual di NFT? NFT digadang-gadang menjadi salah satu investasi masa depan yang bisa memberikan Anda keuntungan lebih. Beberapa orang sudah mulai mempertimbangkan untuk membuat NFT mereka karena melihat kesuksesan Ghozali yang pendapatannya hingga miliaran rupiah. Siapa sangka kalau foto Ghozali yang sederhana bisa viral dan terjual mahal sebagai NFT. Dari sinilah kita bisa melihat bahwa apapun yang dikerjakan, hal yang juga penting adalah konsisten. Tanpa ada rasa konsisten, mungkin Anda tidak akan merasakan keuntungan dari menjual foto di NFT.

NFT bisa jadi pilihan bagi Anda yang memiliki karya seni, foto, dll yang bisa dijadikan aset untuk dijual di NFT. Maka, NFT bisa jadi wadah yang bagus untuk Anda merasa karya seni yang dihargai oleh orang lain. Anda bisa melihat banyaknya aset NFT yang diperjual belikan dengan harga yang bervariasi. Bagi Anda yang tertarik untuk berinvestasi lewat NFT maka simak ulasan berikut ini:

Apa Itu NFT?

NFT (Non-fungible Token) berasal dari kata fungibility dan token. NFT memiliki kemampuan untuk ditukar atau diganti dengan aset serupa yang mempunyai nilai yang sama. Jadi NFT atau non fungsional token adalah sebuah aset digital yang mewakili barang berharga dengan nilai yang tidak dapat diganti atau ditukarkan. Setiap nft memiliki data transaksi di dalam blockchain. Data ini berisi tentang harga, siapa penciptanya dan history kepemilikannya.

Apa Beda NFT Dengan Aset Kripto Lainnya

NFT adalah sebuah aset yang berkembang dari cryptocurrency. NFT memiliki tujuan, bentuk dan penggunaan yang berbeda dari aset kripto seperti Bitcoin. Setiap dari NFT hanya dibuat 1 kali dan tidak bisa diperdagangkan atau ditukarkan dengan NFT lain karena nantinya nilainya tidak akan sepadan. Data unik pada NFT, bekerja seperti sidik jari yang memudahkan sistem verifikasi kepemilikannya. Pemilik bisa menyimpan informasi tertentu di dalamnya seperti menempelkan tanda tangan di karya seni mereka dan memasukkannya ke dalam metadata NFT.

Tidak hanya itu NFT juga bersifat mutlak artinya siapapun bisa memilikinya dan menjadikannya itu hak milik penuh. Pemilik adalah satu-satunya memiliki karya original namun hak ciptanya tetap ada di tangan pembuatnya. 

Cara Kerja NFT

Seperti yang diketahui, bahwa NFT bisa dijadikan media untuk berbagai wujud karya seni seperti lukisan, game, musik, dll dalam basis digital. Jika Anda memiliki NFT, maka serupa dengan kolektor barang fisik atau digital yang bisa diubah menjadi aset kripto yang diperjualbelikan. Pembeli bisa mendapatkan hak kepemilikan atas NFT tersebut dan hanya ada satu pemilik dalam satu waktu. Data yang unik di NFT ini nantinya akan mempermudah proses verifikasi kepemilikan pembeli dan memungkinkan untuk melakukan transfer token antar pemilik NFT yang dibutuhkan. Pemilik asli NFT bisa menyimpan data yang spesifik didalamnya, misalnya tanda tangan pemilik karya.

Apa Fungsi NFT?

Kehadiran NFT tentu memiliki fungsi untuk berbagai industri, seperti pada industri seni, bisnis, industri olahraga, industri hiburan, dll. Bagi Anda yang ingin tahu lebih banyak apa saja fungsi NFT sebenarnya, simak ulasannya dibawah ini:

  • NFT Dalam Industri Karya Seni

Keunikan keunikan dan keunikan dan juga keunikan dan juga karakter mengevaluasi kembali sektor seni khususnya seni digital. NFT menawarkan keamanan yang dibutuhkan untuk tari yang dipublikasikan secara online. Maka karya seni Anda bisa disebar secara bebas dan diklaim dengan mudah yang berdampak pada kerugian bagi pembuatnya. Namun dengan teknologi NFT,  ada sebuah jaminan bagi seniman atas kepemilikan karyanya. Dengan teknologi ini hasil karya seni seniman akan sulit untuk dipelajari, plagiarisme sampai pencurian ide kreatif. 

Sistem smart contract yang ada pada NFT juga memungkinkan pembuat karya seni untuk menuliskan prosentase royalti di setiap karyanya jika berpindah tangan. Tidak hanya itu, harga dari aset NFT bisa mencapai nominal yang sangat tinggi. NFT termahal milik Beeple dengan judul Everydays – The First 5000 Days. Karya tersebut terjual dengan harga $69juta pada Maret 2021. Dari sinilah kita bisa melihat bahwa hasil karya seni dari seniman bisa diapresiasi menjadi aset yang nilainya padan dengan hasil karya seni tersebut.

  • NFT dalam Konteks Bisnis

NFT bisa menghubungkan aset fisik seperti bukti kepemilikan rumah atau properti lainnya. Aset bisa disimpan lebih aman di dalam blockchain, yang nantinya proses verifikasi bisa lebih cepat. Anda tidak perlu khawatir jika sertifikat tersebut hilang atau dicuri orang lain karena data tersebut ada di dalam blockchain, sehingga dijamin aman. 

Walaupun sudah terjamin aman, namun pada praktek dan implementasi dari perkembangan teknologi ini dengan kasus-kasus yang serupa, masih cukup terbatas sehingga lebih banyak menyorot pada pengaplikasian NFT yang cukup populer.

  • NFT di Industri Tiket & Keanggotaan

Industri tiket dan keanggotaan sering muncul masalah dalam sehari-hari. Sebagai contoh sering adanya calo yang mencoba membeli tiket sebanyak-banyaknya untuk nantinya dijual kembali dengan harga yang lebih tinggi. Selain itu ada kasus penipuan melalui calo yang memalsukan tiket untuk dijual ke orang lain. Dengan hadir NFT maka ini bisa jadi solusi atas masalah tersebut karena memiliki sistem verifikasi identifikasi yang tidak dapat dipalsukan.

Pada konteks membership, NFT bisa dijadikan identifikasi digital yang mempresentasikan keanggotaan seseorang. Dengan sistem ini maka anggota dari member tersebut tidak perlu khawatir jika Datanya hilang diubah atau dicuri oleh pihak lain. Kini sudah ada beberapa perusahaan yang menggunakan sistem NFT sebagai kartu keanggotaan mereka.

  • NFT pada Industri Olahraga & Fashion

NFT pertama yang memasuki industri olahraga adalah melalui kartu koleksi dari NBA top shot, di mana penggemarnya bisa mengumpulkan potongan-potongan foto pertandingan favorit mereka. Selain itu ada juga liga sepak bola Belgium Pro League yang sudah bermitra dengan perusahaan game untuk meluncurkan sebuah permainan sepak bola fantasi yang menggunakan NFT.

  • NFT dalam Industri Dan Hiburan

Siapa sangka, ternyata NFT memilki fungsi dalam ruang lingkung industri hiburan. Kehadiran NFT memang bisa jadi media yang baik untuk Anda yang memiliki barang koleksi unik hingga game hasil karya sendiri, berikut fungsinya:

  1. NFT pada Barang Koleksi

NFT membuka pasar barang koleksi yang memiliki banyak peminat. Maka tak heran jika NFT juga didominasi dengan barang-barang koleksi yang unik. 

  1. NFT pada Game atau Permainan

Pasar gaming yang berbasis NFT adalah salah satu sektor yang cukup menarik banyak perhatian di dunia crypto. Game crypto yang cukup populer adalah crypto kitties dan Axia Infinity. Di game crypto kitties, Anda mengharuskan mengumpulkan memelihara dan mengembangbiakan kucing digital yang sangat unik. Di kedua game ini, anda menggunakan blockchain Ethereum pada sistemnya.

Cara Menghasilkan Uang Lewat NFT

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya bahwa di NFT Anda bisa menjual foto hingga karya seni berupa foto digital. Dengan menjual foto, maka anda bisa mendapatkan keuntungan jika ada yang membeli foto tersebut. Maka, kini koleksi foto Anda bisa dihargai pada platform yang menyediakan jasa untuk jual beli foto NFT seperti OpenSea. Berikut langkah yang bisa Anda lakukan jika ingin jual gambar NFT di OpenSea:

Cara Jual Gambar NFT di OpenSea

Anda bisa menjual foto NFT di OpenSea. OpenSea adalah sebuah platform marketplace untuk Anda bisa menjual dan membeli NFT secara online. OpenSea didirikan oleh David Fincher dan Alexa Athallah sejak tahun 2020 tepatnya Maret 2020. Kini, OpenSea pun berkembang dan populer di dunia NFT. 

Anda bisa mendaftarkan akun di OpenSea dan memiliki crypto Wallet atau dompet crypto yang nantinya bisa dipakai untuk memindahkan saldo dan ditukarkan menjadi uang sesungguhnya.

Daftar Akun dan Berjualan Foto di NFT OpenSea

OpenSea adalah salah satu platform marketplace untuk Anda bisa menjual NFT. Bagi Anda yang memiliki sebuah karya dengan aset digital, maka jual foto di OpenSea adalah kesempatan yang bagus untuk bisa mendapatkan keuntungan yang cukup banyak. Ikuti langkah mendaftar akun di OpenSea ini hingga cara mengunggah foto NFT di OpenSea berikut ini:

Registrasi Akun di OpenSea

  • Pertama buka situs resmi OpenSea. Pilih menu ‘my wallet’ yang bertanda gambar dompet di sudut kanan atas.
  • Setelah itu pilih menu ‘walet connect’ dan akan tampil QR Code yang digunakan untuk akses masuk ke OpenSea
  • Masuk ke halaman setting dan pilih menu icon gerigi di sudut kanan bawah aplikasi
  • Setelah itu pilih menu Wallet connect dan QR Code akan muncul
  • Scan QR Code yang muncul di situs OpenSea
  • Lalu nanti akan muncul notifikasi di dompet crypto yang akan tersambung dengan akun
  • Jika berhasil maka akun opensea akun tersebut akan secara otomatis terdaftar di OpenSea
  • Nantinya akun OpenSea akan dikenali sebagai wallet address yang terlihat di dompet crypto

Cara mengunggah foto NFT di OpenSea

  • Tekan tombol create di halaman utama OpenSea
  • Lalu tekan tombol OK untuk mengizinkan dompet crypto terhubung
  • Di halaman create new item, Anda bisa mengunggah foto, video, gambar, audio, atau desain 3D
  • Anda juga bisa mendeskripsikan karya, jumlah yang tersedia, dan info lain untuk transaksi jual beli
  • Apabila semuanya sudah diisi maka anda bisa menekan tombol ‘create’
  • Lalu tekan tombol OK pada notifikasi yang muncul di dompet crypto

Berjualan NFT Di OpenSea

  • Tekan tombol ‘sell’ untuk menjual aset milik anda
  • Lalu tentukan kuantitas ketersediaan harga dan durasi penjualan NFT
  • Jika telah selesai maka tekan tombol ‘completing listing’
  • Pada menu pop up complete your listing, Anda diminta untuk analog currency jika baru pertama kali berjualan di OpenSea
  • Lalu tekan tombol ‘unlock’
  • Setelah itu tekan OK untuk memberikan izin pada dompet crypto
  • Terakhir Anda diminta menekan tombol sign pada bagian sign message
  • Setelah itu tekan tombol OK pada notifikasi yang muncul di dompet crypto
  • Anda pun berhasil masuk daftar penjualan pada akun OpenSea
  • Setelah itu Anda dapat menekan menu profile untuk melihat karya yang dijual
  • Selesai

10 Gambar NFT Termahal

Di tahun 2021, tampak tren pencarian di Google bahwa topik speutar NFT meningkat tajam, bahkan public figure luar negeri pun sempat mengikuti tren ini. Hal ini pun banyak diikuti orang yang ingin menjadi kolektor NFT dari berbagai gambar nft termahal, berikut daftarnya:

GambarNama NFTHarga NFT
CryptoPunk #6965$1,54 juta
Kevin Mc Coy – Quantum
$1,58 juta
XCOPY – Death Drip$1,58 juta
The Best I Could Do$1,65 juta
The First Tweet$2,9 juta
Fidenza #313$3,3 juta
Doge$4 juta
Replicator$4,1 juta
CryptoPunk #2338$4,4 juta

Demikian penjelasan tentang NFT dan cara menjual foto di NFT yang bisa Anda praktekkan mulai dari sekarang. Dengan menjual karya di NFT, maka Anda bisa menambah penghasilan dengan mudah dan menyenangkan. Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk menambah penghasilan adalah dengan mengembangkan bisnis. Kembangkan bisnis lewat umkm dengan modal dari Danamas, fintech lending terpercaya untuk Pinjaman online ojk bunga rendah 2021, aman dan berizin OJK dari Sinar Mas Group. Danamas pinjaman bisnis hadir untuk solusi modal usaha Anda dengan kemudahan pengajuan, cepat, praktis dan limit besar hingga Rp 2 miliar. Selain itu, Anda juga bisa mengajukan pinjaman dengan tenor minimal 1 tahun dan maksimal 10 tahun.

Baca juga: Daftar Marketplace NFT Lokal & NFT Termahal

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

lo-kheng-hong

Lo Kheng Hong & Kunci Sukses Investasi Saham Untung 1000%

Lo Kheng Hong adalah pria yang berasal dari kaum masyarakat biasa bukan privilege tapi bisa menjadi miliarder saham di Indonesia. Banyak yang menjuluki beliau adalah

daftar-saham-bluechip

Daftar Saham Blue Chip Untuk Mulai Berinvestasi di Tahun 2023!

Saham blue chip merupakan jenis saham yang sangat diincar oleh para investor karena dinilai memiliki risiko yang relatif lebih rendah dan peluang keuntungan yang lebih besar.

compounding-adalah

Compounding Adalah Efek Bunga Dalam Berinvestasi, Ini Ulasan & Contohnya!

Compounding adalah suatu konsep yang banyak dipakai dalam berbagai bidang seperti bisnis, investasi dan self development. Terkadang kita mengabaikan unsur compoun