Marketplace NFT

Daftar Marketplace NFT berikut ini adalah marketplace yang sering melakukan transaksi NFT. Sebelum menyelam lebih dalam apa itu marketplace NFT? NFT atau Non Fungible Token (NFT) mulai tren di Indonesia ketika pemuda dari Indonesia bernama Ghozali berhasil menjual foto selfienya senilai Rp 1,5 Miliar di Open Sea. Pelajari dengan lebih dalam mengenai NFT.

Nah, Open Sea tersebut dikategorikan sebagai daftar marketplace NFT. Hal ini dikarenakan, Open Sea menyediakan platform untuk memperjualbelikan NTF. Jadi simplenya, marketplace NFT sama seperti marketplace lain yaitu tempat jual beli barang/jasa. Namun, yang diperjualbelikan disini adalah NFT.

Kepopuleran yang muncul belakangan ini membuat banyak orang penasaran bagaimana untuk bisa menjadi kolektor NFT dan mendapatkan keuntungan lewat aset digital NFT. Untuk bisa menjadi kolektor NFT dan membeli NFT Anda perlu masuk terlebih dahulu ke marketplace nya. Berikut kami rangkum daftar marketplace NFT baik internasional maupun lokal.

Apa itu NFT?

Marketplace NFT adalah platform tempat ditampilkan dan diperjualbelikan. Marketplace NFT juga disebut sebagai pasar atau situs NFT yang bekerja layaknya Amazon atau eBay di mana seseorang bisa menjual ataupun membeli berbagai barang namun bedanya adalah barang yang dijual adalah aset digital. NFT mungkinkan aset digital untuk diperjualbelikan dan membuat tokennya mereka sendiri yang akan mempresentasikan kepemilikan atas aset yang unik.

7 Marketplace NFT

Jika anda ingin menjual dan membeli maka Coba telusuri platform marketplace berikut ini:

1. Paras.id

Paras.id adalah salah satu marketplace yang menjual digital art atau karya seni digital yang dituang dalam bentuk kartu bergambar. Ia menawarkan kepemilikan juga kelangkaan digital dengan menggunakan uang kripto NEAR sebagai alat tukar antara pencipta NFT dan kolektor. 

Jika anda ingin membuat kartu digital atau asset nft di paras.id maka anda perlu mengikuti format kartu digital yang umumnya diperdagangkan dalam bentuk NFT yaitu dengan rasio 64:89. Jika anda ingin membeli aset NFT di Paras.id maka anda hanya perlu memilih kartu yang disukai dan membelinya dari kolektor yang didaftarkan. Setelahnya kartu tersebut adalah milik anda yang bisa dijual atau disimpan saja.

2. Toko Mall

Toko Mall mengklaim perusahaannya sebagai salah satu pelopor marketplace NFT di Indonesia yang memiliki konsep berbeda. Toko Mall memiliki tujuan untuk mendukung merek sehingga kreator lokal bisa meluncurkan kreasi mereka. 

Tak hanya itu, Toko Mall juga menyediakan platform yang dipakai oleh pengguna untuk bisa menembus menebus barang fisik di mitra resmi Toko Mall. Di toko Mall siapapun bisa menjadi kreator atau kolektor untuk membuat dan mengoleksi NFT. Jika anda adalah kreator maka wajib memiliki dompet digital yang nantinya bisa dihubungkan ke toko Mall.

3. Kolektibel

Kolektibel adalah marketplace yang bertujuan untuk mengurangi momen-momen unik serta langka seperti pada bidang bidang tertentu, seperti lifestyle, olahraga, seni dan budaya. 

Anda bisa mendapatkan berbagai koleksi terbaru dari Creator kreatif. Tak hanya itu kolektibel juga menyediakan secondary market dimana anda bisa membuat penawaran NFT yang dimiliki.

 Maka sebagai konsumen Indonesia Anda bisa melakukan pembayaran di berbagai channel populer seperti toko ritel seperti Indomaret atau Alfamart, kredit atau debit, hingga transfer bank.

4. Artsky

Artsky adalah marketplace NFT lokal yang menghubungkan di antara pembeli dan penjual secara langsung. Artsky menaungi beberapa bidang seni seperti video, digital art, musik, grafiti, foto penting dan lain-lain. Tak hanya itu, Artsky juga mengerjakan beberapa proyek seperti metaverse, decommerce, game dan lain-lain

5. Baliola

Baliola adalah marketplace yang berasal dari Bali dan diciptakan oleh badan ekonomi kreatif dan pasar. Menjual berbagai produk asli seniman Bali berbentuk aset NFT. 

Seniman di Baliola antara lain pelukis, arsitek, illustrator, desainer grafis dan lain-lain. Nantinya setiap pengguna akan divalidasi terlebih dahulu sebelum menjadi penjual di Baliola dan dibuatkan halaman tersendiri lalu mereka bisa menjualnya di etalase produk masing-masing.

6. Enevti

Enevti Adalah platform marketplace NFT yang bisa membantu para kolektor untuk bisa terhubung dengan influencer atau creator. Enevti  mengusung konsep seperti media sosial dimana pembeli bisa terhubung langsung dengan kreator mereka. 

Di marketplace NFT ini aset digital bisa ditebus dengan protokol pembiayaan kreator maka hubungan antara fans dan kreator bisa diharapkan menjadi lebih real. 

7. Metaroid

Metaroid adalah marketplace nft yang memiliki fitur media sosial untuk wadah apresiasi karya digital yang sudah terdesentralisasi untuk menciptakan sebuah ekosistem yang mampu mengkoneksikan pengguna sebagai pencari karya digital korporat serta pencipta karya digital untuk bisa berinteraksi serta transaksi. Nantinya ini akan dibuat menjadi sebuah folder yang terdiri dari berbagai dokumen resensi beserta dengan karyanya.

4 Marketplace NFT Populer

1. Opensea

Opensea adalah marketplace NFT universal pertama yang paling populer yang memiliki basis blockchain Ethereum. Di Opensea Anda bisa menemukan berbagai NFT yang  merepresentasikan kepemilikan atas karya seni hingga koleksi kartu digital.

2. Raribel

Raribel adalah marketplace NFT yang isinya terdiri dari pemegang token RARI. Pembeli bisa menemukan berbagai koleksi seni dan item lainnya pada segmen top collection, hot bid, top seller, dan live auction.

3. SuperRare

Bekerjasama dengan berbagai seniman terkemuka di dunia yang mampu menghasilkan koleksi digital yang diamankan dengan kriptografi dalam blockchain. SuperRare Juga menyediakan berbagai seni digital otentik dan rutin mengadakan pameran.

4. Nifty Gateaway

Marketplace NFT ini menjual berbagai jenis item digital. Kepopuleran Nifty Gateway saat seniman Steve Aoki menjual karyanya di marketplace NFT ini, selain itu ada juga deadmau5 and beeple yang memegang rekor penjualan NFT termahal di dunia.

Persiapan Sebelum Coba Marketplace NFT

Hal yang perlu Anda persiapkan sebelum mengakses marketplace NFT:

  1. Daftar akun: Sebelum melakukan transaksi di marketplace NFT, Anda perlu membuat akun dengan mendaftar di platform tersebut. Untuk biayanya pun bervariasi tergantung setiap marketplace.
  2. Dompet crypto: Anda perlu memiliki dompet crypto untuk menyimpan koin yang akan dipakai untuk bertransaksi NFT. Setiap marketplace memiliki dompet kriptonya masing-masing yang kompatibel dengan blockchain setiap marketplace tersebut.
  3. Siapkan koin:  Untuk bisa melakukan aktivitas jual beli NFT, maka anda perlu mengisi dompet dengan coin crypto. Cryptocurrency yang diisikan ke dalam dompet anda perlu didukung oleh energi marketplays yang Anda gunakan. 

20 NFT Termahal di Dunia

  1. CryptoPunk #6965: $1,54 juta atau setara dengan Rp21,9 miliar. 
  2. Kevin Mc Coy – Quantum: $1,58 juta
  3. XCOPY – Death Drip: $1,58 juta
  4. The Best I Could Do: $1,65 juta
  5. The First Tweet: $2,9 juta
  6. Fidenza #313: $3,3 juta
  7. Doge: $4 juta
  8. Replicator: $4,1 juta
  9. CryptoPunk #2338: $4,4 juta
  10. Save Thousands of Lives: $5,1 juta
  11. Stay Free: $5,27 juta
  12. CryptoPunk #7252: $5,3 juta
  13. World Wide Web Source Code: $5,43 juta
  14. CryptoPunk #5217: $5,44 juta
  15. Ocean Front: $6 juta
  16. Crossroad: $6,66 juta
  17. CryptoPunk #3100: $7,51 juta
  18. CryptoPunk #7804: $7,56 juta
  19. CryptoPunk #7523: $11,8 juta
  20. Everydays: The First 5000 Days: $69,3 juta

Raih Kesuksesan dengan Bangun Bisnis UMKM

Mencoba berinvestasi lewat aset digital NFT adalah peluang baru yang baik bagi Anda untuk menambah penghasilan. Terlebih lagi, jika Anda suka dengan dunia seni yang bisa diperjual belikan dan menghasilkan pendapatan yang lumayan besar. Ini bisa Anda jadikan kesempatan baik untuk mencoba NFT bagi pemula lewat marketplace NFT lokal. 

Kesempatan dalam mendapatkan modal usaha juga bisa Anda raih dengan modal hingga Rp 2 miliar dari Danamas Pinjaman Bisnis. Pinjaman modal online terpercaya beragunan properti ini hadir sebagai solusi bagi Anda yang butuh modal untuk mengembangkan usaha kecil. Fintech lending berizin dan diawasi oleh OJK, sekaligus Sinar Mas Group ini tak perlu diragukan lagi kredibilitasnya maka saat Anda mengajukan pinjaman pun bisa lebih aman.

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

lo-kheng-hong

Lo Kheng Hong & Kunci Sukses Investasi Saham Untung 1000%

Lo Kheng Hong adalah pria yang berasal dari kaum masyarakat biasa bukan privilege tapi bisa menjadi miliarder saham di Indonesia. Banyak yang menjuluki beliau adalah

daftar-saham-bluechip

Daftar Saham Blue Chip Untuk Mulai Berinvestasi di Tahun 2023!

Saham blue chip merupakan jenis saham yang sangat diincar oleh para investor karena dinilai memiliki risiko yang relatif lebih rendah dan peluang keuntungan yang lebih besar.

compounding-adalah

Compounding Adalah Efek Bunga Dalam Berinvestasi, Ini Ulasan & Contohnya!

Compounding adalah suatu konsep yang banyak dipakai dalam berbagai bidang seperti bisnis, investasi dan self development. Terkadang kita mengabaikan unsur compoun