Robo advisor

Inovasi dalam sektor keuangan terus berkembang, dengan adanya robo advisor membuat pengguna lebih mudah dalam mendapatkan pilihan investasi yang diinginkan. Inovasi keuangan digital ini diatur dalam peraturan OJK (POJK) Nomor 13 tahun 2018. Robo advisor sendiri merupakan teknologi untuk assessment profile risk investasi yang dilakukan secara digital. Yuk kenalan lebih lanjut dengan robo advisor.

Pengertian Robo Advisor

Robo advisor merupakan platform digital yang membantu pengguna mengelola berbagai jenis layanan dan rencana finansial. Robo advisor ini diciptakan melalui teknologi pemrograman algoritma yang canggih dan dapat memberikan solusi personal untuk mencari program terbaik sesuai dengan data yang dimasukkan oleh platform investasi dari nasabah. 

Dalam hal investasi, robo advisor berfungsi sebagai teknologi yang membantu merancang portofolio investasi yang optimal berdasarkan profil risiko dan tujuan keuangan secara otomatis. Melalui robo advisor, calon investor atau investor tidak perlu khawatir karena robo advisor akan secara otomatis membuatkan portofolio investasi yang sesuai dengan kebutuhan nasabah dengan menggunakan algoritma. Algoritma ini bekerja berdasarkan pada data yang telah diinput pada sistem. Dari data tersebutlah robo advisor akan membuat keputusan portofolio yang sesuai. 

Tahapan dan Cara Kerja Robo Advisor 

Robo advisor

Secara umum, robo advisor memiliki tiga dasar sistem kerja untuk membantu nasabah, yakni

  • Auto Risk Profiling

Nasabah harus menjawab pertanyaan atau survei yang dipilih agar dapat menentukan profil risiko Anda dengan algoritma tanpa bias.

  • Auto Financial Plan 

Robo advisor akan memberikan alokasi portfolio investasi yang sesuai dengan jawaban dari Anda.

  • Auto Rebalancing

Mempertahankan alokasi optimal Anda dengan perubahan pasar untuk mengurangi adanya risiko pada investasi Anda semaksimal mungkin. 

Baca juga: 11 Daftar Robot Trading Ilegal & Cirinya

Jika dijabarkan, maka berikut ini adalah tahapan yang harus dilakukan oleh nasabah yang ingin menggunakan teknologi robo advisor: 

  1. Mengisi Pertanyaan online

Langkah pertama yakni Anda harus menjawab beberapa pertanyaan agar sistem robo advisor dapat mengetahui profil risiko. Hal ini sangat penting untuk mengetahui portofolio investasi yang sesuai dengan kebutuhan.

  1. Membuat Rekening untuk Memulai Investasi 

Setelah mengisi pertanyaan profil risiko, maka selanjutnya adalah membuat rekening pada perusahaan robo advisor yang Anda pilih untuk menyimpan dana yang akan diinvestasikan. Rekening tersebut kemudian dapat diakses secara otomatis oleh robo advisor.

  1. Data yang terkumpul diolah oleh robo advisor

Data profil risiko yang telah didapatkan dari Anda saat mengisi survei akan secara otomatis diolah oleh robo advisor.  

  1. Robo Advisor Merekomendasikan Portofolio yang Sesuai 

Setelah mengolah data, robo advisor akan memberikan beberapa rekomendasi portofolio yang cocok ke nasabah. Selanjutnya secara otomatis Anda dapat membeli produk investasi yang telah disarankan. 

  1. Menyeimbangkan portofolio

Keuntungan investasi mungkin saja bisa berubah-ubah. Jika keuntungan investasi Anda tidak merata maka proporsi dalam portofolio investasi akan ikut berubah. Karena itulah robo advisor akan secara otomatis memantau sekaligus menyeimbangkan portofolio tersebut secara berkala, sehingga tidak hanya mengoptimalkan keuntungan namun juga meminimalisir terjadinya risiko.

Platform Robo Advisor 

Robo advisor

Anda dapat mencoba berbagai macam platform yang menyediakan robo advisor, yakni: 

  • Bibit

Startup investasi reksadana ini memiliki layanan robo advisor untuk menganalisis portofolio. Cocok digunakan untuk pemula maupun para profesional. 

  • Stockbit

Stockbit merupakan layanan investasi saham yang memiliki fitur robo advisor sehingga dapat menganalisis investasi saham pengguna. 

  • Bareksa

Marketplace finansial dan investasi terintegrasi yang memiliki lisensi resmi sebagai agen penjual reksadana (APERD) dan juga OJK sejak 2016. Bareksa membantu pengguna berinvestasi dengan strategi yang tepat. 

  • Bambu

Startup yang berasal dari Singapura ini mengembangkan solusi manajemen kekayaan. Robo advisor milik Bambu dapat membantu mengoptimasi proses rencana keuangan, tabungan dan juga investasi

  • Halofina 

Merupakan aplikasi yang bertujuan untuk menjadi asisten keuangan pribadi Anda. Halofina menyediakan fitur robo advisor dan goal based investment untuk mengatur keuangan Anda. 

Keuntungan Robo Advisor 

Berikut ini adalah keuntungan yang akan Anda dapatkan bila menggunakan robo advisor, yaitu:

  1. Biaya Lebih Murah

Robo advisor mengenakan biaya berdasarkan persentase aset biasanya sekitar 0,15% hingg 0,5% dari seluruh aset investasi yang dimiliki. Biaya ini relatif murah karena perusahaan tidak perlu menyediakan tenaga kerja untuk melayani investor secara langsung. 

  1. Meringankan Kegiatan Investasi

Menggunakan robo advisor dapat membantu Anda untuk tidak perlu setiap saat mengawasi perubahan pada portofolio karena tugas tersebut akan dilakukan oleh robo advisor. 

  1. Lebih Efisien dan Praktis

Penggunaan robo advisor lebih efisien dan praktis daripada menggunakan jasa penasihat keuangan yang harus Anda hubungi, dan biaya yang lebih mahal. Sedangkan robo advisor bisa dilakukan hanya dengan online kapanpun dan dimanapun. 

  1. Rekomendasi Portofolio Lebih Tepat Sasaran

Portofolio ini lebih tepat sasaran karena berdasarkan pada survei yang Anda isi. Dengan ini imenjadikan rekomendasi dari robo advisor lebih aman dan menguntungkan. 

Danamas merupakan platform pinjaman beragunan properti dari Sinarmas Group. Danamas juga telah mendapatkan izin operasional dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan sehingga aman dan terjamin kredibilitasnya. Bagi Anda yang ingin mengajukan pinjaman untuk modal usaha, Anda dapat menjadikan Danamas solusi yang tepat untuk kebutuhan permodalan. Pinjaman mulai dari Rp 50 juta hingga Rp 2 miliar bisa Anda ajukan disini. 

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

lo-kheng-hong

Lo Kheng Hong & Kunci Sukses Investasi Saham Untung 1000%

Lo Kheng Hong adalah pria yang berasal dari kaum masyarakat biasa bukan privilege tapi bisa menjadi miliarder saham di Indonesia. Banyak yang menjuluki beliau adalah

daftar-saham-bluechip

Daftar Saham Blue Chip Untuk Mulai Berinvestasi di Tahun 2023!

Saham blue chip merupakan jenis saham yang sangat diincar oleh para investor karena dinilai memiliki risiko yang relatif lebih rendah dan peluang keuntungan yang lebih besar.

compounding-adalah

Compounding Adalah Efek Bunga Dalam Berinvestasi, Ini Ulasan & Contohnya!

Compounding adalah suatu konsep yang banyak dipakai dalam berbagai bidang seperti bisnis, investasi dan self development. Terkadang kita mengabaikan unsur compoun