investasi berlian

Berlian merupakan jenis batu mulia yang terbilang mahal, karena itulah berlian menjadi salah satu jenis batu yang memiliki nilai investasi dan juga digemari oleh para pecinta perhiasan. Walaupun mewah dan mahal, terdapat beberapa jenis berlian dengan harga yang terjangkau dan dapat dibeli di toko berlian. Sebelum Anda berniat untuk membeli dan berinvestasi berlian, mari simak tip dan keuntungannya dalam artikel berikut ini, 

Keuntungan Berinvestasi Berlian 

Investasi seperti emas, tentunya sudah banyak yang punya dan menghasilkan keuntungan jika diolah dengan tepat. Sama halnya dengan berlian. Berlian juga dapat menghasilkan keuntungan karena: 

  1. Aman dari Inflasi 

Harga berlian tidak mengalami perubahan karena inflasi. Hal ini dapat menjadi salah satu keuntungan bila Anda ingin menjual berlian karena tidak ada penurunan harga. 

  1. Ditentukan dari Kualitas Berlian itu Sendiri 

Harga yang ditetapkan pada berlian ditentukan dari penilaiannya yang diberikan kepada kualitas berlian itu sendiri dan hanya diatur oleh pihak pembeli dan penjual, tidak seperti emas atau saham yang pembeliannya masih dikontrol oleh pemerintah. 

  1. Nilainya Bisa Terus Meningkat

Meskipun tidak mengalami perubahan atau penurunan ketika krisis ekonomi, namun berlian bisa meningkat karena beberapa faktor, misalnya kelangkaan jenis, dan tingginya permintaan. Ketika menjual berlian dengan bentuk perhiasan bingkai atau rantai yang terbuat dari emas juga bisa mempengaruhi harga. 

  1. Tidak Membutuhkan Biaya Perawatan

Berlian tidak memerlukan perlakuan khusus untuk menyimpan dan merawatnya. Berlian dapat disimpan ditempat yang lembab ataupun panas, karena tidak mudah hancur dan tergores serta tidak memakan ruang untuk penyimpanannya. 

  1. Bisa Jadi Perhiasan

Berlian tidak hanya jadi investasi, namun juga bisa digunakan sebagai penunjang penampilan yakni sebagai perhiasan.

investasi berlian

Risiko Investasi Berlian 

Meskipun investasi berlian menguntungkan, namun juga ada risiko yang perlu diperhatikan, yakni:

  1. Harga Berlian Hanya Ditentukan Pasar

Tidak seperti investasi lain, berlian hanya ditentukan oleh mekanisme pasar yakni faktor supply dan demand.

  1. Tidak Mudah untuk Menjual

Berlian tentu tidak bisa dinikmati oleh semua golongan atau lapisan masyarakat karena harganya yang mahal. Anda perlu menjual ke tempat yang tepat untuk mendapatkan harga terbaik. 

  1. Mengundang Risiko Pencurian

Berlian juga dapat mengundang risiko pencurian, apalagi jika berlian tersebut dijadikan perhiasan. Bisa saja dicuri atau diambil secara paksa. 

  1. Minat Berkurang

Banyak generasi muda yang sekarang lebih memilih untuk berinvestasi di saham atau properti, atau sektor keuangan lainnya. Hal ini menjadi minat terhadap berlian berkurang. 

Tips Sebelum Investasi Berlian 

Sebelum berinvestasi berlian, ada kalanya Anda memperhatikan hal berikut ini:

  1. Berat dan Tampilan Berlian

Semakin berat berlian maka akan semakin mahal harganya. Begitu Pula dengan tampilannya semakin simetris potongannya, lokasi proporsional crown maka akan meningkatkan harga berlian tersebut. . 

  1. Tingkat Kejernihan Berlian 

Kejernihan berlian juga tentunya mempengaruhi harga. Belian yang jenih berarti tidak memiliki cacat dan tidak ada mineral lain yang terbawa, sehingga akan mendapatkan harga yang tinggi. 

  1. Memiliki Sertifikat

Ada banyak lembaga yang mengeluarkan sertifikat berlian misalnya GIA (Gemological Institute of America) atau AGS (American Gem Society). Sertifikasi GIA lebih dipercaya dan dikenal di seluruh dunia. 

Cara Melihat Berlian Asli atau  Palsu

investasi berlian

Untuk dapat mengetahui bahwa berlian asli atau palsu, maka dapat dilakukan test yakni:

  1. Fog Test

Fog test merupakan cara untuk mengetahui dengan menghembuskan napas Anda ke berlian tersebut. Apabila embun yang dihasilkan tersebut hilang seketika bahkan kurang dari satu detik, atau tidak berembun maka berlian tersebut asli. Apabila berembun beberapa detik maka berlian tersebut palsu. 

  1. Test Transparansi

Anad bisa memposisikan diatas koran atau buku. Berlian asli akan menutupi cahaya dan padat sehingga terlihat bening sehingga Anda tidak bisa melihat objek ataupun huruf yang ditutupi berlian. Jika palsu, berlian masih bisa memberikan bayangan walaupun samar. 

  1. Dibakar

Berlian asli tidak akan panas karena berlian asli akan cepat menghilangkan atau menyerap panas dengan cepat. 

  1. Floating Test

Berlian tidak akan terapung jika diletakkan di dalam air. Berlian asli pasti akan lebih berat daripada zat cair berbeda dengan yang palsu yang mungkin saja terdiri dari mineral lain. 

  1. Refleksi Cahaya

Berlian asli tidak memberikan warna refleksi selain dari warna abu-abu. Letakkan berlian Anda di tempat yang memiliki cahaya atau sorotan cahaya langsung misalnya senter. Apabila refleksi cahaya yang ditimbulkan menghasilkan warna selain abu-abu maka kemungkinan berlian tersebut berkualitas rendah, dicampur atau palsu. 

Baca juga: Cara Investasi Emas Biar Semakin Untung

  1. Menggunakan Mesin Pendeteksi Berlian

Keaslian Berlian juga dapat dideteksi dengan mesin pendeteksi. Jika mesin pendeteksi mengeluarkan cahaya merah dan bunyi, maka berlian tersebut asli. Namun jika mengeluarkan cahaya kuning atau hijau maka kemungkinan berkualitas rendah atau palsu. 

Jika Anda membutuhkan modal usaha untuk mengembangkan bisnis.Danamas memberikan solusi pinjaman beragunan properti mulai dari Rp 50 juta hingga Rp 2 miliar dengan tenor yang panjang dan proses yang mudah dan cepat. Anda dapat mengajukannya melalui website atau unduh aplikasi Lancar by Danamas melalui smartphone. 

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

lo-kheng-hong

Lo Kheng Hong & Kunci Sukses Investasi Saham Untung 1000%

Lo Kheng Hong adalah pria yang berasal dari kaum masyarakat biasa bukan privilege tapi bisa menjadi miliarder saham di Indonesia. Banyak yang menjuluki beliau adalah

daftar-saham-bluechip

Daftar Saham Blue Chip Untuk Mulai Berinvestasi di Tahun 2023!

Saham blue chip merupakan jenis saham yang sangat diincar oleh para investor karena dinilai memiliki risiko yang relatif lebih rendah dan peluang keuntungan yang lebih besar.

compounding-adalah

Compounding Adalah Efek Bunga Dalam Berinvestasi, Ini Ulasan & Contohnya!

Compounding adalah suatu konsep yang banyak dipakai dalam berbagai bidang seperti bisnis, investasi dan self development. Terkadang kita mengabaikan unsur compoun