kurs

Anda tentunya pernah mendengar atau bahkan tidak asing dengan istilah kurs,  sekalipun kamu mungkin belum mengerti lebih dalam, artikel kali ini akan membahas lebih dalam mengenai kurs. yuk simak artikel berikut ini! 

Pengertian Kurs

Kurs merupakan harga suatu mata uang dari suatu negara terhadap mata uang yang dari negara lain. Kurs juga dapat digunakan sebagai suatu perbandingan nilai, yakni saat terjadi pertukaran antara dua mata uang yang saling berbeda, maka akan menghasilkan perbandingan pada nilai atau harga dari mata uang tersebut. 

Kurs memiliki peranan penting dalam bertransaksi, khususnya pada kegiatan ekspor dan impor, hal ini karena kurs mampu menerjemahkan harga dengan mata uang yang berbeda dari negara lain.  Kurs juga memiliki peranan penting dalam pasar valuta asing atau forex. Hal ini karena pertukaran mata uang dengan kurs yang sudah disetujui oleh pihak yang bersangkutan. 

kurs

Kurs Jual Adalah

Kurs jual biasanya digunakan oleh bank, pedagang valuta asing, atau money changer. Istilah tersebut bisa disebut juga dengan harga jual mata uang yang sudah ditetapkan oleh pihak dari bank, money changer, maupun pedagang valuta asing. Untuk nilai tukar yang digunakan oleh pihak bank dan money changer dalam melakukan transaksi penukaran mata uang digunakan oleh pedagang valuta asing untuk menjual valuta asing. Contohnya ketika Anda menukarkan mata uang rupiah dengan mata uang dollar. 

Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah contoh kasus untuk menghitung kurs jual, Anda ingin berlibur ke negara Amerika, pastinya membutuhkan mata uang dollar untuk melakukan transaksi disana.  Pada saat Anda menukarkan uang, nilai tukar jual dollar Amerika misalkan 1 USD sebesar Rp 14.500. Sedangkan Anda ingin menukarkan uang Rupiah sebesar 20 juta. Maka perhitungan yang tepat adalah uang rupiah yang Anda miliki dibagi dengan harga kurs jual. Rp 20 juta dibagi dengan Rp 14.500 maka Anda akan memperoleh sebesar 1379,3 USD. 

Kurs Beli 

Kurs beli merupakan harga beli mata uang yang sudah ditentukan oleh pihak bank, money changer, ataupun pedagang valuta asing. Pihak bank atau money changer menggunakannya untuk membeli mata uang negara asing dan membayarnya dengan mata uang lokal, atau Rupiah bila berada di Indonesia. 

Misalnya seorang turis dari Amerika ingin berlibur Indonesia. Maka turis tersebut harus menukarkan uang Dollar nya untuk bertransaksi di Indonesia.  Jika ia memiliki uang sebanyak USD 5000 dan nilai tukar beli yang berlaku yakni 1 USD  bernilai Rp 14.000. Maka perhitungannya adalah USD 5000 x Rp 14.000 yakni senilai Rp 70 juta. 

kurs

Fungsi Valuta Asing 

Valuta asing merupakan mata uang yang digunakan untuk melakukan perdagangan atau transaksi dengan skala internasional. Syarat utama sebuah mata uang asing bisa menjadi valuta asing atau perdagangan internasional termasuk ke dalam hard currency, atau mata uang yang memiliki nilai tukar kuat terhadap mata uang lain. Misalnya seperti Euro, Yen, Dollar Amerika.

Dalam hal ini, apabila mata uang asing tertentu sering digunakan, maka akan semakin menguntungkan negara pemilik mata uang tersebut. Berikut ini adalah beberapa fungsi dari valuta asing

  1. Alat Pembayaran Berskala Internasional

Dalam transaksi internasional, valuta asing menjadi alat yang sah untuk diakui semua negara. Valuta asing juga merupakan alat pembayaran yang digunakan untuk membayar utang antara satu negara dengan negara lainnya.

  1. Alat Tukar Berskala Internasional

Tidak terbatas pada perdagangan internasional, valuta asing juga dapat digunakan ketika melakukan pembayaran jasa. Maka setiap transaksi jasa yang terjadi antar negara maka pembayarannya menggunakan valuta asing. 

  1. Mengendalikan Kurs Mata Uang

Kurs mata uang merupakan nilai tukar terhadap mata uang lainnya. Hal ini karena kurs mata uang cukup fluktuatif. Nilai mata uang yang terlalu sering naik dan turun rentan untuk mengakibatkan kondisi ekonomi menjadi tidak stabil, maka pemerintah negara akan menggunakan valuta asing untuk mengendalikan kurs mata uang agar tetap stabil. 

Untuk mendapatkan tambahan modal usaha, Anda dapat mengajukan pinjaman beragunan properti dari Danamas, yakni Danamas Pinjaman Bisnis. Dapatkan peluang untuk mengembangkan usaha dengan pinjaman beragunan properti mulai dari Rp 50 juta hingga Rp 2 Miliar dengan tenor yang panjang. 

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

lo-kheng-hong

Lo Kheng Hong & Kunci Sukses Investasi Saham Untung 1000%

Lo Kheng Hong adalah pria yang berasal dari kaum masyarakat biasa bukan privilege tapi bisa menjadi miliarder saham di Indonesia. Banyak yang menjuluki beliau adalah

daftar-saham-bluechip

Daftar Saham Blue Chip Untuk Mulai Berinvestasi di Tahun 2023!

Saham blue chip merupakan jenis saham yang sangat diincar oleh para investor karena dinilai memiliki risiko yang relatif lebih rendah dan peluang keuntungan yang lebih besar.

compounding-adalah

Compounding Adalah Efek Bunga Dalam Berinvestasi, Ini Ulasan & Contohnya!

Compounding adalah suatu konsep yang banyak dipakai dalam berbagai bidang seperti bisnis, investasi dan self development. Terkadang kita mengabaikan unsur compoun