Pasar Saham

Pasar saham belakangan ini banyak digemari oleh kaum muda. Banyak anak muda yang mulai tertarik untuk menginvestasikan dana melalui saham. Bagi Anda pemula yang mau mencoba “terjun” di saham,  Yuk kenal lebih dalam mengenai pasar saham di Indonesia. 

Pengertian Pasar Saham

Pasar saham atau bursa saham merupakan tempat untuk melakukan perdagangan yakni jual- beli saham publik. Biasanya kegiatan ini dilakukan melalui Bursa Efek Indonesia (BEI). BEI merupakan pengelola, sedangkan penjualnya adalah perusahaan sekuritas, sementara pembeli nya yakni para investor. 

Jenis Pasar Saham

Pasar Saham

Terdapat 3 jenis pasar saham yang ada di Indonesia, yakni: 

1. Pasar Reguler

Pasar reguler merupakan jenis pasar saham yang perdagangan saham di bursa dilakukan berdasarkan proses tawar menawar secara langsung oleh anggota bursa efek melalui Jakarta Automated Trading System (JATS).

JATS Merupakan sistem perdagangan efek yang berlaku di bursa untuk perdagangan yang dilakukan dengan cara otomatis menggunakan sarana komputer.

2. Pasar Tunai

Jika di pasar Reguler penawaran dilakukan secara langsung, di  pasar tunai perdagangan saham yang ada di bursa dilakukan atas proses tawar menawar secara lelang oleh anggota bursa efek melalui JATS. 

3. Pasar Negosiasi

Pasar negosiasi merupakan perdagangan saham yang  dilakukan secara pribadi. Jenis pasar ini dilakukan  langsung antara penjual dan pembeli melalui proses negosiasi, dan tidak melalui bursa. Namun tetap dipantau dan disepakati oleh bursa.

Jam Pasar Saham

Waktu pasar saham di Indonesia mengikuti jadwal perdagangan bursa. Setiap jenis pasar tentunya memiliki jam yang berbeda. 

  • Pasar Reguler (Senin hingga Jumat)

Sesi I Jam 09.00 – 11.30 

Sesi II Jam 13.30 – 14:49 

  • Pasar Tunai (Senin hingga Jumat)

Jam 09.00 – 11.30 

  • Pasar Negosiasi (Senin hingga Jumat)

Sesi I jam  09.00 – 11.30 

Sesi II jam 13.30 – 15.15

Pasar Saham Syariah Indonesia

Pasar Saham

Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) yang merupakan indikator dari kinerja saham syariah Indonesia  diluncurkan tanggal 12 Mei 2011 merupakan indeks komposit saham syariah yang tercatat di BEI. Berikut adalah beberapa daftar saham syariah Indonesia. 

  1. Jakarta Islamic Index (JII)
  2. Jakarta Islamic Index 70 (JII70)
  3. IDX-MES BUMN 17

Fungsi Pasar Saham

Pasar saham berfungsi sebagai fasilitas antara pihak yang membutuhkan permodalan (pendanaan) kepada pihak yang mempunyai dana (Investor) . pihak yang membutuhkan dana (biasaya adalah perusahaan)  bisa memperoleh dana dengan cara melepas sebagian sahamnya ke publik, sedangkan para  investor akan memperoleh sarana investasi berupa saham perusahaan ataupun dividen.

Baca juga:

Trading Saham, Halal atau Haram?

Cara Investasi Saham Pemula yang Ingin Cuan

Akses Permodalan untuk mengembangkan Usaha 

Selain pasar saham, mungkin Anda ingin mencoba bisnis baru dan mengembangkan usaha sebagai wujud investasi di kemudian hari. Bila Anda membutuhkan tambahan modal, Lancar by Danamas sebagai pinjaman online yang telah berizin dan diawasi oleh OJK ini dapat membantu Anda mendapatkan tambahan modal hingga Rp 2Miliar dengan agunan properti. 

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

lo-kheng-hong

Lo Kheng Hong & Kunci Sukses Investasi Saham Untung 1000%

Lo Kheng Hong adalah pria yang berasal dari kaum masyarakat biasa bukan privilege tapi bisa menjadi miliarder saham di Indonesia. Banyak yang menjuluki beliau adalah

daftar-saham-bluechip

Daftar Saham Blue Chip Untuk Mulai Berinvestasi di Tahun 2023!

Saham blue chip merupakan jenis saham yang sangat diincar oleh para investor karena dinilai memiliki risiko yang relatif lebih rendah dan peluang keuntungan yang lebih besar.

compounding-adalah

Compounding Adalah Efek Bunga Dalam Berinvestasi, Ini Ulasan & Contohnya!

Compounding adalah suatu konsep yang banyak dipakai dalam berbagai bidang seperti bisnis, investasi dan self development. Terkadang kita mengabaikan unsur compoun