belajar polis asuransi

Seperti yang kita ketahui, biaya untuk perawatan rumah sakit, atau kendaraan yang rusak membutuhkan dana yang besar, untuk itu Asuransi menjadi salah satu hal yang perlu Anda persiapkan untuk menjaga agar finansial tetap terjaga dan terkendali. Saat memulai asuransi, akan muncul istilah yang sering Anda dengar yakni polis asuransi. 

Apa yang dimaksud dengan polis asuransi? Ketahui pengertian, manfaat, dan jenis dalam artikel berikut ini. 

Pengertian Polis Asuransi

Polis asuransi merupakan perjanjian asuransi antara penanggung (pihak perusahaan asuransi) dengan tertanggung (nasabah asuransi). Polis asuransi ini membuat perjanjian pengalihan risiko, persyaratan, dan juga perjanjian komitmen dari kedua belah pihak. Polis asuransi tentunya menjadi hal yang  penting bagi nasabah asuransi untuk mengetahui isi yang tertuang dalam dokumen polis asuransi. 

Dokumen inilah yang akan dijadikan sebagai pedoman ketika nasabah ingin mendapatkan hak pertanggungan atau mengklaim ganti rugi dari asuransi. Polis juga bertujuan untuk memberikan perlindungan pada perusahaan asuransi apabila nasabah asuransi menuntut hak di luar kontrak perjanjian yang telah disepakati. Misalnya dalam dokumen polis asuransi akan diberikan keterangan berbagai macam penyakit kronis yang akan ditanggung. Saat nasabah menuntut klaim atas jenis penyakit yang tidak termasuk dalam perjanjian, maka pihak perusahaan asuransi tidak wajib memberikan pertanggungan atau ganti rugi sebagaimana yang telah tertulis dalam polis tersebut. 

belajar polis asuransi

Tujuan atau Fungsi Polis Asuransi 

Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa polis menjadi bukti kerjasama dari pemegang polis dan juga perusahaan asuransi. Berikut ini adalah tujuan atau fungsi polis asuransi secara lebih dalam, yakni:

  1. Mengetahui Hak dan Kewajiban Pengguna Asuransi

Pemegang polis memiliki kewajiban untuk membayar premi. Dari sini nasabah memiliki hak untuk mengajukan klaim sesuai dengan kesepakatan tertulis di dalamnya.

  1. Mengetahui Nilai Pengurangan Jika Ada

Pemegang polis bisa mengetahui beberapa poin penting, misalnya nilai pengurangan dalam asuransi kendaraan bermotor. Atau terdapat excess atau selisih nominal. Mekanisme tersebut tentunya sudah diatur dalam polis tanpa harus bertanya kepada agen atau mencari-cari informasi dari luar. 

  1. Memahami Skema Premi

Semua kerugian yang terjadi tentunya telah diatur didalam polis. Pemegang polis memiliki kesempatan untuk mempelajari dan menolak, atau bertanya jika tidak sesuai dengan skema premi yang dibayarkan. 

  1. Jaminan Bagi Kedua Belah Pihak

Fungsi polis juga mengatur jaminan bagi kedua belah pihak, baik untuk pemegang polis maupun pihak perusahaan agar tercapai keamanan dan kesepakatan bersama.

Jenis Polis Asuransi

Berikut ini adalah beberapa jenis polis dalam asuransi yang dapat Anda temui, misalnya: 

  1. Polis Asuransi Mobil

Dalam perjanjian ini, perusahaan asuransi mobil akan menanggung kerugian apabila terjadi misal kecelakaan, kerusakan mobil milik tertanggung. 

  1. Polis Asuransi Perjalanan (voyage policy)

Polis ini menentukan perjanjian pertanggungan risiko selama berada dalam perjalanan. Masa asuransi perjalanan tidak berdasarkan pada waktu tertentu, namun berdasarkan pada berapa lama nasabah tersebut melakukan perjalanan. Nantinya nasabah akan dilindungi sejak berangkat hingga pulang dari perjalanan tersebut.  

  1. Polis Asuransi Kesehatan

Kontrak ini berisikan jaminan perusahaan untuk menanggung budget perawatan medis tertanggung jika mengalami sakit. Biasanya ada dua tipe yang ditanggung, yakni rawat inap dan juga rawat jalan. 

belajar polis asuransi
  1. Polis Asuransi Jiwa

Pada polis asuransi jiwa, perusahaan akan mengatur nilai jiwa suatu nasabahnya dengan nominal pertanggungan. kemudian uang pertanggungan tersebut bisa diberikan kepada ahli waris apabila nasabahnya meninggal dunia. Dokumen ini yang nantinya akan menjadi syarat ahli waris untuk melakukan klaim.

  1. Polis Asuransi Rumah

Dokumen ini mengatur bagaimana asuransi menganggun risiko kerugian apabila rumah nasabah mengalami kerusakan.

  1. Polis Ditaksir (valued policy)

Merupakan perjanjian pertanggungan risiko dengan nominal yang sudah ditaksir sebelumnya. 

  1. Polis Tidak Ditaksir (Unvalued policy)

Nilai pertanggungan yang tertera di polis digunakan sebagai batas maksimal atau satuan tersendiri untuk menentukan nominal klaim yang akan diberikan.

  1. Polis Risiko Perang

Dokumen ini mengatur untuk menjamin risiko yang tertanggung yang berada di wilayah perang. 

  1. Polis Veem

Perjanjian dalam polis ini menanggung adanya risiko kerusakan atau kehilangan barang milik tertanggung yang disimpan dalam gudang. 

Apa Saja Isi Polis Asuransi 

Polis asuransi tentunya memuat point penting yang harus diketahui oleh nasabah sebagai pemegang polis tersebut. Isi polis asuransi berupa:

  • Hak Mempelajari Polis

Perusahaan asuransi biasanya akan memberikan waktu untuk Anda mempelajari polis tersebut. Manfaatkanlah waktu tersebut untuk memahami syarat dan ketentuan yang berlaku.

  • Data Pemegang Polis dan Tertanggung

Anda harus memastikan bahwa data yang tercantum sesuai dan benar sesuai dengan data diri Anda.

  • Ketentuan dan Manfaat Asuransi

Dalam polis akan menjabarkan manfaat- manfaat yang Anda dapat, misalnya masa pertanggungan, uang pertanggungan, cara mengajukan klaim, dan lain sebagainya.  

  • Tanda Tangan

Tanda tangan merupakan bukti bahwa Anda telah setuju dengan isi atau informasi yang tertuang dalam polis tersebut.

Bila Anda ingin mendapatkan tambahan modal usaha, Anda dapat menggunakan platform Danamas. Pinjaman beragunan properti dengan pengajuan mulai dari Rp 50 juta hingga Rp 2 miliar dengan tenor yang panjang, aman, mudah, dan cepat. 

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

lo-kheng-hong

Lo Kheng Hong & Kunci Sukses Investasi Saham Untung 1000%

Lo Kheng Hong adalah pria yang berasal dari kaum masyarakat biasa bukan privilege tapi bisa menjadi miliarder saham di Indonesia. Banyak yang menjuluki beliau adalah

daftar-saham-bluechip

Daftar Saham Blue Chip Untuk Mulai Berinvestasi di Tahun 2023!

Saham blue chip merupakan jenis saham yang sangat diincar oleh para investor karena dinilai memiliki risiko yang relatif lebih rendah dan peluang keuntungan yang lebih besar.

compounding-adalah

Compounding Adalah Efek Bunga Dalam Berinvestasi, Ini Ulasan & Contohnya!

Compounding adalah suatu konsep yang banyak dipakai dalam berbagai bidang seperti bisnis, investasi dan self development. Terkadang kita mengabaikan unsur compoun