Tips Investasi

Berinvestasi tidak hanya ditujukan bagi mereka yang memiliki gaji diatas UMR, pasalnya berapapun uang yang anda miliki bisa diinvestasikan tergantung Anda memilih jenis investasi jangka pendek atau jangka panjang, tentunya setiap investasi memiliki keuntungan dan resiko yang berbeda. 

Ternyata gaji UMR masih bisa menyisihkan uangnya untuk berinvestasi dan mendapatkan sejumlah keuntungan yang mungkin saja tidak pernah anda duga sebelumnya. Jika anda pekerja gaji UMR dan ingin mencoba berinvestasi simak ulasan berikut:

Persiapan sebelum melakukan Investasi Bagi Gaji UMR

Tips Investasi

Tentukan Tujuan Investasi

Sebelum Anda memilih investasi apa yang sebaiknya anda gunakan maka sebaiknya tujuan investasi sudah harus ditetapkan, seperti apakah berinvestasi untuk biaya kuliah, untuk DP rumah, untuk biaya menikah, dan lain-lain. Tentukan tujuan investasi, maka kini saatnya tetapkan jangka waktu investasi dan pilihan instrumen investasinya seperti emas, deposito, reksadana, fintech lending, dan lain-lain. 

Sisihkan 10% dari Gaji

Langkah selanjutnya adalah dengan menyisihkan 10% dari gaji tiap bulan untuk keperluan investasi, misalnya jika anda memiliki penghasilan Rp 3 juta sebulan maka sebaiknya sisihkan Rp 300.000 per bulan untuk investasi dan kelola pengeluaran lainnya untuk kebutuhan anda. 

Jika anda tidak bisa konsisten maka anda bisa menggunakan autodebet yang nantinya akan terpotong otomatis dari rekening gaji. Sebaiknya Anda konsisten dalam melakukan investasi sehingga hasilnya bisa terlihat dalam jangka beberapa tahun.

Jangan Lupa Kencangkan Ikat Pinggang

Jika Anda memiliki gaji dibawah UMR, maka bukan berarti Anda tidak bisa berinvestasi, karena anda harus mengencangkan ikat pinggang agar pengeluaran Anda lebih hemat. Anda juga harus mengesampingkan keinginan dan pengeluaran yang sifatnya masih bisa ditunda. Untuk itu mulailah untuk berhemat untuk mendapatkan tujuan investasi Anda.

Pelajari Dan Resikonya

Sebelum memulai investasi, sebaiknya anda pelajari dan kelola resikonya resiko tersebut bisa risiko rendah menengah atau tinggi. Maka dari itu anda bisa menghindari resiko dengan mendapatkan kerugian yang cukup besar

Mulai Investasi Sejak Dini

Jika anda ingin berinvestasi maka mulailah dari sekarang. Jangan pernah menunda kembali, terlebih lagi jika Anda masih berada di usia produktif dimana masih memiliki penghasilan yang cukup untuk meningkatkan modal investasi. Untuk itu sebaiknya hindari hidup boros dan berfoya-foya, lebih baik uangnya disisihkan untuk berinvestasi untuk mendapatkan keuntungan di masa depan.

Cari Penghasilan Tambahan

Jika anda memiliki gaji UMR maka tidak ada salahnya untuk memiliki pemasukan lewat berbagai kegiatan yang dapat menghasilkan uang. Beberapa orang menggunakan keahlian mereka untuk berbisnis seperti bisnis makanan bisnis kerajinan tangan dan membuka kelas online. Beberapa pilihan bisnis membutuhkan modal yang sedikit namun untuk mendapatkan keuntungan yang banyak Anda juga harus berani mengeluarkan modal yang cukup besar. 

Salah satu cara untuk mendapatkan modal usaha adalah dengan mengajukan pinjaman di Lancar by Danamas. Fintech lending terpercaya berizin OJK ini bisa memberikan pinjaman modal usaha hingga Rp 2 miliar. Ajukan pinjaman modal usaha beragunan properti Anda sekarang juga.

Disiplin Dalam Menyisihkan Uang

Disiplin ada kunci dimana Anda bisa menyisihkan uang dan mengelola keuangan pribadi untuk investasi. Anda harus disiplin dan konsisten dalam menyisihkan uang setiap bulan untuk berbagai alokasi kebutuhan termasuk untuk investasi.

Pilihan Investasi bagi Karyawan UMR

Tips Investasi

Investasi emas

Investasi emas bisa logam mulia atau emas perhiasan. Jika anda tidak langsung mampu untuk membeli emas batangan atau logam mulia, Anda bisa mencicilnya terlebih dahulu. Misalnya jika anda memiliki uang Rp500.000 setiap bulannya maka dana ini tidak bisa mendapatkan 1 gram emas, untuk itu, Anda bisa kumpulkan dulu hingga 1 gram atau 5 gram sebelum menukarnya ke dalam bentuk emas.

Selain itu kini ada juga tabungan emas di mana anda bisa menabung Lewat program tabungan emas dari Pegadaian mulai dari Rp6.000 saja, dimana anda bisa mencicil untuk berinvestasi emas mulai dari 0,01 gram emas logam mulia.

Reksadana pasar uang

Investasi reksadana pasar uang juga cukup populer pada kalangan kaum milenial dan anak muda. Hal ini dikarenakan Reksadana pasar uang memiliki resiko yang cukup rendah dan cara kerja yang mudah. Dengan pilihan reksadana pasar uang anda tidak perlu mengecek dana terlalu besar namun tetap bisa mendapatkan keuntungan.

Obligasi

Obligasi adalah surat utang yang diterbitkan pemerintah atau perusahaan, mirip seperti reksadana, obligasi juga memiliki resiko yang cukup rendah. Untuk itu pertimbangkan jenis investasi saat Anda memilih, apakah investasi reksadana atau deposito.

Investasi P2P Lending

Investasi juga cukup populer belakangan ini karena memiliki keuntungan yang lumayan besar. P2P lending artinya adalah interaksi antara dua orang yaitu borrower dan investor. Borrower akan mendapatkan modal atau dana lalu kemudian investor yang akan menanamkan modalnya. Salah satu P2P lending yang bisa Anda pilih adalah Danamas.

Alasan Pentingnya Berinvestasi

Tips Investasi

Meningkatkan Nilai Uang

Beberapa orang memilih cara konvensional yaitu menabung di bank padahal dengan berinvestasi ia bisa mendapatkan untung yang lebih besar. Maka dari itu, berinvestasi bisa dikatakan meningkatkan nilai uang sehingga tabungan Anda tidak akan tergerus oleh biaya administrasi yang bisa dipotong dari bank.

Mendapatkan Passive Income

Tujuan investasi lainnya adalah dengan mendapatkan pasif income atau penghasilan pasif yang bisa Anda rasakan di masa yang akan datang.

Mempersiapkan Masa Depan

Walaupun gaji Anda masih UMR, bukan berarti masa depan tidak dapat dipersiapkan dengan baik terutama dalam hal keuangan. Untuk itu di masa produktif seperti sekarang, mulailah untuk berinvestasi sejak muda sehingga masa depan akan terasa lebih mudah.

Memiliki Kebebasan Finansial

Untuk bisa mencapai kebebasan finansial tentu akan ada banyak proses yang perlu dilalui salah satunya adalah dengan berinvestasi. Maka Anda dapat mengembangkan uang atau dana anda di platform investasi yang tersedia. 

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

lo-kheng-hong

Lo Kheng Hong & Kunci Sukses Investasi Saham Untung 1000%

Lo Kheng Hong adalah pria yang berasal dari kaum masyarakat biasa bukan privilege tapi bisa menjadi miliarder saham di Indonesia. Banyak yang menjuluki beliau adalah

daftar-saham-bluechip

Daftar Saham Blue Chip Untuk Mulai Berinvestasi di Tahun 2023!

Saham blue chip merupakan jenis saham yang sangat diincar oleh para investor karena dinilai memiliki risiko yang relatif lebih rendah dan peluang keuntungan yang lebih besar.

compounding-adalah

Compounding Adalah Efek Bunga Dalam Berinvestasi, Ini Ulasan & Contohnya!

Compounding adalah suatu konsep yang banyak dipakai dalam berbagai bidang seperti bisnis, investasi dan self development. Terkadang kita mengabaikan unsur compoun