Tokocrypto kini kian populer seiring tren kripto di kalangan anak muda. Belakangan ini tren kripto cukup digandrungi banyak orang karena keuntungan yang bisa diraup dari aktivitas ini. Kripto yang digadang-gadang menjadi investasi bahkan mata uang masa depan ini sering disalah artikan hingga banyak muncul pertanyaan seperti apakah kripto halal atau haram? Mungkin, masih banyak beberapa orang yang merasa kurang paham tentang kripto, dari mulai apa itu kripto, dimana beli kripto hingga cara daftar dan melakukan aktivitas kripto. Semua pertanyaan tentang kripto tersebut bisa terjawab di artikel ini.

Kripto menjadi pilihan beberapa orang yang ingin mencoba peruntungan investasi di instrumen lain. Dengan berinvestasi kripto, mungkin Anda tidak dijamin 100% akan selalu untung. Anda mungkin membutuhkan keahlian untuk bisa ahli di bidang ini. Semakin sering Anda bermain kripto, maka Anda akan semakin pintar untuk bisa membaca atau menganalisis investasi ini. Maka, Anda pun bisa ahli dalam dunia kripto.

Salah satu toko yang menjual kripto adalah tokocrypto. Di tokocrypto, Anda bisa beraktivitas dalam hal kripto lebih mudah. Di artikel ini, Anda bisa mengetahui berbagai kelebihan TKO dari Tokocrypto yang bisa memberikan kemudahan Anda dalam bermain kripto. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang tokocrypto hingga seluk beluknya, simak uraiannya dibawah ini yuk!

Apa itu Kripto?

Cryptocurrency atau kripto adalah mata uang digital virtual yang dijamin dalam kriptografi yang memiliki keunggulan untuk tidak bisa digandakan atau dipalsukan. Seperti yang dilansir oleh Investopedia, cryptocurrency benar-benar virtual sehingga nilai pada uang digital ini terbilang cukup tinggi. Kripto dirancang seperti mata uang pada umumnya yaitu bisa disimpan di dompet. Sebutan dompet digital adalah sebutan untuk tempat menyimpan mata uang kripto di smartphone atau komputer Anda. 

Karakter Kripto

Mata uang kripto seperti di Tokocrypto memiliki karakter dan manfaatnya yang bisa pemiliknya rasakan. Setiap jenisnya memiliki karakter yang berbeda, pahami karakter kripto ini untuk Anda bisa mempelajari lebih dalam tentang cryptocurrency.

  • Digital

Kripto adalah mata uang digital yang tentu hanya berlaku di perangkat komputer. Cryptocurrency hanya berbentuk digital, tidak ada bentuk fisik seperti koin atau uang kertas yang sering kita gunakan sehari-hari. 

  • Peer to Peer

Kripto sifatnya juga peer to peer yakni digunakan untuk transaksi dari satu orang ke orang lain namun digunakan secara online. 

  • Global

Keunggulan dari mata uang kripto seperti yang dijual di Tokocrypto adalah sifatnya yang global. Kripto bisa digunakan di setiap negara tanpa batas bahkan tidak terpengaruh oleh kurs. 

  • Terenkripsi

Pengguna mata uang kripto bisa lebih aman dalam penggunaannya, karena pengguna bisa memiliki kode tersendiri yang pengguna lain tidak bisa lihat transaksinya. Nama asli pengguna tidak akan muncul sehingga transaksi seperti apa yang terjadi pun tidak akan diketahui oleh pengguna lain. Selain itu, pada cryptocurrency, tidak ada aturan tentang siapa yang menggunakan dan dipakai untuk apa. 

  • Terdesentralisasi

Transaksi pada mata uang digital ini tidak selalu melibatkan pihak yang mnjadi penengah seperti bank untuk mata uang di dunia nyata. Namun, kripto harus menjadi tanggung jawab masing-masing pemiliknya. 

  • Truthless

Dalam menggunakan mata uang kripto seperti pada Tokocrypto, maka Anda tidak perlu percaya pada siapapun dalam sistem ini. Mata uang digital ini bisa dipakai untuk transaksi apapun tanpa perlu melewati pihak ketiga. Mata uang kripto ini juga sering dijadikan instrumen investasi yang populer kini karena nilainya yang cukup tinggi belakangan ini. Semakin banyak orang yang percaya dengan mata uang digital ini, maka nilainya akan semakin tinggi. 

Jenis Kripto

Dalam dunia kripto, ada beberapa jenis kripto yang bisa Anda pilih seperti bitcoin, litecoin, bitcoin cash, dogecoin, dan altcoin. Berikut penjelasannya tentang berbagai jenis kripto yang ada di Tokocryto.

  • Bitcoin

Bitcoin adalah salah satu jenis cryptocurrency yang sangat populer dan paling awal dibicarakan oleh banyak orang. Bitcoin pertama kali muncul pada tahun 2009 oleh pria berkebangsaan Jepang yang Bernama Satoshi Nakamoto. Setelah itu, pada tahun 2019, ada lebih dari 18 juta bitcoin yang diperjualbelikan dengan total market value hingga US$146miliar. Melihat fenomena ini, banyak orang yang mulai melek dengan cryptocurrency dan bitcoin. 

  • Litecoin

Litecoin yang merupakan salah satu mata uang kripto ini hadir pada tahun 2011. Litecoin ialah mata uang digital yang bersifat Peer to Peer. Litecoin mampu menghasilkan blok baru atau blocchain dengan kecepatan yang tinggi. Maka dari itu, banyak pengguna yang melakukan transaksi lebih cepat dengan Litecoin dengan sistem komputer lebih kuat. 

  • BitcoinCash

BitcoinCash diperkenalkan pada tahun 2017 dan kini BitcoinCash adalah salah satu cryptocurrency lima besar terbaik. Nama BitcoinCash sangat mirip dengan Bitcoin, hal ini terjadi bukan karena ketidaksengajaan, namun beberapa pengguna Bitcoin tidak setuju dengan aturan pada mata uang digital bitcoin, maka mereka membuat BitcoinCash sebagai mata uang digital sendiri. Para pembuatnya merasa bahwa improvisasinya dalam menciptakan BitcoinCash lebih baik daripada Bitcoin. 

  • Dogecoin

Dogecoin adalah mata uang digital turunan dari Litecoin yang sudah ada sejak 2013. Dogecoin memiliki ciri khas pada maskotnya yaitu anjing shiba dari Jepang. Pada mata uang digital ini, para penggunanya cukup populer karena kegiatan positif mereka seperti berdonasi dan beramal. Umumnya, dogecoin digunakan untuk transaksi sederhana seperti donasi dan memberi tip karena nilainya yang dirasa lebih kecil daripada jenis mata uang digital lainnya. 

  • Altcoin

Nama altcoin merupakan penggabungan dari “alt” dan “coin”. Altcoin digadang-gadang sebagai mata uang digital yang memiliki fitur lebih unggul daripada bitcoin. Pada Maret 2021, jumlah altcoin yang beredar lebih dari 40% pasar mata uang kripto dunia. Hal ini tampak bahwa altcoin sudah menggeser perlahan bitcoin sebagai mata uang digital yang merajai pasar kripto. Seiring berkembangnya dunia kripto, Altcoin dibagi menjadi beberapa 4 jenis, antara lain mining-based, security token, stable-coin dan utility token. 

  • Mining-based: Proses penambangan untuk mendapatkan koin baru. Altcoin jenis ini mirip dengan bitcoin yang masuk kedalam jenis mining-based seperti Ethereum.
  • Security Token: Tipe altcoin ini menjanjikan investor dengan dividen. Maka, banyak sekali orang yang tertarik dengan jenis altcoin ini.
  • Stablecoin: Altcoin ini bertujuan untuk mengurangi volatilitas yang juga dialami oleh bitcoin. Hal ini dapat dieksekusi dengan cara mengikat nilai koin terhadap mata uang yang berlaku, seperti Euro, emas, dolas As. 
  • Utility Token: Utility Token dijual dengan status sebagai bagian dari ICO. Pada jenis ini, altcoin fokus pada klaim layanan tertentu, seperti filecoin yang dirancang untuk ditukar dengan layanan ruang penyimpanan arsip. 

Dimana Beli Kripto & Cara Beli di Tokocrypto?

Cryptocurrency di Indonesia sudah bisa Anda dapatkan di beberapa toko yang menyediakan penjualan mata uang digital ini. Salah satu yang paling populer adalah Tokocrypto. Tokocrypto ialah pedagang aset kripto di Indonesia yang sudah resmi terdaftar pada Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) dari Kementerian Perdagangan RI. 

Sebagai aplikasi yang menjual mata uang kripto di Indonesia, Tokocrypto adalah salah satu tempat dimana Anda bisa membeli kripto yang terpercaya sejak tahun 2017. Pada tahun itulah, Tokocrypto berhasil mendapat kucuran dana investasi dari Binance yaitu lembaga terbesar untuk cryptocurrency exchange di dunia. 

Koin TKO di Tokokrypto

Di Tokocrypto terdapat mata uang kripto sendiri yang dikenal dengan koin TKO. Koin ini bisa dipakai untuk berbagai transaksi digital, menyetor hingga menarik dana tabungan. Tak hanya itu, koin TKO ini juga bisa dipakai untuk beberapa transaksi seperti pada program DeFi yang aktivitasnya dijalankan secara online lintas platform pada marketplace NFT untuk banyak seniman. 

Kelebihan & Kekurangan TKO dari Tokocrypto

  • Kelebihan

Koin TKO dari Tokocrypto memiliki keunggulan yang tidak ada pada mata uang lainnya, yaitu token hybrid. Token ini bisa dipakai sebagai transaksi jual beli koin kripto, NFT dan transaksi di cryptocurrency lainnya. Koin TKO yang saat ini ada hanya sekitar 500 juta, sehingga mungkin hanya orang terbatas yang bisa memiliki koin ini. Keunggulan lain yang dimiliki oleh koin TKO adalah sistem blockchain yang punya sistem sentralisasi sehingga mata uang ini akan sulit dirusak, ubah bahkan dipalsukan. 

Di pasar dunia, koin TKO ini bisa diperjualbelikan selama 1 hari karena sudah tersedia di Pancake Swap dan Binance. Harga untuk 1 koin TKO sekitar $3-$4 atau setara dengan Rp 40.000 – Rp 60.000. Namun, nilai ini bisa berubah tergantung naik tingginya nilai kripto itu sendiri. 

  • Kekurangan

a. Tidak mendukung Top-Up dengan Credit Card: Untuk setoran terbatas hanya bisa dipakai virtual account bank dan GoPay.

b. Minimal deposit yang tinggi: Walaupun nominal terendah yang perlu dibayarkan pengguna sudah cukup terjangkau yaitu Rp 50.000, sepertinya hal ini bukan yang terendah dibanding platform kripto lainnya seperti Indodax yang memiliki minimal deposit Rp 10.000.

c. Nominal minimum untuk penarikan dana: Nominal penarikan dana ke rekening Tokocrypto cukup membebani dengan nilai Rp 500 ribu. Jika dibandingkan dengan toko lain yang memiliki minimal penarikan Rp 100 ribu, bisa dikatakan bahwa Tokocryto kurang ramah bagi pengguna yang ingin menarik dana dalam jumlah yang lebih kecil.

Cara Daftar di Tokokrypto

Jika Anda ingin membeli atau perjual belikan mata uang digital cryptocurrency di Tokocrypto, maka Anda harus mendaftar terlebih dahulu di aplikasi Tokocrypto. Cara daftar di Tokocrypto cukup mudah dan Anda bisa lakukan hanya lewat aplikasinya yang bisa di download di smartphone Anda.

  • Download Aplikasi Tokocrypto di handphone Anda
  • Klik menu “buat akun Tokocrypto” lalu, klik “Daftar”
  • Isi data yang diminta hingga kata sandi dan ID. 
  • Setelah itu, verifikasi akun lewat email yang sudah Anda daftarkan.
  • Selesai

Cara Login Aplikasi Tokocrypto

Untuk bisa masuk ke aplikasi Tokocrypto, maka Anda bisa ikuti beberapa langkah berikut ini. Setelah akun Anda terverifikasi, maka kini Anda sudah bisa masuk ke akun Tokocrypto, seperti berikut ini:

  • Buka aplikasi tokocrypto, klik “Masuk”.
  • Masukkan alamat email yang Anda daftarkan beserta passwordnya
  • Klik “masuk” lalu nantinya Anda akan diminta untuk menyelesaikan puzzle. 
  • Masukkan kode OTP yang dikirimkan ke email yang Anda daftarkan. Selain email, Anda juga bisa mendapatkan kode OTP via SMS ke no handphone Anda. 
  • Setelah itu, klik “Konfirmasi” dan kini Anda berhasil masuk ke akun Tokocrypto.

Apakah Ada Biaya Saat Bertransaksi di Tokocrypto? 

Anda akan tetap dikenakan biaya transaksi di Tokocrypto tergantung pada transaksi yang bisa dilakukan. Transaksi yang dikenakan biaya misalnya transaksi penarikan dan setor dana, maka Anda akan dikenakan biaya sebesar Rp 5000. Selain itu, jika ada pembelian atau penjualan aset, maka Anda akan dikenakan biaya sebesar 0,1% dari total aset. 

Cara Melakukan Deposit di Tokocryto

Jika Anda ingin melakukan deposit di Tokocryto, maka bisa menggunakan GoPay, Bank Permata atau Bank Mandiri dengan minimal jumlah sebesar Rp 50.000.

Cara Topup di Tokocrypto:

  • Masuk ke akun Tokocrypto, lalu klik “Dompet” selanjutnya klik “Setoran”.
  • Pilih jenis setoran “flat” jika Anda ingin menyetorkan dana dalam bentuk mata uang rupiah. Lalu, pilih Bank Mandiri atau Bank Permata.
  • Masukkan no virtual account yang tertera pada akun Anda.
  • Masukkan jumlah yang diinginkan untuk di setor.
  • Ikuti tahap selanjutnya untuk sampai selesai.

Setelah Anda melakukan deposit di Tokocrypto, maka selanjutnya dana yang masuk dalam bentuk BIDR. BIDR adalah koin yang memiliki nilai stabil yang bisa mengikuti pergerakan rupiah. Setelah dana masuk, maka Anda bisa gunakan untuk trading atau investasi aset kripto. 

Cara Dapat Uang dari Tokocrypto

Anda bisa mendapatkan uang dari Tokocryto dengan program referral dimana orang yang mengundang nantinya akan mendapatkan komisi. Program referral Tokocrypto adalah pembagian komisi antara pengundang dan yang diundang. Jadi, kedua belah pihak mendapatkan komisi atau keuntungan.

Tokocrypto juga menerapkan sistem untuk mereka bergabung dengan menggunakan ID referensi akan mendapatkan keuntungan yang lebih banyak daripada yang tidak menggunakan ID referensi. Hal ini membuat para pendaftar di Tokocrypto akan cenderung memilih untuk mencari ID referensi sebelum mendaftar karena keuntungan yang ditawarkan.

Keuntungan tersebut seperti:

  • Pengundang bisa memberikan presentase 5%, 10% atau 20% dari fee trading.
  • Dari Tokocrypto komisi dasar yang ditetapkan adalah 20% dan nantinya presentasi ini pengundang bisa menentukan tingkat kickback komisi yang diundang.
  • Sebagai contoh, Anda menerima 15% itu artinya teman akan menerima 5%. Jika yang diundang menerima 10% maka Anda menerima 10%.

Investasi dengan aset kripto adalah untuk Anda yang memiliki profil resiko yang tinggi. Banyak orang yang mencoba belajar untuk berinvestasi sebagai bagian dari usahanya mendapatkan passive income. Namun, tak dipungkiri bahwa berinvestasi lewat kripto memang butuh waktu hingga meraup banyak keuntungan, sama halnya seperti bisnis. Anda membutuhkan waktu yang cukup hingga bisa mewujudkan mimpi memiliki bisnis yang besar. Bisnis yang besar ini tentu didukung oleh banyak faktor internal maupun eksternal, salah satunya adalah modal.

Baca juga: Penyebab Naik  Turunnya Kripto & Langkah yang Perlu Dilakukan

Modal usaha adalah salah satu pendukung bisnis Anda bertumbuh dengan cepat dan pesat. Namun, untuk bisa mendapatkan modal usaha yang tepat, maka Anda harus memilih Fintech Lending yang mampu mendukung mimpi bisnis Anda. Salah satu Fintech terpercaya sebagai pendukung bisnis umkm Anda adalah Danamas. Danamas hadir untuk mendukung pelaku usaha kecil dan menengah agar terus maju dan bertumbuh untuk memajukan ekonomi. Pinjaman online terpercaya untuk modal usaha yang beragunan properti dari Danamas bisa bantu bisnis makin pesat. Kini, saatnya wujudkan mimpi Anda dengan pinjaman modal usaha berbunga rendah dengan tenor minimal 1 tahun dan maksimal 10 tahun hanya di Danamas.

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

lo-kheng-hong

Lo Kheng Hong & Kunci Sukses Investasi Saham Untung 1000%

Lo Kheng Hong adalah pria yang berasal dari kaum masyarakat biasa bukan privilege tapi bisa menjadi miliarder saham di Indonesia. Banyak yang menjuluki beliau adalah

daftar-saham-bluechip

Daftar Saham Blue Chip Untuk Mulai Berinvestasi di Tahun 2023!

Saham blue chip merupakan jenis saham yang sangat diincar oleh para investor karena dinilai memiliki risiko yang relatif lebih rendah dan peluang keuntungan yang lebih besar.

compounding-adalah

Compounding Adalah Efek Bunga Dalam Berinvestasi, Ini Ulasan & Contohnya!

Compounding adalah suatu konsep yang banyak dipakai dalam berbagai bidang seperti bisnis, investasi dan self development. Terkadang kita mengabaikan unsur compoun