cara -mengecek-Credit-Score

Pernah mengajukan pinjaman? Jika Anda pernah mengajukan pinjaman tentunya familiar dengan kata credit score atau penilaian kredit. Tujuannya agar pengajuan kamu layak dan disetujui berdasarkan kriteria yang sudah ditentukan oleh pemberi pinjaman. Umumnya penilaian kredit merupakan metode yang dipakai oleh perbankan untuk menentukan apakah peminjam layak atau tidak memperoleh pinjaman. 

Pada credit scoring berisi data peminjam dan riwayat pembayaran kredit di sebuah bank. Namun, seiring dengan perkembangan teknologi, sistemnya jadi lebih canggih dengan memanfaatkan sistem yang terintegrasi ke big data. Bagi perbankan, memakai sistem ini banyak sekali manfaatnya. Tapi ternyata bagi sebagian orang masih asing dengan istilah credit score

Bagi anda yang ingin mengajukan pinjaman dan ingin pengajuannya disetujui, maka yuk pahami lebih dulu mengenai credit score dan cara meningkatkannya. Karena tidak hanya bank saja yang melewati proses analisis kelayakan seperti ini, tapi nonbank juga melakukannya. Apa track record nasabah bagus dan mampu untuk mengembalikan pinjaman yang diajukan.

Apa Itu Credit Score?

Penilaian kredit atau credit score adalah suatu sistem yang diterapkan oleh suatu bank atau lembaga pembiayaan untuk menilai suatu kelayakan peminjam yang mengajukan pinjaman. Kriteria penilaian yang dilihat biasanya terdiri dari usia, pekerjaan, status perkawinan, masa kerja, jabatan, dan lain sebagainya. Informasi tersebut nantinya akan diverifikasi dengan sejumlah persyaratan dokumen yang wajib diisi dan dilaporkan oleh calon peminjam. 

Apabila pihak calon peminjam telah mengumpulkan semua berkas persyaratan, maka pihak pemberi pinjaman akan menganalisis riwayat transaksi calon peminjam, seperti waktu pembayaran, banyaknya kredit yang pernah dimiliki, apakah masih memiliki beban kredit lain, dan seberapa sering menunggak pembayaran. 

Fungsi Credit Scoring 

Fungsi dari credit scoring bagi pemberi pinjaman tentunya akan sangat membantu proses verifikasi dan besaran pinjaman yang akan disetujui. Sedangkan untuk para penerima pinjaman, credit score akan membantu dalam mendapatkan akses yang lebih luas kepada platform atau bank pemberi pinjaman dengan mengandalkan reputasi keuangan. Adapun fungsi credit scoring adalah:

a. Menilai kemampuan Membayar bagi Peminjam

Credit scoring akan membantu lembaga bank atau platform tersebut untuk memperoleh gambaran yang lebih spesifik dan membantu mengetahui kebiasaan calon peminjam seperti seberapa sering berbelanja dan melakukan pembayaran menggunakan kartu kredit. 

b. Membantu Mengevaluasi dan Menganalisa Permohonan Kredit 

Analisis permohonan kredit membutuhkan ketelitian, oleh karena itu dengan credit scoring maka akan membantu pihak bank atau platform untuk memutuskan memberikan kredit kepada nasabah. Semakin banyak informasi yang didapat maka semakin baik pula penilaian dalam analisis permohonan kreditnya. 

c. Menekan Biaya Operasional

Bila menggunakan sistem kredit scoring yang memanfaatkan teknologi atau big data maka pengerjaannya akan semakin mudah, cepat, dan akurat. Melalui cara tersebut bank atau lembaga keuangan dapat membangun sebuah big data terintegrasi sehingga akan menekan biaya operasional serta memberikan performance yang lebih baik kepada nasabah. 

Cara Mengecek Skor Kredit (Credit Score) di SLIK OJK

Sebelumnya, untuk mengecek SLIK OJK anda harus datang ke kantor OJK dengan membawa KTP asli dan mengisi formulir yang tersedia. Tapi karena pandemi Covid-19, sejak tanggal 18 Maret 2020 pengecekan SLIK bisa dilakukan online. Hal yang perlu diperhatikan adalah anda memerlukan komputer atau smartphone yang tersambung ke internet.

  1. Kunjungi laman antrian online di https://konsumen.ojk.go.id/MinisiteDPLK/Registrasi
  2. Kemudian pilih jenis informasi debitur dan tanggal antrian. Kolom Kantor OJK diisi Kantor Pusat OJK (Jakarta). Namun bila anda ada di luar Jakarta atau bukan warga Jakarta, tidak mengapa karena tidak akan ada layanan tatap muka (hanya formalitas). Di Kolom tanggal layanan, pilih tanggal informasi debitur SLIK, selanjutnya akan dikirimkan ke email. Lalu pilih tanggal dan jam yang kuotanya masih tersedia dan klik “Lanjut”
  3. Isi data dengan lengkap dan benar. Kolom alamat diisi dengan yang ada di KTP. Kolom alamat lain diisi dengan alamat yang pernah ditinggali selain alamat yang tertera di KTP.
  4. Upload foto atau scan dokumen asli, kemudian pilih salah satu tujuan permohonan. Upload dokumen, klik “Camera” bila ingin foto dokumen secara langsung. Selanjutnya centang kotak persetujuan disclaimer dan ketik teks captcha di kolom yang tersedia, lalu klik “Kirim”.

Bagi debitur perseorangan, foto atau scan dokumen asli yang diperlukan adalah KTP (untuk WNI) dan paspor (untuk WNA). Sedangkan debitur badan usaha, foto atau scan dokumen asli yang dibutuhkan yaitu KTP pengurus (atau paspor jika pengurus adalah seorang WNA), NPWP badan usaha serta akta pendirian/anggaran dasar pertama (atau akta pendirian/anggaran dasar terakhir jika ada perubahan akta).

  1. Bagi anda yang mengisi formulir dengan benar, maka akan memperoleh email dari OJK yang berisi bukti registrasi antrian SLIK online. Selanjutnya anda harus menunggu verifikasi data dari OJS. Proses ini adalah verifikasi tahap pertama. Jika lolos, anda akan memperoleh email dari OJK yang isinya informasi hasil verifikasi antrian SLIK online paling lambat h-2 dari tanggal antrian. Di email kedua tersebut, anda akan mendapatkan formulir dan nomor WhatsApp OJK-SLIK.
  2. Cetak formulir dari email tersebut dan bubuhkan tanda tangan sebanyak tiga kali. Kemudian difoto atau scan formulir yang sudah ditandatangani tadi dan kirimkan ke nomor WhatsApp OJK-SLIK yang ada di email. Anda juga bisa mengirimkan foto selfie dengan menunjukkan KTP (atau paspor jika WNA).
  3. Tunggu verifikasi lanjutan dari OJK. Jika merasa diperlukan, OJK bisa melakukan video call
  4. Bila lolos verifikasi tahap dua (verifikasi WhatsApp), OJK akan mengirimkan hasil informasi debitur (iDeb) SLIK dan cara membacanya melalui email. Mungkin anda harus menunggu beberapa menit atau jam (bergantung dari kuota dan antrian di hari itu) untuk menerima email.

Apa Itu Sistem SLIK OJK

Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) adalah sistem informasi yang berisi data keuangan perseorangan atau badan usaha terutama informasi debitur (iDeb). SLIK diterbitkan oleh OJK dan per tanggal 1 Januari 2018 telah menggantikan Sistem Informasi Debitur (SID) yang diterbitkan Bank Indonesia dan umumnya dikenal dengan BI Checking.

Jadi per tanggal 1 Januari 2018, pelapor SID yang ingin cek credit score bisa menggunakan SLIK. Umumnya, pengecekan skor ini dilakukan kreditur untuk menganalisa riwayat dan pola pembayaran debitur. Tahap pengecekan SLIK adalah langkah yang pasti dilakukan ketika orang mengajukan kredit di bank atau perusahaan pembiayaan/leasing. Jika suatu kreditur tidak mengecek SLIK debitur terlebih dahulu, kemungkinan besar kreditur tersebut ilegal dan tidak terdaftar di OJK.

Di dalam SLIK ada skor kredit yang bisa memperlihatkan riwayat pembayaran debitur. Bila riwayat pembayarannya baik, maka peluang kreditur memberikan pinjaman atau kredit akan semakin besar. Begitu juga sebaliknya, jika riwayat pembayaran buruk, menunggak atau bahkan sampai macet. Maka kemungkinan besar kreditur akan menolak pengajuannya.

Syarat Skor Kredit Baik

Skor kredit yang baik adalah skor kredit yang tinggi dan menunjukkan kalau anda masuk ke kategori risiko rendah dan risiko sangat rendah. Skor kredit tinggi atau risiko rendah ada di angka 677-712, sedangkan skor sangat tinggi atau risiko sangat rendah berada di angka 713-900. 

Skor di bawah itu, ada angka 641-676 masuk kategori risiko sedang. Debitur risiko sedang akan membuat pemberi pinjaman cenderung berhati-hati untuk memberikan pinjaman atau kredit. Walaupun peluang untuk memperbaiki skor kredit sangat mungkin dilakukan. Jika anda masuk ke kategori ini, segeralah perbaiki riwayat pembayaran atau melunasi tunggakan dan bayar pinjaman tepat waktu.

Di bawahnya masih ada kategori risiko tinggi dengan angka 574-640 dan kategori skor kredit paling buruk adalah risiko sangat tinggi di angka 250-573. Di kategori tersebut, sangat sulit bagi pemberi pinjaman bisa menerima pengajuan debitur dengan risiko tinggi dan sangat tinggi. Namun debitur dengan kategori tersebut bisa memperbaiki credit scorenya dengan melunasi tunggakan, apalagi jika ada yang menunggak lebih dari setahun. Kemudian konsistenlah melunasi tagihan tepat waktu dan jumlahnya sesuai.

Cara Meningkatkan Credit Scoring 

Jika anda masuk ke kategori skor kredit terburuk, maka anda harus melakukan tindakan agar skor kreditnya meningkat. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan credit scoring, yakni dengan:

1. Cek dan Perbaiki Kesalahan Data untuk Skor Kredit 

Langkah pertama yakni untuk mengecek dan memperhatikan informasi laporan kredit Anda. Cek semua data yang ada mulai dari penulisan data pribadi, nomor rekening, serta data penting lainnya. Pengecekan ini dilakukan agar terhindar dari masalah yang berlarut-larut dan meminimalisir penolakan pinjaman.

2. Hindari Pembuatan Kartu Kredit Baru 

Jangan terlalu termakan oleh promosi.manfaat dan penawaran menarik lainnya. Penggunaan kartu kredit juga lebih baik apabila memiliki batasan penggunaan. Jangan menggunakan kartu kredit lebih dari 30% limit kredit Anda. 

3. Buat Reminder Pembayaran Tagihan 

Untuk mendapatkan skor kredit yang baik adalah membayar tagihan tepat waktu. Jangan sampai Anda terlambat membayar tagihan dan mengakibatkan tunggakan pembayaran. Hal ini dapat membuat skor kredit Anda menurun. Apabila Anda mudah lupa, Anda bisa membuat reminder untuk pembayaran tagihan di Kalender, melalui smartphone Anda, atau melalui fitur pembayaran tagihan secara otomatis yang disediakan oleh Bank Anda. 

4. Membenahi Kondisi Keuangan

Untuk meningkatkan skor kredit Anda, maka Anda harus membenahi keuangan terlebih dahulu yakni dengan melunasi hutang yang ada sehingga keuangan Anda terlihat stabil dan baik. 

5. Membuat Perhitungan Keuangan yang Matang

Sebelum mengajukan pinjaman, ada baiknya Anda membuat perhitungan yang matang agar kondisi keuangan tetap aman dan stabil. Pastikan Anda mampu membayar tagihan tersebut sesuai dengan jangka waktu yang telah ditentukan. 

Pengaruh Credit Scoring Terhadap Pengajuan Pinjaman

Hasil analisa dari credit scoring itulah yang kemudian akan menentukan apakah Anda layak mendapatkan pinjaman atau tidak, berapa besaran pinjaman yang akan disetujui, besaran bunga, serta berapa lama jangka waktu pinjamannya. Anda dapat melihat pembagian kategori pada sistem credit scoring bank Indonesia pada BI Checking sebagai berikut ini

  • Skor 1 

Kredit lancar, peminjam melaksanakan kewajiban dengan sempurna, misalnya tepat waktu dalam membayar.

  • Skor 2

Kredit dalam perhatian khusus (DPK) peminjam tercatat mengalami tunggakan cicilan antara 1 hingga 90 hari.

  • Skor 3

Kredit tidak lancar, peminjam tercatat mengalami tunggakan cicilan antara 91 hingga 120 hari 

  • Skor 4

Kredit diragukan, peminjam tercatat mengalami tunggakan cicilan antara 121 hingga 180 hari.

  • Skor 5

Kredit macet, peminjam tercatat macet dan menunggak lebih dari 180 hari. 

Maka dari itu credit scoring menjadi hal yang penting saat Anda ingin mengajukan pinjaman. Adapun catatan kredit atau berbagai macam syarat perlu anda perhatikan sebelum meminjam misalnya syarat penghasilan. Hal ini menjadi pertimbangan besar karena akan berkaitan dengan membayar pinjaman tersebut. 

Tingkatkan Credit Score & Miliki Pinjaman Bisnis Anda!

Pinjaman beragunan properti dari Danamas dapat membantu Anda mengembangkan usaha. Dengan pengajuan dokumen sertifikat rumah atau properti lain, Anda dapat mengajukan pinjaman mulai dari Rp 50 juta hingga Rp 2 Miliar. Danamas juga telah mendapatkan izin operasional dari Otoritas Jasa Keuangan sehingga aman. 

Masa tenor yang diberikan oleh pinjaman online OJK bunga rendah 2021 bisa sampai 10 tahun. Dengan proses pelunasan yang panjang, anda jadi bisa fokus pada pengembangan usaha agar terus berekspansi. Coba simulasikan pinjaman dan nilai properti dengan kalkulator simulasi properti dan kalkulator pinjaman. Segera kembangkan bisnis Anda, dan ajukan pinjaman nya melalui Website atau download aplikasi Danamas pinjaman bisnis melalui Android atau Apple IOS. Untuk info lebih lengkap, klik DISINI!

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

cara-mendapatkan-uang-1-juta-dalam-sehari-tanpa-modal

Cara Mendapatkan Uang Dari Internet Tanpa Modal

Cara mendapatkan uang dari internet tanpa modal memang bisa dengan syarat fokuslah pada magin dan kualitas. Jika memulainya dengan kuantitas, ini akan terasa sulit sehingga An

pinjaman-online-bunga-rendah-terdaftar-di-ojk

100+ Daftar Pinjaman Online Bunga Rendah Terdaftar Di OJK

Pinjaman online bunga rendah bisa Anda gunakan saat berencana untuk bertahap melunasi beberapa keperluan mendesak. Pinjaman online bunga rendah bisa menjadi alternatif solusi

cara-bayar-spt-online-batas-31-maret-2023

Cara Lapor SPT Tahunan Online 2023 : Pribadi, PNS & Perusahaan

Cara lapor SPT Tahunan memang tidak bisa dianggap mudah, namun juga tidak yang begitu sulit. Secara semua pemasukan yang Anda miliki wajib dilapor, jadi pastikan untuk tidak k