crowdsourcing

Di era digital ini ada salah satu konsep pendanaan untuk bisnis yang mulai dikenal yaitu crowdsourcing. Sudah Pernahkah Anda mendengar istilah crowdsourcing?

Crowdsourcing sebenarnya sudah cukup lama populer di bidang perekonomian dan istilah tersebut semakin familiar di antara pebisnis UMKM yang ingin mendapatkan dana untuk pengembangan usaha mereka. Konsep baru pendanaan di era digital ini ternyata mendapat sambutan yang cukup hangat di Indonesia. Jika Anda tertarik untuk mencoba konsep pendanaan crowdsourcing maka simak ulasannya berikut ini.

Apa Itu Crowdsourcing?

crowdsourcing

Crowdsourcing adalah kanah istilah yang dipakai untuk menggambarkan sebuah proses dalam mendapatkan pendanaan dari sekelompok orang dalam jumlah banyak lewat fasilitas online. Konsep yang dipakai dalam crowdsourcing adalah dengan tersedianya berapa orang dalam satu kelompok besar yang ikut berpartisipasi untuk menghasilkan pendanaan.

Layanan pada crowdsourcing meliputi ide waktu keahlian hingga uang dengan bantuan layanan internet. Kegunaan dari layanan ini sangat banyak karena dengan banyaknya orang yang menggunakan layanan tersebut maka ide-ide yang ditawarkan juga akan lebih beragam bisa dari skala kecil hingga skala besar. Crowdsourcing sudah menjadi tren di kalangan pebisnis maupun organisasi sehingga memungkinkan mereka untuk mendapatkan akses atas ide-ide dan solusi baru ditambah lagi keterlibatan konsumen sehingga membuat segalanya terasa lebih mudah.

Jenis Crowdsourcing

  • Microtasking:  Jenis crowdsourcing dengan memecah tugas besar menjadi lebih kecil dan siap untuk dipakai oleh beberapa orang. Contoh kasus pada jenis crowdsourcing microtasking adalah saat mencari desain piala terbaik pada tahun 2014 dan meminta pelanggan untuk memilihkan desain terbaik tersebut.
  • Crowdfunding: Jenis crowdsourcing kondisi saat sekumpulan orang membantu mendanai sebuah proyek. salah satu contoh keragaman di Indonesia seperti Kitabisa.com, gandeng tangan dan lain-lain.
  • Crowdwisdom: Jenis crowdsourcing saat perusahaan meminta masukan atau pendapat dari beberapa orang lewat situsnya seperti quora atau Yahoo Answer.

Manfaat Crowdsourcing

  • Mampu Menciptakan Brand Ambassador

Dengan menggunakan konsep crowdsourcing bukan tidak mungkin anda bisa menciptakan brand Ambassador dimana proses pengumpulan saran positif dari objek yang menjadi bagian dari ke crowdsourcing sangat berguna untuk ekspansi bisnis adalah dan media promosi yang digunakan kedepan.

  •  Menghemat Waktu Dan Uang

Crowdsourcing bisa menghemat waktu dan uang karena umumnya mengumpulkan orang-orang profesional yang membutuhkan biaya yang lebih besar namun mengumpulkan orang secara digital dapat memperluas parameter input dan menekan biaya pada bisnis anda.

  • Pertahankan Keterlibatan Konsumen

Dengan crowdsourcing Anda bisa menyediakan media untuk menyampaikan saran untuk menciptakan layanan dan yang bagus untuk perusahaan anda.

  •  Mempromosikan Inovasi

Dengan Anda bisa mempromosikan Inovasi dan membuat beberapa orang untuk berpartisipasi secara ide dan inovasi untuk perusahaan anda

  •  Cakupan Pemasaran Dan Media

Crowdsourcing bisa menjadi sumber pemasaran dan peliputan media yang menghemat biaya.

  • Posisi Yang Tidak Ada Di Perusahaan

Jika ada perusahaan yang tidak memiliki staf di salah satu departemen umumnya metode crowdsourcing yang bisa menyediakan solusi tersebut. Jika sebuah perusahaan mendapatkan sebuah proyek dan tidak ada SDM yang memadai maka mereka akan mencari orang dengan kemampuan spesifik yang dibutuhkan lewat crowdsourcing. 

  • Memastikan Setiap Detail Yang Dikerjakan

Ketika mengerjakan sebuah proyek besar mungkin akan ada beberapa aspek kecil yang penting namun sulit untuk memperhatikan kualitasnya. Beberapa perusahaan mencoba menggunakan crowdsourcing untuk pekerjaan yang spesifik. Para pekerja lepas bisa menyelesaikan pekerjaan tersebut dan meringankan beban perusahaannya mempekerjakannya.

Perbedaan Crowdsourcing Dan Peer To Peer Lending

crowdsourcing

Crowdsourcing adalah hal yang berbeda dengan P2P Lending karena keduanya memiliki konsep yang jauh berbeda namun skema yang hampir mirip. Sifatnya adalah pinjaman di mana pinjaman tersebut akan didanai oleh pemberi pinjaman secara urunan. Salah satu p2p lending yang berizin dan diawasi oleh OJK adalah Danamas. Danamas yang merupakan bagian dari Sinar Mas Group ini memberikan kemudahan dana bagi Anda yang menginkannya dengan cepat. Kemudahan akses Danamas juga sudah bisa Anda rasakan dengan mengajukan pinjaman P2P lending di aplikasinya pada smartphone Anda. 

Pada P2P lending maka anda akan dihadapkan pada perjanjian tertulis tentang sejumlah dana yang dipinjam dari para investor dan kewajiban untuk mengembalikannya. P2P lending juga perlu memberikan informasi yang terkait bisnis tersebut sesuai dengan kesepakatan, sementara crowdsourcing tidak memerlukan perjanjian tertulis karena sifatnya yang sukarela.

Pada crowdsourcing membutuhkan kemampuan anda untuk mempresentasikan sebuah ide dengan baik lewat penyedia platform sehingga akan banyak orang yang tertarik sehingga memberikan dananya.

Contoh Platform Crowdsourcing

  • Desain Hill

Website crowdsourcing yang menyediakan ribuan jasa desainer grafis dari seluruh dunia. Yang mana yang bisa anda sesuaikan melalui budget yang anda miliki. Program pada desain ini antara lain, esign Contest, customer service,  ready made logo Store dan one to one Project.

  • 99design

Proyek pada website ini dibuat melalui kontes di mana anda perlu memberikan brief tentang desain yang anda inginkan. Lalu nantinya beberapa orang desainer akan menafsirkan berita tersebut ke dalam bentuk visual. Anda cukup memilih jasa designer yang anda sukai.

  • Flickr

Situs Flickr cukup populer bagi penggemar fotografi. Ia menawarkan jutaan foto berkualitas tinggi yang bisa didapat oleh pengguna. Siapapun bisa mengupload foto dan bergabung dengan komunitas fotografi di seluruh dunia.

  •  Trendwatching

Platform crowdsourcing ini berfungsi untuk menyediakan tren bagi para pebisnis dan perusahaan. Pelaku bisnis memungkinkan mereka untuk mengetahui trend terbaru yang bisa diikuti dan menghubungkannya dengan expert di bidang ini dari seluruh dunia.

  • CAD Crowd

Situs crowdsourcing  ini bergerak dibidang 3D modeling dimana anda akan bertemu dengan 3D Designer dan modular dari mancanegara untuk membuat desain produk 3D.

  • Idea Connection

Situs crowdsourcing ini menawarkan solusi untuk permasalahan  ada teknis pada perusahaan yang tidak memiliki departemen khusus dibidang tersebut. perusahaan bisa mendapatkan solusinya lewat situs ini khusus teknis dari berbagai bidang.

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

cara-mendapatkan-uang-1-juta-dalam-sehari-tanpa-modal

Cara Mendapatkan Uang Dari Internet Tanpa Modal

Cara mendapatkan uang dari internet tanpa modal memang bisa dengan syarat fokuslah pada magin dan kualitas. Jika memulainya dengan kuantitas, ini akan terasa sulit sehingga An

pinjaman-online-bunga-rendah-terdaftar-di-ojk

100+ Daftar Pinjaman Online Bunga Rendah Terdaftar Di OJK

Pinjaman online bunga rendah bisa Anda gunakan saat berencana untuk bertahap melunasi beberapa keperluan mendesak. Pinjaman online bunga rendah bisa menjadi alternatif solusi

cara-bayar-spt-online-batas-31-maret-2023

Cara Lapor SPT Tahunan Online 2023 : Pribadi, PNS & Perusahaan

Cara lapor SPT Tahunan memang tidak bisa dianggap mudah, namun juga tidak yang begitu sulit. Secara semua pemasukan yang Anda miliki wajib dilapor, jadi pastikan untuk tidak k