cara-meningkatkan-penjualan

Setiap pebisnis pasti ingin dagangannya laku dan penjualannya terus mengalami kenaikan. Tak terkecuali bagi pengusaha online. Seiring dengan perkembangan zaman, banyak sekali kemudahan yang didapat termasuk dalam hal berbelanja. Tapi seperti mata pisau, hal itu membuat persaingan dagang di dunia online semakin sengit. Lalu apa ada cara meningkatkan penjualan? 

Ada banyak cara meningkatkan penjualan yang tersaji di artikel ini. Salah satu langkah yang bisa dilakukan adalah meningkatkan pinjaman modal usaha. Dengan adanya suntikan dana, tentu bisa membantu pebisnis untuk semakin mengembangkan usahanya. Namun jangan sampai Anda terjebak pada kondisi dimana saat mendapatkan pinjaman modal yang besar tapi tidak paham untuk mengelolanya. 

Mendapatkan pinjaman modal yang besar harus dibarengi dengan kemampuan mengatur atau mengelola modal usaha tersebut, jika tidak, maka ini bisa jadi sia-sia saja. Untuk itu, lihat tips dan cara meningkatkan penjualan dengan pinjaman modal usaha berikut ini agar modal Anda bisa dipergunakan dengan bijak.

Daftar Isi

9 Tips Tingkatkan Penjualan lewat Modal Usaha

Setelah mendapatkan pinjaman uang untuk mengembangkan bisnis, ada tips-tips yang harus dilakukan agar angin segar tersebut bisa termanfaatkan dengan baik dan tidak tercecer untuk keperluan yang tidak penting. Pastikan uang tersebut memang dipakai untuk meningkatkan penjualan.

1. Modal Usaha Untuk Produktivitas

Penting sekali untuk mencatat berbagai kebutuhan atau keperluan yang ingin anda lakukan jika suatu saat anda memiliki atau mendapatkan pinjaman modal. Pinjaman modal memang sangat berguna untuk meningkatkan produktivitas bisnismu tapi anda harus tetap hati-hati hati-hati dalam menggunakannya.  Sebagai contoh, jika anda memiliki bisnis penjualan kaos maka pinjaman modal bisa dipakai untuk membeli alat jahit mesin sablon dan lain-lain. Produksi bisnis akan semakin meningkat saat pinjaman modal sudah cair sehingga keuntungan bisa lebih maksimal.

2. Buat Rekening Terpisah

Pisahkan rekening pribadi dengan rekening bisnis agar semua pencatatan pengeluaran dan pemasukan bisa lebih detail dan akurat. Selain itu Anda juga bisa mengelola arus kas dengan baik sehingga kedepannya  anda lebih fokus saat mengelola keuangan bisnis.

3. Sediakan Biaya Untuk Angsuran

Saat Anda mendapatkan pinjaman modal usaha hahaha dan sudah terpakai untuk pengembangan bisnis maka hal lain yang perlu Anda lakukan adalah menyediakan dana untuk membayar angsuran. Anda bisa menyisihkan setiap pemasukan untuk melunasi hutang. Jika anda tidak melakukan hal ini maka utang dan bunga akan dibebankan kepada keuangan pribadi anda yang membuat dana semakin membengkak. Untuk itu sebaiknya bayarlah angsuran setiap bulan secara tepat waktu sesuai dengan jumlah yang sudah ditentukan ditentukan.

4. Investasikan Keuntungan

Hal yang sering terlupakan untuk para pebisnis saat mendapatkan keuntungan adalah menginvestasikannya. Jika dirasa dananya sudah cukup untuk diinvestasikan maka ini bisa jadi peluang yang bagus untuk mengembangkan bisnis untuk lebih maju dan produktif serta mendapatkan keuntungan dari berinvestasi.

5. Lakukan Inovasi Bisnis

Anda bisa mengalokasikan pinjaman modal usaha untuk melakukan pengembangan produk seperti menciptakan produk baru dengan konsep yang lebih menarik menambahkan variasi dan fitur pada produk dan lain lain. Pengembangan produk ini bisa membuat konsumen memiliki banyak pilihan dan menghindari kejenuhan atas produk lama kita. Selain itu inovasi bisnis juga bisa memenangkan persaingan di pasaran hingga menjaring konsumen baru.

6. Dapatkan Produk Unggulan Melalui Riset

Pebisnis bisa melakukan riset untuk mengetahui produk apa saja yang diinginkan oleh konsumen yang merupakan target pasarnya. Anda bisa melakukan eksperimen atau uji coba pasar sebelum produk tersebut dirilis. Mungkin tanpa adanya pinjaman modal yang cukup maka proses ini tidak akan Anda bisa lakukan karena proses riset membutuhkan modal yang cukup.

7. Perluas Networking

Semakin luas jangkauan bisnis anda maka peluangnya pun akan semakin besar untuk mendapatkan penjualan yang lebih tinggi. Memperluas jangkauan bisnis hingga networking bisa menjajaki pangsa pasar di wilayah baru, misalnya Anda bisa membuka toko cabang untuk mendongkrak penjualan. Maka dari itu pinjaman modal usaha sangat membantu anda untuk mewujudkan berbagai kebutuhan biaya untuk memperluas jangkauan bisnis.

8. Buat Website

Saat pinjaman modal usaha diajukan sudah cair maka selanjutnya adalah investasikan sebagian dana pada pembuatan website bisnis yang menarik. Hal ini penting untuk memiliki website bisnis di era digital seperti sekarang karena pelanggan akan lebih mudah untuk berbelanja via online. Selain itu memiliki website artinya Anda pun membuka bisnis selama 24 jam sehingga konsumen bisa mengakses toko online Anda kapanpun dan dimanapun, selanjutnya mereka bisa langsung transaksi saat membuka toko online anda.

9. Membeli Fasilitas Yang Menunjang Produksi 

Anda bisa meningkatkan produksi melalui pinjaman modal usaha yang nantinya bisa mempengaruhi kualitas produk. Jika anda ingin meningkatkan penjualan maka kualitas produk harus benar-benar menjadi prioritas utama anda. Dengan memberikan kualitas yang terbaik maka nantinya konsumen pun tidak akan ragu untuk menggunakan produk Anda dan kembali untuk membelinya.

6 Cara Meningkatkan Penjualan Online 

Persaingan sengit di dunia bisnis sering sekali terjadi, tak terkecuali dalam bisnis online. Agar anda bisa berkompetisi secara sehat dengan kompetitor, berikut ada 6 cara meningkatkan penjualan. Cobalah semua tipsnya agar bisnis anda lancar dan memiliki banyak pelanggan.

1. Pilih Nama Domain Yang Tepat

Di dunia maya sekalipun, identitas sangatlah penting. Dengan domain yang pas, anda bisa membangun identitas bisnis terpercaya. Tak hanya itu saja, dengan domain konsumen juga jadi mudah mengenali bisnis anda. Domain tidak selalu .com, tapi bisa .STORE, .ONLINE, .WEBSITE dan .SITE.

2. Platform Tepat Untuk Website

Jika di dunia nyata, anda punya toko fisik. Nah website ini adalah toko di dunia maya. Jadi pondasi utama jualan online adalah memiliki website dengan konsep yang profesional dan informatif. Dalam pemilihan platform pun tidak bisa sembarangan, karena akan merugikan anda dan pelanggan. Pastikan hostingnya juga. Hosting adalah tempat untuk menyimpan file, HTML, gambar dan konten. Hosting yang jelek atau abal-abal akan membuat website lambat atau tidak bisa diakses.

3. Susun Strategi Content Marketing

Strategi membuat konten yang bermanfaat dan relevan, gunanya adalah menarik dan membangun audiens. Dengan menerapkan content marketing, memungkinkan anda memperoleh trafik yang berpotensi menjadi konsumen. Salah satu caranya adalah dengan menambahkan blog ke website. Dalam blog, buatlah konten yang berguna dan lakukan secara konsisten untuk mendatangkan trafik. Selain itu, anda juga bisa berikan penawaran menarik di blog agar pengunjung blog membeli produk yang dijual di website.

4. Buat Keputusan Berdasarkan Google Analytics

Saat membuat keputusan penting yang berkaitan dengan bisnis, pakailah data dan fakta yang jelas serta akurat. Google Analytics akan membantu untuk menyediakan data akurat tentang perkembangan yang terjadi di website anda. Mulai dari pengunjung harian, penghasilan, penjualan, produk yang paling laris, jumlah pengunjung di website dan halaman mana yang kinerjanya paling bagus.

5. Sediakan Beragam Metode Pembayaran

Terkadang ada pembeli yang tidak jadi beli karena metode pembayaran yang ia punya tidak tersedia di toko incaran. Jadi pastikan toko anda memiliki beragam metode pembayaran. Misalnya menggunakan bermacam-macam bank (BCA, BNI, Mandiri, BRI, Bank Danamon dll), kartu kredit dan mobile payment seperti Go-Pay, DANA, OVO, dan T-Cash.

6. Tampilkan Testimoni Pelanggan

Testimoni pelanggan adalah senjata untuk menggaet pembeli. Karena dari sanalah anda bisa meyakinkan konsumen. Orang yang sebelumnya ragu, setelah membaca testimoni akan terpengaruh untuk membeli. Tampilkan testimoni di halaman produk, landing page atau halaman utama website. 

5 Cara Meningkatkan Penjualan Di Shopee 

Shopee adalah salah satu e-commerce yang laris manis. Hampir tiap orang pernah menggunakan aplikasi ini untuk berbelanja. Tentunya pedagang yang menjajakan produknya juga sangat banyak. Untuk menyiasati hal itu, di bawah ini ada 5 cara meningkatkan penjualan di Shopee.

1. Tingkatkan Kualitas Daftar Produk

Daftar produk yang berkualitas maka akan meningkatkan penjualan. Anda bisa mengupload foto yang diambil secara profesional dan dari berbagai sisi, memberikan deskripsi/informasi lengkap dan akurat. Adanya peningkatan kualitas daftar produk akan meningkatkan ekspektasi konsumen terhadap produk yang dijual, membantu konsumen mempertimbangkan pembelian dan mengurangi pertanyaan.

2. Harga Kompetitif

Tetapkan harga yang kompetitif dan memberikan promosi unik, maka pembeli akan tertarik. Untuk menarik lebih banyak konsumen, anda bisa mengikuti langkah berikut:

3. Riset Pencarian Kata Kunci

Lakukan evaluasi kinerja produk anda terhadap produk serupa. Caranya dengan mencari kata kunci di Shopee, e-commerce lain dan mesin pencari untuk membandingkan performa produk dengan kompetitor. Setelah itu, sesuaikanlah harga produk yang anda jual.

4. Pakai Fitur “Promosi Saya”

Banyak “Fitur Promosi” yang penting dan menjanjikan, seperti “Promo Toko”, “Paket Diskon” dan “Voucher”. Hal tersebut bisa meningkatkan daya saing harga produk dan menjadikannya lebih menarik bagi pembeli.

5. Gunakan Fitur “Promo Toko”

Setelah melakukan langkah-langkah sebelumnya, cobalah mengadakan “Promo Toko”. Aturlah “Harga Diskon” di produk agar toko mampu bersaing.

6. Gunakan Fitur “Paket Diskon”

Dengan “Paket Diskon” anda akan menarik minat pembeli untuk berbelanja dalam satu pesanan. Saat membuat paket diskon baru, penjual bisa memilih persentase diskon (untuk produk yang harganya murah), nominal diskon (untuk produk yang harganya mahal) dan harga paket diskon (untuk produk yang bisa dipakai bersamaan).

7. Gunakan “Voucher Toko Saya”

Dengan menggunakan voucher toko saya, anda bisa meningkatkan daya tarik produk dan meningkatkan kunjungan ke toko. Ketika membuat vouchernya, anda dapat memilih “Voucher Toko” atau “Voucher Produk” di bagian “Rincian Dasar”, “Diskon” atau “Cashback Koin” di “Pengaturan Bonus” dan “Tipe Diskon”

5 Cara Meningkatkan Penjualan Di Tokopedia

Selain Shopee, ada juga Tokopedia yang naik daun karena dipakai banyak orang ketika ingin berbelanja online. Agar anda tidak kalah dengan toko sebelah, pastikan ikuti cara meningkatkan penjualan di Tokopedia yang dibahas berikut ini:

1. Beri Pelayanan Bintang 5 & Rating Bintang 5

Demi bisa bersaing dengan toko lain di Tokopedia, tingkatkanlah pelayanan bagi para pembeli. Caranya adalah cepat tanggap dan ramah ketika menjawab pertanyaan yang masuk. Selain itu, segera proses dan kirimkan pesanan, agar pembeli tidak menunggu lama. Pengemasan juga harus diperhatikan, harus rapi dan pakai bubble wrap untuk menjaga selama perjalanan. Penilaian pembeli akan berpengaruh pada reputasi toko.

2. Tambah Stok & Varian Produk

Sedikitnya stok dan varian membuat anda harus menolak pesanan dan ini bisa membuat pembeli kabur ke toko sebelah. Segeralah tambah stok dan varian produk agar bisa memenuhi kebutuhan konsumen, dan hal ini akan menarik banyak pembeli dan tingkatkan statistik transaksi toko.

3. Manfaatkan Fitur TopAds

Manfaatkan iklan agar menjangkau pasar yang lebih luas. Di Tokopedia, ada fitur TopAds untuk mengiklankan produk yang ada di Tokopedia. Keunggulan fitur ini adalah biayanya murah dan mudah diatur. 

4. Penjualan Meningkat, Kredibilitas Toko Meningkat

Setelah melakukan upaya-upaya di atas, maka penjualan dan kredibilitas toko berpotensi mengalami peningkatan. Jika sudah begini, maka kesempatan untuk memperoleh permodalan juga akan semakin besar.

5. Tambah Modal

Agar bisnis bisa berkembang pesat, anda memerlukan tambahan modal. Modal yang terbatas bisa diatasi dengan mengajukan pinjaman melalui bank atau fintech lending. Umumnya jumlah pinjaman yang ideal adalah 1-2 kali nilai penjualan toko per bulan. 

5 Cara Meningkatkan Penjualan Di Lazada

Lazada juga memiliki pelanggan tetapnya sendiri. Sebagai penjual, anda harus lihai dan pandai melihat peluang, seperti memanfaatkan fitur yang tersedia di Lazada. Walaupun produk yang anda jual memiliki banyak pesaing, tapi dengan memanfaatkan fitur-fitur berikut, maka penjualan bisa ditingkatkan secara bertahap.

1. Pakai Customer Engagement Management (CEM) Untuk Optimasi Akun

Fitur terbaru ini bisa mempermudah anda berkomunikasi atau interaksi dengan pembeli. Anda bisa membantu konsumen dan membuatnya nyaman setelah melakukan pembelian. Contohnya memperkenalkan produk dan fungsinya, membantu follow up proses pengiriman dan lainnya.

2. Lakukan LazLive

Lazlive adalah fitur yang dipakai untuk siaran langsung (live shopping). Cara ini akan memberikan pengalaman menarik bagi konsumen. Jadi pembeli dapat bertanya secara langsung tentang ketersediaan dan spesifikasi produk. Agar live shopping lancar, sajikanlah video berkualitas tinggi dan sajikan promo khusus agar menarik minat pembeli.

3. Optimasi Akun Seller Dengan VKAM

Fitur Virtual Account Management (VKAM) khusus dibuat Lazada untuk membantu tingkatkan performa toko. Ada tiga layanan eksklusif di VKAM yaitu free shipping, flexi combo dan collectible voucher. Tiga hal tersebut berguna untuk menjaga dan tingkatkan kualitas toko seperti minimalisir cancellation rate, tingkatkan ship on time dan seller rating.

4.Lakukan Promosi Cross Selling

Promosi cross selling maksudnya adalah memasarkan produk secara silang, dari media yang satu ke media lain sekaligus. Caranya dengan mempromosikan juga di media lain, seperti Instagram, Facebook, TikTok, Website dan platform lain. Sehingga jangkauan pasar lebih luas dan tidak bergantung di pencarian dalam aplikasi Lazada saja.

5. Pakai Campaign Banner

Dengan menggunakan campaign banner, maka toko online anda akan dicantumkan di banner yang ada di home Lazada. Caranya mudah, anda hanya perlu masuk ke menu “Product” dan pilih “Product Decoration”. Jika sudah, klik “12.12 Campaign Banner” dan lanjut ke menu “Tambah Baru”. Kemudian upload foto produk dengan pilih “Unggah Baru” dan simpan proses klik “Simpan” lalu “Tampilkan ke Semua Produk”.

5 Cara Meningkatkan Penjualan Di Marketplace Facebook

Facebook tak hanya dipakai untuk bertukar info dengan teman lama, tapi bisa dipakai untuk berjualan dan menambah pundi-pundi penghasilan anda. Berikut ada 5 cara yang bisa diterapkan untuk meningkatkan penjualan di marketplace Facebook.

1. Berikan CTA di Postingan

Call to Action (CTA) sebaiknya digunakan di tiap postingan. CTA adalah strategi pemasaran dengan menampilkan pop up yang akan mengantarkan pembeli di laman berbeda untuk memudahkan proses transaksi sebelumnya. Contoh CTA adalah:

  • Hubungi Kami: membantu konsumen ke pilihan kontak toko
  • Kirim Pesan: arahkan pembeli ke fitur messenger
  • Telepon Sekarang: antarkan konsumen ke Whatsapp atau nomor kontak penjual
  • Pelajari Selanjutnya: mandu konsumen melihat halaman produk lebih rinci

2. Foto Produk Spesifik & Menarik 

Foto produk sangat krusial. Jadi buatlah sespesifik dan semenarik mungkin. Gunakan foto yang jelas, pencahayaan bagus dan difoto dari berbagai sisi. Masukkan juga deskripsi produk agar pembeli tertarik dan mempertimbangkan pembelian.

3. Pakai Facebook Ads

Facebook Ads dapat menjadi salah satu solusi meningkatkan penjualan. Namun anda perlu modal, karena ada tarif yang dipatok sesuai dengan jumlah audiens yang dijadikan target. Facebook Ads biasa dikenal juga dengan cost per click (CPC) jadi biaya pembayaran akan turun jika jumlah kliknya bertambah banyak.

4. Respon Inbox Messenger Dengan Cepat

Interaksi antar penjual dan pembeli sangatlah penting. Karena jika anda lambat membalas pesan atau pertanyaan dari konsumen, maka bukan tidak mungkin pembeli akan malas dan memilih beli di tempat lain. 

5. Posting Minimal 10x Sehari

Rajinlah posting produk yang dijual. Jika anda rajin posting produk tiap hari, maka Facebook akan menyadari toko anda dan lebih mudah rekomendasikan produk ke konsumen. Tapi pastikan anda memberi jeda antar postingan, agar tidak terdeteksi sebagai spam.

5 Cara Meningkatkan Penjualan Di Grabfood

Banyak orang yang tidak bisa lepas dari aplikasi Grabfood. Peminatnya sangat banyak. Aplikasi ini sangat memudahkan ketika ingin membeli makanan atau minuman tanpa perlu capek-capek ke tokonya langsung. Nah sebagai pebisnis, lakukan 5 cara ini agar pelanggan merasa puas dengan pelayanan yang diberikan toko.

1. Jaga Kualitas Makanan & Minuman

Jika ingin laris dan penjualan meningkat, hal yang sangat penting adalah kualitas makanan dan minuman tetap terjaga sampai ke tangan konsumen. Rasanya enak, bersih dan pengemasan terjaga. Semua promosi yang sudah jor-joran tidak akan ada artinya jika rasa makanan dan minuman tidak enak. Jadi pastikan makanan dan minumannya berkualitas.

2. Promo!

Semua orang suka promo. Anda bisa memakai skema promo sendiri dan dibantu oleh pihak Grab. Contohnya adalah Beli 2 Gratis 1, paket hemat, promo akhir pekan, bundling keluarga dan lainnya. Dengan strategi seperti ini, akan banyak konsumen yang tertarik untuk membeli.

3. Tampilkan Visual Menarik

Tampilan visual yang menggiurkan dan menarik akan membuat pembeli memilih restoran anda. Tampilkan foto asli, bukan mencomot dari internet. Anda bisa sewa jasa fotografer agar fotonya terlihat profesional.

4. Pilih Kategori Jenis Makanan & Minuman Yang Tepat

Pastikan anda memilih kategori jenis makanan dan minuman yang tepat, agar konsumen mudah untuk menemukan produk yang dipasarkan di restoran anda. Karena di Grabfood, pengguna bisa memilih jenis makanan atau minuman masuk ke kategori apa. Apa makanan Asia, Korean, Japanese atau fokus ke penjualan produk seperti Beverages, Coffee, Desserts.

5. Minta Rating & Review Baik

Salah satu cara agar toko muncul di pencarian awal adalah dengan memiliki rating restoran tinggi. Walaupun tidak mudah, anda bisa membangun kepuasan dan kepercayaan pelanggan. Oleh karena itu, anda dapat meminta pelanggan yang datang langsung untuk merating dan mereview restoran dengan baik bila nanti mereka membeli produk via Grabfood. Atau anda bisa menyelipkan brosur ke dalam bungkus makanan yang isinya pengingat untuk memberi rating baik ke restoran anda.

6 Cara Meningkatkan Penjualan Di Instagram

Instagram dipakai oleh berbagai kalangan, mulai dari remaja hingga orang tua. Hal ini bisa menjadi dulang bagi anda untuk mencari uang. Daripada anda hanya membuang waktu untuk berselancar di Instagram, lebih baik akunnya dipakai untuk berbisnis. Di bawah ini ada 6 cara untuk tingkatkan penjualan. Yuk simak!

1. Konsisten Posting Konten Berkualitas

Konsistenlah untuk posting konten yang berkualitas dan tidak pasaran. Karena konten yang pasaran, akan diabaikan dan cepat bosan. Walaupun cara ini tidak cepat mendatangkan followers dan pembeli, tapi image toko anda bisa terbangun baik, sehingga tingkatkan kepercayaan konsumen. Ada tips membuat konten instagram:

  • Storytelling di caption bawah postingan
  • Ikuti trend yang sedang viral
  • Buat konten berupa infografis, foto, dan video bermanfaat di feed Instagram
  • Buat konten spesial di hari penting, seperti hari raya, kemerdekaan, tahun baru dan lainnya
  • Buat film pendek yang isinya soft-selling atau testimoni pembeli

2. Gunakan Hashtag

Pakailah hashtag atau tanda pagar di tiap postingan. Cantumkan hashtag yang relevan. Dengan hashtag, maka postingan akan mudah dijangkau target market. Tapi ada hal yang harus diperhatikan ketika memakai hashtag:

  • Pakai hashtag di caption yang relevan dengan merek atau postingan. Usahakan tidak lebih dari 10 agar akun tidak terkesan murahan. Tuliskan 10 hashtag lainnya di kolom komentar postingan. Sisa 10 hashtag tersebut tuliskan hashtag yang sedang trend/populer.

3. Manfaatkan Fitur

Banyak fitur yang tersedia di Instagram. Manfaatkanlah sebaik mungkin demi mendukung aktivitas bisnis seperti Instagram Shop. Instagram Shopping ini berguna membantu pengguna berkunjung ke toko, menelusuri produk, jelajah koleksi dan membeli produk. 

Fitur lain yang menarik adalah Instastory (interaksi langsung dengan followers melalui mini quiz, polling dan mini content), Highlight (informasi detail ke pelanggan seperti daftar harga, testimoni dan promo), Direct purchase (pelanggan bisa beli melalui feeds yang terhubung ke platform lain seperti facebook atau website).

4. Bom “Like” & Rajin Komentar

Coba berkunjung ke kolom “Explore” (logo kaca pembesar), kemudian tujukan ke kolom Top. Rajin-rajin berikan like di postingan yang masuk dalam kategori Most Recent. Anda cukup like saja, tanpa harus follow. Apa berguna? Bisa berguna karena postingan yang baru terupdate dan akun anda yang memberikan like di awal, maka ada kemungkinan akun tersebut mencari tahu tentang akun anda. Bahkan dengan cara inipun sudah membuka peluang untuk memperkenalkan akun dan produk, sehingga followers juga bisa bertambah.

5. Pakai Instagram Ads

Keunggulan Instagram adalah fitur iklannya terafiliasi dengan Facebook. Jadi sekali iklan di Facebook, maka iklan akan muncul juga di Instagram. Hal ini sangat menguntungkan, karena target pasar di dua media sosial bisa tergaet sekaligus. 

6. Gaet Influencer

Berkolaborasilah dengan influencer. Cara ini sangat efektif untuk tingkatkan penjualan. Selain itu juga membangun brand awareness. Karena influencer itu pasti sudah memiliki peminatnya sendiri. Anda bisa tawarkan harga spesial untuk followers influencer tersebut dengan memberikan kode diskon. 

Pentingnya Meningkatkan Penjualan Lewat Modal Usaha 

Modal dalam jumlah besar memang sangat dibutuhkan untuk mengembangkan bisnis dengan cepat. Dengan fokus untuk meningkatkan penjualan lewat modal usaha maka akan ada beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan seperti berikut ini:

  • Peningkatan penjualan akan membuat omzet lebih tinggi
  • Keuntungan yang didapat bisa berkali-kali lipat lewat pinjaman modal usaha
  • Perusahaan atau usaha UKM semakin berkembang pesat
  • Mendorong perekonomian bangsa
  • Bisnis akan lebih cepat berkembang sehingga membutuhkan SDM lebih besar sehingga mampu memberikan lapangan pekerjaan yang luas
  • Berpeluang untuk menguasai pasar
  • Meningkatkan persaingan dengan kompetitor bisnis
  • Menambah modal dan meningkatkan keuangan usaha

Kesalahan Dalam Mengelola Pinjaman Modal Usaha

Tak sedikit orang yang “kaget” ketika memegang uang dalam jumlah yang banyak. Tujuan meminjam uang untuk pengembangan bisnis tapi malah dipakai untuk hal lain seperti memenuhi keinginan hidup yang tak ada habisnya. Tentu ini akan sangat merugikan, bahkan bisnis bisa bangkrut. Agar hal itu tidak terjadi, pastikan anda menghindari kesalahan-kesalahan berikut:

a. Mengajukan Pinjaman di Sumber Ilegal

Saat situasi menghimpit terlebih lagi jika bisnis Anda adalah hal utama untuk mendapatkan keuntungan atau memenuhi segala kebutuhan maka terkadang kita mengajukan pinjaman ke sumber yang tidak resmi atau ilegal. Hal ini pun akan berdampak pada kondisi keuangan bisnis anda maka dari itu penting sekali untuk memilih pinjaman di fintech legal yang berizin OJK dan diawasi oleh OJK sehingga semua segala sesuatu yang anda lakukan untuk bisnis bisa dijalankan dengan lancar.

b. Tidak Ada Kesiapan Mengelola Modal

Modal usaha yang besar tidak boleh digunakan sembarangan terlebih lagi jika ini dilakukan untuk meningkatkan penjualan bisnis anda. Sebaiknya buat rancangan apa saja yang harus anda lakukan saat memiliki modal yang pastikan hal tersebut sesuai dengan tujuan dari bisnis anda. Selain mengelola keuangan untuk bisnis jangan lupa untuk kembali kan pinjaman modal sebut sesuai tepat waktu sehingga ga arus keuangan anda pun akan lebih ih baik.

Baca juga: Bantuan UMKM yang Kekurangan Modal, Ini Solusinya

c. Pinjaman Diajukan Tanpa Skala Prioritas

Kesalahan lain yang umum dilakukan pada bisnis adalah tidak ada skala prioritas pengeluaran saat mengajukan pinjaman. Seperti contoh saat Anda masih belum tahu bahwa modal pinjaman tersebut apakah harus digunakan untuk membeli alat produksi atau  sewa tempat terlebih dahulu. Hal ini penting untuk di perancang sebelum mendapatkan modal usaha sebagai cara menentukan skala prioritas dalam penggunaan pinjaman modal. Maka saat modal Anda cair, Anda bisa menggunakan keperluan secara tepat efektif dan efisien.

d. Menghabiskan Modal Dalam Satu Waktu

Hal ini juga menjadi kesalahan yang justru bisa menurunkan penjualan anda. Maka dari itu sebaiknya hati-hati dalam merencanakan bisnis dan mengalokasikan pinjaman modal sehingga nantinya pengeluaran pun bisa lebih terkontrol. Dengan memahami modal usaha untuk penjualan, maka kini Anda pun lebih percaya diri untuk bisa mendapatkan modal usaha dan tahu bagaimana cara optimalkan modal tersebut. 

Salah satu fintech lending yang bisa Anda jadikan solusi pendanaan bisnis adalah Danamas. Pinjaman beragunan properti ini bisa Anda dapatkan dengan pengajuan yang cepat dan praktis langsung dari aplikasinya. Danamas adalah pinjaman online terpercaya yang sudah terdaftar dan berizin OJK. Jadi semua prosesnya aman. Danamas bisa memberikan pinjaman dana sampai Rp 2 miliar dengan masa tenor sampai 10 tahun. Jadi anda bisa fokus ke pengembangan bisnis sambil mencicilnya. Bunga yang diberikan juga rendah, mulai dari 15,25% per tahun. Anda bisa simulasikan pinjaman dan nilai properti dengan kalkulator simulasi properti dan kalkulator pinjaman. Yuk segera download Aplikasi Danamas Pinjaman Bisnis agar proses pinjaman lebih mudah. Untuk info lebih lengkap, klik DISINI!

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

cara-mendapatkan-uang-1-juta-dalam-sehari-tanpa-modal

Cara Mendapatkan Uang Dari Internet Tanpa Modal

Cara mendapatkan uang dari internet tanpa modal memang bisa dengan syarat fokuslah pada magin dan kualitas. Jika memulainya dengan kuantitas, ini akan terasa sulit sehingga An

pinjaman-online-bunga-rendah-terdaftar-di-ojk

100+ Daftar Pinjaman Online Bunga Rendah Terdaftar Di OJK

Pinjaman online bunga rendah bisa Anda gunakan saat berencana untuk bertahap melunasi beberapa keperluan mendesak. Pinjaman online bunga rendah bisa menjadi alternatif solusi

cara-bayar-spt-online-batas-31-maret-2023

Cara Lapor SPT Tahunan Online 2023 : Pribadi, PNS & Perusahaan

Cara lapor SPT Tahunan memang tidak bisa dianggap mudah, namun juga tidak yang begitu sulit. Secara semua pemasukan yang Anda miliki wajib dilapor, jadi pastikan untuk tidak k