usaha-sampingan

Usaha sampingan karyawan bisa jadi sumber pendapatan pasif yang memberikan banyak keuntungan bagi Anda. Usaha sampingan kini tidak hanya dilakukan oleh para ibu rumah tangga atau anak kuliahan, tapi juga karyawan swasta yang ingin menambah penghasilan sekaligus pengalaman di dunia bisnis. 

Dalam memulai bisnis atau usaha dibutuhkan beberapa trik agar dapat membuatnya menjadi semakin berkembang hingga menjadi besar dari bisnis yang kecil kecilan, beberapa tips di antaranya adalah dengan menentukan produk yang akan dijual, menyusun rencana bisnis, fokus pada satu bisnis, hingga membuat strategi branding. Dengan begitu bisnis yang kita bangun akan lebih berkembang ke depannya.

Untuk bisa memulai bisnis yang bertahan lama, maka awali dengan memilih jenis usaha yang tepat. Salah satu triknya adalah dengan memilih bisnis yang sesuai passion. Berikut adalah pilihan usaha sampingan untuk karyawan swasta yang bisa Anda coba.

20+ Tren Usaha Sampingan Untuk Karyawan!

Usaha sampingan untuk karyawan saat ini sangat mudah untuk dilakukan asalkan memiliki tujuan bisnis yang jelas dengan kualitas produk yang bagus. Dengan modal kecil untuk mengembangkan usaha sampingan sebenarnya sangat bisa untuk dilakukan, asalkan Anda memiliki alur kas yang jelas dan menghitung dengan baik BEP bisnis Anda!

1. Jualan Kopi Kekinian

Kopi racikan bisa jadi pilihan untuk Anda yang menyukai kopi. Usaha sampingan anak muda ini juga sangatlah populer karena kopi dikemas dan diracik spesial berbeda dari kopi pada umumnya. Jika Anda kesulitan untuk meracik, coba temukan banyak resep kopi kekinian di internet, lalu coba praktekkan. Kopi kekinian juga bisa semakin menarik dengan kemasan yang berbeda, jangan lupa rancang bisnis Anda dengan maksimal sehingga uang yang Anda gunakan untuk modal usaha pun tidak terbuang sia-sia.

Jika Anda adalah karyawan swasta, maka Anda bisa mulai menjual kopi kekinian ini di kantor. Coba dapatkan feedback dari mereka dan selalu berusaha untuk menerima kritik dan saran. Anda juga harus selalu berinovasi agar kopi kekinian kreasi Anda bisa terus diterima oleh masyarakat kebanyakan. 

2. Jasa Penerjemah (Freelance)

Jika Anda memiliki keahlian dalam berbahasa asing, coba menjadi freelancer bahasa asing (bahasa inggris, jepang, bahasa korea, dll). Kemampuan berbahasa Anda kini bisa jadi cuan dengan freelancer penerjemah. 

Jasa penerjemah ini biasanya ditemukan di beberapa perusahan negeri atau swasta yang membutuhkan SDM eksternal atau freelancer untuk membantu pekerjaan mereka. 

Tugas yang freelancer penerjemah kerjakan seperti menerjemahkan dokumen kantor, berita media massa, jurnal, artikel, dll sesuai kebutuhan. Penerjemah menjadi usaha sampingan yang cukup menjanjikan karena Anda bisa lebih fleksibel mengerjakannya dimanapun, dikantor atau dirumah. 

3. Usaha Rental Barang

Ada banyak barang-barang yang kini populer untuk di sewakan, seperti kamera DSLR, laptop, gadget, alat camping, kendaraan dan barang mewah lainnya. Siapa sangka kalau usaha rental barang ini sangat laris dikalangan anak muda. Keterbatasan untuk membeli barang tersebut membuat orang memilih untuk menyewa saja. 

Ini bisa jadi peluang usaha sampingan dan kesempatan untuk mendapatkan keuntungan yang banyak. Usaha sewa barang ini juga harus dibarengi dengan membuat syarat dan ketentuan yang tentu berbeda karena ada sistem deposit. Sistem deposit ini mengharuskan penyewa memberikan uang deposit misalnya senilai Rp 100.000 untuk membayar pinalti jika terjadi kerusakan. Namun, jika tidak ada kerusakan, maka uang deposit tersebut bisa dikembalikan lagi. 

4. Jasa Cuci Motor

Jika Anda memiliki modal yang cukup, coba untuk membuka jasa cuci motor. Motor adalah salah satu kendaraan yang paling sering digunakan orang untuk mendukung aktivitasnya, namun beberapa orang pun tidak sempat untuk mencucinya sendiri. 

Maka, Anda bisa mencoba membuka jasa cuci motor bermodalkan tempat sewa, selang, sabun, lap kanebo, spons, ember, kompresor, dll. Usaha cuci motor adalah salah satu jenis usaha yang membutuhkan SDM sehingga Anda juga harus menyiapkan uang untuk menggaji mereka. 

5. Membuat Blog

Blog juga bisa mendatangkan keuntungan jika di monetasi. Memiliki usaha sampingan dengan membangun sebuah blog yang di monetasi cocok untuk Anda yang tidak memiliki banyak waktu luang dan suka menulis. Anda bisa menulis di sela-sela waktu bekerja seperti saat jam istirahat atau jam pulang kantor dan akhir pekan. 

Pilihlah niche blog yang Anda minati, seperti niche kuliner, travelling, personal story, kecantikan, dll. Blog dengan niche yang spesifik bisa membantu Anda lebih mudah mencari ide-ide konten yang ingin ditulis. 

6. Jual Merchandise

Merchandise yang bisa Anda jual adalah seperti mug, kaos, buku notebook, dll. Merchandise ini bisa dibuat berdasarkan artis yang sedang populer, seperti artis K-POP yang hits dikalangan anak muda. Jika Anda memiliki keahlian desain grafis, maka membuat merchandise bisa jadi ladang bisnis yang cukup menjanjikan. 

7. Pembuatan Buket (Bunga, Makanan, dan Snack)

Orang semakin kreatif dengan membuat buket yang tak melulu bunga. Ada banyak sekali pilihan buket, seperti bukit ayam goreng, ayam nugget, uang kertas, donat, cemilan, dll. Inovasi buket ini bisa Anda jadikan peluang untuk usaha sampingan nih! Selain jenis usaha yang kreatif, pembuatan buket juga tidak membutuhkan modal yang besar, sehingga cocok untuk Anda yang hanya memiliki modal sedikit. 

8. Jual Sambal Kemasan

Hampir semua orang Indonesia suka dengan sambal, maka tidak heran kalau penjualan sambal sangat laris dipasaran. Untuk Anda pecinta pedas dan suka memasak, coba memilih usaha sampingan sambal kemasan menggunakan sistem pre-order (PO). Sambal kemasan bisa Anda jual lewat media sosial atau titip jual di warung terdekat. Pastikan selalu konsistensi pada rasa sambal ciptaan Anda. 

9.Fotografer Makanan

Suka memotret? Suka makanan juga? Ini bisa jadi usaha sampingan yang menjanjikan nih, terlebih lagi banyak sekali umkm di bidang kuliner yang pastinya membutuhkan kemampuan Anda. Anda bisa membuka jasa foto produk makanan yang di tujuan khusus para umkm sehingga tak hanya mendapatkan cuan, Anda bisa membangun portofolio fotografi sekaligus ikut mendukung umkm kita. 

10. Usaha Jastip

Jastip juga semakin populer tak hanya dikalangan ibu-ibu tapi juga anak muda. Apalagi di masa pandemi yang mengharuskan orang diam dirumah saja, segala sesuatu aktivitas hanya dilakukan dari rumah termasuk berbelanja. Dengan adanya jastip, konsumen bisa mendapatkan barang yang hanya dijual di tempat tertentu. Untuk bisa berusaha jastip, maka Anda harus membuat sistem yang tepat dan waktu yang dijadwalkan, seperti minggu pertama ke toko A, minggu ke-3 ke toko B, dsb. 

11. Usaha Warkop

Usaha warkop bisa dijalankan oleh Anda yang ingin memiliki usaha sampingan karyawan, kuncinya Anda butuh modal dan juga SDM untuk menjalankan warung kopi. Agar warkop berbeda, maka Anda bisa memilih menu yang dimodifikasi hingga tempat warkop yang eye-catching, sehingga konsumen pun akan tertarik untuk datang setiap hari ke warkop Anda. Usaha sampingan warkop juga terbilang lebih praktis daripada membuka tempat makan (restoran) karena menu makanan yang praktis, cukup kopi sachet, dengan peralatan sederhana seperti di rumah.

12. Usaha Hidroponik

Usaha hidroponik merupakan pertanian modern yang mulai trend di kalangan anak muda. Dengan hidroponik, pertanian dapat dilakukan secara mudah tanpa lahan dan bersih. Pangsa pasar sayuran hidroponik juga semakin meningkat, mengingat tingginya kesadaran masyarakat akan sayuran organik sehat. Anda dapat mengembangkan usaha ini dengan lahan yang kecil seperti di kos-kosan.

13. Usaha Digital Marketing

Saat ini kita mulai memasuki era digital dimana setiap aktivitas usaha dapat dilakukan secara online. Dengan keahlian pemasaran digital, Anda dapat menjadi freelancer untuk membantu UMKM memasarkan produk-produk mereka secara online. Hal ini didukung dengan kemampuan anak muda yang lihai dalam menggunakan media sosial. Anda juga dapat memperoleh keuntungan besar jika banyak usaha besar yang menjadi klien Anda.

14. Membuka Bimbel Belajar

Bimbel belajar menjadi usaha yang menjanjikan di era saat ini. Ditambah lagi saat kondisi pandemi banyak sekolah yang menerapkan sistem pengajaran online. Hal ini mengakibatkan, turunnya kemampuan belajar dari para siswa. Anda dapat mengambil peluang ini dengan menawarkan usaha bimbel belajar. Bisnis ini juga dapat Anda lakukan dengan fleksibel sesuai dengan waktu kosong yang Anda miliki.

15. Menjadi Agen Asuransi

Menjadi agen asuransi merupakan salah satu usaha sampingan yang menjanjikan bagi karyawan. Ditambah lagi waktu kerja yang dapat fleksibel sehingga Anda tidak kesulitan dalam membagi waktu. Selain itu, dengan karir Anda sebagai karyawan, Anda dapat menawarkan asuransi ke relasi yang dimiliki. Hal ini dapat meningkatkan potensi terjualnya produk asuransi dari Anda.

16. Pengajar Musik

Sifatnya sama seperti membuka les bimbel belajar, namun jika menawarkan servis ini Anda harus memastikan memiliki keahlian yang dianggap cukup untuk bisa mengajar seseorang. Jika Anda memiliki keahlian dalam bermusik, ini bisa Anda berdayakan untuk mengajar dan melatih anak-anak kecil dalam kompleks rumah yang mungkin tertarik untuk belajar mengenal musik. Untuk memulainya, Anda bisa membuat pamflet mengajar yang menarik. Tentu saja, orang sekitar rumah akan tertarik dan bahkan bisa menyebarkan informasi kepada yang kemungkinan sedang mencari. 

17. Reseller/ Dropshipper

Dengan menjadi seorang reseller atau dropshipper sebenarnya Anda bisa memaksimalkan peluang dengan melihat demand yang sudah ada muncul di negara asia. Jika bermain reseller atau dropshipper, agar lebih amannya coba untuk bermain dalam industri yang sama dari waktu ke waktu, sehingga Anda bisa memahami trend dan menebak pergerakan pasar. 

Misalnya, Anda bermain dalam industri kecantikan, maka Anda bisa mengevaluasi produk apa yang sekiranya bisa terjual laku. Perhatikan untuk menggunakan beragam e-commerce untuk menjual produk dan jangan lupa memberikan promo-promo yang menarik. 

18. Jasa Konsultasi Keuangan Personal 

Jasa perencana keuangan pribadi ini bisa menjadi bisnis yang baik untuk dikembangkan, apalagi jika Anda memiliki keahlian sebagai seorang personal finance. Jika Anda dan beberapa kerabat memiliki keahlian yang sama, maka tidak ada salahnya untuk membuat sebuah platform dengan menggunakan landing page sederhana. Lalu Anda bisa mengiklankan jasa dan keahlian Anda. Pastikan untuk selalu menulis testimoni pelanggan agar jasa Anda semakin kredibel. 

19. Jasa Social Media Management & Alat Video 

Dengan meningkatnya penggunaan social media untuk berbagai keperluan bisnis, maka bisnis dengan jasa ini bisa menjadi hal yang menarik untuk ditawarkan. Anda bisa menyewakan peralatan untuk melakukan rekaman reels hingga bisa menyediakan kursus bimbingan bagaimana cara meningkatkan pengunjung dan bisnis melalui social media. Dengan memiliki alat hingga tempat semacam studio yang lengkap ini jelas akan sangat membantu Anda memacu bekerja sebagai seorang content creator

20. Jasa Catering Makanan

Bisnis yang satu ini bisa dibilang selalu eksis dalam situasi apapun, meski banyak saingan dari waktu ke waktu. Namun, hal yang paling penting untuk dimiliki adalah kemampuan beradaptasi berdasarkan tempat dan situasi. Misalnya, Anda mampu menjual catering makanan untuk anak sekolahan. 

Kemudian, di lain waktu Anda memiliki kesempatan untuk menyediakan makanan untuk karyawan. Nah, kemampuan beradaptasi yang demikian seharusnya dimiliki. Jadi, tidak selalu berkaitan dengan jasa cateringan partai besar. Anda bisa jadi lebih kreatif berdasarkan waktu dan situasi juga pastinya keterampilan, ya!

21. Kos-kosan / Co-working space 

 Usaha sampingan dengan memiliki kos-kosan atau coworking space bisa sangat membantu Anda sebagai karyawan. Jika Anda memiliki sebidang tanah dengan ukuran 20m x 15 m bisa menghasilkan sebanyak 32 petak kamar dengan 2 lantai kos-kosan. Nah, tentu saja jika setiap bulannya Anda bisa mengumpulkan hingga 32 kk yang mengontrak atau menyewa kos-kosan, maka setiap bulan Anda bisa mendapatkan untung 32 juta. Wah, menarik bukan? 

Baca juga: 10 Penyebab Terlilit Hutang & Cara Melunasi Hutang, Ini Solusinya

22. Usaha Peternakan Ayam Petelor 

Memiliki peternakan kecil-kecil juga bisa memberikan keuntungan untuk Anda, misalnya peternakan ayam petelor. Produksi telor ayam sendiri biasanya meningkat di bulan ke-6 atau saat ia berusia 1,5 tahun. Sementara modal pakan dipasaran berkisar 6.500/kg nya. Kemudian untuk 1 pakan per kgnya bisa diberikan untuk kisaran 100 ekor ayam atau bisa digunakan untuk makan 1 ayam 2 minggu dengan takaran 10 gram per harinya. Satu ekor ayam petelur mampu menghasilkan 250-280 butir per tahun. Jadi, jika Ana memilir 100 ayam petelur saja, ini sudah bisa mengahasilkan lebih dari 25.000 kg. Nah, untuk bisa mendapatkan modal usaha pengembangan dan pendaanaan bisnis, Anda bisa mendapatkanya dari Danamas pinjaman online terpercaya!  

Modal Pengembangan Dapatkan Dari Danamas!

Anak muda dengan usaha sampingan bisa jadi modal Anda yang ingin memiliki penghasilan tambahan hingga masa tua. Namun, agar usaha sampingan bisa bertahan lama, tentu perlu adanya strategi pemasaran yang digunakan. Agar bisa mengimplementasikan strategi pemasaran, maka Anda perlu untuk memiliki modal usaha yang mumpuni. Salah satu modal usaha yang bisa mengembangkan usaha sampingan umkm adalah pinjaman dari Danamas. 

Bagi Anda yang ingin selalu mendukung semua aktivitas finansial, maka bisa temukan berbagai Informasi up to date mengenai investasi dan ragam informasi seputar keuangan di Website Danamas atau Instagram Danamas. Jika ada pertanyaan atau keluhan silahkan hubungi Danamas di Hotline: 021-50960896, email: [email protected] atau Whatsapp Danamas di nomor 0882 24222 001/0882 24222 002.

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

bisnis rice bowl rumahan

 20 Bisnis Rice Bowl Rumahan dengan Ide Menu, Modal & Untung!

Bisnis rice bowl rumahan adalah bisnis yang cukup menjanjikan jika ditekuni dengan serius. Peluang usaha ini tidak hanya memberi keuntungan, namun Anda juga memiliki kesempata

usaha-rumahan-modal-50-ribu

30+ Usaha Rumahan Modal 50 Ribu Untung Besar

Banyak orang yang beranggapan bahwa membuka usaha membutuhkan modal yang besar. Padahal, dengan perkembangan teknologi sekarang ini, anda bisa memulai bisnis rumahan hanya den

contoh-komoditi-ekspor-nonmigas-indonesia-adalah

10+ Jenis Komoditas Ekspor Indonesia Migas & Non Migas

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar kata komoditas? Komoditas tidak dapat dipisahkan dari pengaruhnya terhadap masyarakat, karena tergolong sebagai benda yang relatif muda