Usaha-Modal-Kecil

Bisnis kecil dan menengah (UMKM) kini banyak dipilih orang untuk dijadikan sebagai usaha sampingan. Usaha sampingan bisa sangat beragam jenis dan bentuknya, Anda bisa memilih usaha sampingan yang sesuai dengan apa yang Anda sukai. Berawal dari hobi, ini bisa menjadi ide untuk usaha modal kecil untuk Anda geluti. Namun, hanya ada beberapa usaha modal kecil yang menjanjikan untuk bisa Anda coba. 

Hal ini dikarenakan beberapa pilihan umkm membutuhkan modal besar. Modal yang besar bisa menjadi kendala jika saat ini belum Anda miliki, untuk itu coba mulai dari usaha modal kecil 1 juta untuk bisa maksimalkan potensi Anda sebagai entrepreneur pemula. Modal selalu menjadi salah satu tantangan dalam berwirausaha karena tanpa modal besar dirasa tidak bisa memberikan kemudahan untuk memulai bisnis. Tapi, nyatanya ada banyak ide usaha modal kecil yang bisa jadi pilihan membuka bisnis umkm.

Di artikel ini, Anda bisa temukan berbagai ide usaha modal kecil yang sedang laku dan banyak dicari masyarakat. Berbagai pilihan usaha frozen ini bervariasi seperti usaha frozen food, usaha minuman sehat, sewa perlengkapan bayi, personal chef, dll. Anda bisa pilih ide usaha modal kecil dengan menyesuaikan kemampuan dan keahlian Anda. Simak tips dan inspirasinya dibawah ini:

Usaha Modal Kecil 1 Jutaan

Punya uang 1 juta tapi masing bingung mau diapakan? Ada ide yang bisa Anda tiru sebagai ide modal kecil yang tentu bisa mendatangkan keuntungan yang besar. Anda tak perlu menunggu modal usaha terkumpul hingga jutaan rupiah, karena ada banyak ide yang bisa Anda lakukan untuk memulai bisnis umkm hanya modal 1 jutaan. Berikut ide bisnis modal kecil yang bisa Anda pililh sesuai kemampuan Anda.

  • Bisnis Frozen Food

Frozen food menjadi pilihan populer usaha modal kecil dikalangan ibu rumah tangga (IRT). Frozen food dinilai memiliki banyak kelebihan dibanding pilihan usaha makanan matang. Kelebihan memulai usaha modal kecil frozen food antara lain, tidak butuh skill memasak yang mumpuni, bisa di stok lebih lama di freezer, jenis variatif dengan harga kompetitif. Jika Anda berencana membuka usaha frozen food, coba pertimbangkan untuk membeli freezer khusus frozen food jika kulkas dirumah Anda tidak mencukupi kebutuhan penyimpanan makanan di freezer. Kini, ada banyak sekali ukuran freezer yang bisa Anda pilih untuk usaha frozen food. Jangan lupa sesuaikan kebutuhan juga listrik dirumah Anda. Produk-produk frozen food yang bisa Anda jual seperti nugget, French fries, sosis, mix vegetable, tempura, dll. 

  • Minuman Sehat

Selain makanan sehat, minuman sehat juga kini digandrungi banyak orang dari anak muda hingga orang tua. Di masa pandemi seperti sekarang banyak sekali orang yang mencari minuman sehat sebagai bagian dari asupan imun. Minuman sehat yang bisa dijual dengan modal kecil antara lain empon-empon dan jamu. Kini, juga sudah banyak resep jamu atau empon-empon yang divariasikan dengan rasa-rasa seperti vanilla, coklat, dll. 

  • Jual Almond Milk

Minuman yang kini populer di tahun 2022 adalah almond milk. Usaha almond milk banyak dipilih karena minuman homemade ini tak hanya banyak manfaatnya tapi juga memiliki pangsa pasar. Untuk bisa membuka usaha almond milk, maka Anda membutuhkan peralatan dapur seperti blender, saringan, panci, dll. Untuk bahan baku kacang almond, Anda bisa mulai mencari supplier yang menawarkannya dengan harga terjangkau. Cara mengolah kacang almond hingga menjadi almond milk juga sangat mudah, Anda bisa coba resep andalan Anda terlebih dahulu sebelum dijual di ecommerce atau media sosial. 

  • Bisnis Budidaya

Jika Anda menyukai kegiatan budidaya, seperti budidaya ikan hias, ikan konsumsi, tanaman hias, dll, maka ini bisa jadi pilihan usaha modal kecil. Tak perlu modal banyak, cukup 1 jutaan saja Anda bisa sudah memulai usaha budidaya ini. Hal yang perlu Anda miliki adalah kemampuan yang bisa didapat dari learning by doing, selain itu kebutuhan peralatan dan pasokan bahan yang mungkin Anda butuhkan. Misalnya, pada budidaya tanaman hias, Anda membutuhkan skill dalam bertanam, membibitkan, lalu membeli tanah, pupuk, pot, tanaman hias, alat bertanam, hingga lahan yang cukup. Semua ini bisa Anda dapat dengan modal kecil saja lho! Kuncinya adalah cari supplier yang terjangkau untuk kebutuhan bisnis Anda. 

  • Travel Planner

Apakah pernah terpikirkan kalau Anda bisa menjadi travel planner atau perencana liburan? Nah, ini bisa jadi pilihan usaha modal kecil yang cocok untuk Anda yang suka dengan membuat rencana liburan nih! Di Masa liburan terlebih lagi saat pandemi hampir usai, pasti akan ada banyak sekali orang yang ingin liburan. Untuk destinasi yang unik dan jauh mungkin, ini bisa jadi kesempatan Anda yang suka travelling jadi travel planner. Modal usaha ini tentunya tidaklah besar karena hal yang paling Anda butuhkan adalah skill atau kemampuan merancang liburan yang menyenangkan. Anda yang suka travelling, pasti sudah terbiasa untuk merancang sendiri liburan, seperti pilihan hotel di sekitar tempat wisata, lokasi ideal untuk special occasion (wedding, birthday party, dll), mengakomodasi masuk ke tempat wisata, dan rencana liburan lainnya. 

  • House Cleaner

Bisnis jasa juga bisa jadi pilihan usaha modal kecil yang menjanjikan. Usaha pembersihan rumah kini kian populer karena makin banyak orang yang lebih mempercayakan kebersihan rumah mereka dengan jasa. Jasa pembersih ini membutuhkan beberapa peralatan kebersihan, untuk permulaan Anda bisa menyediakan beberapa peralatan seperti sapu, pel, dll hingga cairan pembersih yang lengkap untuk kaca, furniture, lantai, dll. Agar modal kecil bisa lebih maksimal, coba cari supplier cairan pembersih rumah yang berkualitas bagus namun harga terjangkau. 

  • Personal Chef

Jika Anda percaya diri dengan keahlian memasak Anda, tidak ada salahnya untuk bisa menawarkan jasa memasak yaitu menjadi personal chef. Personal chef adalah juru masak pribadi yang biasanya dipekerjakan pada acara-acara tertentu, seperti pertemuan keluarga, acara ulang tahun, dll. Beberapa professional chef di restoran atau hotel berbintang juga menjadikan personal chef sebagai usaha sampingan mereka di waktu libur atau akhir pekan. Jika Anda berminat menjadi personal chef, coba untuk menggali ilmu memasak lebih ahli lagi dan buat banyak resep andalan Anda. 

  • Penyewa Rumah Inap Liburan (Bed & Breakfast)

Jika Anda memiliki properti yang bisa disewakan, maka tidak ada salahnya untuk menjadikan properti tersebut rumah atau vila yang bisa ditempati orang sementara. Umumnya, orang akan memilih penginapan jenis bed & breakfast (b&b) karena terasa lebih nyaman dengan konsep seperti di rumah sendiri. Jika Anda berencana menyewakan properti untuk b&b, maka siapkan dana untuk maintenance. 

  • Jasa Organizer

Di Jakarta, sudah ada jasa organizer yaitu orang yang menata perabotan dan aksesoris di lemari Anda. Mungkin saja ini masih terdengar baru, namun akan menjadi trend yang cukup menjanjikan. Jika Anda memiliki kelebihan untuk menata barang atau peralatan di rumah, maka ini bisa jadi jasa bisnis yang menjanjikan. Hal ini karena banyak orang yang tak terpikirkan bahwa penataan rumah yang rapi bisa memberikan mood yang baik untuk penghuninya. Jasa organizer biasanya akan fokus pada penataan lemari pakaian, lemari pantry dapur, tempat-tempat penyimpanan aksesori, boto, peralatan, dll. 

  • Bisnis Mainan Anak

Mainan anak bisa jadi pilihan untuk usaha modal kecil tahun ini. Mainan anak kini sudah banyak sekali jenisnya, seperti mainan edukasi, mainan Montessori, mainan plastik, mainan kayu dan aneka mainan elektronik anak. Bagi Anda yang suka dengan dunia anak-anak, ini bisa jadi peluang bisnis yang menjanjikan. Cari supplier mainan anak yang menawarkan harga supplier murah lalu promosikan jualan Anda lewat media sosial atau jual di ecommerce. 

  • Sewa Perlengkapan Bayi

Kini populer sekali perlengkapan bayi untuk disewakan. Umumnya, orang tua lebih suka menyewa karena lebih terjangkau, selain itu bayi hanya membutuhkan perlengkapan untuk jangka waktu singkat. Jika Anda memiliki perlengkapan bayi yang bisa disewakan, coba usaha modal kecil ini. Perlengkapan bayi untuk disewakan seperti alat MPASI (food processor), bouncer bayi, tempat tidur bayi (crib), push walker, dll. 

  • Usaha Sewa Alat Pendaki

Alat pendaki juga salah satu perlengkapan yang banyak dipilih dengan cara disewa. Pendaki gunung juga lebih nyaman untuk menyewa alat mendaki seperti tenda. Anda bisa jadi penyedia jasa sewa alat mendaki yang menyediakan berbagai peralatan mendaki gunung yang terlengkap. Usaha ini banyak sekali dilirik anak muda, yuk coba! Awali dengan membuat daftar perlengkapan mendaki gunung apa saja yang bisa Anda sediakan dan paling banyak dicari orang. 

Jadikan Modal Usaha untuk Keuntungan Besar

Modal usaha memang menjadi faktor penting dalam pengembangan sebuah bisnis. Untuk itu, penting juga memiliki darimana kita bisa mendapatkan modal usaha yang aman dan terpercaya. Salah satu pilihan mendapatkan modal usaha yang aman adalah di perusahaan fintech lending. Fintech lending seperti Danamas bisa menjadi solusi untuk pencarian modal usaha pinjaman online terpercaya yang berizin OJK. Danamas memiliki limit besar modal usaha hingga Rp 2 miliar dengan suku bunga rendah sehingga tidak akan membebani keuangan bisnis Anda. 

Sebagai fintech lending berizin OJK, Danamas memastikan bahwa pinjaman modal usaha beragunan properti Anda bisa dengan mudah dan praktis. Hal ini dikarenakan, mengajukan pinjaman bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun lewat aplikasi Danamas. Siapapun bisa mengajukan pinjaman di Danamas, individu ataupun perusahaan bisa dengan aman dan nyaman mendapatkan pinjaman modal usaha beragunan properti ini. 

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

bisnis rice bowl rumahan

 20 Bisnis Rice Bowl Rumahan dengan Ide Menu, Modal & Untung!

Bisnis rice bowl rumahan adalah bisnis yang cukup menjanjikan jika ditekuni dengan serius. Peluang usaha ini tidak hanya memberi keuntungan, namun Anda juga memiliki kesempata

usaha-rumahan-modal-50-ribu

30+ Usaha Rumahan Modal 50 Ribu Untung Besar

Banyak orang yang beranggapan bahwa membuka usaha membutuhkan modal yang besar. Padahal, dengan perkembangan teknologi sekarang ini, anda bisa memulai bisnis rumahan hanya den

contoh-komoditi-ekspor-nonmigas-indonesia-adalah

10+ Jenis Komoditas Ekspor Indonesia Migas & Non Migas

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar kata komoditas? Komoditas tidak dapat dipisahkan dari pengaruhnya terhadap masyarakat, karena tergolong sebagai benda yang relatif muda