Peluang bisnis

Melihat peluang bisnis yang ada saat ini sepertinya, banyak sekali anak muda yang ingin mencoba menambah penghasilan lewat usaha sampingan. Bisnis kecil-kecilan jangan dianggap remeh, karena bisa menghasilkan untung besar yang nilainya pun bisa melampaui ekspektasi Anda. Sebesar apapun peluang bisnis di depan mata, Anda tetap harus membuat strategi pemasaran yang tepat agar konsumen pun berdatangan. Sebelum menentukan strategi, coba pilihan berbagai peluang bisnis anak muda milenial, berikut ini:

Pilihan Peluang Bisnis 2022

  1. Jual Beli Barang Bekas (Preloved Stuff)

Barang yang sudah tak terpakai namun masih sangat layak pakai bisa jadi peluang bisnis yang menjanjikan lho! Coba bongkar lemari baju Anda dirumah, cek kembali furniture hingga alat elektronik yang sudah terpakai namun masih berfungsi, apakah bisa dijual kembali? Menjual lagi barang bekas mungkin tidak bernilai fantastis, namun, jumlah yang bisa masuk ke dompet Anda bisa jadi tambahan penghasilan yang menjanjikan. Berawal dari menjual barang bekas pribadi, nantinya Anda bisa menjual barang bekas teman Anda yang mungkin sudah tidak terpakai. Beberapa orang juga membuat media sosial khusus menjual barang preloved hingga titip barang atau titip posting barang preloved, lalu Anda bisa mendapatkan pemasukan dari titip jual tersebut.

  1. Menjual Makanan Sehat

Makanan sehat kini makin digandrungi karena banyak sekali orang yang mulai sadar akan pola hidup yang sehat. Untuk Anda yang juga suka menikmati makan sehat dan membuatnya sendiri, maka menjual makanan sehat bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Ada banyak sekali ide resep makanan sehat di internet yang bisa Anda contoh. Pastikan produk yang Anda buat benar-benar sehat sehingga konsumen pun akan merasakan manfaatnya kelak.

  1. Buka Kedai Kopi Kekinian

Kini, kedai kopi kekinian hampir ada disetiap sudut kota besar. Jika Anda ingin membuka kedai kopi di kota besar mungkin akan memiliki banyak sekali kompetitor besar, namun coba beralih ke pinggiran kota besar. Anda bisa mulai dengan membuka kedai kopi kekinian kecil namun memiliki kualitas rasa yang tidak kalah dengan kedai kopi besar lainnya. Kedai kopi kekinian mungkin akan membutuhkan berbagai alat pembuat kopi handal, namun hal ini bisa Anda siasati dengan menggunakan alat sederhana namun dengan teknik yang tepat. Pelajari seluk beluk membangun kedai kopi terlebih dahulu sebelum memutuskannya.

  1. Jadi Pengajar Online

Pernah terpikirkan bahwa skill yang Anda miliki bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan? Tidak ada salahnya untuk membuka kursus online yang kini marak di media sosial. Namun, pastikan skill yang Anda miliki bisa memberikan manfaat lebih bagi calon murid Anda nantinya. Anda bisa mulai menawarkan jasa membuka kelas online sesuai bidang yang Anda kuasai di media sosial. Coba tawarkan ke teman-teman terdekat terlebih dahulu, dan beri nilai lebih dari kelas online yang Anda buat.

  1. Thrift Store

Thrift store kini kian populer di kalangan anak muda. Membuka usaha barang impor (thrift store) menjadi pilihan beberapa anak muda yang menyukai fashion namun memiliki modal yang minim. Barang-barang thrift biasanya merupakan barang impor dari brand ternama yang defect atau tidak sesuai standar namun masih sangat layak dipakai sehingga masih memiliki nilai jual yang lumayan menguntungkan. Ada banyak sekali paket usaha thrift dengan harga terjangkau seperti mulai dari Rp 500.000 Anda bisa mendapat satu karung pakaian thrift. Peluang bisnis ini bisa dicoba untuk Anda muda nih!

  1. Bisnis Gift Box

Banyaknya orang yang mulai sering memberikan gift box kepada orang tersayang, membuat peluang bisnis ini cukup menjanjikan. Anda bisa coba mencari inspirasi gift box lucu yang bisa dijual ke konsumen. Giftbox bisa dibuat bervariasi dan disesuaikan dengan kebutuhan, seperti kotak hadiah untuk graduation, wedding, ulang tahun, dll. Jika Anda memiliki kreatifitas yang tinggi, model bisnis ini cocok sekali untuk Anda.

  1. Catering Diet

Gaya hidup sehat juga populer belakangan ini. Peluang bisnis catering diet juga sangat diminati terlebih lagi, catering diet bisa jadi solusi bagi masalah berat badan yang banyak dialami orang. Jika Anda juga suka dengan makanan diet, maka ini bisa jadi bisnis baru ditahun ini. Makanan yang bisa Anda buat sendiri dengan pengemasan yang tepat bisa jadi pilihan orang yang tidak sempat membuat makanan sehat sendiri dirumah.

  1. Bisnis Laundry

Bisnis laundry bisa jadi pilihan memulai usaha kecil-kecilan ditahun ini. Kesibukan orang-orang yang tinggal di kota besar bisa memberikan peluang bisnis untuk Anda membuat jasa laundry. Jika Anda memiliki modal yang cukup untuk membeli mesin cuci dan tempat untuk usaha laundry, maka ini bisa jadi bisnis yang cukup menjanjikan. Usaha laundry pun semakin berkembang karena banyaknya orang yang mempercayakan urusan pakaian mereka ke jasa cuci baju ini.

Tips Bisnis untuk Anak Muda

Peluang bisnis

Sebelum terjun langsung ke dunia bisnis, maka ada beberapa hal yang perlu ketahui agar menjalani usaha kecil bisa sukses.

Pilih Peluang Bisnis yang Anda Sukai

Ada banyak sekali pilihan model usaha yang bisa memberikan keuntungan untuk Anda. Namun, hanya beberapa yang pastinya Anda sukai. Agar bisnis bertahan lama, maka penting untuk pilih bisnis yang benar-benar Anda sukai. Jika bisnis sudah Anda sukai, maka Anda pun akan lebih mudah menghadapi tantangan yang bisa saja datang kapan saja.

Mampu Mengelola Waktu dengan Baik

Kemampuan mengelola waktu juga perlu diasah untuk anak muda yang mulai berbisnis. Terlebih lagi, jika Anda memiliki kegiatan lain seperti kuliah atau bekerja, maka Anda harus mengelola waktu dengan sebaik mungkin. Pastikan semua aktivitas bisa dilakukan dengan baik.

Berpikir Kreatif

Untuk bisa bersaing dengan kompetitor, maka kita harus berfikir kreatif dengan berbagai inovasi terbaru. Bisnis yang inovatif mengikuti permintaan pangsa pasar juga menjadi salah satu faktor usaha yang sukses. Untuk itu, asah kemampuan berpikir kreatif agar terus bisa menjadi pilihan banyak konsumen.

Fokus dengan Tujuan

Fokus adalah salah satu hal yang ternyata sulit dilakukan oleh anak muda. Ada banyak hal dikerjakan mungkin bisa membuat Anda sulit fokus, namun hal ini harus terus disiasati agar bisnis bisa terus berjalan sesuai misi Anda. Tetapkan tujuan dan fokus dengan apa yang Anda lakukan, tak perlu risau dengan kompetitor hingga membuat Anda tidak lagi semangat dan mudah menyerah.

Jangan Lelah Belajar Hal Baru

Belajar hal baru terutama bagi pemula adalah bagian dari proses membangun sebuah bisnis. Peluang bisnis bisa jadi pintu utama untuk memasuki usaha Anda, namun belajar mengenal lebih dalam seluk beluk bisnis yang dijalankan harus menjadi hal yang selalu dilakukan. Dengan mengetahui hal baru, maka Anda bisa terlatih untuk menghadapi tantangan yang ada.

Perluas Jaringan

Jika Anda memiliki networking atau jaringan yang bagus dan luas seperti teman-teman yang solid dengan berbagai latar belakang, maka bisa jadi hal baik untuk pengembangan bisnis. Perluas jaringan juga bisa dimulai dari sekarang seperti lebih aktif di komunitas, media sosial dan dunia real Anda bersama teman-teman.

Berbisnis di usia muda memang memiliki tantangan yang luar biasa. Namun, yakin jika Anda memiliki bekal yang cukup untuk bisa masuk ke dunia bisnis, maka segala tantangan bisa dihadapi dengan sebaik mungkin. Salah satu tantangan di dunia bisnis adalah kebutuhan modal usaha yang cukup banyak. Modal usaha yang banyak memang bisa menjadi hal yang mendukung kemajuan bisnis, namun mencari modal bisnis yang tepat adalah hal yang perlu dipertimbangkan. Mencari modal usaha tidaklah boleh sembarangan, sebaiknya cari peminjam modal usaha yang berizin OJK sehingga kedepannya usaha Anda bisa dilakukan lebih lancar.

Perusahaan fintech lending yang bisa Anda pilih sebagai pendukung bisnis dalam hal modal usaha adalah Lancar by Danamas. Di Lancar by Danamas, Anda bisa dengan mudah dan cepat mendapatkan modal usaha beragunan properti. Dengan agunan properti (rumah, tanah, apartment, dll) Anda bisa mengubahnya menjadi modal usaha limit besar hingga Rp 2 miliar. Tenor yang bisa Anda pilih mulai dari 1 tahun hingga 10 tahun dengan suku bunga rendah. Coba simulasikan properti Anda untuk menjadi modal usaha di website Lancar by Danamas.

Baca Juga: 7 Ide Bisnis Online Rumahan untuk Ibu Rumah Tangga

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

bisnis rice bowl rumahan

 20 Bisnis Rice Bowl Rumahan dengan Ide Menu, Modal & Untung!

Bisnis rice bowl rumahan adalah bisnis yang cukup menjanjikan jika ditekuni dengan serius. Peluang usaha ini tidak hanya memberi keuntungan, namun Anda juga memiliki kesempata

usaha-rumahan-modal-50-ribu

30+ Usaha Rumahan Modal 50 Ribu Untung Besar

Banyak orang yang beranggapan bahwa membuka usaha membutuhkan modal yang besar. Padahal, dengan perkembangan teknologi sekarang ini, anda bisa memulai bisnis rumahan hanya den

contoh-komoditi-ekspor-nonmigas-indonesia-adalah

10+ Jenis Komoditas Ekspor Indonesia Migas & Non Migas

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar kata komoditas? Komoditas tidak dapat dipisahkan dari pengaruhnya terhadap masyarakat, karena tergolong sebagai benda yang relatif muda