Ide-Bisnis-Modal-Kecil

Ide bisnis untuk mahasiswa dengan modal kecil memang menjadi topik yang cukup hangat belakang ini. Sebagai mahasiswa, tidak hanya dituntut untuk belajar di kelas, namun juga mengaplikasikan ilmunya secara nyata. Salah satunya dengan membangun bisnis.

Terdapat beberapa usaha/pekerjaan sampingan yang dapat menghasilkan uang hanya melalui sebuah aplikasi. Contohnya adalah earn money, buzz break,dan tik tok. Aplikasi-aplikasi tersebut adalah contoh aplikasi penghasil uang dan contoh usaha sampingan, dengan begitu terdapat uang tambahan untuk mencukupi kebutuhan sebagai seorang mahasiswa selain dari usaha/bisnis utama.

Untuk itu sebagai mahasiswa tentunya perlu melatih kemampuan praktikal dan menumbuhkan jiwa wirausahawan muda. Karena kesuksesan suatu negara ditentukan oleh jumlah pertumbuhan usaha baru. Dan sebagai mahasiswa dapat menjadi sebuah agent of change dalam menumbuhkan usaha berkualitas.

Lalu ide bisnis untuk mahasiswa apa yang baik? Tentunya modalnya harus kecil dan dapat dijalankan selama masa perkuliahan. Dalam artikel ini akan dirangkum 9 ide bisnis untuk mahasiswa dan tips agar sukses menjalankannya sambil kuliah 

9 Ide Bisnis untuk Mahasiswa Modal Kecil

Ide Bisnis Modal Kecil

1. Membuka Toko Online

Ide bisnis modal kecil untuk pelajar dan juga mahasiswa yang paling populer adalah membuka toko online. Usaha toko online bisa bervariasi seperti menjadi reseller atau dropshiper. Jika anda memiliki modal lebih, maka menjadi reseller bisa jadi pilihan saat membuka toko online. 

Reseller pada toko online artinya anda menyetok beberapa jumlah barang lalu menjualnya di marketplace atau toko online anda sendiri, sedangkan dropshipper artinya Anda memesan barang ke supplier lalu menjualnya tanpa harus menyetok barang itu di rumah anda. Ada banyak pilihan untuk anak muda yang tidak memiliki modal yang cukup saat memulai bisnis toko online.

Ide bisnis modal kecil lewat membuka toko online sering dilakukan oleh pelajar dan mahasiswa karena tidak memerlukan waktu seharian untuk mengelola toko online. 

Membuka toko online termasuk pilihan ide bisnis yang lebih fleksibel karena anda hanya memerlukan Smartphone untuk bisa memasang iklan atau menjual produk di marketplace, mempromosikan produk lewat sosial media, hingga berkomunikasi dengan pelanggan lewat live chat di marketplace.

Ada banyak produk yang bisa anda pilih untuk ide bisnis toko online seperti menjual pakaian menjual baju muslim menjual aksesoris menjual barang keperluan sehari-hari dan lain-lain.

2. Buka Les Privat

Jika anda memiliki kemampuan lebih di bidang akademis maka membuka les privat secara online maupun offline bisa jadi pilihan untuk ide bisnis modal kecil. Modal yang anda butuhkan untuk membuka les privat secara online seperti kuota internet smartphone atau laptop dan komputer hingga modul pembelajaran. 

Saat membuka les privat Anda bisa pertimbangkan tingkatan sekolah mana yang ingin anda incar contohnya les privat untuk SD, SMP, atau SMA. Les privat tidak hanya pada bidang akademik, tapi juga membuka les privat di untuk pendidikan nonformal, seperti les musik les, desain grafis, les melukis, dan lain-lain. 

Promosikan kemampuan anda dan les privat ini di media sosial juga lingkungan sekitar anda sehingga nantinya anda akan lebih mudah menjangkau orang yang lebih banyak. 

3. Bisnis Camilan

Ide Bisnis Modal Kecil

Jika anda suka ngemil maka ide bisnis modal kecil cemilan bisa jadi pilihan yang tepat. Anda bisa menjualnya di kampus atau sekolah dan pilih cemilan yang banyak disukai oleh teman-teman anda. 

Agar lebih menarik Anda bisa mengemas camilan tersebut dengan packaging yang eye-catching. Agar lebih untung, maka anda bisa membeli makanan ringan tersebut di di toko  khusus yang menjual dalam jumlah banyak sehingga Anda akan lebih untung saat dijual kembali. 

Jika ingin mendapatkan konsumen yang lebih banyak selain teman kuliah atau teman sekolah atau rumah, Anda bisa menjualnya di marketplace seperti Shopee, Tokopedia dan membuka akun media sosial sendiri.

4. Menjual Hasil Kerajinan Tangan 

Jika anda memiliki keahlian di bidang kerajinan tangan, maka menjual hasil kerajinan tangan seperti hasil sulam, rangkaian bunga, gantungan kunci, gelang tangan atau pernak-pernik lainnya bisa menjadi pilihan bisnis pelajar mahasiswa. 

Hobi Anda kini lebih bisa tersalurkan menjadi keuntungan untuk menambah penghasilan di tiap bulannya. Anda bisa menjual hasil kerajinan tangan di media sosial atau marketplace.

5. Menjadi Translator Atau Penerjemah

Ide bisnis modal kecil lainnya adalah dengan menjadi penerjemah atau translator. Umumnya pekerjaan menjadi translator atau penerjemah sering dilakukan oleh mahasiswa untuk menambah penghasilan mereka. Ada banyak pilihan bagi Anda yang memiliki kemampuan dalam bahasa asing, seperti penerjemah bahasa Inggris, penerjemah bahasa Mandarin, penerjemah bahasa Jepang, dan lain-lain. 

Umumnya pekerjaan penerjemah akan menerjemahkan beberapa artikel dari bahasa asing ke bahasa Indonesia ataupun sebaliknya. Selain itu ada juga pekerjaan penerjemah lainnya seperti menerjemahkan jurnal hingga buku. 

6. Menjadi EO atau Event Organizer

Bisnis event organizer sering dilakukan oleh anak muda karena minat mereka pada hal pengurusan acara. Jika selama ini anda terbiasa untuk mengurus acara sekolah atau kampus, maka  Anda bisa membuka event organizer sendiri. Ajak teman atau beberapa orang yang anda percaya untuk membangun bisnis event organizer ini. 

Untuk menjadi pebisnis event organizer, anda mungkin membutuhkan modal usaha yang cukup agar usaha event organizer bisa lebih dipercaya oleh banyak orang. Modal awal untuk bisnis event organizer adalah sekitar Rp 5 juta – Rp 7 juta. Untuk mendapatkan modal usaha bisnis maka anda bisa mengajukan pinjaman beragunan properti di Lancar by danamas. 

Lancar by Danamas adalah perusahaan fintech lending yang berizin OJK yang bisa menjadi pilihan untuk mendapatkan modal usaha bisnis anak muda.

7. Fotografer / Videographer

Ide Bisnis Modal Kecil

Mendapatkan pendapatan lewat fotografi bisa anda jadikan ide bisnis modal kecil untuk pelajar atau mahasiswa. Terlebih lagi kini marak bisnis online yang memungkinkan anda sebagai fotografer untuk foto produk seperti produk baju produk jilbab, produk make up, produk makanan, dan lain-lain. 

Selain menjadi fotografer untuk produk, Anda juga bisa menjadi fotografer freelance untuk berbagai acara spesial seperti acara ulang tahun, acara pernikahan, acara pertunangan, dan lain-lain. Jika ingin menjadi fotografer yang handal sebaiknya Anda juga memiliki kemampuan editing video atau foto dan mempelajari seluk beluk kamera.

8. Jasa Pet Grooming

Bagi anda yang suka dengan hewan peliharaan seperti kucing atau anjing, maka coba buka bisnis pet grooming. Usaha pet grooming bisa jadi peluang bisnis terutama jika di area tempat tinggal Anda memiliki banyak hewan peliharaan dan Belum memiliki kompetitor. 

Di sela-sela waktu luang, anda bisa membuka jasa pet grooming yang dijadwalkan, seperti setiap Sabtu dan Minggu. 

Buka jasa pet grooming tidak hanya seputar membersihkan hewan peliharaan, tetapi juga menawarkan jasa untuk mengajak jalan-jalan hewan peliharaan seperti anjing yang kini sedang tren. 

Umumnya tarif untuk jasa ajak jalan-jalan hewan peliharaan ini dikenakan biaya per jam Anda bisa menyesuaikan harga dengan lokasi tempat tinggal Anda. Untuk biaya grooming seperti perawatan kucing atau anjing, anda mungkin membutuhkan modal untuk menyediakan peralatan dan juga sabun pembersih. 

Selain itu Anda juga harus memiliki kemampuan untuk menghandle hewan peliharaan seperti kucing atau anjing. Namun, khusus untuk jasa pet grooming ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit. 

Anda harus menyiapkan lokasi dan membutuhkan biaya sewa. Jika rencana Anda terbatasi dengan modal, coba ajukan pinjaman modal usaha di Lancar by Danamas. 

9. Youtuber

Ide Bisnis Modal Kecil

Kini banyak sekali anak muda dari pelajar hingga mahasiswa yang mencoba mendapatkan penghasilan lewat YouTube. Sebelum membuat youtube channel sendiri, Anda harus memikirkan ide untuk niche youtube channel seperti kuliner, jalan-jalan, make up, review produk, dan lain-lain. 

Kunci agar YouTube Anda banyak ditonton orang adalah dengan mencari niche yang banyak ditonton di YouTube. Selain itu Anda juga harus konsisten untuk mengupload video YouTube sehingga youtube channel Anda bisa di monetisasi. 

5 Tips Memulai Bisnis Untuk Pelajar Atau Mahasiswa

1. Buat Bisnis Plan

Mulai bisnis anda dengan membicarakan ide-ide ke orang yang anda percaya seperti teman, keluarga atau target pelanggan anda. Dapatkan feedback dari mereka dan coba buat bisnis plan sebelum memulai bisnis.

2. Temukan Mentor Yang Tepat

Langkah selanjutnya yang bisa anda lakukan sebelum memulai ide bisnis modal kecil bagi pelajar dan mahasiswa adalah menemukan mentor yang tepat. 

Jika Anda belum pernah menjalankan sebuah bisnis, penting sekali untuk mendapatkan bimbingan dari mentor yang anda percayai, bisa teman yang sudah berpengalaman dalam bisnis atau pun guru atau dosen Anda di kampus. 

Coba ajak mentor kalian untuk membicarakan rencana rencana bisnis yang ingin Anda jalankan.

3. Jangan Takut Untuk Gagal

Gagal dalam sebuah bisnis adalah hal yang biasa, dari kegagalan Anda bisa belajar sebaiknya Apa yang perlu dilakukan dan apa yang tidak perlu dilakukan. Lewat kegagalan juga Anda akan mendapatkan banyak pengalaman  untuk bisnis yang lebih maju kedepannya. 

4. Seringlah Untuk Berinovasi

Produk yang selalu dilirik oleh masyarakat adalah produk-produk yang mampu bersaing dan berinovasi di tengah banyaknya kompetitor. Untuk bisa mendapatkan ide untuk berinovasi, maka anda harus sering mencari inspirasi lewat media sosial, internet, pinterest atau berdiskusi dengan orang-orang yang anda anggap berpengalaman. 

5. Kenali Dan Kejar Peluang Bisnis

Dalam memulai bisnis Anda akan menemukan banyak pengalaman yang luar biasa, tentu pengalaman ini tidak bisa dibandingkan dengan modal yang anda keluarkan. 

Termasuk juga bagaimana Anda mengenal dunia bisnis yang sedang dijalani serta peluang-peluang yang mungkin bisa membuat bisnis anda lebih maju. Untuk itu coba ide bisnis modal kecil seperti diatas dan dan mulailah dari sekarang. 

Modal Usaha untuk Memulai Bisnis Anak Muda

Untuk anak muda yang ingin memulai bisnis tidak perlu khawatir dengan sulitnya mendapatkan modal usaha. Selain mencoba ide bisnis dengan modal minim, Anda juga bisa mencoba dapatkan pinjaman modal usaha beragunan properti di Lancar by Danamas. Mulai sekarang, lakukan apa yang menjadi impian Anda dan targetkan penjualan dengan promosi yang gencar lewat tambahan modal usaha Lancar by Danamas. 

Pinjaman modal usaha beragunan dari Lancar by Danamas mulai dari Rp 50 juta – Rp 2 miliar dengan tenor minimal 1 tahun – 10 tahun. Kemudahan dalam pengajuan pinjaman ini juga bisa Anda rasakan karena aksesnya yang muda dan kapanpun lewat aplikasi Lancar by Danamas. Untuk nikmati kemudahan pinjaman di perusahan fintech lending berizin OJK seperti Lancar by Danamas, maka Anda bisa mulai usaha sedari muda.

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

bisnis rice bowl rumahan

 20 Bisnis Rice Bowl Rumahan dengan Ide Menu, Modal & Untung!

Bisnis rice bowl rumahan adalah bisnis yang cukup menjanjikan jika ditekuni dengan serius. Peluang usaha ini tidak hanya memberi keuntungan, namun Anda juga memiliki kesempata

usaha-rumahan-modal-50-ribu

30+ Usaha Rumahan Modal 50 Ribu Untung Besar

Banyak orang yang beranggapan bahwa membuka usaha membutuhkan modal yang besar. Padahal, dengan perkembangan teknologi sekarang ini, anda bisa memulai bisnis rumahan hanya den

contoh-komoditi-ekspor-nonmigas-indonesia-adalah

10+ Jenis Komoditas Ekspor Indonesia Migas & Non Migas

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar kata komoditas? Komoditas tidak dapat dipisahkan dari pengaruhnya terhadap masyarakat, karena tergolong sebagai benda yang relatif muda